17 Jenis Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh dan Aman Bagi Kesehatan

Gamatips.comRadang tenggorokan adalah salah satu jenis masalah kesehatan yang terjadi karena adanya infeksi dari bakteri di dalam tenggorokan. Bakteri ini akan menimbulkan sebuah peradangan yang akan juga di sertai dengan rasa sakit pada bagian tenggorokan. Kondisi ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja sampai dengan orang dewasa sekalipun.
17 Jenis Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh dan Aman Bagi Kesehatan
Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh
Penyakit radang tenggorokan disebabkan oleh apa? Pada dasarnya, jenis penyakit ini dapat di sebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi oleh bakteri atau karena adanya masalah kesehatan lainnya. Namun penyebab yang paling umum memicu masalah tersebut adalah flu dan juga demam, sebab ketika seseorang mengalami flu dan juga demam maka bagian dalam tenggorokan akan ikut mengalami pembengkakan. Pembengkakan inilah yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit ketika ingin menelan makanan ataupun minuman.

Biasanya penyakit radang tenggorokan ringan dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus menggunakan obat, tapi untuk radang tenggorokan akut wajib untuk mendapatkan pengobatan. Obat untuk radang tenggorokan memang ada banyak sekali jenisnya dan tidak semua jenis obat tersebut ampuh untuk menyembuhkan masalah tersebut. Lalu apa nama obat radang tenggorokan paling ampuh? Berikut ulasan lengkapnya.

Daftar Obat Radang Tenggorokan Alami

Tidak semua masalah kesehatan itu harus mendapatkan perawatan dari dokter, karena ada beberapa masalah yang bisa kita atasi di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain dapat kita temukan dengan mudah, obat alami juga cenderung aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Berikut ini ada beberapa obat alami untuk radang tenggorokan:

1. Menggunakan air garam

Obat radang tenggorokan dari bahan alami yang pertama adalah air garam. Dengan cara penggunaan menggunakan air garam ini dapat membantu merangsang air liur untuk keluar lebih banyak serta dapat membantu meredakan sakit radang yang anda alami saat ini. Hal ini dikarenakan air garam ini membantu membunuh bakteri di tenggorokan.

Untuk penggunaannya, pertama-tama siapkanlah air hangat kurang lebih 200ml, lalu beri satu sendok teh garam, aduk hingga garam larut dan tercampur rata dengan air hangat. Pastikan air yang anda gunakan air hangat ya, jangan air panas.  Setelah itu gunakanlah larutan air garam tersebut untuk berkumur-kumur.  Lakukan hingga larutan habis. Niscaya dengan larutan air garam ini dapat membantu mengurangi pembengkakan, menjaga tenggorokan tetap bersih dan menyembuhkan  radang tenggorokan anda. Gunakan air garam ini sekitar 2-3 kali dalam sehari.

2. Air hangat dengan madu

Tidak dipungkiri lagi bahwa madu memang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu sebagai obat alami untuk radang tenggorokan.  Dalam sebuah penelitian yang di lansir oleh healtline, bahwa madu memang lebih efektif dalam membantu meredakan batuk serta radang. Selain sebagai obat radang alami yang dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan, madu juga dapat membantu menyembuhkan luka.

Untuk penggunaannya cukup dengan mencampurkan segelas air hangat dengan satu sendok makan madu, aduk hingga tercampur rata. Jika anda suka bisa tambahkan lemon agar rasanya lebih enak.  Dengan anda rutin dan rajin meminum air hangat dengan madu ini niscaya dapat menyembuhkan radang serta meredakan iritasi akibat bakteri pada tenggorokan anda.

3. Jahe dan kayu manis

Obat radang tenggorokan alami yang selanjutnya adalah jahe dan juga kayu manis. Jahe memang sudah di kenal sejak lama akan kandungannya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan salah satunya untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Nah, agar manfaat yang di dapatkan dari jahe semakin maksimal maka kalian dapat menambahkan kayu manis.

Untuk membuatnya kalian harus siapkan terlebih dahulu beberapa potong jahe yang sudah di bersihkan dan kayu manis kering. Didihkan air secukupnya lalu masukan jahe dan juga kayu manis kedalamnya, tunggu sampai air tinggal setengah. Jika sudah saring air rebusan tadi dan minum secara rutin 1 kali dalam sehari di pagi atau sore hari.

4. Bawang putih

Selain untuk menambah cita rasa dalam masakan, bawang putih ternyata juga ampuh untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Ini juga dikarenakan di dalam bawang putih itu terdapat sebuah zat aktif seperti antibiotik yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada tenggorokan.

Menggunakan bawang putih sebagai obat radang tenggorokan juga sangat mudah, caranya kamu hanya perlu mengunyah beberapa butir bawang putih secara rutin agar hasil yang di dapatkan bisa maksimal.

5. Kunyit dan susu

Dalam sebuah studi, kandungan yang ada di dalam kunyit itu tidak hanya berkhasiat bagi kesehatan saja tapi ternyata juga ampuh dalam meredakan radang tenggorokan. Dalam memanfaatkan kunyit untuk mengobati radang tenggorokan sangatlah mudah untuk kamu buat di rumah. Selain bisa digunakan sebagai jamu, ekstrak kunyit juga bisa kamu tambahkan satu gelas susu putih dan meminumnya secara rutin setiap hari.

Baca Juga :
7 Penyebab Buang Air Besar Berdarah dan Solusinya
14 Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Serta Orang Dewasa
12 Khasiat Buah Plum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

6. Cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu obat radang tenggorokan akut yang patut untuk anda coba. Karena cuka sari apel ini mampu melawan bakteri yang menyebabkan sakit radang tenggorokan. Menurut sejumlah penelitian ditemukan bahwa cuka apel ini sebagai antimikroba dalam mengatasi infeksi. Kandungan asam pada cuka apel dapat membantu merangsang air liur keluar dan menghentikan penyebaran bakteri.

Untuk mengobati radang, cobalah buat campuran 2 sendok makan cuka apel dengan satu gelas air, aduk hingga tercampur rata. Lalu gunakanlah sebagai obat kumur. Lakukan hingga larutan abis, berkumurlah sebanyak 2 atau tiga kali dalam sehari. Jika anda suka bisa campurkan larutan cuka apel dengan sedikit madu. Dan jangan lupa untuk meminum air lebih banyak  di antara sesi berkumur tadi ya.

7. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang sering bermanfaat bagi kesehatan. Selain rasanya yang menyegarkan buah ini juga bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan yang alami. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung vitamin C serta senyawa antioksidan yang  dapat membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan yang radang, serta dapat mengobati pilek atau flu juga. Terangsangnya air liur yang keluar dengan penggunaan jeruk nipis ini dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Caranya mudah, cukup anda campurkan air jeruk nipis dengan segelas air hangat dan sedikit madu, atau air garam, aduk hingga tercampur rata. Lalu minum larutan tersebut hingga habis, lakukan dengan rutin hingga radang tenggorokan terasa membaik.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa, selain berguna untuk memasak, ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu diketahui bahwa pada sebuah penelitian dikatakan bahwa minyak kelapa ini dapat membantu melawan infeksi serta dapat membantu mengurangi rasa sakit dan dapat mengurangi peradangan.

Gunakanlah 2 sendok makan minyak kelapa sebagai obat kumur, lakukan 1 kali dalam sehari. Gunakanlah secara rutin sampai radang terasa sudah sembuh, serta jangan terlalu berlebihan dalam penggunaannya ya agar tidak menimbulkan efek pencahar.

9. Air lemon

Air lemon ternyata juga dapat mengurangi radang tenggorokan yang anda alami saat pilek ataupun flu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon. Buah lemon ini juga dapat meningkatkan jumlah air liur di mulut karena rasa asamnya. Jadi dengan banyaknya air liur maka akan membantu menjaga selaput lendir pada tenggorokan tetap lembap.

Cara terbaik dalam menggunakannya yaitu dengan mencampurkan perasan air dari 1buah lemon dengan satu gelas air hangat, tambahkan madu agar rasanya lebih enak. Minum secara rutin niscaya radang tenggorokan bisa sembuh.
17 Jenis Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh dan Aman Bagi Kesehatan
Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh

Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter

Radang tenggorokan akut tentu tidak akan mempan dengan obat alami dan harus menggunakan obat resep dari dokter langsung. Namun sebelum memberikan obat, dokter biasanya akan memeriksa seberapa parah kondisi radang tenggorokan yang dialami oleh pasien tersebut. Berikut ini ada beberapa nama obat radang tenggorokan berdasarkan resep dokter:

1. Degirol

Obat yang berbentuk tablet hisap yang satu ini berfungsi untuk orang yang susah menelan. Degirol juga bisa digunakan untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Obat degirol ini memiliki kelebihan selain dapat menyembuhkan radang tenggorokan juga mampu mengatasi radang gusi, sariawan serta infeksi pada selaput lendir pada mulut. Aturan pakainya bisa anda lihat sudah tertera pada kemasan obatnya. Obat ini di konsumsi setiap 3 sampai 4 jam dan tidak boleh melebihi 8 tablet sehari. Efek samping yang yang ditimbulkan dari konsumsi obat ini adalah, munculnya ruam kemerahan, sesak napas, dan gatal-gatal.

2. FG Troches Meiji

FG Troches Meiji memang tidak terlalu banyak orang yang tahu, hal ini disebabkan obat ini tidak dijual secara bebas dan harus disertakan dengan resep dokter. FG Troches Meiji ini disarankan dokter bila anda mengalami radang tenggorokan yang parah dan menyebabkan anda susah menelan. Obat ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu dapat mengobati sariawan, berbagai infeksi gusi dan mulut dan yang terpenting dapat mengobati radang tenggorokan. Aturan yang dianjurkan jika ingin mengkonsumsi FG Troches Meiji adalah 1-2 tablet untuk dewasa dan untuk anak-anak 1 tablet saja.  Dalam sehari biasanya obat FG Troches Meiji ini di konsumsi 4-5 kali dalam sehari.

3. Lemocin

Obat Lemocin merupakan salah satu obat yang bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Namun obat ini tidak dijual secara bebas di pasaran. Jika anda ingin mendapatkannya harus dengan resep dokter. Obat Lemocin ini memiliki kelebihan yaitu dapat membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan dengan cepat. Patennya obat ini dikarenakan sifat antibiotik yang dapat membunuh bakteri dari penyakit tersebut. Aturan pakai obat ini juga harus sesuai dengan resep dari dokter. Obat Lemocin ini tidak dapat diminum dalam jangka yang panjang, karena bisa menyebabkan terjadinya ketergantungan.

4. Methylprednisolone

Obat yang satu ini juga sangat ampuh untuk mengobati radang tenggorokan. Obat Methylprednisolone merupakan jenis obat steroid yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk membantu mengurangi gejala peradangan yang muncul. Seperti terjadinya pembengkakan, ruam serta nyeri.  Obat Methylprednisolone umumnya digunakan sebagai obat pereda nyeri dan gejala alergi. Akan tetapi obat ini juga dapat mengatasi penyakit lainnya seperti asma, ulseratif colitis, penyakit Crohn, dan jenis-jenis kanker tertentu.

Untuk mendapatkan Methylprednisolone biasanya harus dengan resep dokter. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet atau suntikan. Obat ini bekerja dengan cara mencegah jaringan tubuh untuk merespon proses inflamasi dan menghambat  tumbuhnya jumlah sel yang terinflamasi.

5. Naproxen

Obat radang tenggorokan Naproxen, memiliki fungsi  yang dapat mengurangi rasanyeri dan sakit ketika menelan makanan karena radang. Naproxen dikenal sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID). Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi zat tertentu yang menimbulkan peradangan di dalam tubuh.

Takaran dalam pemakaian obat Naproxen yaitu takaran 250 mg-500 mg (naproxen biasa) atau 275 mg-550 mg (naproxen sodium) dan harus diminum sebanyak 2 kali sehari. Dosis permulaan  untuk controlled-release naproxen sodium adalah dua tablet 375 mg (750 mg) diminum sebanyak sekali sehari, satu tablet 750 mg diminum sekali sehari, atau dua tablet 500 mg (1000 mg diminum sebanyak sehari.

6. Aspirin

Obat berikut yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan yaitu Aspirin, atau yang biasa disebut dalam dunia farmasi yaitu asam asetil salisilat. Aspirin merupakan olahan senyawa salisin yang ada pada berbagai tumbuhan. Kandungan aspirin juga banyak terdapat pada obat radang tenggorokan yang dijual dengan berbagai merek dipasaran.

Cara kerja aspirin yaitu dengan menghambat enzim yang membuat dan mengatur kerja prostaglandin, merupakan sebuah senyawa yang ada dalam tubuh dan diproduksi saat terjadinya peradangan. Oleh karena itu semua yang berhubungan dengan prostaglandin dapat dicegah oleh aspirin. Untuk aturan pakainya sudah tertera langsung pada kemasan, jadi jika anda ingin mengkonsumsinya alangkah baiknya untuk membaca aturan pakai, serta efek samping dari obat aspirin ini ya.

7. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat yang ada dalam golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Obat yang berfungsi sebagai obat radang tenggorokan ini sangat baik dan obat radang tenggorokan yang ampuh. Cara kerja obat ini yaitu dengan cara menghalangi produksi substansi alami tubuh yang menimbulkan peradangan. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari obat ibuprofen ini yaitu dapat membantu mengurangi bengkak, nyeri serta demam.

Oleh karena itu jika anda mengalami radang tenggorokan, lebih baik segera konsultasikan kedokter dan mintalah resep obatnya. Konsumsilah ibuprofen setiap 4-6 jam dengan segelas air, kecuali jika dokter menyarankan cara yang berbeda ya. Setelah minum obat usahakan jangan berbaring terlebih dahulu agar tidak timbul efek sakit pada perut. Apabila anda mengalami sakit perut saat menggunakan obat ini, langsung barengi dengan makanan, susu, atau antasida (obat asam lambung).

Penyakit radang tenggorokan memang bukan merupakan penyakit yang serius, tapi kondisi tersebut sering membuat seseorang kehilangan nafsu makan. Jika hanya di biarkan, radang tenggorokan dapat memicu masalah kesehatan lain seperti maag. Serta mengobati dengan obat yang tepat adalah hal yang wajib untuk kamu lakukan, sebab jika salah memilih obat maka bukan kesembuhan yang akan kamu dapatkan tapi penyakit lain yang mungkin akan kamu dapatkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel