Inilah Fakta 10 Manfaat Pir Untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Manfaat Pir Untuk Ibu Hamil – Seperti yang kita ketahui kalau wanita hamil itu sangatlah wajib untuk selalu menjaga dan memperhatikan makanan yang hendak di konsumsi, sebab tidak semua jenis makanan itu baik untuk ibu hamil konsumsi karena dapat memicu masalah pada kesehatan serta tumbuh kembang janin yang sedang di kandung. Lalu bagaimana dengan buah pir?
10 Manfaat Pir Untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui
Manfaat Pir Untuk Ibu Hamil
Buah pir adalah salah satu dari beberapa jenis buah-buahan yang sangat mudah untuk kita jumpai di setiap pasar seperti buah apel merah, apel hijau, manggis dan juga jeruk. Selain itu buah yang satu ini juga dikenal akan kandungan nutrisinya yang tergolong lengkap dan sangat baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil serta juga dapat membantu tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan kalau buah pir sangatlah bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda sebab di dalam buah tersebut memiliki kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh ibu hamil seperti serat, vitamin A, E, kalsium, fosfor, zat besi, niasin dan masih banyak kandungan lainnya. Bagi ibu hamil muda juga sangat di sarankan untuk mengkonsumsi 2 buah pir dalam sehari secara teratur namun tetap di barengi juga dengan buah-buahan lainnya.

Lalu dari sekian banyak kandungan yang ada di dalamnya, apakah buah pir itu memiliki manfaat untuk ibu hamil? Dikutip dari Mom Junction dan Dr. oz, berikut adalah beberapa manfaat pir bagi ibu hamil muda:

1. Mampu Mencegah Masalah Sembelit

Manfaat Pir Untuk Mencegah Masalah Sembelit Ibu Hamil
Manfaat Pir Untuk Mencegah Masalah Sembelit Ibu Hamil
Manfaat buah pir untuk ibu hamil muda yang pertama adalah mencegah terjadinya masalah sembelit. Bagi sebagian besar wanita hamil, sembelit adalah salah satu masalah yang paling sering dialami. Ada banyak hal yang menjadi pemicu ibu hamil mengalami sembelit, seperti adanya perubahan hormon sampai dengan pola makan yang tidak baik.

Untuk orang umum tentu sembelit dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi obat, tapi berbeda dengan ibu hamil karena wanita yang sedang hamil itu tidak boleh mengkonsumsi sembarang jenis obat tanpa adanya resep dari dokter kandungan. Namun walaupun demikian, bunda tidak perlu merasa khawatir karena ada cara yang aman untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan buah pir.

Kenapa buah pir? Karena buah yang satu ini mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan kandungan serat yang ada di dalam buah pir mampu untuk meredakan masalah sembelit yang dialami oleh ibu hamil. Tapi perlu bunda ingat kalau saat ingin mengkonsumsi buah pir ada baiknya cuci terlebih dahulu dengan sabun khusus untuk mencuci buah agar kandungan bakteri dan festisida hilang.

2. Menjaga Keseimbangan Kadar Elektrolit Didalam Darah

Manfaat Pir Untuk Menjaga Keseimbangan Kadar Elektrolit Didalam Darah
Manfaat Pir Untuk Menjaga Kadar Elektrolit Dalam Darah
Buah pir tidak hanya mampu untuk mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil tapi juga bagus untuk menjaga keseimbangan kadar elektrolit dalam darah. Ini dikarenakan di dalam buah pir terdapat sebuah kandungan yang bernama kalium, kalium inilah yang akan membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan eletrolit di dalam darah serta juga mampu untuk menjaga kinerja organ di dalam tubuh.

Selain masalah sembelit, beberapa wanita hamil juga sering mengalami masalah seperti kram pada kaki. Biasanya kram pada kaki ini sering terjadi pada wanita yang baru pertama kali hamil, sebab kaki akan dituntut untuk menopang berat tubuh yang semakin hari akan terus meningkat. Tapi tenang, hanya dengan mengkonsumsi buah pir secara teratur akan membuat masalah tersebut hilang dan tidak akan kembali lagi.

3. Meminimalisir Bayi Lahir Cacat

Manfaat Pir Untuk Meminimalisir Bayi Lahir Cacat
Manfaat Pir Untuk Meminimalisir Bayi Lahir Cacat 
Tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata mengkonsumsi buah pir secara teratur juga mampu untuk mencegah atau meminimalisir bayi lahir cacat. Selain dengan cara menjaga pola hidup yang sehat dan mengindari beberapa jenis makanan dan minuman, ibu hamil muda juga wajib untuk mengkonsumsi buah-buahan seperti buah pir secara rutin setiap hari.

Ini juga dikarenakan dalam buah pir terdapat kandungan asam folat yang cukup tinggi dan kandungan tersebut sangatlah baik untuk kesehatan janin yang sedang di kandung. Meski demikian, bunda juga harus tetap mengimbanginya dengan asupan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam sayur dan buah-buahan agar semua kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dapat terpenuhi dengan baik.

4. Dapat Membuat Tubuh Ibu Hamil Lebih Bugar

Manfat Pir Untuk Membuat Tubuh Ibu Hamil Lebih Bugar
Manfat Pir Untuk Membuat Tubuh Ibu Hamil Lebih Bugar
Kondisi tubuh seorang wanita yang sedang hamil tentu sangatlah berbeda dengan wanita yang sedang tidak hamil. Biasanya saat hamil, perubahan kondisi tubuh yang terus terjadi sering membuat wanita hamil sangat mudah untuk merasa lelah, letih dan lemas. Hal ini sering di picu karena perubahan hormon di dalam tubuh.

Masalah tersebut memang terlihat sepele tapi jika di biarkan begitu saja, masalah yang sepele itu akan menjadi penyebab datangnya masalah yang lebih serius. Tapi bunda tidak usah khawatir, karena ada cara yang sangat sederhana yang bisa di lakukan di rumah yakni dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin.

Hal ini karena buah pir memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi dan kandungan ini mampunyai sebuah peranan yang sangat penting dalam mendukung relaksasi otot yang ada di dalam tubuh sehingga membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih berenergi dan tidak mudah untuk merasa lelah sepanjang hari.

5. Membantu Produksi Sel Darah Dalam Tubuh

Sebuah kandungan yang ada di dalam buah pir itu tidak hanya baik untuk menjaga kebugaran tubuh ibu hamil tapi ternyata juga baik untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Ini dikarenakan dalam buah pir terdapat kandungan yang bernama tembaga, zat besi dan juga vitamin B yang sangat di butuhkan oleh tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah.

Tidak hanya berhenti di situ saja, kandungan tembaga dalam buah pir juga bagus untuk membantu pengembangan organ serta sistem organ di dalam tubuh seperti tulang, hati, pembuluh darah dan organ-organ lainnya. Jadi, konsumsi buah pir secara rutin tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh orang umum tapi juga baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil.

6. Mengurangi Masalah Morning Sickness

Mengurangi Masalah Morning Sickness Pada Ibu Hamil
Mengurangi Masalah Morning Sickness Pada Ibu Hamil 
Khasiat buah pir untuk ibu mengandung yang selanjutnya adalah mengurangi masalah atau gejala morning sickness pada ibu hamil. Masalah morning sikness merupakan sebuah masalah yang sangat umum terjadi pada wanita yang sedang hamil trimester pertama, biasanya gejala yang sering dialami adalah mual dan muntah-muntah.

Memang ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk meredakan gejalan tersebut dan salah satu cara yang aman dan ampuh adalah mengkonsumsi buah pir. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin B6 yang mampu untuk mengurangi timbulnya gejalan dari morning sikness. Tapi tidak sampai disitu saja, karena kandungan vitamin B6 dalam buah pir juga baik untuk menunjang perkembangan fungsi motorik dan kognitif pada janin yang sedang di kandung.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Menjaga agar daya tahan tubuh selalu fit adalah kewajiban yang harus di lakukan oleh ibu hamil, agar tidak mudah terserang penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Cara untuk menjaga daya tahan tubuh sangatlah mudah dan ada beberapa cara yang bisa di lakukan di rumah seperti mengkonsumsi buah pir secara rutin.

Buah yang satu ini mempunyai kandungan vitamin C yang tergolong tinggi seperti halnya dengan buah jeruk. Kandungan tersebut mampu untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil dan menghindarkan dari masalah penyakit menular seperti batuk, pilek dan juga flu. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah pir secara rutin.

8. Mengoptimalkan Penyerapan Nutrisi Didalam Tubuh

Nutrisi yang terkandung di dalam buah pir tidak hanya mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga mampu untuk membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh ibu hamil. Manfaat yang satu ini bisa bunda rasakan karena adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah pir.

Kandungan tersebut akan membantu tubuh untuk menyerap semua nutrisi dari makanan yang masuk sehingga tidak ada nutrisi yang terbuang. Jadi kebutuhan nutrisi harian akan lebih mudah untuk terpenuhi dan perkembangan janin yang ada dalam kandungan juga akan terjaga dengan baik.

9. Memenuhi Kebutuhan Kalori Harian

Dalam sebuah studi menyebutkan kalau buah pir adalah salah satu sumber kalori yang sehat untuk wanita hamil. Seperti yang kita tahu kalau kalori itu sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil untuk dijadikan sebagai sumber energi. Karena walaupun sedang hamil muda, semua aktivitas sehari-hari seperti bekerja dan kegiatan lainnya pasti tidak akan berhenti begitu saja.

Jadi oleh sebab itu, bagi wanita hamil sangat di sarankan sekali untuk selalu memenuhi kebutuhan kalori jariannya agar kondisi tubuh selalu fit dan tidak mudah lelah. Untuk memenuhi kebutuhan kalori harian, bunda tidak hanya bisa mendapatkannya dari buah pir saja tapi juga bisa mengkonsumsi makanan sehat lainnya.

10. Merawat Kesehatan Pencernaan

Merawat Kesehatan Pencernaan Ibu Hamil
Merawat Kesehatan Pencernaan Ibu Hamil
Manfaat pir untuk ibu hamil muda yang terakhir adalah merawat kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Berbeda dengan orang normal lainnya, wanita hamil akan lebih sering untuk mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Ini karena saat memasuki masa kehamilan, penyempitan ruang di dalam perut tidak akan bisa terhindarkan karena semakin hari rahim akan terus membesar.

Maka dari itu, ibu hamil sangat di sarankan sekali untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan serat seperti buah pir. Buah pir memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh.

Memang jika kita lihat ulasan diatas, ada banyak sekali manfaat buah pir yang bisa bunda rasakan apabila bunda mengkonsumsinya secara teratur. Tapi perlu bunda ketahui, meskipun buah pir itu mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan, namun jangan pernah melupakan untuk mengkonsumsi makanan sehat lainnya.

Baik, mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai manfaat pir untuk ibu hamil trimester pertama yang bisa admin rangkumkan dan semoga dengan adanya ulasan di atas bisa memberikan sedikit wawasan untuk kalian semuanya.

Baca Juga :
5 Jenis Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara Paling Ampuh
8 Minuman Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil Muda Konsumsi
8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel