Penting! Ternyata Inilah Penyebab Anyang Anyangan yang Patut Diwaspadai

Penyebab anyang anyangan – Apakah Anda pernah mengalami anyang-anyangan? Perlu diketahui bahwa penyakit ini merupakan salah satu gejala adanya infeksi saluran kemih. Infeksi pada saluran kemih ini terjadi karena adanya invasi mikrooganisme berupa bakteri. Bakteri yang menyerang biasanya adalah abkteri Eschericia coli, Staphylococcus Saphropyticus, dan Pseudomonas. Saat mengalami sakit ini, Anda akan sering merasakan nyeri ketika buang air kecil. Bahkan, Anda akan sering kencing tiap jam. Kondisi semacam ini biasa disebut dengan dysuria. Tentu ini tidak bisa dibiarkan sebab dapat menyebabkan Anda susah konsentrasi saat bekerja.
Penting! Ternyata Inilah Penyebab Anyang Anyangan yang Patut Diwaspadai
Penyebab Anyang Anyangan
Gejala-gejala anyang-angan juga bermacam-macam. Diantaranya adalah meningkatnya keinginan untuk buang air kecil, sulit untuk mengontrol kandung kemih, tidak nyaman saat buang air kecil, dan urin yang berwarna keruh. Lalu, apa saja penyebab datangnya sakit ini? Jika Anda belum tahu, simak penjelasan berikut:

Penyebab Anyang Anyangan Yang Perlu Diwaspadai

1. Batu ginjal

Batu ginjal bisa menjadi salah satu penyebab datangnya sakit ini. Batu ginjal dapat terbentuk akibat adanya pengkristalan urine. Jika batu ginjal ini semakin banyak jumlahnya, maka rasa nyeri dan anyang-anyangan akan muncul. Dan tiudak menuntut kemungkinan akan terjadi perdarahan saat buang ai kecil. Perlu diketahui, batu ginjal ini dapat muncul karena gaya hidup dari seseorang. Bisanya karena jarang sekali minum, sering mengonsumsi makanan tidak sehat, dan sering menahan kencing. Maka dari itu, saat Anda merasa ingin buang air kecil maka segeralah ke kamar mandi. Ini akan mencegah Anda agar tidak terkena anyang-anyang.

Baca Juga :
16 Obat Sakit Gigi Untuk Gigi Berlubang yang Paling Ampuh
Apa Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya Dirumah
4 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Sudah Teruji Ampuh

2. Infeksi saluran kemih

Penyebab kedua adalah akibat infeksi saluran kemih. Ini merupakan penyebab utama dari kasus anyang-anyangan yang biasa dialami. Saat bakteri masuk ke dalam saluran kemih, maka akan menyebabkan inflamasi yang cukup parah. Sehingga saluran kemih akan lebih sensitif dengan urine dan aktivitas pembuangan lainnya. Nah, penyebab utama dari infeksi saluran kemih ini tidak lain adalah karena kurangnya menjaga kemaluan. Orang yang memiliki kebiasaan jarang membilas kemaluan setelah kencing akan terkena penyakit ini. Selain itu, juga disebabkan karena jarang mengganti celana. Jadi, bagi Anda yang mau terhindar, seringlah menjaga kebersihan organ vital Anda.

3. Infeksi prostat

Jika infeksi saluran kemih biasa menyerang wanita, maka penyebab anyang anyangan yang sering menyerang pria adalah adanya infeksi pada prostat. Infeksi seperti prostatitis lah yang biasa muncul karena adanya bakteri yang masuk ke dalam saluran reproduksi dan menyebabkan inflamasi. Infeksi prostat ini dapat terjadi karena efek samping dari penyakit menular seksual. Apabila seorang pria melakukan seks tanpa pengaman, maka sangat besar kemungkinan menderita infeksi prostat yang rasa sakitnya cukup kuat.

4. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual juga turut andil sebagai penyebab anyang anyangan. Nah, jika Anda suka melakukan seks yang tidak sehat dan merasa ada masalah dengan saluran kemih, berati Ana dalam masalah besar. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar tahu tentang kondisi tubuh Anda agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Nah, beberapa penyakit menular seksual yang bisa jadi penyebab anyang-anyang diantaranya adalah gonore dan klamidia. Jika Anda tidak mau terkena, maka hindarilah seks bebas.

Nah, itulah beberapa hal  yang menjadi penyebab anyang anyangan. Setelah mengetahui penyebabnya, maka Anda tentu sudah bisa melakukan pencegahan. Namun apabila Anda sudah terkena penyakit ini, maka berkunjung ke dokter adalah saran terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel