10 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Usia 0-6 Bulan

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi – Pada dasarnya hampir semua orang pernah mengalami yang namanya cegukan, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Biasanya masalah tersebut akan berlangsung sebentar saja dan akan menghilang dengan sendirinya tanpa harus diobati. Tapi bagaimana dengan cegukan pada bayi? Apakah itu aman, atau tidak ya?
10 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Usia 0-6 Bulan
Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi
Umumnya untuk seorang bayi yang berusia 0 sampai dengan 6 bulan memang sangat rentan untuk mengalami masalah cegukan, bahkan tanpa bunda ketahui kalau sebenarnya bayi itu sudah pernah mengalami cegukan saat berada di dalam rahim. Kok bisa, kan bayi masih belum bisa bernapas sendiri? Tentu bisa, karena faktanya cegukan itu tidak ada kaitannya dengan pernapasan melainkan karena adanya kontraksi dari otot-otot diafragma dalam tubuh si kecil.

Pada umumnya cegukan pada bayi baru lahir itu merupakan hal yang normal dan akan dialami oleh setiap bayi serta kondisi ini tidaklah berbahaya untuk kesehatan si kecil. Maka dari itu, bunda tidak perlu merasa khawatir dan juga panik saat si kecil bunda mengalami cegukan. Karena kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu bunda obati.

Apa Penyebab Bayi Cegukan?

Seperti yang sudah di singgung di atas, kalau penyebab utama cegukan pada bayi usia 0 bulan sampai 6 bulan adalah adanya kontraksi dari otot-otot diafragma yang biasanya di picu oleh iritasi atau bisa juga karena adanya stimulasi di dalam otot. Beberapa dokter anak beranggapan kalau pada umumnya cegukan pada bayi yang baru lahir bisa terjadi karena aktivitas sehari-hari di kecil seperti makan, minum ASI atau susu formula. Tidak hanya itu, bayi cegukan karena dingin juga bisa menjadi penyebabnya.

Normalnya cegukan pada bayi tidaklah berbahaya yang haru mendapatkan perawatan dokter, tapi jika cegukan yang dialami tidak kunjung hilang dan terjadi secara terus-menerus maka kondisi tersebut harus segera di waspadai. Karena pada seorang bayi yang mengalami penyakit gastroesphageal reflus akan cenderung mengalami masalah cegukan dan biasanya juga akan disertai dengan muntah, batuk dan menjadi lebih rewel dari biasanya.

Apabila tanda-tanda tersebut bunda rasakan pada si kecil, maka ada baiknya segera bawa si kecil ke dokter anak agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat sebelum hal yang lebih buruk terjadi pada buah hati tersayang bunda.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi 0 Sampai 6 Bulan

Cegukan normal yang terjadi pada bayi tidak membutuhkan obat untuk menghilangkannya karena kondisi tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Namun, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi cegukan pada bayi yang mungkin bermanfaat untuk bunda:

1. Cobalah Untuk Membuatnya Bersendawa

Biasanya cegukan pada bayi baru lahir dapat terjadi karena adanya udara yang terperangkap di dalam rongga-rongga diafragma. Untuk membuat udara yang terperangkap tersebut keluar, bunda harus membuat si kecil bersendawa.

Cara untuk membuat iya bersendawa adalah menggendongnya dengan posisi perut bayi berada di bahu bunda dan tepuk secara lembut  bagian punggungnya sampai iya bersendawa. Ada bagusnya untuk membuat si kecil bersendawa selama beberapa kali saat iya selesai menyusui atau saat iya mengalami cegukan.

Baca Juga : 14 Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Serta Orang Dewasa

2. Selalu Perhatikan Letak Bibir Bayi Saat Menyusui

Tanpa bunda sadari ketika posisi mulut bayi yang terletak tidak benar pada puting susu ataupun pada botol susunya itu akan membuat udara masuk ke dalam perut bayi yang tidak hanya dapat memicu perut kembung tapi juga sering membuat cegukan.

Oleh sebab itu sangat di sarankan sekali untuk bunda selalu memperhatikan posisi mulut bayi ketika iya sedang menyusu. Selain itu bunda juga harus memperhatikan dengan baik suara menelan yang keluar dari mulut bayi. Apabila saat si kecil menyusui terdengar suara mengecap maka itu artinya posisi mulut bayi belum sempurna.

3. Perhatikan Dot dan Botol yang Digunakan

Apabila si kecil menyusui dengan menggunakan dot maka bunda wajib untuk selalu memperhatikan posisi botolnya. Normalnya kemiringan sekitar 45 derajat adalah posisi yang baik karena posisi tersebut akan membuat susu di dalam botol dapat mengalir lebih lancar dan meminimalisir banyak udara yang masuk.

Selain itu, ukuran lubang yang ada di dot juga bisa menjadi pengaruh dalam kemampuan bayi untuk menghisap susu. Di mana ukuran lubang yang kecil dan juga terlalu besar akan membuat udara menjadi lebih banyak masuk ke dalam rongga perut bayi.

4. Perhatikan Kapan Waktunya Iya Lapar

Sedikit orang tua yang tahu kalau bayi yang terlalu lapar biasanya akan menjadi lebih rewel dan ketika iya rewel udara akan lebih banyak tertelan dan masuk ke dalam rongga purut yang dapat memicu masalah perut kembung serta cegukan.

Maka dari itu sangat di sarankan sekali untuk bunda selalu memperhatikan kapan iya akan merasa lapar agar si kecil tidak terlanjur makan angina terlalu banyak. Bunda juga bisa membuat sebuah jadwal maka untuk si kecil setiap hari.
10 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Usia 0-6 Bulan
Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Usia 0 Bulan

5. Buatlah Iya Nyaman Dalam Pelukan

Terkadang cegukan pada bayi baru usia 0 sampai 6 bulan juga bisa di picu karena iya merasa tidak nyaman berada di sebuah tempat. Untuk membuatnya nyaman kembali, bunda bisa mencoba untuk memeluknya agar si kecil menjadi lebih tenang serta secara otomatis cara ini dapat membuat tubuhnya menjadi lebih hangat.

Percaya atau tidak itu tergantung pendapat dari kalian masing-masing karena biasanya cegukan yang dialami oleh beberapa bayi akan hilang atau segera mereda saat iya berada pada pelukan ajaib dari ibunya.

Baca Juga : 5 Tips Agar Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak Di Malam Hari

6. Berhenti Memberikan ASI

Apabila si kecil bunda mengalami cegukan saat sedang menyusui maka segeralah untuk menghentikan sementara memberikannya ASI. Cobalah untuk menunggu selama beberapa menit lagi atau bisa juga sampai cegukannya hilang baru bunda mulai lagi untuk memberikannya ASI.

Perlu untuk bunda ingat kalau memaksakan untuk memberikannya ASI saat iya mengalami cegukan akan membuatnya menjadi tersedak. Jadi jangan pernah menyepelekan hal yang kecil ini ya bunda.

7. Cobalah Memberikan Makan Secara Bertahap

Dalam sebuah studi, memberikan susu atau menyusui dengan pola jeda dan memberikannya makan dalam porsi yang sedikit namun sering ( untuk bayi yang sudah mulai belajar makan ), mampu untuk mencegah dan mengurangi iya mengalami cegukan.

Jumlah makanan yang sedikit atau dalam porsi kecil akan membuat udara yang masuk ke dalam saluran pencernaannya menjadi lebih sedikit serta kondisi ini akan meminimalisir untuk terjadinya cegukan.

8. Selalu Perhatikan Posisi Bayi

Dalam beberapa kasus, bayi yang mengalami cegukan juga sering dibarengi dengan muntah-muntah. Jika ini terjadi pada si kecil maka segeralah perbaiki posisinya dan jangan biarkan iya tidur dengan posisi terlentang atau duduk dengan posisi perut yang tertekuk.

Cobalah untuk membuat tubuhnya tegak saat memberikannya makan atau susu karena dengan posisi tersebut akan membuat udara mengalir lebih lancar serta mencegah terjadinya cegukan.

9. Buatkan Jadwal Cegukan

Menurut dokter, bayi yang memiliki usia di bawah 1 tahun akan sering mengalami cegukan di bandingkan dengan bayi yang sudah berusia di atas 1 tahun. Biasanya frekuensi cegukan pada bayi itu tidak akan terjadi setiap saat dan agak susah untuk di tebak.

Namun apabila si kecil bunda terlalu sering mengalami cegukan maka sebaiknya coba untuk membuatkannya jadwal dan mencatat semua aktivitasnya sehari-hari. Memang terlihat sepele tapi catatan yang bunda buat ini akan membantu bunda di dalam membuat laporan ke dokter jika di perlukan.

Baca Juga : Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi yang Jarang Diketahui

10. Periksakan ke Dokter

Cegukan normal pada bayi biasanya akan terjadi hanya beberapa kali dan hilang dengan sendirinya tanpa harus mendapatkan perawatan dari dokter. Namun sebagian kasus, cegukan yang dialami oleh bayi dan juga di sertai oleh gejala lain seperti kembung, muntah dan juga rewel, mungkin ini bisa menjadi masalah yang lebih serius.

Jika si kecil bunda mengalami gejala seperti di atas, ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut serta mencari tahu penyakit apa yang mungkin sedang dialami oleh si kecil.

Mungkin itu saja ulasan yang bisa admin bagikan hari ini mengenai cara mengatasi cegukan pada bayi usia 0 sampai 6 bulan, semoga dengan adanya informasi di atas bisa membantu kalian semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel