Tidak Perlu Panik, Berikut 7 Obat Pilek Alami Untuk Bayi Yang Aman dan Ampuh

Obat Pilek Alami Untuk Bayi – Pilek adalah sebuah masalah kesehatan yang sangat umum terjadi pada setiap orang mulai dari bayi, anak-anak sampai dengan orang dewasa. Pada bayi, pilek biasanya dapat di sebabkan oleh banyak hal seperti kondisi ruangan yang tidak bersih atau tertular lewat ASI ibu, lingkungan tempat tinggal dan masih banyak lagi.
Tidak Perlu Panik, Berikut 7 Obat Pilek Alami Untuk Bayi Yang Aman dan Ampuh
Obat Pilek Alami Untuk Bayi Yang Aman
Seorang bayi yang berusia 0-6 bulan sangatlah rentan untuk terserang masalah pilek, sebab saat usia tersebut sistem imun dalam tubuh bayi masih dalam tahap berkembang dan beradaptasi dengan kondisi lingkungan tempat iya tinggal. Maka dari inilah kita sebagai orang tua harus lebih teliti dan cermat dalam menjaga kenyemanan serta kebersihan tempat tinggal si kecil.

Pada umumnya gejala awal pilek pada bayi sering di tandai dengan nafsu makan / minum yang berkurang, rewel dan demam, lemas dan akan mengeluarkan cairan dari dalam hidung. Gejala yang muncul bisa saja akan menjadi lebih parah apabila tidak segera di obati karena dapat membuat bayi kesulitan untuk bernafas serta dapat menyebabkan penurunan berat badan yang derastis.

Dalam mengobati pilek pada bayi usia 0-6 bulan tidak boleh sembarangan karena saat usia tersebut tubuh bayi tidak akan kuat untuk menerima obat pilek yang umum untuk orang dewasa. Jadi sangat di sarankan untuk menggunakan jenis obat yang memang aman untuk di konsumsi oleh bayi.

Apa obat pilek untuk bayi?

Dalam mencari obat pilek untuk bayi usia 0-6 bulan tidaklah sulit karena selain bisa menggunakan obat pilek dari dokter, bunda juga bisa menggunakan obat alami atau obat tradisional untuk mengatasi pilek pada bayi. Selain karena aman, menggunakan obat alami juga terbilang sangat efektif dalam mengatasi pilek pada bayi.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis obat pilek alami untuk bayi usia 0-6 bulan yang aman dan sangat mudah untuk bunda dapatkan di rumah:

Obat Pilek Alami Untuk Bayi

1. ASI Ibu

Obat pilek alami untuk bayi yang pertama adalah ASi ( air susu ibu ). Seperti yang kita tahu kalau ASI adalah makanan serta minuman pokok untuk bayi yang berusia 0-6 bulan. ASI juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi pilek pada bayi, sebab ASI sendiri mempunyai kandungan antibody yang mampu melawan mikriorganisme seperti virus serta bakteri yang menjadi penyebab munculnya pilek pada bayi.

Tapi kualitas ASI harus bagus karena jika tidak maka pilek pada bayi akan sulit untuk sembuh dan biasa saja akan datang kembali. Jadi sangat disarankan bagi ibu yang masih menyusui si kecil ada baiknya untuk memperhatikan asupan makanan yang di konsumsi, karena dengan begitu kualitas ASI akan meningkat.

2. Bawang Putih

Mungkin tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi pilek pada bayi. Ini karena bawang putih itu bisa digunakan sebagai dekongestan alami yang ampuh untuk mengobati pilek pada bayi usia 0-6 bulan. Dekongestan adalah obat yang mampu mengurangi terjadinya peradangan serta menekan produksi lendir yang berlebih pada hidung bayi.

Dalam menerapkan bawang putih sebagai obat pilek untuk bayi tidaklah sulit, bunda hanya perlu menyiapkan beberapa bawang putih yang sudah di kupas dan di letakan pada sebuah piring. Setelah itu taruh di sekitar tempat tidur bayi tapi usahakan tidak terlalu dekat ya bunda.

3. Garam Fisiologis ( Larutan salin )

Dalam dunia medis, larutan salin itu mempunyai fungsi untuk mengeluarkan lendir yang sudah mengeraing pada hidung bayi. Larutan salin ini bisa bunda dapatkan di apotik atau bisa juga melalui resep dokter.

Dalam menggunakan larutan salin sebaiknya dilakukan secara hati-hati karena saat meneteskan larutan tersebut bayi akan reflex untuk menggerakan kepalanya. Jadi ada baiknya saat ingin meneteskan larutan salin tersebut jaga posisi kepala bayi atau bisa meminta bantuan keluarga untuk memegang kepala si kecil.

Setelah larutan salin tadi sudah masuk maka lendir yang sudah mengering akan encer kembali, saat itu hisap lendir tersebut dengan pipet agar keluar dengan cepat. Jika bunda tidak yakin dengan takaran yang biasanya tertera dalam kemasan, maka bunda juga bisa minta petunjuk dari dokter langsung.

4. Madu Alami

Ketika bayi pilek biasanya iya akan menjadi sangat rewel dan sulit untuk tidur dengan nyenyak serta akan membuat kita sebagai orang tua menjadi kewalahan. Tapi bunda tidak usah khawatir karena ada cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan madu alami. Madu alami mempunyai kandungan antibakteri dan antioksidan yang bisa membuat daya tahan tubuh bayi semakin meningkat serta kandungan lain dalam madu juga bisa membuat bayi tidur dengan nyenyak.

Namun penggunaan madu sebagai obat alami untuk pilek hanya bisa gunakan pada bayi usia 1 tahun keatas, karena saat usia tersebut sistem pencernaan dalam tubuh bayi sudah mulai beradaptasi dengan beberapa jenis makanan termasuk juga dengan madu.

5. Jeruk Nipis

Pada dasarnya jeruk nipis adalah obat pilek alami untuk bayi usia 7 bulan keatas, karena untuk usia 7 bulan ke bawah sistem pencernaan bayi belum siap untuk menemira beberapa jenis makanan selain ASI dan susu formula. Tapi jika usianya sudah diatas 7 bulan maka bunda bisa memberikannya air jeruk nipis untuk meredakan pilek yang dialaminya.

Seperti yang sudah pernah admin ulas sebelumnya kalau jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi jadi kandungan vitamin C dalam jeruk nipis mampu meningkatkan sistem imun tubuh serta meringankan gejala yang muncul saat pilek.

Agar lebih maksimal bunda sebaiknya mengukus terlebih dahulu jeruk nipis selama 5-10 menit saja. Peras untuk mengambil airnya dan tambahkan sedikit madu alami agar rasa asam dari jeruk nipis berkurang lalu bunda bisa langsung memberikannya pada si kecil.

6. Buah Lemon

Selain jeruk nipis, lemon juga mempunyai kandungan vitamin C yang tidak kalah tingginya. Sama seperti jeruk nipis, kandungan vitamin C dalam lemon juga mampu untuk meningkatkan imun dalam tubuh si kecil dan mempu mengurangi gejala yang muncul saat si kecil pilek.

Selain kaya akan kandungan vitamin C, lemon juga mempunyai sifat antibakteri dan antiinflamasi yang sangat efektif untuk membantu menurunkan produksi lendir di dalam hidung. Lemon bisa jadikan sebagai obat pilek untuk bayi 9 bulan keatas, karena pada usia tersebut pencernaan dalam tubuh bayi sudah siap untuk mencerna makanan selain ASI dan susu formula.

Cara membuatnya juga masih sama dengan cara yang di atas, bunda bisa mengukus lemon terlebih dahulu atau bisa juga mencapur air perasan lemon dengan setengah gelas minum air hangat dan jangan lupa juga untuk menambahkan madu alami kedalamnya.

7. Berikan Air dan Makanan Hangat

Untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan keatas maka bunda bisa memberikannya air atau makanan hangat untuk meredakan pilek yang dialaminya. Obat pilek alami yang satu ini juga sangat efektif untuk membantu melegakan tenggorokan dan melegakan pernafasan si kecil.

Bunda bisa memberikannya air hangat tawar atau teh hangat yang sudah di campurkan dengan sedikit madu asli. Selain minuman, makanan hangat seperti bubur sereal juga bisa bunda berikan pada si kecil akan gejala pilek yang dialaminya cepat hilang.
Tidak Perlu Panik, Berikut 7 Obat Pilek Alami Untuk Bayi Yang Aman dan Ampuh
Obat Pilek Alami Untuk Bayi Yang Aman

Cara Lain Untuk Mengatasi Pilek Pada Bayi Dirumah

Dalam sebuah studi, keluarnya ingus pada idung bayi adalah suatu cara alami yang dilakukan oleh tubuh agar kuman dan bakteri yang masuk kedalam tubuh bisa kaluar. Meski begitu, jumlah ingus yang keluar dari idung juga bisa membuat bayi kesulitan bernafas dan membuatnya menjadi lebih rewel.

Selain dengan obat pilek alami diatas, mengatasi gejala pilek pada bayi juga bisa di lakukan dengan cara-cara yang seperti berikut:

1. Tempatkan bayi pada kamar yang tidak ada AC

Didalam mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi ada baiknya untuk menempatkan si kecil pada ruangan yang tidak ada AC. Selain itu bunda juga bisa memakai mesin pelembab udara agar kadar kelembaban udara dalam ruangan si kecl terjaga.

2. Gunakan air garam

Jika kondisu ingus bayi yang sudah mengental dan mengeras sebaiknya segera encerkan dengan menggunakan air garam. Caranya teteskan air garam langsung kebagian lubang hidung si kecil lalu sedot dengan menggunakan alat penyedot hingus secara perlahan.

3. Tepuk bagian punggung bayi

Bunda bisa membaringkan bayi dengan posisi tengkurap pada bagian lutut atau bisa juga membiarkan bayi untuk duduk pada pangkuan dengan badan conding kea rah depan lalu tepuk secara perlahan-lahan bagian punggu si kecil. Cara ini dapat membantu meringankan hidung yang tersumbat serta membantu melegakan pernafasan.

4.  Memberikan teh hangat

Untuk bayi usia 6 bulan keatas, bunda bisa memberikannya teh hangat untuk membantu meredakan hidung yang tersumbat. Selain itu bunda juga bisa menambahkan sedikit madu agar teh tidak terasa hambar.

5. Jaga kebersihan kamar dan udara

Terkadang penyebab pilek pada bayi bisa terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan kamar dan udara di dalam kamar si kecil. Maka dari itu sangat di sarankan untuk selalu menjaga kebersihan serta hindari menggunakan pewangi pada ruangan dan tidak merokok dalam kamar di kecil.

Jika dengan obat alami diatas tidak mampu untuk meredakan gejala pilek pada bayi dan kondisi pilek si kecil semakin parah maka ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Karena bisa saja kondisi tersebut disebabkan oleh masalah lain yang ada pada tubuh si kecil.

Baca Juga :
10 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Usia 0-6 Bulan
2 Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi yang Jarang Diketahui
5 Tips Agar Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel