Manfaat Jahe Untuk Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Manfaat Jahe Untuk Obat Batuk – Seperti yang sudah kita ketahui kalau jahe adalah salah satu dari beberapa jenis rempah-rempah selain kunyit dan cengkeh yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Namun tidak hanya sebagai bumbu dapur saja, jahe ternyata juga ampuh untuk digunakan sebagai obat batuk alami untuk meredakan batuk berdahak dan juga batuk kering.
Manfaat Jahe Untuk Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering
Manfaat Jahe Untuk Mengobati Batuk Berdahak
Manfaat jahe sebagai obat batuk memang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat tradisional, selain karena mudah untuk di dapatkan, jahe juga tergolong obat alami yang aman untuk di konsumsi semua kalangan mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai dengan lansia.

Kandungan Nutrisi Jahe

Tentu setiap manfaat yang diberikan oleh obat alami tidak akan pernah lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, begitu juga dengan jahe. Jahe di kenal akan kandungan nutrisinya yang tergolong lengkap seperti vitamin A, C, D, E, thiamin, riboflavin, niacin, panthoenic acid, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor dan masih banyak kandungan senyawa lainnya.

Beberapa kandungan senyawa tersebutlah yang tidak hanya baik bagi kesehatan namun juga ampuh untuk mengobati batuk berdahak. Lalu bagaimana cara mengobati batuk dengan jahe? Agar lebih jelas, kalian dapat menyimak ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Wedang Jahe Untuk Batuk

Sebenarnya untuk memanfaatkan jahe sebagai obat batuk alami tidaklah sulit untuk kamu lakukan di rumah, karena kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja dan bahan-bahan tersebut sangat mudah untuk kamu dapatkan, berikut cara membuatnya:

Bahan Yang Dibutuhkan

  • 1 buah jahe segar
  • 1 buah lemon segar ( ambil airnya saja )
  • 1 gelas air minum
  • 1 sendok makan gula pasir

 

Cara Pembuatan

Langkah pertama untuk membuat wedang jahe adalah mengupas terlebih dahulu jahe yang sudah kamu siapkan tadi lalu potong dengan ukuran kecil-kecil. Selanjutnya panaskan terlebih dahulu air dan masukkan potongan jahe tadi kedalamnya bersama dengan gula pasir. Rebus sampai air mendidih dan air tinggal setengah.

Apabila air rebusan sudah tinggal setengah maka segera angkat dan saring. Setelah itu campur dengan air perasan lemon secukupnya. Agar lebih mujarap, minum wedang jahe tersebut selagi hangat karena khasiatnya akan lebih terasa daripada saat sudah dingin.

Namun perlu juga untuk kalian ketahui kalau agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ada baiknya konsumsi air rebusan jahe tadi secara rutin yakni 2 kali dalam sehari. Mulai dari pagi hari dan juga saat sore hari setelah selesai beraktivitas.

Dalam memanfaatkan jahe sebagai obat batuk alami tidaklah mudah, sebab obat alami itu akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal dibandingkan dengan obat batuk dari resep dokter. Selain itu faktor dan juga kondisi dari masing-masing orang juga bisa menjadi penyebab cepat atau lamanya obat alami itu beraksi di dalam tubuh.

Nah, jika batuk yang kamu alami itu tidak kunjung sembuh setelah mengkonsumsi wedang jahe selama beberapa hari maka ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter. Karena kemungkinan besar batuk yang kamu alami itu bisa saja merupakan gejala awal dari adanya masalah kesehatan yang lebih serius lagi di dalam tubuh.

Mungkin itu saja sedikit ulasan yang bisa admin rangkumkan untuk kalian mengenai manfaat jahe untuk mengobati batu berdahak, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Selamat mencoba.

Baca Juga :
13 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Agar Lebih Lebat dan Berkilau
9 Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
7 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel