Apa Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya Dirumah

Gamatips.com – Asam urat adalah salah satu penyakit yang menyerang persendian di setiap tubuh. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai juga orang dewasa sampai dengan lansia. Walaupun seperti itu, masalah kesehatan yang satu ini lebih sering menyerang orang dewasa dan lansia. Biasanya ada banyak sekali penyebab asam urat, mulai dari makanan dan juga pola hidup sehari-hari.
Apa Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasi Asam Urat Dirumah
Penyebab dan Cara Mengatasi Asam Urat
Pada umumnya penyakit asam urat sering di tandai dengan gejala awal jempol kaki yang terasa sakit dan lama kelamaan akan terus bertambah parah dan mulai terjadi pembengkakan dan rasa sakit secara tiba-tiba di setiap sendi dalam tubuh. Dalam beberapa kasus yang terjadi, kondisi tersebut juga sering membuat seseorang sulit untuk berdiri dan berjalan seperti normal.

Apa Penyebab Asam Urat?

Pada umumnya yang menjadi penyebab seseorang itu mengalami asam urat adalah pola makan yang tidak sehat dan juga pola hidup. Di mana ada beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan purin cukup tinggi seperti kacang-kacangan.

Pada saat mengkonsumsi makanan yang mengandung purin cukup tinggi kedalam tubuh maka secara otomatis tubuh akan mungurai zat tersebut dengan menghasilkan asam urat. Secara normal asam urat tersebut akan di buang melalui urine dan sebagian juga sering di buang melalui fases.

Setiap tubuh manusia sudah memiliki kadar asam urat yang di buat oleh tubuh secara alami, dalam batasan normal asam urat tidak akan menimbulkan efek pada tubuh tapi ketika kadar asam urat dalam tubuh sudah melebihi batas normal maka dapat menimbulkan efek samping seperti rasa nyeri dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

Penyebab asam urat memang bisa terjadi karena faktor konsumsi makanan tinggi akan kandungan purinnya. Namun jika di lihat lebih jauh, ada faktor lain yang juga sering meningkatkan seseorang itu mengalami asam urat. Faktor-faktor asam urat tersebut dapat meliputi seperti:

1. Faktor usia dan jenis kelamin

Dalam sebuah studi faktor usia bisa meningkatkan seseorang mengalami asam urat, tapi kondisi ini lebih sering dialami oleh pria daripada kaum wanita. Namun untuk faktor yang satu ini belum bisa di ketahui secara jelas apa yang jadi penyebabnya.

2. Faktor keturunan

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab asam urat pada tubuh, karena ketika salah satu keluarga yang mempunyai riwayat penyakit asam urat seperti ibu atau ayah maka kamu sebagai anak akan memiliki peluang cukup tinggi untuk menderita penyakit tersebut.

3. Faktor berat badan

Berat badan yang berlebihan juga bisa menjadi pemicu seseorang mengalami masalah asam urat dan kondisi ini juga akan semakin meningkat jika berat badan tubuh kamu lebih dari 25 kg/m2.

4. Faktor obat-obatan

Mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan juga bisa menjadi pemicu seseorang mengalami kondisi tersebut. Ada beberapa jenis obat yang di konsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan asam urat seperti:

Aspirin – Jenis obat yang satu ini adalah obat penghilang rasa sakit pada tubuh. Apabila obat ini di konsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya masalah asam urat dalam tubuh.

Obat diuretik – Untuk obat yang satu ini biasanya sering di gunakan untuk mengatasi cairan yang menumpuk di dalam tubuh, jika di gunakan secara berlebihan ternyata bisa memicu asam urat dalam tubuh.

Obat kemoterapi – Biasanya obat yang satu ini lebih sering di gunakan untuk mengatasi penyakit kanker, tapi pemakaian yang berlebihan juga bisa menjadi faktor timbulnya masalah asam urat dalam tubuh.

5. Faktor pola hidup

Bagi mereka yang mempunyai kebiasaan hidup yang kurang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin dapat meningkatkan penyakit asam urat dalam tubuh. Beberapa makanan yang biasanya mengandung purin cukup tinggi adalah daging dan juga seafood.

6. Faktor kesehatan

Penyebab asam urat yang terakhir adalah faktor kesehatan dalam tubuh. Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa memicu orang mengalami penyakit asam urat seperti diabetes, gangguan ginjal, penyakit jantung, penyakit infeksi, hipertensi ( tekanan darah tinggi ) dan pembuluh darah yang tersumbat.
Apa Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasi Asam Urat Dirumah
Penyebab dan Cara Mengatasi Asam Urat

Cara Mencegah Asam Urat Dengan Benar

Sebelum kita mengobati masalah tersebut ada baiknya kita mencegah hal itu sejak dini. Karena mencegah merupakan cara yang sangat baik dari pada mengobati ketika sudah mengalami masalah tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mencegah asam urat seperti:

1. Perhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi

Penyebab asam urat yang utama adalah konsumsi makanan yang tidak sehat dan kandungan purin yang tinggi. Oleh sebab itu, agar kamu tidak mengalami masalah tersebut sebaiknya mulai dari sekarang atur pola makan dan hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung purin.
Beberapa jenis makanan yang wajib untuk kamu hindari adalah daging merah, jeroan, seafood, jamur, bayam dan juga kacang-kacangan. Selain itu kamu juga wajib untuk menghindari makanan yang mengandung garam cukup tinggi serta minuman beralkohol.

2. Jangan terlalu stres

Ketika seseorang itu mengalami stres, tidur yang tidak cukup setiap hari serta kurangnya aktivitas olah raga bisa menjadi penyebab meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Maka dari itu hindarilah untuk terlalu stres dan cukupi tidur serta lakukan olahraga secara teratur walaupun hanya sebentar.

3. Menjaga berat badan

Ketika berat badan sudah melebihi batas normal maka dapat memicu beberapa masalah kesehatan di dalam tubuh seperti asam urat. Jadi jika kamu ingin terhindar dari masalah tersebut maka jagalah berat badan tubuh kamu agar tidak melebihi batas normal. Selain itu jika kamu mempunyai berat badan berlebih bisa mencoba diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga:
10 Makanan Penambah Darah Paling Ampuh Dalam Mencegah Anemia
12 Khasiat Buah Plum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
7 Penyebab Buang Air Besar Berdarah dan Solusinya

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami Dirumah

Pada dasarnya penyakit asam urat itu tidak bisa di sembuhkan secara utuh, namun pengobatan yang sering di lakukan itu hanya untuk meredakan rasa nyeri yang timbul. Oleh sebab itu, untuk kamu yang mungkin belum mengalami kondisi ini untuk lebih menjaga pola makan sehat dan olahraga secara teratur.

Walaupun penyakit asam urat tidak bisa di sembuhkan secara total, tapi kondisi tersebut bisa kita kontrol dengan melakukan pengobatan. Ada banyak jenis obat yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan efek dari asam urat, namun tidak semua obat-obatan tersebut aman untuk kamu konsumsi.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis obat alami untuk meredakan penyakit asam urat yang bisa kamu buat di rumah:

1. Rebusan jahe

Kandungan dalam jahe tidak hanya di baik untuk menjaga kesehatan tubuh tapi ternyata juga mampu untuk meredakan masalah asam urat. Hal ini juga dikarenakan jahe mempunyai zat anti peradangan yang mampu untuk mencegah terjadinya peradangan akibat asam urat.

Cara memanfaatkannya adalah dengan merebus jahe dengan air sampai mendidih. Minumlah air rebusan jahe tersebut secara rutin setiap pagi hari.

2. Perbanyak minum air putih

Mengkonsumsi air putih yang banyak atau melebihi anjuran konsumsi air putih setiap hari dapat membantu ginjal untuk membuang asam urat yang berlebih dalam tubuh melalui urine. Selain itu, mengkonsumsi air putih yang banyak setiap hari juga bisa membuang zat-zat berbahaya yang ada di dalam tubuh.

3. Perasan lemon

Cara mengobati asam urat secara alami yang selanjutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan air perasan dari buah lemon. Ini karena buah lemon di percaya mempunyai kandungan asam yang mampu untuk membersihkan asam urat berlebih di dalam tubuh.

Selain sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C, buah lemon juga mampu meredakan rasa nyeri yang timbul akibat asam urat dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi air perasan lemon secara rutin setelah makan di pagi hari.

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Obat Dokter

Selain dengan bahan alami di atas, pengobatan asam urat juga bisa kamu lakukan melalui dokter. Ada beberapa jenis obat yang umum di berikan oleh dokter seperti colchicine dan juga obat anti-inflamasi nonsteroid. Namun bagi merek yang mungkin tidak bisa mengkonsumsi kedua jenis obat tersebut, dokter biasanya akan meresepkan obat kartikosteoid.

Langkah pemberian obat tersebut di lakukan hanya untuk meredakan rasa sakit dan mencegah kembalinya asam urat dan bukan untuk menyembuhkan asam urat. Oleh karena itu, mengatur pola hidup dan pola makan yang sehat sejak dini adalah cara yang ampuh untuk mencegah terserang penyakit asam urat.

Sampai saat ini belum ada jenis obat-obatan yang mampu untuk menyembuhkan penyakit asa urat secara permanen, namun melakukan pencegahan ada jalan yang paling utama agar terhindar dari masalah tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel