Jauhi 10 Makanan Penyebab Kanker Payudara Pada Wanita

Makanan Penyebab Kanker Payudara – Sampai saat ini memang masih belum ada penelitian yang menemukan apa yang menjadi penyebab kanker payudara pada wanita, namu dalam penelitian tersebut di ketahui ternyata pola hidup yang kurang sehat menjadi faktor utama seseorang mengalami kondisi tersebut.
Jauhi 10 Makanan Penyebab Kanker Payudara Pada Wanita
Makanan Penyebab Kanker Payudara
Di kuitp dari Dr. oz pola hidup yang kurang sehat seperti mengkonsumsi makanan istan atau junkfood dapat memicu meningkatnya pertumbuhan sel-sel kanker di dalam payudara wanita. Oleh sebab itu, dalam mencegah agar bisa terhidar dari masalah tersebut sangat di sarankan sekali untuk menghindari beberapa jenis makanan penyebab kanker payudara.

Jenis Makanan Penyebab Kanker Payudara

Dalam sebuah jurnal yang di terbitkan oleh JNCI cancer Spectrum pada mei 2019 ini menyebutkan kalau pola makan yang kurang sehat setiap hari itu akan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kanker di bandingkan dengan orang yang selalu mengkonsumsi makanan sehat setiap hari. Lalu makanan apa saja yang bisa menyebabkan kanker? Berikut ulasannya:

1. Gorengan

Tentu semua orang suka makan gorengan, selain karena rasanya yang gurih, gorengan juga sangat mudah untuk kita jumpai. Tapi, tahukah kalian kalau ternyata gorengan itu dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam payudara?

Ya, dalam sebuah penelitian yang di publikasikan oleh International Jounar of Cancer menyatakan kalau mengkonsumsi gorengan dapat memicu pertumbuhan sel kanker lebih cepat. Selain itu pemakaian minyak goreng secara terus menerus dapat merubah radikan bebas menjadi zat karsinogen.

2. Konsumsi Minuman Beralkohol

Selain mengkonsumsi gorengan, mereka yang mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa beresiko untuk terkena penyakit kanker payudara. Hal ini karena menurut sebuah penelitian dari American Institute for Cancer menyatakan kalau mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena penyakit kanker payudara.

Maka dari itu, bagi kamu yang tidak ingin mengalami masalah tersebut segeralah menghindari konsumsi alkohol. Selain bisa memicu penyakit kanker payudara, konsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa memicu masalah lain seperti kerusakan hati, kerusakan usus besar, laring dan masih banyak lagi.

3. Makanan Olahan

Selain karena dua penyebab diatas, mengkonsumsi makanan olahan yang dijual di pasaran juga bisa memicu seseorang menderita penyakit tersebut. Hal ini karena pada umumnya semua jenis makanan yang diolah itu mempunyai kandungan pengawet serta kandungan bahan kimia yang berbahay bagi tubuh.

Ada beberapa jenis makanan olahan yang wajib untuk kamu hindari dan batasi seperti kornet, ikan kaleng, sosis dan juga nugget. Sebab beberapa jenis makanan tersebut memiliki kandungan karsinogen yang dapat membuat pertumbuhan sel kanker menjadi lebih cepat.

4. Jenis Makanan yang Mengandung Pestisida

Beberapa petani sayuran dan buah-buahan sering menyemprotkan bahan kimia seperti pestisidan untuk mencegah hama. Di sisi lain, pestisida yang masih menempel pada sayuran dan juga buah-buahan dapat masuk kedalam tubuh. Jika terjadi secara terus-menerus maka akan mengendap dan menyebabkan kanker payudara.

Oleh karena itu, ketika kalian ingin mengkonsumsi sayuran atau buah-bahan secara segar maupun di masakan ada baiknya untuk mencucinya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Kalian juga bisa menggunakan sabun khusus untuk mencuci buah dan sayuran.
Jauhi 10 Makanan Penyebab Kanker Payudara Pada Wanita

5. Jenis Makanan yang Dipanggang/ Dibakar

Jenis makanan penyebab kanker payudara pada wanita yang selanjutnya adalah makanan yang dibakar atau dipanggang. Jenis makanan yang biasanya dibakar atau dipanggang adalah ikan, daging ayam, daging sapi atau daging kambing.

Dalam sebuah penelitian, daging yang dibakar atau dipanggang menggunakan arang dengan suhu yang tinggi itu dapat membentuk HCA ( heterosiklik ) dan juga PAH ( polycyclic aromatic hydrocarbons ). Zat tersebutlah yang jika masuk kedalam tubuh dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker di dalam payudara.

6. Makanan Ringan

Tahukah kalian kalau ternyata makanan ringan dapat menjadi penyebab kanker payudara? Ya, hal ini karena dapal pembuatan makanan ringan itu terdapat sebuah komposisi bahan seperti pewarna, perisa buatan dan pengawet.

Nah, jika semua zat tersebut masuk kedalam tubuh dalam jumlah tinggi dapat menjadi penyebab timbulnya beberapa masalah kesehatan seperti kanker payudara. Oleh sebab itu, sangat di sarankan sekali untuk membatasi asupan makanan ringan ke dalam tubuh.

7. Makanan yang Dipanaskan Lagi

Mungkin tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata sebuah kebiasaan memanaskan makanan menggunakan wadah plastik di oven itu dapat memicu terjadinya kanker payudara. Ini karena suhu yang ada di dalam oven akan melepaskan dioksin atau zat kimia yang ada di dalam plastik.

Jika kebiasaan ini terus dilakukan makan biasanya sel kanker di dalam tubuh yang umumnya normal akan berubah menjadi ganas dan bisa menyebabkan timbulnya sel kanker payudara.

8. Jenis Makanan yang Rendah Kandungan Gizi

Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Institut Nasional Kesehatan di Prancis ini menemukan kalau bagi mereka yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kualitas gizi rendah akan memiliki resiko cukup tinggi untuk mengalami kanker payuadara dari pada mereka yang mengkonsumsi makanan dengan kualitas gizi baik.

9. Daging Olahan

Selain jenis makanan instan, ternyata daging olahan juga bisa menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker di dalam payudara. Ada beberapa jenis daging olahan yang memang wajib untuk kamu batasi atau kurangi seperti hodt dog, ham, bacon, sosis dan prosciutto.

Namun untuk sementara ini masih belum bisa di ketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab olahan daging tersebut bisa memicu timbulnya sel kanker payudara, tapi kandungan bahan pengawet dan natrium yang ada dalam daging olahan dapat membentuk senyawa karsogenik di dalam tubuh.

10. Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Konsumsi gula terlalu tinggi tidak hanya bisa menyebabkan diabetes tapi ternyata juga dapat memicu tumbuhnya sel kanker payudara. Sebuah penelitian dari University of Texas membuktikan kalau semakin banyaknya gula yang masuk kedalam tubuh akan membuat pertumbuhan sel kanker semakin meningkat.

Hal ini juga karena jenis gula fruktosa dan sukrosa yang biasanya bisa kita jumpai pada sirup, gula pasir dan makanan manis itu dapat memicu tubuh untuk memperoduksi Hydroxyeicosatetraenoic acid ( HETE ) di dalam kelenjar payudara.

Selain karena faktor keturunan, faktor pola hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab utama seseorang menderita kanker payudara. Maka dari itu hindari 10 jenis makanan penyebab kanker payudara diatas agar kalian bisa terhindar dari kondisi tersebut.

Baca Juga :
Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya Dirumah
16 Obat Sakit Gigi Untuk Gigi Berlubang yang Paling Ampuh
17 Jenis Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh dan Aman Bagi Kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel