Hati-hati! Ini Penyebab Sakit Pinggang yang Perlu Kamu Waspadai

Penyebab Sakit Pinggang – Sakit pinggang atau dalam medis di sebut low back pain adalah sakit yang terasa pada bagian punggung bawah. Rasa sakit yang dialami oleh pasien bisa saja terjadi secara terus menerus atau bisa juga hanya terjadi beberapa saat saja, serta setiap pasien juga bisa mengalami masalah sakit pinggang yang berbeda-beda mulai dari sakit pinggang bagian belakang, bagian kanan sampai dengan sakit pinggang bagian kiri.
Hati-hati! Ini Penyebab Sakit Pinggang yang Perlu Kamu Waspadai
Penyebab Sakit Pinggang
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab sakit pinggang, mulai dari sakit pinggang karena cidera seperti mengangkat beban terlalu berat sampai dengan sakit pinggang karena faktor usia. Namun dalam beberapa kasus, sakit pinggang bagian bawah juga bisa terjadi karena beberapa faktor medis seperti sakit ginjal ataupun karena infeksi.

Penyebab Sakit Pinggang yang Perlu Kamu Waspadai

Seperti yang sudah di jelaskan tadi diatas kalau sakit pinggang itu bisa disebabkan oleh banyak hal seperti adanya cidera pada otot pinggang. Cidera pada otot pinggang tersebut bisa terjadi karena bergerak secara tiba-tiba serta berulang-ulang. Contohnya saja seperti saat kamu bermain golf atau mengangkat beban yang terlalu berat.

Sebagian kasus sakit pinggang juga bisa di picu oleh kebiasaan duduk yang terlalu lama dengan posisi duduk yang salah serta tempat yang diduduki itu tidak nyaman atau keras. Pada seorang anak, sakit pinggang bisa terjadi karena terlalu sering membawa tas punggung yang berat.

Selain karena faktor tersebut, beberapa faktor lain juga bisa memicu seseorang mengalami masalah pada pinggangnya seperti:

1. Faktor Usia

Faktor yang pertama seseorang mengalami masalah sakit pinggang ada faktor usia. Untuk orang yang sudah berusia 30 tahun keatas akan lebih rentan untuk mengalami masalah sakit pinggang, karena pada usia tersebut metabolism di dalam tubuh sudah mengalami penurunan.

2. Faktor Berat Badan

Selain karena faktor usia, berat badan yang berlebih juga bisa memicu seseorang mengalami masalah sakit pinggang. Maka dari itu menjaga agar berat badan tetap ideal adalah kunci agar kamu bisa terhindar dari masalah tersebut.

3. Kurang Berolahraga

Bagi beberapa orang yang kurang memiliki waktu untuk melakukan olahraga akan lebih beresiko untuk mengalami masalah pada pinggang di bandingkan bagi mereka yang memiliki banyak waktu untuk berolahraga.

4. Saraf Kejepit

Saraf yang kejepit juga bisa penyebab sakit pinggang yang perlu kamu waspadai. Dalam beberapa kasus, saraf kejepit karena penonjolan bantalan tulang bagian belakang bisa mengangkibatkan sakit pinggang yang sangat serius dan harus segera mendapatkan perawatan dari dokter.

5. Cidera

Sakit pinggang juga bisa di sebabkan oleh cidera. Ada banyak hal yang membuat pinggang mengalami cidera mulai dari adanya benturan sampai kecelakaan.

6. Kelainan

Selain karena cidera, sakit pinggang juga bisa terjadi karena adanya kelainan pada lengkung tulang bagian belakang. Ada banyak jenis kelainan tersebut seperti kifosis, lordosis dan juga skoliosis.

7. Batu Ginjal

Kondisi medis tertentu yang terjadi pada tubuh juga bisa memicu masalah sakit pinggang. Salah satu kondisi tersebut seperti batu ginjal. Pada dasarnya masalah ini bisa di picu oleh pola hidup yang tidak sehat.

Selain 7 penyebab sakit pinggang di atas tadi itu, masih ada beberapa penyebab lainnya yang juga wajib untuk kamu waspadai karena bisa menjadi masalah yang serius jika tidak segara diatasi. Penyebab masalah serius tersebut meliputi:
  • Miom
  • Kista Ovarium
  • Endometriosis
  • Pankreatitis
  • Usus Buntu
  • Infeksi Pada Ginjal
  • Spondylolisthesis
  • Stenosis Spinal


Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Benar

Pada dasarnya pengobatan sakit pinggang itu harus berdasarkan pada penyebabnya. Karena melakukan pengobatan berdasarkan penyebabnya akan lebih baik dan optimal. Berikut ada beberapa cara untuk mengobati sakit pinggang yang bisa kamu coba di rumah:

1. Dengan Menggunakan Obat Alami

Apabila kondisi sakit pinggang yang kamu alami itu tidak terlalu parah maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan obat alami yang ada di sekitar kamu. Selain karena harganya yang relatif murah,  penggunaan obat alami juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan jika di gunakan dengan benar.

Ada banyak jenis obat alami yang dapat kamu gunakan untuk meredakan rasa nyeri yang muncul saat mengalami sakit pinggang. Diantaranya seperti:

2. Menggunakan Obat Dokter

Jika kondisi sakit pinggang yang kamu alami itu cukup parah atau pengaruh dari beberapa masalah medis tertentu maka obat alami tidak akan mempan untuk mengobati masalah tersebut. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan obat-obatan dari dokter.

Umumnya ada banyak jenis obat yang bisa dokter berikan pada pasien dan jenis obat tersebut biasanya tergantung dari tingkat masalah yang dialami oleh pasien itu sendiri. Beberapa jenis obat tersebut meliputi:
  • Obat Pereda Nyeri
  • Baclofen
  • Suntik Kortikosteroid
  • Antidepresan
  • Antibiotik

Hati-hati! Ini Penyebab Sakit Pinggang yang Perlu Kamu Waspadai
Penyebab Utama Sakit Pinggang

Cara Mencegah Sakit Pinggang Dengan Banar

Selain dengan malakukan pengobatan berdasarkan dari penyebabnya, kamu juga wajib untuk melakukan pencegahan. Karena mengobati itu tidak akan ada hasilnya apabila kamu tidak mekombinasikannya dengan melakukan pencegahan. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar sakit pinggang tidak kembali lagi seperti:

1. Olahraga Secara Rutin

Cara pencegahan yang pertama agar sakit pinggang yang kamu alami tidak kembali adalah dengan cara rutin berolahraga. Melakukan olahraga secara rutin tidak hanya bagus untuk mencegah sakit pinggang tapi juga bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Hindari Mengangkat Beban Berat

Setelah sakit pinggang yang kamu alami sembuh maka langkah selanjutnya adalah mencegah agar masalah tersebut tidak datang kembali. Caranya itu dengan menghindari untuk mengangkat benda-benda berat sendirian.

3. Jangan Duduk Terlalu Lama

Jika duduk terlalu lama dengan posisi yang tegak juga bisa memicu masalah sakit pinggang, jadi agar masalah tersebut tidak kamu alami lagi maka hindarilah untuk duduk terlalu lama dengan posisi yang tegak serta sesekali cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan untuk meregangkan otot pinggang.

4. Perhatikan Berat Badan

Selain dengan cara yang diatas, selalu menjaga agar berat badan tetap ideal juga merupakan sebuah kunci untuk mencegah agar tidak mengalami masalah tersebut. Menerapkan pola diet sehat juga sangat disarankan bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih.

5. Cukupi Asupan Kalsium

Sakit pinggang juga bisa terjadi karena kurangnya asupan kalsium yang cukup kedalam tubuh. Oleh sebab itu menjaga agar kebutuhan kalsium harian selalu terpenuhi adalah hal penting yang tidak boleh kamu lupakan.

6. Perhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah juga bisa menjadi pemicu seseorang untuk mengalami masalah pada pinggang, oleh sebab itulah memperhatikan posisi tidur juga merupakan hal yang terpenting yang tidak boleh kamu abaikan.

Untuk posisi tidur yang baik adalah posisi menyamping dengan lutut yang terlipat kea rah atas untuk mengurangi tekanan pada bagian pinggang. Selain itu kamu juga bisa menggunakan alas tidur yang bisa menahan berat badan.

7. Rubah Kebiasaan Buruk

Cara mencegah sakit pinggang yang terakhir adalah merubah kebiasaan buruk yang menajadi penyebab masalah tersebut seperti merokok. Dalam sebuah studi, merokok dapat menurunkan kesehatan tulang secara perlahan-lahan dan kandungan dalam rokok juga bisa menyebabkan suplai darang ke pinggang menjadi berkurang.

Mungkin itu saja ulasan yang bisa Gamatips rangkumkan untuk kalian mengenai penyebab sakit pinggang yang perlu diwaspadai dan bermanfaat bagi kalian semuanya. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup yang baik.

Baca Juga :
Apa Penyebab Anyang-anyangan Pada Wanita?
Cara Mendapatkan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan yang Benar
7 Cara Aman Mengatasi Ejakulasi Dini Dirumah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel