10 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dalam 1 Minggu

Cara Memutihkan Ketiak – Hampir semua wanita tentu tidak ingin mempunyai kulit ketiak yang berwarna hitam, sebab warna ketiak yang hitam tersebut akan mengurangi kepercayaan dirinya di saat menggunakan baju tanpa lengan. Namun kalian tidak perlu khawatir sebab ada banyak cara memutihkan kulit ketiak secara alami dan mudah untuk kamu lakukan di rumah.
10 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dalam 1 Minggu
Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami
Warna kulit ketiak yang hitam biasanya disebabkan oleh banyak hal mulai dari salah mencukur bulu ketiak, terjadinya gesekan secara terus-menerus pada bagian kulit ketiak dengan pakaian, adanya timbunan sel-sel kulit mati dan juga paparan dari bahan kimia yang ada pada deodorant atau obat ketiak lainnya.

Selain itu, penyebab ketiak menjadi gelap juga bisa terjadi karena adanya beberapa masalah medis tertentu yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa masalah medis tersebut seperti akantosis nigricans, infeksi bakteri, melasma dan juga penyakit Addison.

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dirumah

Mengatasi masalah kulit ketiak yang hitam itu tidaklah sulit asalkan kita tahu apa yang menjadi penyebabnya, karena mengatasi masalah berdasarkan penyebabnya merupakan cara yang ampuh. Untuk masalah kulit ketiak yang gelap karena adanya masalah medis tertentu sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Tapi jika masalah kulit ketiak yang hitam di sebabkan oleh kesalahan sendiri seperti salah mencukur bulu ketian, terjadinya gesekan pada kulit ketiak dengan pakaian atau salah memilih produk perawatan kulit ketiak. Untuk masalah yang satu ini kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang ada di rumah, berikut caranya:

1. Kunyit

Cara memutihkan ketiak dengan kunyit
Cara memutihkan ketiak dengan kunyit
Kunyit sendiri adalah salah satu dari beberapa jenis rempah-rempah yang mempunyai segudang manfaat dan salah satunya adalah untuk mengatasi masalah kulit ketiak yang gelap. Selain dapat memutihkan kulit ketiak secara alami, kandungan antibakteri di dalam kunyit juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bau tak sedap yang kelur dari ketiak.

Cara memutihkan ketiak dengan kunyit juga tergolong sangat mudah untuk kamu lakukan di rumah karena tidak membutuhkan banyak bahan, cukup dengan sedikit bubuk kunyit dan air perasan buah lemon saja. Langkah pembuatanya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan sebuah baskom kecil yang sudah di isi dengan air perasan lemon dan tuang satu sendok teh bubuk kunyit.
  • Aduk kedua bahan sampai tercampur dengan sempurna atau sampai adonan berbentuk seperti pasta.
  • Usapkan campuran tadi ke seluruh bagian kulit ketiak yang hitam dan diamkan selama 20- 30 menit.
  • Jika sudah, cuci dengan air sampai bersih lalu keringkan dengan handuk.


2. Tea Tree Oil

Cara memutihkan ketiak dengan tea tree oil
Cara memutihkan ketiak dengan tea tree oil
Selain dengan bahan alami seperti kunyit, untuk membuat kulit katiak tampak putih juga bisa dengan menggunakan tea tree oil.  Salah satu jenis minyak esensial tersebut tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga memiliki manfaat untuk memutihkan kulit ketiak yang gelap.

Cara memutihkan ketiak dengan tea tree oil ini juga cukup mudah dan aman untuk digunakan secara rutin. Adapaun caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan sebuah baskom yang sudah di isi dengan air.
  • Tuang beberapa tetes minyak tea tree oil kedalam wadah yang sudah di isi air tadi.
  • Aduk sampai tercampur rata dan usap keseluruh bagian permukaan kulit ketiak.
  • Diamkan selama 15-20 menit dan bersihkan dengan air.
  • Lakukan cara ini secara teratur setelah selesai mandi.


3. Buah Lemon

Cara memutihkan kertiak dengan lemon
Cara memutihkan kertiak dengan lemon
Lemon tidak hanya dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan dan juga program diet tetapi juga ampuh untuk memutihkan kulit ketiak yang gelap. Buah lemon tidak hanya memiliki sifat antiseptik dan antibakteri alami, namun kandungan asam dari lemon juga mampu untuk membersihkan kulit mati yang ada pada ketiak.

Cara memutihkan kertiak dengan lemon tidaklah terlelu sulit dan masih sama dengan cara yang sudah di jelaskan diatas tadi. Berikut cara menggunakannya:

  • Siapkan satu buah lemon dan iris menjadi beberapa lembar.
  • Gosokan irisa buah lemon tadi kebagian permukaan kulit ketiak yang hitam secara perlahan-lahan.
  • Setelah merata, diamkan terlebih dahulu selama 15 menit saja.
  • Jika sudah, bersihkan dengan air dan keringkan menggunakan handuk yang lembut.


4. Mentimun

Cara memutihkan ketiak dengan mentimun
Cara memutihkan ketiak dengan mentimun
Cara memutihkan kulit ketiak secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun tidak hanya terkenal akan manfaatnya sebagai masker kulit wajah tapi ternyata juga ampuh untuk memutihkan kulit ketiak yang menghitam. Selain bisa memutihkan kulit ketiak, kandungan dalam mentimun juga bisa membuat kulit ketiak lebih terasa segar.

Cara memutihkan ketiak dengan mentimun sangatlah gampang karena kamu tidak perlu menyiapkan banyak bahan, cukup dengan satu buah mentimun segar saja. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 buah mentimun segar lalu iris tipis.
  • Gosokan irisan mentimun tadi kebagian kulit ketiak yang hitam sampai merata.
  • Diamkan terlebih dahulu selama 15 menit saja.
  • Jika sudah bersihkan dengan air dan keringkan dengan handuk.
  • Lakukan cara tadi secara teratur yakni 1 sampai 2 kali dalam sehari.


5. Pasta Gigi

Cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi
Cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi
Mungkin tidak banyak orang yang tahu kalau pasta gigi tidak hanya bagus untuk membuat gigi menjadi lebih putih tapi ternyata juga ampuh untuk mengatasi kulit ketiak yang gelap. Hal ini karena pasta gigi mempunyai beberapa kandungan yang sangat ampuh untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya bau tak sedap pada ketiak.

Cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi juga bisa kamu pilih sebagai alternatif untuk menyamarkan kulit ketiak yang hitam. Selain karena murah, penggunaan pasta gigi untuk menyamarkan kulit ketiak yang hitam juga tergolong aman bagi kesehatan. Berikut cara penggunaannya:

  • Siapkan satu buah pasta gigi ( merek bebas ).
  • Usapkan pasta gigi kebagian kulit ketiak yang hitam sampai merata.
  • Tungga selama 20 menit dan bersihkan dengan air serta keringkan dengan handuk.
  • Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan cara tersebut setiap 4 kali dalam 1 minggu.


6.  Baking Soda

Cara memutihkan ketiak dengan baking soda
Cara memutihkan ketiak dengan baking soda
Pada dasarnya baking soda adalah sebuah bahan yang sering di gunakan di dalam membuat kue, karena baking soda mampu membuat kue basa menjadi lebih mengembang. Tapi tidak hanya itu saja, baking sida juga mempunyai khasiat untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam secara alami dan menyeluruh.

Cara memutihkan ketiak dengan baking soda sangatlah gampang untuk kamu lakukan di rumah karena bahan yang kamu butuhkan cukup baking soda dan buah lemon saja. Langkah pembuatanya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu sendok makan baking soda dan air perasan buah lemon.
  • Campur kedua bahan dalam sebuah wadah sampai merata.
  • Setelah menjadi seperti pasta, oleskan kebagian kulit ketiak yang hitam.
  • Tunggu selama 15-20 menit saja, setelah itu bilas dan keringkan.


7. Kentang

cara memutihkan ketiak dengan kentang
cara memutihkan ketiak dengan kentang
Kentang adalah salah satu dari beberapa jeni umbi-umbian yang sangat sering di manfaatkan oleh masyarakat untuk di gunakan sebagai cemilan. Kentang sendiri mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan kentang juga mempunyai sifat anti-iritasi yang mampu mencegah kulit ketiak menghitam karena irtasi.

Adapun cara memutihkan ketiak dengan kentang adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah kentang yang berukuran sedang dan masih segar.
  • Kupas sampai kulit kentang hilang lalu parut.
  • Parutan ketang bisa langsung kamu oleskan kebagian kulit ketiak yang menghitam.
  • Diamkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air.
  • Ulangi cara tersebut sebanyak 3 kali dalam 1 minggu.


8. Jeruk Nipis

cara memutihkan ketiak dengan jeruk nipis
cara memutihkan ketiak dengan jeruk nipis
Seperti yang sudah pernah admin ulas sebelumnya kalau jeruk nipis itu tidak hanya baik untuk digunakan dalam program diet sehat untuk menurunkan berat badan tapi kandungan dalam jeruk nipis ternyata juga ampuh untuk membuat kulit ketiak nampak lebih putih secara alami. Ini karena jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan bakteri penyebab bau tak sedap pada ketiak.

Memanfaatkan jeruk nipis untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam tidak hanya mudah tapi juga aman karena tidak menimbulkan efek samping. Untuk cara memutihkan ketiak dengan jeruk nipis adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 buah jeruk nipis yang masih segar.
  • Potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian.
  • Oleskan potongan jeruk nipis kebagian kulit ketiak sampai merata.
  • Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air lalu keringkan.
  • Agar hasilnya maksimal, ulangi cara diatas selama 3 kali dalam satu minggu.


9. Lidah buaya

Cara memutihkan ketiak dengan lidah buaya
Cara memutihkan ketiak dengan lidah buaya
Lidah buaya memang lebih sering di gunakan sebagai perawatan rambut agar lebih lembab dan berkilau secara alami, tapi tahukan kalian kalau ternyata lidah buaya juga ampuh untuk membuat kulit ketiak yang hitam menjadi putih?

Tentu bisa, karena lidah buaya mempunyai sebuah kandungan yang dapat menghambat terjadinya pembentukan sebuah enzim penyebab pigmentasi pada kulit ketiak. Selain itu lidah buaya juga ampuh untuk membersihkan sel-sel kulit mati serta membuat ketiak lebih segar.

Cara memutihkan ketiak dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu batang ludah buaya yang masih segar.
  • Kupas dan ambil bagian dagingnya saja.
  • Cuci terlebih dahulu ketiak dengan sabun dan keringkan.
  • Usap menggunakan daging lidah buaya sampai merata.
  • Diamkan selama 15-25 menit dan bilas kembali.


10. Kapur Sirih

Cara memutihkan kulit ketiak dengan kapur sirih
Cara memutihkan kulit ketiak dengan kapur sirih
Kapur sirih biasanya hanya di gunakan oleh masyarakat tradisional untuk merendam beberapa jenis buah dan di campur kedalam sebuah masakan tertentu, tapi ternyata tanpa di sadari kalau kapur sirih juga ampuh untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam.

Cara memutihkan kulit ketiak dengan kapur sirih juga cukup mudah untuk dilakukan di rumah sebab bahan-bahan yang di butuhkan hanyalah kapur sirih dan jeruk nipis. Proses pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kapur sirih secukupnya dan satu buah jeruk nipis ( ambil airnya ).
  • Campur kedua bahan sampai merata atau sampai menyerupai seperti pasta.
  • Basahi sedikit kulit ketiak dengan air.
  • Usap pasta tadi kebagian kulit ketiak sampai merata.
  • Tunggu selama 25 menit saja dan bilas dengan air.
  • Ulangi cara tadi sebanyak 3 kali dalam seminggu agar kulit ketiak tidak iritasi.


Bagaimana cukup banyak juga bukan cara alami untuk memutihkan kulit ktiak di rumah, kalian bisa memilih salah satu dari 10 cara memutihkan ketiak secara alami diatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga :
7 Cara Memutihkan Kulit Dengan Tepung Beras Dirumah
13 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Agar Lebih Lebat dan Berkilau
10 Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Susu Beruang Dirumah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel