5 Tips Agar Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari – Tentu masalah yang satu ini adalah sebuah masalah yang paling sering terjadi pada seorang bayi yang baru lahir dan akan membuat para orang tua sering mengeluh kurang tidur di malam hari. Kondisi seperti ini juga sering membuat beberapa orang tua menjadi lebih sensitif dan lebih cepat emosi.
5 Tips Agar Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak Di Malam Hari
Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari
Pada dasarnya masalah tersebut merupakan sebuah masalah yang sangat umum dan akan selalu dialami oleh setiap orang tua yang baru mempunyai bayi. Karena bayi yang baru lahir itu akan selalu menghabiskan hampir semua waktunya hanya untuk tidur saja. Biasanya saat bayi sudah berusia 3 sampai dengan 5 bulan akan menghabiskan waktunya sekitar 5 jam untuk tidur berturut-turut.

Apa Penyebab Bayi Susah Tidur?

Walaupun seorang bayi itu terlihat hanya tidur saja, sebenarnya mereka tidak hanya menghabiskan waktunya untuk tidur saja sebab jam tidur seorang bayi itu akan terbagi dalam waktu yang berbeda-beda. Di mana seorang bayi bisa saja tidur hanya beberapa jam saja lalu bangun kembali selama beberapa menit dan kembali tidur lagi.

Seperti yang sudah pernah di bahas pada ulasan sebelumnya kalau siklus tidur seorang bayi baru lahir itu tidaklah sama seperti siklus tidur orang dewasa. Karena seorang bayi itu akan lebih banyak menghabiskan waktunya hanya untuk tidur dan hal tersebut juga sangat penting untuk tumbuh kembangnya.

Penyebab Bayi Rewel Dan Susah Tidur

Selain karena memang siklus seorang bayi yang baru lahir itu tidak sama dengan orang dewasa, ada beberapa hal yang menjadi penyebab bayi baru lahir susah tidur saat malam hari. Berikut penjelasannya:

1. Mengajak Bayi Bermain Saat Waktunya Tidur

Penyebab bayi rewel dan susah tidur yang pertama adalah mengajaknya bermain sesaat sebelum waktunya untuk tidur. Kondisi ini juga sering menjadi penyebab seorang bayi susah untuk tidur nyenyak karena saat bunda mengajaknya bermain saat sebelum waktunya si kecil tidur maka iya akan ikut larut di dalam kegembiraan saat bunda mengajaknya bermain.

Maka dari itu ada baiknya bunda memperhatikan dan mencatat kapan waktu yang tepat untuk mengajaknya bermain dan kapan waktu yang baik untuk iya tidur. Karena dengan cara tersebut si kecil tidak akan rewel dan tidurnya juga akan lebih berkualitas.

2. Kondisi Tubuh Bayi Yang Terlalu Lelah dan Sebaliknya

Lain dengan orang dewasa, saat tubuh seorang bayi sangat lelah maka iya akan sangat susah untuk tidur nyenyak. Selain itu kondisi ini juga akan membuat bayi lebih sering terbangun dan akan menjadi lebih rewel dari biasanya.

Jadi sebagai orang tua, ada baiknya untuk menghindari mengajaknya bermain terlalu lama agar tubuh mungilnya itu tidak kelelahan. Selain dapat membuatnya lebih rewel, tidur yang tidak berkualitas juga bisa membuat tumbuh kembangnya terganggu.

3. Bayi Merasa Lapar

Saat seorang bayi lapar, iya juga akan sulit untuk bisa tidur nyenyak dan akan membuatnya lebih sering terbangun saat malam hari. Dalam sebuah studi, seorang bayi yang baru lahir itu lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi. Pada umumnya seorang bayi yang baru lahir sampai dengan usia 18 bulan, wajib untuk mendapatkan makan setiap 4 jam dalam sehari atau bisa juga menyesuaikan dengan kemauan si kecil.

4. Jam Biologis Bayi Belum Stabil

Hampir semua bayi baru lahir itu belum mempunyai jam biologis tubuh yang stabil atau benar, ini karena tubuh bayi masih berkembang dan tubuh bayi akan mulai mendapatkan jam biologis tersebut saat usianya sudah mencapai 3 sampai 4 bulan. Tapi terkadang beberapa bayi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa mendapatkan jam biologisnya tersebut.

Walaupun hal ini erat kaitannya dengan tumbuh kembang si kecil, namun bunda masih tetap bisa untuk membantunya beradaptasi serta membiasakan dirinya untuk bisa tidur dengan baik. Cobalah untuk membiasakannya bangun dan menidurkannya di waktu yang sama setiap harinya.
5 Tips Agar Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak Di Malam Hari
Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Dalam mengatasi bayi yang susah tidur di malam hari memang gampang-gampang susah, namun jika anda tekun maka cara ini pasti akan berhasil. Berikut ada tips mengatasi bayi susah tidur di malam hari:

1. Pilih Lampu yang Redup

Cara mengatasi bayi susah tidur yang pertama adalah menggunakan lampu yang redup di kamarnya. Walaupun terdengar sepele tapi cara ini sudah terbukti ampuh untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak saat malam hari.

2. Pelajari Tanda Si Kecil Saat Mengantuk

Selain dengan cara yang pertama, bunda juga wajib untuk mempelajari tanda-tanda saat si kecil mengantuk. Ketika bunda sudah melihat tanda si kecil mengantuk maka segeralah ajak dia ke tempat tidur dan usahakan tempat tidurnya itu tenang dan minim cahaya yang terang.

Jika bunda menerapkan cara tersebut secara rutin maka bayi akan menjadi terbiasa untuk tidur dengan sendirinya dan lebih tepat waktu. Biasanya seorang bayi yang mengantuk akan di tandai dengan mengucek bagian mata, menguap dan mata terlihat berair.

3. Mengajak Bermain Saat Siang Hari

Biasanya seorang bayi akan lebih lelap tidur saat malam hari jika pada siang hari diajak bermain. Ajaklah si kecil bermain dengan permainan yang iya sukai dan usahakan jangan mengajaknya bermain saat sore hari.

4. Buatkan Jadwal Untuk Si Kecil

Memang membuat seorang bayi mengikuti jadwal yang bunda buat tidaklah mudah dan dibutuhkan kerja keras dan pantang menyerah. Namun jika berhasil, si kecil akan terbiasa untuk mengikuti jadwal yang bunda buat dan bunda tidak akan begadang lagi.

Buatlah sebuah jadwal untuk kapan iya harus minum ASI, kapan iya bermain dan kapan waktu yang tepat untuk iya tidur siang dan malam hari. Lakukan secara perlahan dan rutin sampai bayi terbiasa dengan jadwal tersebut.

5. Hindari Mengajak Bayi Bermain Saat Iya Baru Bangun

Cara mengatasi bayi susah tidur yang terakhir adalah menghindari untuk mengajaknya bermain saat iya baru bangun. Selain itu hindari juga untuk untuk memberikannya mainan apapun saat terbangun di malam hari, karena cara ini akan mengajarkannya kalau malam hari itu bukan saatnya barmain.

Bagaimana, cukup mudah dan gampang bukan cara mengatasi bayi yang susah tidur di malam hari? Jika cara-cara di atas masih belum berhasil maka bunda bisa juga mencoba untuk memijat secara perlahan-lahan bagian tubuh bayi saat iya terbangun selain karena lapar.

Tapi ingat kalau tidak semua cara mengatasi bayi susah tidur di atas bisa berhasil, karena masing-masing anak itu memiliki cara mengasuhnya yang berbeda-beda. Selain karena kondisi seorang bayi, cara mendidik masing-masing orang tua juga berbeda-beda, ada yang suka dan membiarkan bayinya terbangun saat malam hari serta ada juga sebagian orang tua yang tidak ingin bayinya terbangun di malam hari.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel