Apa Manfaat Aloe Vera Untuk Rambut?

Gamatips.com - Lidah buaya atau dalam bahasa inggris di sebut dengan nama aloe vera ini adalah salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Selain bermanfaat untuk kesehatan, manfaat lidah buaya untuk rambut kering juga tidak perlu kamu ragukan lagi.
Apa Manfaat Aloe Vera Untuk Rambut?
Manfaat Aloe Vera Untuk Rambut
Penggunaan lidah buaya sebagai masker untuk rambut kering adalah sebuah pilihan yang sangat tepat, karena selain murah, kandungan dalam lidah buaya juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh serta sangat aman untuk di gunakan secara rutin bagi orang dewasa ataupun anak-anak.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

Apabila kita membicarakan mengenai manfaat lidah buaya untuk rambut rontok dan kering pastinya tidak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Hal inilah yang juga membuat lidah buaya banyak di manfaatkan oleh banyak orang sebagai bahan kecantikan dan kesehatan.

Dalam sebuah studi, lidah buaya mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, magnesium, zink dan juga zat besi. Tidak hanya itu, kandungan lain yang juga di miliki oleh lidah buaya adalah zat antioksidan yang meliputi fenol, flavonoid dan juga saponin.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Memang saat ini sudah ada banyak sekali jenis produk perawatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar pembuatannya. Namun meski demikian, menggunakan lidah buaya secara langsung justru lebih aman dan manfaat untuk rambut akan lebih terasa hasilnya. Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut:

1. Mencegah kerusakan pada rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut  yang pertama yang bisa anda rasakan dari menggunakan lidah buaya pada rambut yaitu bisa mengatasi terjadinya kerusakan pada rambut. Karena efek cuaca, dari paparan sinar matahari, hingga kebiasaan melakukan hair styling,  maupun efek penggunaan shampo atau penggunaan produk perawatan rambut yang salah bisa menjadi beberapa faktor terjadinya kerusakan pada rambut. Hal itu bisa terlihat dari munculnya beberapa tanda, seperti rambut terasa kering, bercabang dan terasa kasar.

Agar anda terhindar dari kerusakan rambut, alangkah baiknya anda mencoba melakukan perawatan dengan aloevera (lidah buaya) ini. Cukup dengan menggunakan masker lidah buaya secara rutin, maka keratin pada rambut akan tetap terpelihara,  sehingga rambut dapat sehat kembali.

2. Mempercepat pertumbuhan rambut baru

Lidah buaya memang memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut yaitu  dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru. Jadi untuk anda yang ingin memiliki rambut tebal, bisa menggunakan masker lidah buaya ini. Adanya kandungan vitamin serta mineral pada lidah buaya juga sangat dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Selain bisa digunakan untuk orang dewasa lidah buaya juga aman untuk digunakan untuk rambut bayi dan juga anak-anak.  Jadi buat anda yang menginginkan rambut buah hati anda menjadi sehat dan tebal. Oleh sebab itu tidak ada salahnya anda memilih perawatan rambut dengan lidah buaya.

Baca Juga :
16 Obat Sakit Gigi Untuk Gigi Berlubang yang Paling Ampuh
Apa Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya Dirumah
4 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Sudah Teruji Ampuh

3. Mencegah kerontokan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang berikutnya yaitu dapat membantu mencegah terjadinya kerontokan rambut. Sering kali kerontokan rambut menjadi masalah yang cukup meresahkan. Ada penemuan dari beberapa kasus, di mana terjadinya kerontokan rambut yang sangat parah dan itu menyebabkan terjadinya kebotakan. Oleh sebab itu, jika anda saat ini sedang mengalami kerontokan rambut, jangan dibiarkan begitu saja ya.

Lebih baik sesegera mungkin melakukan perawatan, salah satunya yaitu dengan menggunakan masker rambut dari lidah buaya. Karena manfaat lidah buaya selain dapat merangsang pertumbuhan rambut juga memiliki manfaat sebagai pencegah kerontokan. Lidah buaya tidak hanya dapat merangsang pertumbuhan rambut juga dapat membantu menutrisi kulit kepala dan membantu rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

4. Membersihkan dan mencegah munculnya ketombe

Munculnya ketombe pada kulit kepala bisa dikarenakan berbagai macam faktor, terutama faktor dermatitis seboroik. Munculnya dermatitis ini bisa disebabkan oleh bakteri ataupun jamur.  Oleh karena itu jika anda ingin memberantas ketombe yang muncul pada kulit kepala, bisa mencoba menggunakan lidah buaya sebagai solusi yang tepat.  Sebab lidah buaya (aloevera) ini memiliki sifat antibakteri serta anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe.

Anda bisa merasakan manfaat lidah buaya untuk mencegah ketombe dengan caranya cukup mudah, cukup oleskan masker lidah buaya pada bagian kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit, biarkan sensasi  dingin terasa di kulit kepala anda. Maka kulit kepala anda yang terasa gatal akibat ketombe akan terasa lebih tenang dan nyaman.

5. Membuat warna rambut lebih hitam

Karena kebanyakan penduduk Indonesia yang memiliki pigmen rambut berwarna hitam
Karena kebanyakan penduduk Indonesia yang memiliki pigmen rambut yang berwarna hitam alami jadi seringkali banyak orang yang ingin mempertahankan warna rambut alami tersebut. Namun bisa kita ketahui pada masa ini hal tersebut sangat sulit untuk dipertahankan Sebab seringnya  muncul beberapa faktor kerusakan pada rambut dari itu rambut kering bercabang maupun kasar  juga bisa menyebabkan warna hitam alami pada rambut  menghilang dan cenderung berubah warna menjadi kemerahan ataupun kekuningan.

Maka dari itu agar warna rambut hitam alami anda tetap bisa terjaga atau anda ingin membuat warna rambut lebih hitam rawatlah rambut menggunakan lidah buaya. Dengan anda merawat rambut dengan masker lidah buaya niscaya manfaat lidah buaya bagi rambut dapat membantu membuat warna rambut lebih hitam, dan membuat rambut lebih berkilau dan sehat kembali.

6. Mengatasi rambut berminyak

Selain dapat mengatasi rambut rusak, manfaat lidah buaya yang berikutnya bisa anda rasakan adalah dapat mengatasi masalah rambut lepek. Penyebab rambut lepek  biasanya dipicu oleh produksi minyak yang berlebih di kepala. Dan terkadang hal tersebut membuat rasa percaya diri berkurang karena penampilan rambut terlihat kurang maksimal.

Namun anda tidak perlu khawatir, sebab munculnya rambut lepek bisa dicegah atau dihilangkan dengan lidah buaya. Hal ini dikarenakan lidah buaya mampu mengontrol produksi minyak yang berlebihan tanpa menyebabkan kulit kepala anda menjadi kering. Jadi gunakanlah masker lidah buaya secara rutin dan rasakan manfaat dari lidah buaya ini. Dan anda juga tidak perlu khawatir sebab perawatan lidah buaya untuk rambut juga cocok untuk semua jenis rambut

Cara Menggunakan Lidah Buaya Untuk Rambut Kering

Dalam memanfaatkan lidah buaya sebagai masker rambut kering sangatlah mudah dan ada banyak cara yang bisa kamu lakukan di rumah. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Sebagai Conditioner:

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut kering yang pertama adalah dengan memakainya sebagai conditioner. Penggunaan lidah buaya sebagai conditioner ini dapat menjaga kelembaban rambut sepanjang hari. Untuk pembuatannya juga sangat mudah, siapkan terlebih dahulu beberapa batang lidah buaya dan ambil bagian dagingnya. Setelah itu cuci rambut seperti biasa dan aplikasikan daging lidah buaya langsung kebagian rambut dengan menggunakan tangan sampai menyeluruh. Diamkan beberapa saat dan bilas kembali dengan air sampai bersih.

2. Sebagai Deep-clean Conditioner:

Selain bisa di gunakan sebagai conditioner, lidah buaya juga dapat kamu gunakan sebagai deep-clean conditioner. Cara penggunaanya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan sedikit olive oil dengan daging lidah buaya dengan takaran 1:1.

Jika bahan-bahan tersebut sudah tercampur dengan rata maka kamu bisa memakai sisir untuk membantu menyebarkannya ke seluruh bagian rambut. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu wajib menggunakannya secara teratur.

3. Sebagai Leave-in Conditioner:

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut kering yang terakhir adalah dengan memakai lidah buaya sebagai leave-in conditioner. Cara ini juga tergolong ampu untuk mengatasi masalah rambut kering karena sinar matahari.

Cara membuat ramuan juga mudah, kamu hanya perlu menyiapkan sedikit air dan menambahkannya dengan daging lidah buaya dan aduk sampai merata serta jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa tetes essentral oil dan voila. Setelah itu pindahkan ke dalam botol spray dan aplikasikan kebagian rambut secara langsung.

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat lidah buaya untuk rambut? Selain itu dalam untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, kamu bisa menambahkan putih telur atapun bawang putih kedalamnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel