13 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Agar Lebih Lebat dan Berkilau

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut – Kemiri adalah salah satu dari beberapa jenis rempah-rempah yang sering di gunakan sebagai penyedap masakan. Tapi tahukah kalian kalau ternyata minyak kemiri itu bagus untuk kesehatan rambut seperti membuat rambut lebih lebat, hitam serta menjaga pertumbuhan rambut baru.
13 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Agar Lebih Lebat dan Berkilau
Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut
Tentu manfaat minyak kemiri untuk rambut ini tidak akan lepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Di mana dalam sebuah studi menyebutkan kalau kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak kemiri itu tidak hanya baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah saja namun juga bagus untuk menjaga dan merawat agar rambut tetap sehat.

Minyak kemiri dipercaya mempunyai ragam kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti vitamin A, tiamin, asam folat, saponin, flavonoid, polifenol, fitosterol dan masih banyak kandungan lainnya. Lalu apa manfaat minyak kemiri untuk rambut? Berikut penjelasannya.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut

Untuk bisa mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk rambut kering memang tidak terlalu sulit, karena kamu hanya perlu mengolah buah kemiri untuk diambil minyaknya saja. Selain simpel,  Penggunaan minyak kemiri untuk merawat rambut juga terbilang aman dan tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan rambut.

Berikut ini ada beberapa manfaat minyak kemiri untuk rambut yang wajib untuk kamu ketahui:

1. Membersihkan Ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang pertama  adalah membersihkan ketombe yang ada di kulit kepala. Karena biasanya jika ada ketombe berlebih pada kulit kepala tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman dan juga bisa membuat kepercayaan diri kita di depan umum hilang.

Tentu kalian tidak ingin mengalami hal tersebut bukan! Nah, agar terhindar dari masalah ketombe ini, selain dengan selalu menjaga kebersihan kulit kepala,  kamu juga bisa menggunakan minyak kemiri untuk mencegah ketombe datang kembali.

Caranya juga sangat mudah kamu hanya perlu menyiapkan beberapa sendok makan minyak kemiri murni lalu usapkan kebagian kulit kepala sampai merata dan pijat secara perlahan-lahan. Tunggu selama 10 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

2. Mampu Membuat Rambut Lebih Tebal

Penggunaan minyak rambut biasanya akan membuat rambut menjadi subur dan lebih tebal. Begitu pula jika anda menggunakan minyak kemiri . Karena minyak kemiri sangat bagus untuk menebalkan dan menyuburkan rambut.

Akan tetapi penggunaan minyak kemiri memerlukan beberapa tahapan. Yang pertama tahapan penggunaan  minyak kemiri untuk penyuburan rambut. Dengan cara oleskan minyak kemiri ke seluruh rambut sebelum tidur, lalu esok harinya bilas dengan air dan shampoo hingga bersih. Niscaya dengan anda rutin melakukan perawatan dengan minyak kemiri ini, rambut anda menjadi tebal.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut Baru

Minyak kemiri juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru yang ada di kepala. Ini juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut di daerah lain. Misal pada bagian jenggot, kumis dan jambang.

Menurut beberapa pria dikatakan adanya jenggot dan jambang membuat pria lebih maskulin dan gagah. Jadi bagi para pria yang menginginkan memiliki jenggot dan jambang bisa gunakan minyak kemiri ini. Cukup oleskan secara rutin minyak kemiri kebagian jambang atau jenggot selama beberapa menit lalu bilas.

4. Mencegah Kerontokan Pada Rambut

Bila anda memiliki masalah rambut rontok yang parah, cobalah gunakan minyak kemiri sebagai solusinya. Karena minyak kemiri juga bisa mencegah serta mengatasi kerontokan pada rambut.
Terjadinya kerontokan pada rambut biasanya disebabkan oleh folikel yang lemah . Dengan kandungan protein dan mineral yang terdapat dalam minyak kemiri bisa membantu mengatasi rambut rontok.

Cara penggunaan cukup oleskan minyak kemiri secukupnya pada bagian kulit kepala hingga ujung rambut, pijat pijat kulit kepala secara perlahan,  diamkan kurang lebih 10 menit lalu keramaslah hingga bersih. Niscaya dengan minyak kemiri ini masalah rambut rontok anda dapat teratasi.

5. Mencegah Kebotakan

Terjadinya masalah kebotakan memang menjadi momok yang sangat menakutkan bila terjadi. Namun bila anda ingin terhindar dari masalah kebotakan atau saat ini sedang mengalami masalah kebotakan  maka cobalah gunakan minyak kemiri sebagai solusinya. Karena minyak kemiri memiliki manfaat yang mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Berbagai macam manfaat bisa kamu temukan dalam kandungan minyak kemiri ini, baik itu dapat membantu menguatkan rambut agar tidak rontok lagi. Anda juga bisa terhindar dari masalah kebotakan karena minyak kemiri dapat merangsang pertumbuhan rambut baru.

6. Membuat Rambut Lebih Hitam

Memiliki rambut yang hitam, merupakan sesuatu yang banyak diidam-idamkan oleh beberapa orang, apalagi rambut itu hitam, sehat dan terlihat alami.  Nah, buat anda yang ingin agar rambut anda hitam, sehat dan alami cobalah gunakan minyak kemiri dari sekarang.  Sebab minyak kemiri selain bisa merawat dan mengatasi masalah rambut juga bisa menyehatkan serta mempercantik rambut. Minyak kemiri juga mampu membuat rambut anda menjadi  lebih hitam.

Caranya, gunakanlah minyak kemiri secara rutin agar rambut menjadi hitam berkilau. Walaupun tidak sebaik cat rambut, yang mampu menghitamkan rambut. Namun efek yang dapat menyehatkan rambut membuat nilai plus bagi penggunaan minyak kemiri ini. Jadi rasakanlah manfaat minyak kemiri ini dengan pemakaian secara rutin.

7. Membuat Rambut Lebih Lembut

Berbagai macam merek conditioner dan masker rambut untuk melembutkan rambut bisa kita temui di berbagai toko biasa bahkan toko alat kecantikan. Namun terkadang walaupun sudah menggunakan kedua produk ini rambut masih kurang terasa lembut maksimal.  Buat anda yang ingin menghaluskan rambut tapi dengan bahan yang alami, dan anda juga  menginginkan hasil yang lebih bagus lagi, bisa mencoba menggunakan minyak kemiri. Sebab minyak kemiri memiliki efek yang ampuh untuk membuat rambut terasa lebih lembut dan halus alami. Dengan pemakaiannya yang teratur, niscaya rambut anda akan menjadi lembut.

8. Melembabkan Rambut

Selain dapat menghaluskan rambut anda, pemakaian minyak kemiri secara teratur juga memiliki manfaat yang ampuh dalam menjaga kelembapan rambut tetap utuh. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan asam lemak tidak jenuh pada minyak kemiri yang membantu kelembapan rambut anda tetap terjaga. Buat anda yang memiliki masalah rambut kering bisa mencoba menggunakan minyak kemiri ini dan rasakan manfaat yang diberikan minyak ini pada rambut anda ya.

9. Mencegah Uban

Masalah rambut rontok, bercabang, dan kering memang merupakan beberapa momok yang sedikit mengurangi rasa percaya diri. Salah satu masalah rambut yang sering kali membuat rasa sebal serta percaya diri turun lainnya yaitu munculnya uban.  Terutama munculnya uban pada usia yang masih tergolong muda. Tanda muncul uban ini biasanya adalah salah satu pertanda terjadinya penuaan dini.

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri ini memiliki kandungan vitamin E yang banyak, yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang baik untuk mencegah terjadinya  tanda-tanda penuaan dini , terutama salah satunya yaitu munculnya uban.

10. Menguatkan Akar Rambut

Penyebab utama terjadinya kerontokan  pada rambut biasanya disebabkan karena akar pada rambut rapuh. Maka dari itu jika anda ingin memperkuat akar rambut, cobalah gunakan minyak kemiri sebagai solusi perawatan rambut anda. Karena sesuai ulasan yang telah dibahas di atas bahwa minyak kemiri sangat banyak mengandung vitamin dan berbagai nutrisi yang tidak hanya sekedar bisa menutrisi saja, tetapi juga mampu membantu memperkuat rambut dari bagian akar sampai keujung.

11. Mencegah Peradangan Pada Kulit Kepala

Adanya kandungan asam linoleat pada minyak kemiri yang merupakan jenis asam  lemak tidak jenuh Omega-6 yang bermanfaat sebagai anti inflamasi. Selain bermanfaat sebagai anti inflamasi, kandungan asam linoleat juga memiliki manfaat yang efektif dalam membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit kepala  yang diakibatkan oleh ketombe.

Agar masalah peradangan pada kulit kepala ini dapat diatasi dengan cara mengoleskan minyak kemiri pada bagian kulit kepala anda, lalu diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Niscaya dengan cara ini masalah peradangan pada kulit kepala anda dapat segera teratasi.

12. Membuat Rambut Lebih Cepat Panjang

Apakah kalian mengalami masalah dengan rambut yang lama panjang? Jika iya, ada cara mudah untuk mengatasi masalah yang kamu alami tersebut. Ya, caranya dengan menggunakan minyak kemiri asli. Hal ini karena minyak kemiri mempunyai kandungan yang akan menjaga dan merawat pertumbuhan rambut dan dampak lainnya rambut juga akan lebih cepat panjang.

13. Membuat Rambut Lebih Lurus

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang terakhir adalah membuat rambut menjadi lebih lurus. Karena dalam beberapa kasus masalah rambut keriting itu bisa di sebabkan oleh kurangnya nutrisi untuk rambut serta tidak terjaganya kesehatan rambut dan pertumbuhan rambut yang terhambat.
Masalah tersebutlah yang akan membuat rambut kamu tidak mau tumbuh lurus melainkan akan menjadi keriting dan akan lebih susah untuk diatur. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena dengan menggunakan minyak kemiri secara rutin akan membuat rambut kamu menjadi lebih lurus seperti habis direbonding atau di catok.

Tapi perlu juga untuk kalian ketahui kalau untuk memperoleh hasil yang maksimal sangat di sarankan sekali untuk menggunakan minyak kemiri secara rutin dan kamu juga wajib untuk lebih bersabar untuk bisa melihat hasilnya. Selamat mencoba.

Baca Juga :
9 Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
8 Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
10 Manfaat Masker Kunyit Untuk Kulit Wajah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel