Daftar 8 Obat Sakit Pinggang Paling Ampuh dan Terbaik

Obat Sakit Pinggang – Sakit pinggang adalah salah satu jenis penyakit yang bisa dialami oleh semua orang, mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai dengan lansia. Pada dasarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut seperti faktor cidera, hamil atau bisa juga karena faktor usia. Kondisi dari masing-masing orang tentu berbeda-beda, mulai dari sakit pinggang ringan sampai dengan sakit pinggang parah.
Daftar 8 Obat Sakit Pinggang Paling Ampuh dan Terbaik
Obat Sakit Pinggang Paling Ampuh
Pada sebagian kasus, sakit pinggang bisa menjadi sebuah masalah yang serius apabila tidak segera diatasi. Namun pada dasarnya mengobati sakit pinggang itu tidaklah boleh sembarangan dan harus mengetahui apa yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut. Maka dari itulah mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit pinggang adalah hal yang paling utama untuk kamu lakukan sebelum mulai mengobatinya.

Apa penyebab sakit pinggang?

Seperti yang sudah pernah admin singgung pada pembahasan sebelumnya kalau ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab munculnya masalah tersebut seperti faktor cidera atau karena mengangkat benda berat, terlalu lama duduk di tempat duduk, kelebihan berat badan, bekerja secara berlebihan atau bisa juga karena faktor usia.

Selain karena faktor tersebut, seseorang juga bisa menderita sakit pinggang karena adanya kondisi medis tertentu seperti saraf yang terjepit, radang pada sendi panggul, osteoporosis, stenosis pada tulang belakang, spondilolistesis dan faktor medis lainnya.

Oleh sebab itulah, cara yang paling mudah untuk mendapatkan obat yang tepat agar sakit pinggang bisa hilang sepenuhnya itu adalah dengan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Selain karena faktor penyebab, tingkat keparahan dari sakit pinggang yang dialami oleh masing-masing orang juga berbeda-beda serta memerlukan penanganan yang juga berbeda.

Obat Sakit Pinggang Alami Terbaik

Obat sakit pinggang alami biasanya akan sangat berguna jika kamu mengalami kondisi tersebut karena faktor usia, cidera karena terjatuh atau mengangkat beban yang terlalu berat. Namun perlu kamu ketahui juga kalau penggunaan bahan alami itu hanya dapat meredakan rasa nyeri saja dan tidak akan mempan jika kondisi sakit pinggang yang kamu alami karena patah atau penyakit medis tertentu yang serius.

1. Jahe

Obat alami untuk sakit pinggang yang pertama adalah jahe. Jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah yang mempunyai kandungan senyawa yang tidak hanya bagus untuk kesehatan tapi juga ampuh untuk meredakan rasa nyeri karena sakit pinggang.

Hal ini karena jahe sendiri mempunyai kandungan senyawa yang bernama Phytochemical yang cukup tinggi dan kandungan senyawa tersebut sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri karena sakit pinggang serta mampu untuk mencegah terjadinya pembengkakan dan rasa kaku pada pinggang.

2. Kunyit

Tidak hanya jahe, ternyata kunyit juga mempunyai manfaat yang sama di dalam meredakan rasa nyeri pada pinggang. Berdasarkan sebuah penelitian yang di lakukan oleh National Center for Complementary and Alternative Medicine menyatakan kalau penggunaan ekstrak kunyit secara rutin dapat meredakan rasa nyeri lebih efektif.

Dimana kunyit mempunyai sebuah kadungan gizi yang bersifat antiradang dan kandungan tersebutlah yang akan berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan pada sendi. Tapi pemakaian kunyit sebagai obat alami dalam jangka panjang dapat menimbulkan masalah pada pencernaan, namun tidak terlalu serius.

3. Daun Sirsak

Menurut beberapa masyarakat, daun sirsak ternyata juga sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri pada sakit pinggang. Hal tersebut dikarenakan daun sirsak mempunyai beberapa kandungan senyawa yang sangat ampuh untuk meredakan dan mencegah terjadinya peradangan pada persendian.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari daun sirsak tersebut, kamu bisa membuat teh dari daun sirsak. Cara membuatnya sangat sederhana, pertama-tama siapkan beberapa helai daun sirsak lalu rebus dengan sedikit air dan konsumsi air rebusan tersebut secara rutin.

4. Daun Dewa

Obat alami untuk sakit pinggang yang selanjutnya adalah daun dewa. Daun dewa merupakan beberapa jenis tanaman obat yang mempunyai khasiat untuk kesehatan seperti meredakan rasa nyeri saat sakit pinggang.

Dalam sebuah studi, daun dewa dikenal akan kandungan nutrisinya yang tergolong cukup lengkap seperti saponin, minyak atsiri, flavonoid dan masih banyak lagi. Nah, beberapa kandungan tersebutlah yang mampu untuk meredakan rasa nyeri saat sakit pinggang.
Daftar 8 Obat Sakit Pinggang Paling Ampuh dan Terbaik
Obat Sakit Pinggang Paling Ampuh

Obat Sakit Pinggang Apotik

Selain dengan obat alami di atas, mengatasi sakit pinggang juga bisa dengan beberapa obat yang di jual di apotik. Tapi biasanya beberapa jenis obat yang dijual di apotik itu harus memerlukan resep dari dokter, karena tidak semua obat sakit pinggang itu di jual secara bebas. Nah, berikut ini ada beberapa jenis obat sakit pinggang dengan resep dokter:

1. Ibuprofen

Obat sakit ponggang di apotik yang pertama adalah ibuprofen. Jenis obat yang satu ini adalah obat anti-inflamasi yang pada dasarnya mempunyai sifat untuk mengurangi hormon yang menjadi penyebab peradangan dan rasa nyeri pada sendi. Untuk obat ini bisa di gunakan oleh orang dewasa dan juga anak-anak yang sudah berusia 1 tahun ke atas.

2. Antidepresan

Antidepresan memang dikenal sebagai obat untuk meredakan depresi, tapi beberapa jenis obat tersebut ternyata juga ampuh untuk meredakan rasa nyeri ketika sakit pinggang. Sebab kandungan yang terdapat dalam obat tersebut mampu untuk mencegah timbulnya peradangan yang menjadi penyebab rasa nyeri.

Walaupun obat yang satu ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah sakit pinggang, tapi untuk mendapatkan obat tersebut kamu harus melalui resep dokter. Hal ini karena obat jenis ini tidak di jual secara bebas.

3. Opioid

Opioid adalah salah satu jenis obat yang mampu menghilangkan rasa nyeri sakit pinggang paling baik, tapi obat yang satu ini tidak bisa kamu dapatkan dengan mudah karena harus melalui resep dokter. Sebab tidak semua kondisi tubuh seseorang itu aman untuk menggunakan obat opioid.

Obat yang satu ini akan bekerja sebagai penghalang atau reseptor rasa sakit di otak. Selain kandungan dalam obat ini juga mampu untuk mempengaruhi detak jantung serta sistem pernapasan. Ada banyak jenis obat opioid seperti morfin, fentanyl, oksikodon dan juga kodein.

4. Pereda Rasa Sakit Topikal

Untuk obat sakit pinggang di apotik yang selanjutnya adalah Pereda rasa sakit topikal. Pada dasarnya penggunaan obat yang satu ini untuk meredakan rasa nyeri sakit pinggang yang ringan. Selain itu obat jenis tersebut bisa kamu dapatkan di beberapa apotik dengan harga yang terjangkau.

Ada beberapa jenis obat topikal yang tergolong populer serta ampuh untuk meredakan nyeri sakit pinggang ringan seperti koyo atau salep. Cara pemakaiannya bisa kamu tempelkan langsung pada bagian pinggang yang sakit atau bisa juga di oles sambil di pijat secara perlahan.

Apabila setelah kamu sudah menggunakan beberapa obat sakit pinggang di atas dan rasa nyeri yang kamu rasakan belum hilang atau reda maka sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter. Sebab ada beberapa kasus sakit pinggang itu bisa menjadi sebuah gejala awal dari adanya masalah yang lebih serius di dalam tubuh.

Baca Juga :
8 Minuman Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil Muda Konsumsi
Memahami Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya Secara Detail
10 Makanan Penyebab Kanker Payudara Pada Wanita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel