4 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Sudah Teruji Ampuh

Khasiat daun kelor untuk kesehatan – Mungkin sebagian dari kita sudah tak asing lagi dengan tanaman yang bernama kelor. Ya, kelor atau yang disebut dengan Moringa oleifera ini merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan manfaat. Bahkan di Eropa sana, daun kelor ini telah digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat, parfum hingga produk kecantikan. Tumbuhan yang dianggap sebagai tanaman perdukunan ini juga telah diteliti oleh para ahli dari Amerika. Dan hasil yang diperoleh cukup membuat heboh, sebab tanaman ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan WHO pun menganjurkan agar anak-anak mengkonsumsi daun kelor agar terhindar dari gizi buruk.
4 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh
Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan
Tidak hanya dapat mencegah gizi buruk pada anak, daun kelor juga memiliki manfaat lain. Berikut beberapa mafaat daun kelor.

Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1. Dapat Mengobati Kanker

Berdasar hasil penelitian yang terpublish di jurnal Oncology Letters, diketahui bahwa ternyata daun kelor memiliki kegunaan untuk melawan sel kanker dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena adanya  kandungan dalam daun kelor seperti antioksidan, protein, karotenoid, dan potassium yang dapat menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker. Untuk mendapatkan kahsiat dari daun kelor ini, Anda dapat membuat ekstrak daun kelor.

Caranya adalah dengan merebusnya dan menyaring air rebusan tersebut. Kemudian meminumnya setidaknya 3 kali sehari. Ini merupakan cara mengobati kanker secara alami. Beberapak jenis kanker yang bisa diobati diantaranya adalah kanker payudara, kanker paru, hingga kanker kulit.

Baca Juga :
Apa Penyebab Anyang-anyangan Pada Wanita?
Cara Mendapatkan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan yang Benar
7 Cara Aman Mengatasi Ejakulasi Dini Dirumah

2. Dapat Menyehatkan Mata

Pasti Anda tidak menyangka jika daun kelor juga bisa mnyembuhkan mata. Ya, ini mungkin terdengar aneh. Namun, tahukah Anda bahwa daun kelor ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi? Perlu diketahui bahwa dalam 100g daun kelor, setidaknya terdapat 3390 SI vitamin A. Jumlah ini tentu jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan kandungan vitamin A dalam wortel. Nah, untuk mendapatkan khasiatnya, Anda hanya perlu mengkonsumsinya dengan cara dibuat sayur seperti biasa. Anda juga dapat membuat teh daun kelor lalu menyeduhnya.

3. Berfungsi Untuk Menurunkan Kadar Gula

Khasiat daun kelor untuk kesehatan lainnya adalah sebagai penurun kadar gula dalam tubuh. Sebuah penelitian di Mumbai, India menyatakan bahwa daun kelor ternyata dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Ini disebabkan kandungan glibenclamide yang ada pada daun sakti tersebut. Kandungan inilah yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas, sehingga kadar gula dapat turun secara signifikan. Di India, daun kelor juga serimg digunakan oleh masyarakat untuk obat herbal dalam menurunkan kadar gula.

4. Sebagai Antioksidan

Khasiat daun kelor untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai antioksidan. Senyawa ini berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Apabila tingkat radikal bebas ini tinggi, maka akan membuat Anda mengelami stres oksidatif, hingga penyakit jantung dan diabetes. Nah, untuk mencegahnya, daun kelor ini perlu Anda konsumsi. Mengapa, sebab daun kelor memiliki kandungan Quercetin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah radikal bebas. Selain itu juga ada Asam klorogenik menstabilkan tingkat gula darah setelah makan.

Nah, itulah beberapa khasiat daun kelor untuk kesehatan Anda. Selain manfaat diatas, daun kelor juga memiliki khasiat lain seperti bisa digunakan sebagai pengawet makanan dan lain-lain. Untuk cara mengolahnya, Anda bisa memilih. mau dijadikan teh seduh, bubuk, atau dibuat sayur. Yang jelas semua proses tersebut tak akan mengurangi khasiat daun sakti tersebut. Lalu, kapan Anda mencoba khasiat daun kelor?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel