Tidak Hanya Enak, Berikut 11 Manfaat Makan Buah Salak Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Makan Buah Salak Untuk Ibu Hamil – Siapa yang tidak kenal dengan buah salak? Tentu hampir sebagian masyarakat Indonesia itu sangat suka mengkonsumsi buah salah. Selain rasanya yang manis, buah salak juga mempunyai tekstur daging buah yang renyah. Tapi bolehkah ibu hamil makan buah salak?
Tidak Hanya Enak, Berikut 11 Manfaat Makan Buah Salak Untuk Ibu Hamil dan Janin
Manfaat Makan Buah Salak Untuk Ibu Hamil dan Janin
Mungkin masih sedikit orang yang tahu tentang aman atau tidaknya ibu hamil muda itu mengkonsumsi buah salak, karena rumor yang beredar di dalam masyarakat itu mengatakan kalau mengkonsumsi buah salak saat hamil itu dapat menyebabkan sebuah masalah pada perut seperti sembelit dan gangguan lainnya.

Namun pandangan tersebut tidaklah benar sebab jika di konsumsi secara bijak, buah masalak masih tergolong aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil muda maupun ibu hamil tua. Karena mengkonsumsi buah salak ketika sedang hamil dengan jumlah yang baik dapat mengatasi beberapa masalah yang sering terjadi pada wanita hamil.

Nah, apa saja manfaat makan buah salak untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya menurut Droz.com tentang khasiat buah salak bagi ibu hamil 7 sampai 9 bulan:

1. Baik untuk pembentukan tulang pada janin

Manfaat makan buah salah untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu pembentukan tulang pada janin yang sedang di kandung. Pertumbuhan tulang pada janin itu sangat di pengaruhi oleh asupan kalsium yang cukup setiap harinya kedalam tubuh sanga ibu. Jadi saat hamil, bunda sangat di sarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang cukup setiap hari seperti kalsium.

Kalsium bisa bunda dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti sayur-sayuran dan juga buah-buahan, salah satu buah yang tinggi akan kandungan kalsiumnya adalah buah salak. Di mana dalam 100 gram buah salak segar itu dapat memenuhi sekitar 11% dari kebutuhan kalsium harian seorang ibu hamil, tapi kebutuhan kalsium setiap ibu hamil pastinya berbeda-beda.

Selain mengkonsumsi dalam keadaan segar, bunda juga bisa mengolah buah salak untuk dijadikan sebagai keripik ataupun sebagai jus. Tapi ingat selalu untuk tidak mengkonsumsi buah salak secara berlebihan.

2. Mampu menjaga kesehatan mata pada janin

Mengkonsumsi buah salak secara rutin tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga baik untuk menjaga kesehatan mata pada janin yang sedang ada dalam kandungan. Sebuah kandungan yang bernama betakaroten itu mampu untuk membantu proses pembentukan mata pada janin serta menjaga kesehatan matanya sampai iya lahir nanti.

Beberapa jenis buah memang mempunyai kandungan betakaroten, tapi kandungan betakaroten dalam salah memang cukup tinggi. Selain tinggi kandungan betakarotennya, buah salak juga sangat aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil secara teratur.

Baca Juga : 10 Manfaat Pir Untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

3. Sumber antioksidan alami

Seperti yang sudah admin sebut di atas kalau buah salak memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi dari pada kandungan betakaroten pada buah mangga. Kandungan senyawa tersebut dapat menjadi sumber antioksidan alami di dalam tubuh dan sangat di butuhkan oleh tubuh ibu yang sedang hamil.

Di dalam tubuh, antioksidan ini mempunyai peranan yang cukup penting karena dapat mencegah dari beberapa serangan penyakit yang di sebabkan oleh radikal bebas seperti penyakit jantung, kanker dan gangguan pada janin.

4. Mampu menjaga keseimbangan asam lambung

Pada umumnya saat memasuki kehamilan trimester pertama, sebagian wanita biasanya sering mengalami masalah mual dan juga muntah-muntah. Masalah tersebut sebenarnya wajar sebab saat mamasuki masa kehamilan, tubuh seorang wanita akan mengalami perubah hormon dan perubahan hormon ini sering kali membuat tubuh merasa mual dan juga muntah-muntah.

Selain bisa mengkonsumsi buah jeruk, mengatasi masalah asam lambung yang meningkat juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah salak. Buah salak mempunyai sebuah kandungan yang mampu untuk menetralkan asam lambung yang naik secara drastis saat hamil trimester pertama.

5. Mencegah anemia

Kandungan dalam buah salak tidak hanya ampuh untuk mengatasi masalah asam lambung yang meningkat tapi ternyata juga ampuh untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Ini karena kandungan zat besi dalam salak mampu membantu tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah baru yang secara otomatis juga bisa mencegah ibu hamil mengalami anemia.

Jadi, apabila bunda mempunyai riwayat anemia sebelum hamil maka ada baiknya untuk segera mencegahnya dengan cara rutin mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan zat besi tinggi seperti halnya buah salak.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara Paling Ampuh

6. Baik untuk kesehatan jantung

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak, orang dewasa, lansia sampai dengan wanita hamil. Seperti yang sudah pernah admin sebutkan sebelumnya kalau ada banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung seperti pola makan, minum dan pola hidup yang tidak sehat lainnya.

Selain karena faktor teesebut, resiko mengalami masalah pada jantung juga bisa meningkat pada wanita yang sedang hamil. Hal ini karena saat hamil, jantung akan bekerja 2x lebih berat dibandingkan saat tidak hamil. Tapi bunda tidak usah khawatir karena ada cara sederhana agar bisa mencegah hal tersebut yakni dengan rutin mengkonsumsi buah salak.

Buah salak juga merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi serta aman untuk ibu hamil konsumsi secara teratur. Namun perlu bunda ingat, jangan mengkonsumsi buah salak lebih dari 2 buah dalam sehari, karena jika lebih dari itu dapat memicu terjadinya masalah lain pada perut.
Tidak Hanya Enak, Berikut 11 Manfaat Makan Buah Salak Untuk Ibu Hamil dan Janin
Manfaat Makan Buah Salak Untuk Ibu Hamil dan Janin

7. Melancarkan proses buang air besar

Bagi sebagai orang menyebutkan kalau mengkonsumsi buah salak bisa menjadi pemicu timbulnya masalah pada pencernaan seperti sembelit, tapi itu tidak selamanya benar karena jika kita mengkonsumsi buah salak dengan jumlah yang wajar atau tidak berlebihan malah dapat melancarkan proses buang air besar atau mencegah terjadinya sembelit.

Masalah sembelit pada ibu hamil tidaklah boleh diatasi dengan cara mengkonsumsi sembarang obat-obatan, karena beberapa jenis obat sembelit dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi janin yang ada dalam kandungan. Lalu apa obat alami sembelit untuk ibu hamil?

Mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil tidaklah sulit karena hanya dengan mengkonsumsi buah yang mengandung serat tinggi seperti buak salah secara teratur dapat mencegah dan mengobati masalah tersebut tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

8. Mencegah kenaikan berat badan berlebih

Terkadang saat hamil sering membuat sebagian wanita mengkonsumsi banyak sekali makanan dan biasanya sulit untuk mengontrolnya. Selain karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian saat hamil, perubahan mood juga bisa menjadi penyebab meningkatnya nafsu makan. Meningkatnya nafsu makan memang baik bagi ibu hamil, tapi jika terjadi secara trus menerus maka hal tersebut sangatlah tidak baik karena selain bisa memicu obesitas ( kegemukan ) nafsu makan yang terus mingkat juga bisa memicu timbulnya masalah kesehatan lainnya.

Selain membatasi asupan makanan setiap hari, bagi ibu hamil yang mengalami peningkatan berat badan secara derastis juga bisa melakukan program diet sehat untuk ibu hamil. Dalam program diet tersebut, bunda sangat di wajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari jenis-jenis makanan yang tidak sehat seperti junk food.

Tapi tidak hanya itu saja, bagi wanita hamil juga wajib untuk selalu mengkonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan yang baik untuk ibu hamil seperti buah salak. Karena buah salak mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan bisa membuat bunda merasa kenyang sedikit lebih lama.

Baca Juga : 15 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Trimester Pertama

9. Membantu proses pembentukan otak janin

Pada saat terjadinya pembentukan otak pada janin, tentu ibu hamil sangat diwajibkan untuk selalu menjaga pola makan dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang di perlukan oleh tubuh dan juga janin. Dalam proses ini bunda juga sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah-buahan dan juga daging ikan salmon.

Ini karena proses pembentukan otak pada janin adalah proses yang riskan dan sangat beresiko apabila beberapa komponen penting yang dibutuhkan itu tidak tercukupi. Oleh karena itu, selain mengkonsumsi beberapa jenis makanan diatas, bunda juga wajib untuk menghadirkan buah salak sebagai buah yang wajib untuk ada dalam menu makan sehat setiap hari.

Sebab buah salak juga merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan pektin, dimana kandungan ini merupakan sebuah komponen penting dalam membantu proses pembentukan memori dalam otak janin.

10. Obat alami untuk menangkal radikal bebas

Seperti yang sudah di sebutkan diatas kalau kandungan nutrisi buah salak itu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan juga janin. Salah satu manfaat lainnya dari buah salak adalah menangkal serangan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.

Karena radikal bebas yang masuk kedalam tubuh itu tidak hanya bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti batuk, pilek, sakit jantung dan penyakit lainnya tapi juga bisa memicu masalah pada tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan.

11. Mampu mengobati masalah diare ringan

Sebagian wanita hamil yang mempunyai kondisi tubuh gampang lelah dan lemah akan lebih rentan untuk mengalami infeksi daripaka ibu hamil yang mempunyai tubuh selalu bugar. Kondisi tubuh yang gampang lelah bisa di picu karena banyak hal seperti faktor pekerjaan dan pola makan yang tidak benar.

Pada umumnya ada beberapa jenis bakteri yang sering menyerang ibu hamil dan menjadi penyebab timbunya masalah diare. Diare pada wanita hamil tidak boleh diatas dengan cara mengkonsumsi sembarangan obat karena bisa membahayakan kesehatan janin, tapi ibu hamil masih boleh mengkonsumsi obat alami untuk mengatasi diare.

Ada banyak jenis obat alami yang aman untuk ibu hamil konsumsi dan salah satunya itu adalah buah salak. Buah salak mempunyai kandungan serat dan mineral yang cukup tinggi dan jika di konsumsi secara teratur dapat menjadi obat alami untuk diare ringan pada ibu hamil.

Memang jika kita lihat di atas, buah salak memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin tapi meski begitu bunda juga harus tetap mengkonsumsi makanan sehat lainnya agar semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan janin selalu tercukupi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel