Memahami Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya Secara Detail

Sistem Pencernaan Manusia – Pada dasarnya pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia itu mempunyai fungsi untuk mencerna semua jenis makanan dan juga minuman yang masuk ke dalam melalui mulut. Di dalam pencernaan ada banyak organ-organ yang sangat penting dan akan selalu terlibat di dalam mengolah semua makanan yang masuk.
Memahami Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya Secara Detail
Sistem Pencernaan Manusia
Sejak seseorang itu belum lahir, sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh sudah dirancang agar bisa mengolah semua makanan dan juga minuman yang akan masuk ketika lahir nanti. Pada umumnya fungsi utama sistem pencernaan di dalam tubuh manusia adalah mengubah semua jenis makanan dan minuman untuk menjadi sebuah nutrisi agar mudah diserap oleh tubuh.

Nutrisi tersebut akan disalurkan keseluruh bagian tubuh untuk digunakan dalam proses memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan sebagian lagi di gunakan sebagai sumber energi untuk menopang aktivitas setiap hari.

Sistem Pencernaan Manusia Secara Detail

Agar bisa digunakan sebagai sumber energi untuk tubuh, makanan dan juga minuman yang masuk ke dalam tubuh harus diolah terlebih dahulu oleh pencernaan. Pada dasarnya proses pencernaan makanan pada manusia tidaklah singkat karena tubuh membutuhkan waktu yang terbilang lama sampai sisa makanan itu dibuang melalui BAB.

Ketika tubuh mulai mengolah makanan, tentu akan ada banyak organ yang ikut terlibat dalam proses tersebut. Lalu apa saja organ sistem pencernaan yang ikut dalam mencerna makanan? Berikut penjelasannya:

Urutan Penyusun Pencernaan Manusia


  • Mulut
  • Kerongkongan
  • Lambung
  • Usus Halus
  • Usus Besar
  • Anus

Penjelasan

1. Mulut

Memahami Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya Secara Detail
Sistem Pencernaan Manusia
Proses pencernaan pada manusia yang pertama itu melalui mulut. Semua jenis makanan dan juga minuman akan masuk pertama kali melalui bagian mulut. Di dalam mulut itu mempunyai pencernaan kimia dan juga mekanik. Selain itu mulut juga mempunyai organ tambahan lain untuk membantu memproses makanan seperti lidah, gigi dan juga kelenjar air liur.

Lidah mempunyai fungsi untuk menempatkan makanan agar gampang untuk dikunyah dan juga membantu untuk mempermudah menelan makanan. Untuk gigi sendiri mempunyai fungsi sebagai pengunyah makanan serta pemotong makanan agar menjadi lebih halus dan mudah untuk di telan.

Sedangkan untuk kelenjar air liur itu memiliki fungsi yang juga tidak kalah pentingnya seperti membantu proses menelan makanan agar mudah untuk masuk melewati rongga mulut serta sebagai pelindung untuk rongga mulut.

2. Kerongkongan

Memahami Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya Secara Detail
Sistem Pencernaan Manusia
Sistem pencernaan pada manusia yang berikutnya adalah kerongkongan atau sering juga di kenal dengan nama esopagus.  Kerongkongan merupakan saluran penghubung antara mulut dengan lambung yang terletak diantara tenggorokan dan juga lambung.

Pada dasarnya kerongkongan sendiri mempunyai peranan yang cukup penting yakni menyalurkan makanan yang sudah selesai diproses oleh mulut untuk menuju ke lambung. Selain itu otot yang ada di dalam kerongkongan akan berkontraksi jika ada makanan yang masuk dan kontraksi ini bertujuan untuk mendorong makanan tersebut untuk masuk ke dalam lambung.

3. Lambung

Memahami Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya Secara Detail
Sistem Pencernaan Manusia
Organ sistem pencernaan pada manusia yang berikutnya adalah lambung atau dalam bahasa ilmiahnya di sebut dengan nama ventriculus.  Lambung sendiri terletak diantara kerongkongan dan juga usus halus bagian kiri rongga perut bagian atas. Lambung mempunyai ukuran yang beragam namun umumnya lambung berukuran dua kepalan tangan. Selain itu lambung juga mempunyai bentuk yang unik seperti kantong yang menggelembung.

Dalam kaidahnya lambung mempunyai fungsi untuk menyimpan makanan dan cairan yang masuk dan mencampur semua makanan dan cairan menjadi satu serta menyalurkan makanan untuk masuk kedalam usus kecil secara perlahan-lahan sampai habis.

Tidak hanya itu saja, lambung juga mempunyai fungsi untuk memproduksi asam klorida yang digunakan untuk membunuh semua mikroorganisme yang ada di dalam makanan. Di dalam lambung juga terdapat 3 buah bagian seperti Kardiak ( bagian atas ), Fundus ( bagian tengah ) dan Pylorus ( bagian bawah ).

4. Usus Halus

Memahami Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya Secara Detail
Sistem Pencernaan Manusia
Alat pencernaan pada manusia yang berikutnya itu adalah usus halus. Usus halus mempunyai beberapa bagian seperti usus dua belas jari ( Duodenum ), usus kosong ( jejunum ) dan juga usus penyerapan ( Ileum ). Panjang keseluruhan dari usus halus adalah 8,25 m. Di dalam usus halus juga terdapat banyak sekali proses pencernaan makanan seperti proses kimiawi dengan bantuan enzim.

Usus halus mempunyai bentuk yang menyerupai seperti tabung tipis yang mempunyai ukuran 1 cm dengan panjang sampai 8-10 m. Seluruh bagian usus halus itu digulung seperti selang dan pada bagian permukaan dalamnya itu dipenuhi dengan banyak sekali tonjolan serta lipatan.

Selain itu usus halus sendiri memiliki fungsi untuk menyerap semua nutrisi yang ada di dalam makanan setelah melalui proses pencernaan. Usus halus juga memproduksi beberapa jenis enzim yang mampu untuk mengubah beberapa zat yang terdapat di dalam makanan agar lebih mudah untuk di serap. Beberapa jenis enzim tersebut seperti enzim lactase, enzim erepsin, enzim maltase, enzim lipase dan masih banyak lagi.

5. Usus Besar

Memahami Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya Secara Detail
Sistem Pencernaan Manusia
Tidak hanya sampai pada usus halus saja, tapi proses pencernaan dalam tubuh manusia juga melibatkan usus besar. Di dalam usus besar dapat terbagi menjadi tiga bagian yaitu usus besar naik, usus besar melintang dan juga usus besar turun. Pada umumnya usus besar pada tubuh manusia itu memiliki ukuran yang relatif panjang yakni 5-6 m.

Usus besar juga mempunyai bagian-bagiannya seperti bagian sekum, kolon asenden, kolon transenden, kolon desenden, kolon sigmoid dan juga rektum. Semua makanan yang masuk ke dalam usus besar itu adalah sisa-sisa makanan dari penyerapan usus halus namun sisa makan tersebut masih mempunyai kandungan air yang cukup tinggi dan kandungan air tersebut akan di serap oleh usus besar.

Fungsi usus besar dalam sistem pencernaan manusia itu sebagai wadah sisa-sisa makanan yang nantinya akan dibusukkan menggunakan bakteri jenis Escherichia coli. Setelah itu sisa makanan yang sudah membusuk akan dirubah menjadi kotoran yang nantinya akan dibuang melalui anus.

6. Anus

Organ sistem pencernaan manusia yang terakhir adalah anus. Semua sisa makanan  yang sudah dirubah menjadi kotoran oleh usus besar itu akan dibuang melalui bagian ujung anus besar yang sering di sebut dengan nama rektum. Rektum adalah jalur menuju anus yang merupakan sebuah tempat untuk membuang seluruh kotoran.

Dalam alur sistem pencernaan manusia, anus adalah sebuah pintu terakhir di dalam mencerna semua makanan di dalam tubuh. Di dalam tubuh, anus berfungsi sebagai wadah atau tempat untuk membuang fases atau sering dikatakan sebagai buang air besar.

Bagaimana, apakah penjelasan di atas tentang sistem pencernaan manusia dan fungsinya sudah bisa menjawab keingintahuan kalian. Selain itu kita juga wajib untuk selalu menjaga kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh agar dapat terhindar dari gangguan pencernaan.

Baca Juga :
10 Makanan Penyebab Kanker Payudara Pada Wanita
Amankah Ibu Hamil Mengkonsumsi Pare? Ini faktanya Menurut Dokter
4 Manfaat Madu Hitam Untuk Pria Dewasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel