2 Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi yang Jarang Diketahui

Manfaat Kayu secang Untuk BayiKayu secang adalah salah satu dari beberapa jenis rempah-rempah yang ada di Indonesia seperti kunyit, kemiri dan jahe. Di mana tanaman ini sangat tumbuh subur di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Namun meski begitu ternyata tidak banyak orang yang tahu kalau kayu secang memiliki manfaat untuk bayi.
2 Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi yang Jarang Diketahui
Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi
Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya kalau kayu secang itu mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan sangat bermanfaat untuk mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan yang umum dialami oleh kebanyakan orang, tapi tidak hanya itu saja karena ada beberapa kandungan zat dalam kayu secang juga bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah umum yang sering dialami oleh bayi.

Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi

Memang belum ada sebuah penelitian yang meneliti secara pasti mengenai manfaat secang bagi kulit bayi, tapi sebuah kandungan zat aktif yang ada pada kayu secang dipercaya ampuh dalam mengatasi masalah yang umum terjadi pada bayi. Berikut adalah beberapa manfaat secang untuk bayi yang jarang di ketahui:

1. Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Manfaat kayu secang untuk bayi yang pertama adalah mampu untuk mengatasi biang keringat yang sering dialami oleh bayi. Tentu hampir semua bayi akan mengalami masalah tersebut, sebab seperti yang kita ketahui kalau kulit bayi itu lebih sensitif di bandingkan dengan kulit orang dewasa. Jadi sebagai orang tua, sangatlah wajib untuk selalu menjaga kebersihan kulit bayi setiap hari.

Jika si kecil sudah terlanjur mengalami masalah biang keringat, maka ada baiknya bunda segera mengobatinya dengan obat yang memang aman untuk kulitnya yang sensitif. Selain bunda bisa menggunakan obat-obatan dari dokter, mengatasi biang keringat juga bisa bunda lakukan dengan bahan alami seperti dengan minyak kayu secang.

Baca Juga : Manfaat Jahe Untuk Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Dalam beberapa studi, minyak kayu secang masih terbilang aman untuk di gunakan oleh kulit bayi yang sudah berusia lebih dari 2 bulan. Tapi dalam menggunakan minyak dari kayu secang ini sebaiknya tidak terlalu sering dan hanya di gunakan selama 2 kali dalam 1 minggu. Sebab belum ada penelitian yang menjelaskan berapa takaran yang pas untuk kulit bayi yang masih sensitif.

Cara menggunakan kayu secang untuk mengatasi biang keringat sangatlah mudah untuk bunda lakukan di rumah. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu beberapa potongan kayu secang setelah itu rebus dengan air sekitar 500/800 ml. Rebus kayu secang sampai air rebusan terlihat sangat pekat lalu tuang kedalam bak mandi dan tambahkan air seperti normal. Usahakan airnya tidak panas agar kulit bayi yang sensitif tidak terbakar.

Selain bunda bisa membuat obat alami untuk biang keringat pada bayi di rumah dengan cara yang di atas, bunda juga bisa memakai minyak kayu secang murni yang di jual di toko-toko obat. Tapi usahakan untuk memilih minyak kayu secang yang benar-benar murni dan pilih toko obat yang terpercaya.

2. Membuat Kulit Bayi Kencang

Manfaat kayu secang untuk bayi yang selanjutnya adalah mengatasi masalah kulit bayi yang keriput dan membuatnya lebih kencang serta membuatnya lebih terlihat cerah. Terkadang masalah kulit yang terlihat keriput tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja tapi bayi dan anak-anak juga terkadang bisa mengalami hal tersebut.

Kulit yang keriput atau kulit yang kendur merupakan sebuah masalah yang bisa di sebabkan oleh banyak hal dan salah satunya adalah kurangnya menjaga kebersihan kulit serta kulit kekurangan asupan nutrisi yang cukup. Tapi pada bayi biasanya kulit yang keriput dapat di sebabkan oleh kurangnya orang tua untuk menjaga kebersihan kulit bayi secara rutin.

Pada dasarnya masalah tersebut tidaklah parah, karena seperti yang kita ketahui kalau kulit bayi akan terus berkembang seiring bertambahnya usia. Tapi jika hanya di biarkan, tidak menutup kemungkinan kalau masalah tersebut akan di bawahnya sampai dia dewasa. Maka dari itu, sebagai orang tua sangatlah wajib untuk selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan kulit bayi setiap hari.

Baca Juga : 5 Tips Agar Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Selain dengan selalu menjaga kebersihan kulit bayi secara teratur, mengatasi masalah kulit keriput pada bayi juga bisa dengan memakai ramuan dari kayu secang. Kayu secang terkenal akan kandungannya yang mampu membuat kulit menjadi lebih sehat, bersih dan cerah alami.

Untuk membuat ramuan dari kayu secang sangatlah mudah, bunda hanya perlu merebus beberapa potong kayu secang yang sudah di keringkan terlebih dahulu sampai air rebusan tinggal setengah. Setelah itu tuang air rebusan tadi ke dalam bak mandi si kecil tapi usahakan air dalam bak mandi tidak terlalu panas agar kulit bayi tidak terbakar. Lakukan cara tersebut 2 kali dalam 1 minggu agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Perlu bunda ingat juga kalau menggunakan kayu secang untuk keperluan bayi sebaiknya jangan terlalu berlebihan dan jangan juga terlalu sering karena masih minim penelitian yang menjelaskan secara jelas berapa batas maksimal dalam menggunakan bahan alami tersebut untuk bayi. Jika bunda menggunakan minyak kayu secang, sebaiknya gunakan sekitar 3 tetes saja untuk di usapkan ke bagian kulit bayi. Sedangkan rebusan kayu secang untuk mandi sebaiknya lakukan selama 2 kali dalam 1 minggu saja jangan lebih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel