Daftar 8 Minuman Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil Muda Konsumsi

Minuman Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil - Sama halnya dengan menjaga pola makanan, memenuhi kebutuhan cairan tubuh bagi wanita hamil sangatlah berbeda dengan wanita yang sedang tidak hamil. Sebab bunda juga harus memperhatikan janin yang sedang di kandung ketika ingin mengkonsumsi minuman.
Daftar 8 Minuman Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil Muda Konsumsi
Minuman Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil
Hal ini karena beberapa jenis minuman itu tidak baik untuk di konsumsi oleh wanita hamil karena dapat menimbulkan sebuah masalah pada kesehatan tubuh dan dapat mengganggu tumbuh kembang janin. Lalu minuman apa saja yang tidak boleh diminum saat hamil?

Minuman Yang Tidak Boleh Diminum Ibu Hamil

Seperti yang sudah disinggung di atas tadi kalau tidak semua minuman ibu baik untuk kesehatan wanita hamil apalagi untuk kehamilan trimester pertama. Berikut ini ada beberapa jenis minuman yang wajib untuk bunda hindari agar tumbuh kembang si kecil tidak terganggu:

1. Minuman Bersoda

Minuman yang memiliki kandungan soda, memang terasa nikmat saat diminum. Maka dari itu banyak orang yang menjadikan minuman bersoda ini menjadi minuman favorit mereka. Berbagai macam minuman bersoda bisa anda jumpai, salah satunya minuman bersoda yang banyak diminati yaitu minuman diet soda.

Walaupun minuman diet soda dikatakan lebih sehat, akan tetapi alangkah baiknya jika dihindari terlebih dahulu jika bunda ada pada masa kehamilan. Hal ini dikarenakanan bahan dari minuman bersoda itu terdapat kandungan kafein, serta mengandung pemanis buatan yaitu sakarin.  Merupakan salah satu bahan kimia yang bisa mempengaruhi janin jika di konsumsi secara berlebihan. Baik itu mempengaruhi pertumbuhan janin juga bisa menyebabkan terjadinya resiko cacat pada bayi.

2. Minuman Mengandung Kafein

Minuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi, memang sudah lumrah diminum oleh begitu banyak orang. Memiliki rasa yang khas membuat kopi begitu sangat diminati. Akan tetapi jika anda dalam keadaan hamil alangkah baiknya agar mengurangi atau bahkan jangan mengkonsumsi kopi terlalu sering.

Dengan mengurangi konsumsi kafein pada masa kehamilan akan lebih baik. Untuk mengurangi konsumsi minuman kafein bunda bisa mulai dengan cara membatasi secara perlahan, misal satu cangkir kecil sehari. Karena dengan bunda meminimalisir minuman - minuman yang memiliki kafein seperti kopi ini, pada saat awal pertama kehamilan anda akan membantu mengurangi resiko keguguran yang cukup tinggi.

3. Teh Hijau

Teh merupakan salah satu minuman yang menyehatkan. Dan memiliki rasa yang nikmat serta menyegarkan. Untuk mendapatkan teh juga sangatlah mudah.  Anda juga bisa memilih jenis teh apa yang anda sukai, karena teh memiliki banyak varian, salah satunya yaitu varian teh yang cukup diminati yaitu teh hijau.

Namun pada masa kehamilan ternyata konsumsi teh hijau harus diminimalkan. Hal ini dikarenakan teh hijau juga memiliki kandungan kafein yang tidak sedikit. Bila anda mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan pada masa kehamilan bisa menimbulkan efek yang kurang baik bagi janin anda, itu dikarenakan teh hijau dapat membuat metabolisme tubuh meningkat dan menyebabkan berkurangnya penyerapan asam folat dan kondisi seperti ini dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi tumbuh dan kembang  janin.

4. Minuman Berwarna

Jenis minuman yang tidak boleh diminum saat hamil yang selanjutnya adalah minuman berwarna atau jenis minuman yang mengandung pewarna berbahaya. Walaupun minuman yang mempunyai warna cerah lebih mengundang selera, tapi ada baiknya saat hamil bunda menghindari semua jenis minuman yang menggunakan pewarna buatan.

Di mana ada beberapa oknum yang biasanya mencampur zat kimia yang berbahaya ke dalam minuman yang iya buat, hal ini biasanya untuk memberikan warna cerah agar lebih menarik untuk di lihat. Jika zat kimia tersebut sampai masuk ke dalam tubuh maka tidak menutup kemungkinan masalah yang serius pada janin bisa saja terjadi.

5. Minuman Mengandung Alkohol

Dalam masa kehamilan, memang sangat disarankan untuk  selalu menjaga makanan serta menjaga minuman yang di konsumsi. Ada beberapa minuman yang menjadi pantangan bagi ibu hamil. Salah satunya yaitu minuman yang mengandung alkohol. Jika bunda masih beranggapan jika meminum minuman alkohol walaupun itu dalam jumlah kecil itu tidak berpengaruh apa-apa. Itu adalah anggapan yang salah, karena alkohol dapat memberikan efek yang buruk bagi janin.  Beberapa resiko bagi janin akibat alkohol yaitu bisa menyebabkan cacat, hambatan perkembangan , dan gangguan pada tumbuh kembang.


Maka usahakanlah bunda hindari minuman beralkohol saat hamil. Jika bunda ingin tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sangat disarankan untuk lebih memilih meminum air putih, atau bisa meminum air kelapa dan juga susu.

6. Susu Tidak Dipasteurisasi

Susu memang sangat disarankan untuk diminum pada masa kehamilan. Karena susu dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Akan tetapi bunda harus lebih cermat serta lebih teliti dalam memilih jenis susu.

Terutama bunda harus menghindari susu yang tidak dipasteurisasi. Proses yang menangani berbagai macam jenis-jenis bakteri dan mikroba yang ada dalam zat itu disebut pasteurisasi.

Karena bila susu tidak dipasteurisasi, bakteri yang terkandung dalam susu bisa menyebabkan bahaya pada tubuh anda. Bakteri yang muncul tersebut mampu dengan mudah menemukan jalan masuk ke dalam janin melalui plasenta, serta menyebabkan kerusakan permanen dalam janin.

7. Rumput Sari Gandum

Rumput sari gandum atau wheatgrass memang sangat banyak memiliki manfaat sehat bagi tubuh. Akan tetapi mengkonsumsi sari gandum secara berlebihan dapat memberi efek buruk bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan kondisi lembap pada saat gandum dipanen, dan hal itu bisa memicu timbulnya lebih banyak resiko terkontaminasinya gandum oleh mikroba dan jamur.

Jadi, bunda sebaiknya menghindari konsumsi sari gandum dan juga jus gandum yang terbuat dari bahan-bahan mentah dalam masa kehamilan

8. Minuman Manis

Meminum minuman yang manis akibat gula juga lebih baik dihindari pada masa kehamilan. Disarankan agar berpuasa dulu meminum-meminum yang terlalu manis, dan juga bersoda.Memiliki kadar gula yang cukup tinggi dan tidak baik bagi perkembangan janin anda. Gula juga bisa menyebabkan janin bisa memiliki bobot yang besar saat lahir nanti. Minuman manis juga bisa memicu penyakit diabetes muncul.

Jadi bunda memang harus ekstra menjaga serta memilih asupan makanan dan minuman. Agar kesehatan dan perkembangan janin anda terjaga.

Itulah 8 jenis minuman yang dilarang untuk ibu hamil konsumsi, selain karena berbahaya bagi kesehatan, minuman tersebut juga bisa mengganggu tumbuh kembang janin yang sedang ada dalam kandungan. Jadi buanglah semua keinginan bunda untuk mengkonsumsi jenis minuman di atas dan ingat selalu si kecil yang sedang ada di dalam perut bunda.

Baca Juga :
5 Bahaya Minum Soda Saat Hamil yang Wajib Kamu Ketahui
Waspada 5 Bahaya Makan Jeroan Sapi Bagi Ibu Hamil
Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel