15 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Trimester Pertama

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil – Jenis makanan yang di konsumsi oleh wanita hamil sangatlah berbeda dengan wanita yang tidak sedang hamil. Hal ini karena wanita hamil wajib untuk memperhatikan jenis-jenis makanan yang boleh untuk di konsumsi dan mana yang tidak boleh untuk di konsumsi.
15 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Trimester Pertama
Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil
Ini juga bertujuan untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang di perlukan untuk tumbuh kembang janin yang sedang di kandung. Sebab tidak semua jenis makanan itu memiliki manfaat untuk kesehatan janin, karena ada beberapa jenis makanan yang malam dapat memperburuk kesehatan janin yang sedang di kandung.

Oleh karena itulah, untuk ibu hamil trimester pertama sangat disarankan sekali untuk selalu menjaga pola makan setiap hari. Lalu makanan apa yang dilarang saat hamil muda?

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil

Menjaga pola makan tentu adalah kunci untuk memenuhi asupan nutrisi yang di butuhkan oleh janin. Selain bunda wajib tahu jenis makanan yang baik untuk di konsumsi secara teratur, bunda juga wajib tahu tentang jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil konsumsi. Nah, berikut ini ada beberapa daftar makanan yang wajib ibu hamil hindari saat hamil trimester pertama:

1. Sayuran Mentah

Tentu semua orang akan beranggapan kalau mengkonsumsi sayuran sangatlah menyehatkan, tapi tahukah kalian kalau ternyata beberapa jenis sayur mentah itu tidak baik untuk ibu hamil konsumsi? Hal ini karena ada beberapa jenis sayur yang mengandung bakteri berbahaya bagi kesehatan janin, seperti tauge, kacang hijau dan juga daun semanggi.

Sebab bakteri yang terkandung di dalam sayuran tersebut sangat sulit untuk di bersihkan walaupun sudah mencucinya sampai bersih. Tapi bakteri tersebut akan mati jika sayuran tersebut dimasak sampai matang.

2. Telur yang Masih Mentah

Selain tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang masih mentah, ibu hamil muda juga wajib untuk tidak mengkonsumsi telur yang masih mentah. Ini dikarenakan telur mentah itu mempunyai kandungan bakteri Salmonella yang sangat berbahaya untuk kesehatan janin yang sedang di kandung.

Walaupun kandungan bakteri itu tidak langsung menyerang janin yang sedang di kandung tapi bakteri salmonella ini dapat membuat wanita hamil mengalami masalah pada kesehatan seperti diare dan juga muntah-muntah. Tapi ibu hamil masih boleh untuk mengkonsumsi telur tapi usahakan telur yang sudah matang dengan sempurna.

3. Sushi

Jika anda sangat menyukai makanan mentah seperti sushi ataupun sashimi, sangat disarankan untuk mengurangi makan makanan jepang  tersebut jika bunda masih dalam masa kehamilan. Karena sushi ada dalam daftar pantangan makanan bagi ibu hamil.

Bahan sushi yaitu seperti ikan atau berbagai jenis seafood baik itu mentah, atau setengah matang bisa membahayakan janin. Sebab makanan mentah yang tidak diolah dengan tepat bisa terdapat parasit atau bakteri yang masih hidup di dalamnya. Apalagi jika tempat persiapannya tidak steril. Maka dari itu jika bunda ingin terhindar dari bahaya tersebut maka kurangi atau berhenti sementara mengkonsumsi sushi atau makanan mentah yang lain pada saat hamil.

4. Jenis Ikan yang Mengandung Merkuri

Ikan memang tidak di pungkuri memiliki banyak manfaat terutama bagi hamil. Tapia da beberapa jenis ikan yang tidak baik di konsumsi dalam masa kehamilan. Salah satunya ikan yang mengandung banyak merkuri  yang bisa berdampak buruk pada masa kehamilan.

Contoh ikan yang tidak dianjurkan untuk dimakan karena  mengandung jumlah merkuri yang banyak yaitu ikan tuna, makarel, hiu dan ikan todak. Jika mengkonsumsi ikan tersebut secara berlebihan pada masa kehamilan bisa menyebabkan adanya gangguan pada saraf janin.

Ikan salmon, serta ikan makarel juga harus dibatasi, karena adanya paparan polutan dioksin dan polychlorinated biphenyls (PCB). Bila bunda ingin mengkonsumsi ikan dalam masa kehamilan sebaiknya jangan terlalu berlebihan dan minimalkan porsi asupannya.

5. Susu yang Belum Dipasteurisasi

Susu adalah jenis minuman yang sangat menyehatkan bagi semua orang termasuk juga untuk ibu hamil muda dan tua. Sebab susu mempunyai kandungan nutrisi yang cukup berlimpah seperti vitamin, mineral dan juga kalsium yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Walaupun susu itu aman bagi ibu hamil, tapi bunda juga harus memperhatikan susu yang akan di konsumsi karena susu yang belum dipasteurisasi itu sangat tidak disarankan untuk di konsumsi oleh wanita hamil. Hal ini karena susu yang belum dipasteurisasi itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti keracunan.

Ini juga dikarenakan di dalam susu yang belum dipasteurisasi atau susu mentah memiliki sebuah kandungan bakteri yang bisa memicu beberapa masalah seperti pusing, mual dan muntah-muntah.

6. Jus Dari Buah Mentah

Tidak berbeda dengan susu yang nonpasteurisasi, pantangan berikutnya  yang harus bunda hindari yaitu  jus siap minum yang tidak dipasteurisasi, jus kemasan nonpasteurisasi dan jus jajanan pinggir jalan. Karena terkadang jus yang dijual dipinggiran jalan ada yang kurang menjaga kebersihan, baik itu buahnya yang tidak dicuci terlebih dahulu, air yang tidak dimasak, ataupun es batu yang kurang baik kualitasnya.

Ditemukan dari beberapa kasus, jus tersebut ada beberapa yang mengandung bakteri e coli dan salmonella yang bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan.  Maka dari itu jika bunda ingin meminum jus, alangkah baiknya jika membuat sendiri di rumah. Agar bisa memastikan kesterilan alat serta bahan yang digunakan dalam pembuatan jus. Dan juga bisa mengetahui kesegaran buah atau sayur yang akan digunakan sebagai jus.

7. Jeroan Hewan

Bagi sebagian orang tentu menganggap kalau jeroan itu adalah salah satu makanan yang sangat enak untuk di konsumsi, tapi tahukah kamu kalau ternyata jeroan itu berbahaya bagi ibu hamil? Ya, berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan kalau jeroan ayam dan juga jeroan sapi sangatlah tidak bagus untuk kesehatan  ibu hamil.

Ini karena di dalam jeroan itu terdapat kandungan vitamin A yang sangat tinggi dan jika di konsumsi dalam jumlah banyak, kandungan vitamin A dalam jeroan malah akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan janin yang sedang bunda kandung.

8. Makanan yang Mengandung Kafein

Selain minuman yang mengandung kafein, bunda juga harus mengurangi asupan makanan yang mengandung kafein juga pada masa kehamilan. Sebab jika makanan yang anda konsumsi mengandung kafein yang terlalu banyak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan janin. Efek kafein bagi janin yaitu  bisa mengakibatkan gangguan pada detak jantung bayi.

Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa konsumsi kafein yang tinggi selama  masa kehamilan dapat menyebabkan resiko keguguran yang cukup tinggi , bahkan bisa mempengaruhi berat badan bayi lebih rendah dan bahkan menyebabkan kematian pada bayi. Walaupun ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya kita waspada dan mengurangi asupan kafein yang berlebihan.

9. Minuman Beralkohol

Pada masa kehamilan lebih baik bunda agar mengurangi minuman yang mengandung alkohol. Sebab alkohol dalam minuman yang dilarang untuk ibu hamil konsumsi karena dapat memicu terjadinya resiko keguguran dan resiko bayi lahir meninggal. Baik itu bunda minum minuman beralkohol dalam jumlah sedikitpun itu bisa menimbulkan pengaruh buruk seperti mengganggu perkembangan otak bayi.

Walaupun bukan makanan , minuman beralkohol sangat dilarang untuk ibu hamil sebab dapat menimbulkan feta alcohol syndrome. Sindrom ini dapat menyebabkan kelainan bentuk wajah, jantung, dan keterbelakangan mental.

10. Makanan Cepat Saji

Siapa yang tidak tahu makanan cepat saji pada zaman modern ini. Makanan cepat saji (fast food) ini banyak digemari berbagai macam kalangan karena memiliki berbagai macam varian, seperti burger, kentang goreng, ayam goreng, dll. Walaupun makanan ini terasa begitu nikmat, akan tetapi pada masa kehamilan bunda harus berusaha menghindarinya. Karena  makanan cepat saji ini biasanya mengandung banyak lemak trans yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, obesitas, persalinan premature atau bahkan menyebabkan ukuran janin besar (makrosomia).

11. Daging yang Masih Mentah

Makanan tidak sehat untuk ibu hamil yang selanjutnya itu adalah daging mentah. Di mana daging yang masih mentah atau yang dimasak setengah matang itu mempunyai kandungan parasit toxoplasma yang sangatlah berbahaya untuk kesehatan wanita hamil. Jika terlanjur di konsumsi, parasit tersebut dapat memicu terjadinya infeksi pada janin.

Meski begitu ibu hamil masih tetap boleh untuk mengkonsumsi daging tapi usahakan untuk daging yang sudah matang sempurna. Cara untuk mengetahui daging yang sudah matang dengan sempurna adalah dengan cara melihat bagian dalam daging, jika sudah tidak ada bagian yang berwarna merah muda maka itu sudah bisa dikatakan kalau daging tersebut sudah matang.

12. Keju yang Lembut

Keju lembut merupakan salah satu makanan yang menjadi pantangan untuk di konsumsi pada saat hamil. Sebab keju lembut ini dapat menyebabkan beberapa efek buruk bagi kehamilan. Hal itu karena dalam keju tersebut terkandung bakteri listeria. Jika bisa hindari dulu mengkonsumsi jenis keju seperti keju biru Denmark, keju susu kambing, Roquefort, Camembert, gorgonzola, dll.

Jika bunda ingin sekali mengkonsumsi keju, pilihlah keju keras yang sudah melalui proses pasteurisasi (proses mematikan bakteri atau organisme merugikan). Jadi bunda bisa mengkonsumsi keju pada masa kehamilan, seperti keju parmesan dan cheddar.

13. Saus Salad

Salad merupakan makanan yang menyehatkan, akan tetapi saus yang biasa digunakan dalam salad juga menjadi salah satu pantangan bagi ibu hamil. Saus pelengkap salad seperti Caesar atau mayonais memiliki kandungan telur dan saus ini berbahaya jika anda membuatnya sendiri di rumah. Oleh karena itu jika bunda ingin mengkonsumsi salad pilihlah saus yang sudah melewati proses pematangan atau saus yang tidak mengandung telur di dalamnya.

14. Minuman Herbal

Dalam penelitian American Pregnancy dikatakan bahwa ibu hamil jangan mengkonsumsi minuman herbal seperti ephedra atau efedrina, rosemary, dong quai dan kencur. Sebab jenis minuman herbal ini dapat berdampak buruk bila di konsumsi layaknya obat, atau konsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Misalnya minuman herbal dong quai ini bisa menyebabkan stimulant rahim yang dapat merangsang terjadinya kontraksi berlebih.

Menurut penelitian di Amerika, dikatakan juga ramuan herbal seperti gingseng, lidah buaya, hingga teh (teh chamomile & teh dandelion) harus dihindari saat ada dalam masa kehamilan.Dan sangat disarankan bila ingin meminum teh agar memilih daun teh biasa saja.

Bila bunda ingin meminum minuman herbal, alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan bunda.

15. Suplemen dan Minyak Ikan

Pada masa kehamilan, bunda memang diwajibkan untuk memakan dan meminum bergizi, serta mencukupi asupan vitamin. Akan tetapi ada beberapa jenis vitamin yang harus bunda jauhi, yaitu berupa suplemen, vitamin dan minyak ikan yang banyak mengandung vitamin A. Sebab terlalu banyak asupan vitamin A yang masuk dalam tubuh dapat membahayakan janin. Jadi bila bunda ingin mengkonsumsi suplemen atau minyak ikan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar bisa mendapatkan saran yang tepat dari dokter.

Itulah 15 jenis makanan yang harus dihindari saat hamil muda, semoga dengan adanya ulasan di atas bisa memberikan manfaat untuk calon ibu semuanya. Ingat, konsumsi makanan wanita hamil tidaklah sama dengan konsumsi makanan untuk wanita yang tidak sedang hamil ya bunda.

Baca Juga :
Jauhi 10 Makanan Penyebab Kanker Payudara Pada Wanita
Amankah Ibu Hamil Mengkonsumsi Pare? Ini faktanya Menurut Dokter
Fakta Dibalik Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel