7 Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal yang Mudah Dikenali

Ciri-ciri Kanker Payudara – Sampai saat ini kanker payudara adalah salah satu penyakit yang sangat mematikan bagi kaum wanita selain kanker serviks. Di mana belum ada sebuah penelitian yang mendapatkan sebuah jawaban tentang apa yang menjadi penyebab tumbuhnya kanker di dalam payudara, tapi kesimpulan dari penelitian tersebut menyatakan kalau pola hidup yang kurang sehat seperti mengkonsumsi makanan tidak sehat dan jarang berolahraga bisa menjadi faktor utama penyebab kanker payudara pada wanita.
7 Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal yang Mudah Dikenali
Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal
Kanker payudara stadium awal atau lebih sering di sebut stadium 1 adalah kanker payudara yang kemunculannya masih bisa di kenali dengan adanya sebuah benjolan kecil di bagian payudara. Umumnya ukuran benjolan yang muncul sekitar 2 cm atau terkadang juga bisa lebih kecil dari itu. Ketika masih dalam stadium awal, benjolan tersebut masih belum menyebar ke kelenjar getah bening yang ada pada ketiak dan struktur saraf lainnya.

Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal

Ketika kanker payudara masih dalam stadium awal itu cenderung masih aman dan dapat segera diobati dengan obat alami atau bisa juga dengan obat dokter. Jika kondisi tersebut tidak segera kalian atasi atau hanya di biarkan begitu saja maka tidak menutup kemungkinan kanker payudara akan menjadi semakin parah.

Makan dari inilah kita wajib tahu bagaimana ciri-ciri awal kanker payudara agar kita bisa mengobatinya sejak dini. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang wajib untuk kamu ketahui:

1. Perubahan Pada Warna Kulit Payudara

Seringkali terjadinya perubahan warna pada kulit disalahartikan sebagai tanda-tanda terjadinya infeksi ataupun alergi. Namun, anda juga harus tetap waspada, karena jika dibarengi dengan munculnya benjolan terutama pada bagian payudara, itu bukanlah infeksi biasa. Jika dilihat lebih seksama gejala tersebut merupakan salah satu ciri-ciri kanker payudara. Pada tahap awal kulit payudara akan berubah warna menjadi kemerahan, serta dari segi tekstur dan  warna kulit akan menyerupai kulit jeruk, dan juga akan terasa kulit menjadi tebal dan berlekuk-lekuk pada area kulit payudara.

2. Terasa Sakit Pada Bagian Puting

Anda juga harus memperhatikan ciri-ciri lain dari kanker payudara yang berikutnya. Jika kanker payudara ada pada tahap stadium 1 ciri-ciri yang harus anda waspadai yaitu terjadinya perubahan yang cukup terlihat pada bagian puting anda.  Biasanya puting akan terasa nyeri dan sakit, serta akan keluar cairan yang tidak normal  dari puting. Puting juga akan terasa melesak ke dalam.

3. Timbulnya Benjolan Pada Ketiak

Selain ciri-ciri adanya kanker payudara yang muncul pada payudara, ternyata bisa juga muncul pada ketiak. Tanda yang biasa muncul yaitu berupa benjolan pada bawah ketiak. Munculnya benjolan pada bawah ketiak ini karena adanya jaringan payudara yang meluas hingga di bawah ketiak, dan inilah salah satu penyebab mengapa kanker dapat muncul dan menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

4. Puting Mengeluarkan Cairan

Sesuai ulasan di atas keluarnya cairan pada puting juga merupakan salah satu ciri-ciri terdeteksinya penyakit kanker payudara.  Saat puting mengeluarkan cairan yang tidak biasa, berupa cairan yang encer atapun kental. Dan memiliki warna yang bervariasi baik itu berwarna bening, hijau, kuning, bahkan berwarna merah seperti darah. Maka jika ciri ini terjadi anda harus waspada dan segera periksakan diri ke dokter kepercayaan anda. Agar dapat segera terdeteksi apakah itu kanker ataukah tidak.

5. Munculnya Benjolan Pada Payudara

Adanya benjolan pada payudara  merupakan gejala awal dari kanker payudara yang paling mudah untuk dikenali. Walaupun benjolan tersebut terkadang tidak terlihat oleh mata telanjang, namun akan terasa bila disentuh dan benjolan tersebut terasa padat saat disentuh. Benjolan tersebut biasanya tidak terasa menyakitkan, namun dari beberapa studi ditemukan juga beberapa orang yang justru merasakan hal yang sebaliknya.

6. Payudara Membesar Sebelah

Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal yang berikutnya yaitu adanya perubahan pada payudara yang cukup terlihat. Jika payudara anda terasa membesar namun sebelahnya saja, maka itu bisa jadi menjadi salah satu ciri dari kanker ini. Munculnya sel kanker ini sering kali menyebabkan seluruh atau sebagian area payudara menjadi bengkak.  Jika dilihat pada payudara normal, ukuran dari dua sisi memang besar sebelah, namun bila diakibatkan karena kanker maka perbedaannya akan terlihat sangat jelas. Pada sisi payudara yang terkena kanker akan terlihat sangat membengkak sehingga akan tampak turun atau merosot dari yang satunya. Payudara juga akan terasa kencang dan kulit seperti tertarik.

7. Puting Masuk Kedalam

Menyerangnya sel kanker pada payudara juga bisa mengubah sel di belakang puting. Dan seringkali menyebabkan puting susu terasa terbalik, atau bisa dilihat puting menjorok masuk ke dalam. Diketahui jika puting susu yang normal biasanya akan tampak menonjol keluar. Namun walaupun kita harus tetap waspada, kita jangan langsung memastikan sendiri itu adalah kanker, karena perubahan pada penampilan puting juga bisa disebabkan oleh infeksi ataupun kista.

Maka dari itulah sangat di sarankan sekali untuk mengenali terlebih dahulu ciri-ciri kanker payudara stadium awal seperti di atas tadi. Selain itu kamu juga wajib untuk melakukan SADARI ( Pemeriksaan Payudara Sendiri ) setiap bulannya.

Apabila kamu rajin untuk melakukan SADARI maka hal ini dapat membantu diri kamu untuk mengenali bagaimana struktur payudara kalian sendiri dan kamu juga akan bisa mengetahui lebih cepat jika ada sebuah kejanggalan pada payudara.

Seperti yang sudah kita ketahui juga kalau kanker payudara itu sangatlah mematikan seperti halnya dengan kanker serviks. Oleh sebab itu semakin cepat kita mendeteksi penyakit tersebut maka semakin tinggi angka keberhasilan kita dalam mengobatinya.

Selain memeriksakannya ke dokter, mencegah kanker payudara juga bisa kamu lakukan dengan cara menjaga pola hidup yang lebih sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga setiap hari.

Baca Juga :
Daftar 8 Obat Sakit Pinggang Paling Ampuh dan Terbaik
17 Jenis Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh dan Aman Bagi Kesehatan
Ternyata Inilah Penyebab Anyang Anyangan yang Patut Diwaspadai

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel