15 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan – Seperti kebanyakan orang tahu kalau bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang wajib untuk ada di setiap masakan. Hal ini juga membuat bawang putih sangat di kenal di setiap kalangan masyarakat dan selalu ada di setiap dapur. Namun tahukah kalian kalau ternyata makan bawang putih mentah itu bagus untuk kesehatan?
15 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan
Dalam sebuah studi, dikatakan bahwa bawang putih mempunyai ragam kandungan senyawa aktif yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan yang sering terjadi pada tubuh manusia. Senyawa aktif tersebut juga tergolong aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan asalkan di konsumsi dengan benar.

Apakah bahaya makan bawang putih mentah?

Di kutip dari Droz.com, mengkonsumsi bawang putih secara langsung atau dalam keadaan mentah tidaklah berbahaya bagi kesehatan justru kandungan senyawa aktif yang ada di dalam bawang putih mentah lebih lengkap di bandingkan dengan bawah putih yang sudah di masakan ataupun di bakar.

Tapi dalam mengkonsumsi bawang putih mentah ada baiknya untuk memperhatikan kondisi dari bawang putih tersebut, hindari untuk mengkonsumsi secara langsung apabila ada sebuah lubang atau bercak-bercak aneh yang ada pada bawang putih. Karena kondisi seperti itu menjadi pertanda kalau bawang putih tersebut mengandung racun yang berbahaya jika di konsumsi secara langsung.

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

Dalam bahasa latin bawang putih di sebut dengan nama Allium sativum dan sudah dikenal sejak lama sebagai obat herbal alami untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan yang umum. Di dalam menggunakan bawang putih sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa jenis penyakit bisa dilakukan denga dua cara yakni dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara langsung atau dengan cara di bakar.

Tapi untuk meningkatkan khasiatnya ada baiknya untuk mengkonsumsi bawang putih mentah dan madu, karena kedua bahan tersebut merupakan perpaduan yang sangat baik dan sangat ampuh untuk mengobati penyakit seperti pilek, infeksi, kesehatan jantung, mengobati sakit gigi dan masih banyak lagi. Agar lebih jelas lagi, di bawah ini ada beberapa manfaat makan bawang putih mentah dan madu untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan:

1. Untuk kesehatan jantung

Manfaat makan bawang putih mentah untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi bawang putih secara langsung secara rutin dan teratur ternyata mampu mencegah terjadinya masalah pada jantung serta senyawa aktif dalam bawang putih juga ikut turut menjaga kinerja jantung menjadi lebih optimal.

Untuk memperoleh hasil yang baik, kamu diwajibkan untuk mengkonsumsi 2 butir bawang putih dan madu secara teratur setiap hari antara pagi ataupun di sore hari sebelum makan. Tapi tetap selalu perhatikan kondisi bawang putih yang hendak kamu makan.

2. Menurunkan tekanan darah

Terjadinya tekanan darah tinggi bisa memicu timbulnya berbagai  penyakit kardiovaskular. Dan sering kali membuat kondisi menjadi kurang fit. Maka dari itu agar anda terhindar dari penyakit ini bisa mencoba untuk memulai mengkonsumsi bawang putih mentah secara teratur. Menurut beberapa penelitian  ditemukan bahwa jika anda mengkonsumsi ekstrak bawang putih  bisa membantu anda menurunkan tekanan darah secara signifikan. Maka dari itu banyak orang yang tidak tahu akan khasiat dari bawang putih mentah ini bagi kesehatan.

Baca Juga : Hati-hati! Ini Penyebab Sakit Pinggang yang Perlu Kamu Waspadai

Serta dikatakan bahwa bawang putih yang sudah berumur tua jika dikonsumsi dalam dosis tertentu  bisa menurunkan tekanan darah yang kemampuannya hampir sama dengan obat penurun tekanan darah yang bisa anda temukan diapotik.

3. Obat herbal untuk penderita diabetes

Menjaga kesehatan tubuh memang  sangat wajib untuk dilakukan. Karena berbagai macam penyakit bisa saja menyerang sewaktu-waktu, salah satunya  penyakit diabetes. Agar anda dapat mengatasi serta menghindari penyakit diabetes ini, bisa menggunakan obat alami yaitu bawang putih mentah.

Bawang putih ini sangat bermanfaat dalam mengatur kadar gula dalam darah, mengurangi berbagai macam komplikasi yang disebabkan diabetes dan juga dapat membantu anda melawan terjadinya infeksi dalam tubuh. Selain itu bawang putih juga mampu  menurunkan kolesterol berlebih dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

4. Mengatasi Alzheimer dan demensia

Terjadinya stress oksidatif yang sering diakibatkan oleh radikal bebas, seringkali bisa memicu timbulnya penyakit Alzheimer dan demensia. Agar anda terhindar dari penyakit ini bisa mencoba menggunakan bawang putih sebagai salah satu solusinya. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terdapat dalam bawang putih dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut.

Manfaat bawang putih selain sebagai antioksidan, juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol ,dan bawang putih sangatlah berperan penting dalam mengurangi resiko terjadinya penyakit Alzheimer dan demensia.

5. Membuang logam berat yang masuk kedalam tubuh

Manfaat bawang putih mentah yang selanjutnya yaitu mampu melindungi tubuh dari kerusakan organ  akibat dari keracunan logam berat. Sebab jika anda terlalu sering terpapar kandungan logam berat dalam tubuh, sering kali bisa mempengaruhi kesehatan otak, paru-paru serta ginjal anda.

Maka dari itu konsumsilah bawang putih mentah secara teratur agar anda dapat membuang kandungan logam berat yang masuk kedalam tubuh anda.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada beberapa  karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan baterai mobil yang telah terpapar timbal dan logam berat berlebihan dalam tubuhnya. Mereka  diberikan bawang putih secara rutin setiap harinya. Dan ditemukan  bahwa dari mereka mengkonsumsi bawang putih ini dapat mengurangi kadar logam dalam darahnya sebanyak 19%.
15 Manfaat Makan Bawang Putih dan Madu Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Bawang Putih dan Madu Untuk Kesehatan

6. Menyehatkan gigi dan mulut

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bawang putih juga memiliki manfaat yang sangat penting. Hal ini dikarenakan kandungan yang bersifat antibakteri  dalam bawang putih ini bisa mengatasi bakteri penyebab plak gigi dan menjadi penyebab kerusakan pada gigi. Bawang putih juga mampu mengatasi beberapa infeksi pada mulut, serta mampu mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang resiten terhadap obat.  Cara penggunaannya bisa dilakukan bersama antibiotik atau bisa dikonsumsi secara langsung.

7. Menjaga kesehatan tulang

Bawang putih juga bermanfaat bagi meningkatkan kesehatan pada tulang anda.  Kandungan yang terdapat dalam bawang putih ini mampu meminimalkan terjadinya pengeroposan pada tulang serta mampu meningkatkan kadar esterogen pada wanita. Dalam suatu penelitian, yang dilakukan pada beberapa wanita yang mengalami menopause. Dikatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menurunkan tanda defisiensi estrogen yang umumnya memicu gangguan tulang. Maka dari itu bawang putih kini sangat dipercaya sebagai salah satu solusi pemberi efek yang baik osteoarthritis.

8. Mengobati pilek dan infeksi

Manfaat bawang putih yang berikutnya yaitu dapat membantu anda mengatasi pilek serta infeksi yang terjadi pada tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan senyawa allicin dalam bawang putih. Kandungan senyawa pada bawang putih ini  memiliki peran yang sangat penting dalam sifat antimikroba.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara Paling Ampuh

Dalam sebuah penelitian, dimana beberapa orang selalu mengonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen secara rutin, ternyata potensi terkena pilek lebih rendah. Dan bila terkena flu, mereka cenderung cepat pulih kembali. Dan itu diakibatkan karena manfaat bawang putih yang mereka konsumsi.

9. Menurunkan kolesterol

Manfaat makan bawang putih mentah untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Mengkonsumsi bawang putih mentah dan madu secara teratur mampu menurunkan kolesterol jahat sekitar 10-15% pada orang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi.

Oleh sebab itu bagi kamu yang mungkin sedang mengalami masalah dengan kolesterol yang semakin tinggi ada baiknya untuk mencoba mengkonsumsi bawang putih mentang dan madu setiap hari saat pagi atau sore hari secara teratur.

10. Sebagai suplemen olahraga

Dalam meningkatkan performa saat berolahraga, bawang putih juga memiliki peran yang sangat penting.  Walaupun hal ini masih dalam penelitian lebih lanjut, dan perlu waktu untuk membuktikan bahwa hal ini benar adanya. Meskipun demikian dalam sebuah study dimana orang yang menderita sakit jantung mengalami performa olahraga yanglebih baik. Dan itu karena pemberian minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari selama kurang lebih enam minggu.

11. Sebagai antibiotik alami yang aman

Terdapatnya kandungan diallyl sulfide pada bawang putih yang dimana bisa membantu melawan bakteri Campylobacter. Bakteri ini merupakan penyebab terjadinya gangguan pencernaan dalam tubuh. Kandungan ini juga 100 kali lipat lebih efektif dari antibiotik pada umumnya.

Manfaat bawang putih yang mampu melawan bakteri ini sangat berpotensi sekali untuk digunakan sebagai obat alternatik antibiotik alami.

12. Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengalami penyakit hipertensi, memang terkadang membuat kondisi tubuh melemah. aDan terkadang membuat anda harus segera berobat kedokter. Namun anda jangan khawatir karena anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan menggunakan bawang putih. Dalam sebuah penelitian ditemukan pada pemberian 600-1500 miligram ekstrak bawang putih mampu memberikan efek yang setara obat yang dapat menurunkan darah tinggi, seperti obat atenolol dalam jangka waktu 24 minggu.

Agar tekanan darah tinggi anda turun , anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah  sebanyak 4 siung sehari.

13. Mencegah kanker prostat

Kanker prostat merupakan penyakit yang biasanya muncul dan berkembang pada bagian prostat. Biasanya kanker prostat ini akan membuat anda merasakan sakit, disfungsi ereksi dan juga sulit buang air kecil. Jika anda ingin menghindari penyakit ini, anda bisa mencegahnya dengan menggunakan bawang putih. Walau ini masih dalam penelitian lebih lanjut. Tak ada salahnya jika anda memulai mencegah kanker prostat dengan mengonsumsi bawang putih yang merupakan salah satu bahan alami.

14. Menurunkan resiko terkena osteoarthritis panggul

Pada sebuah riset yang dilakukan kepada beberapa orang wanita yang sering mengonsumsi sayuran jenis allium berupa bawang putih ternyata jarang terkena resiko penyakit osteoartritis pinggul. Maka dari itu riset ini masih dilanjutkan lagi agar dapat sepenuhnya membuktikan jika bahwa bawang putih memang sangat ampuh digunakan sebagai obat alternative dalam menurunkan resiko terkena osteoarthritis panggul.

15. Baik untuk kesehatan pencernaan

Manfaat makan bawang putih mentah untuk kesehatan yang terakhir adalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Ini dikarenakan bawang putih mentah memiliki kandungan zat altif yang bernama allicin dan zat aktif tersebut mampu berfungsi menjadi antibiotik dan juga antijamur alami. Sebuah studi juga menjelaskan kalau manfaat bawang putih juga mampu untuk digunakan untuk melawan adanya infeksi dari bakteri jenis H.pylori yang ada pada lambung.

Baca Juga : 7 Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal yang Mudah Dikenali

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat dari makan bawang putih mentah secara teratur untuk ksehatan? Meski bawang putih mentah itu aman untuk di konsumsi, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan atau lebih dari 3 butir dalam sehari. Sebab belum ada penelitian yang secara jelas menjelaskan berapa batas maksimal tubuh manusia itu boleh mengkonsumsi bawang putih mentah, jadi tetaplah waspada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel