Inilah 25 Penyebab Kanker Payudara Gejala Awal

Penyebab Kanker Payudara – Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan di dunia, ini karena beberapa kasus yang terjadi membuat pasien yang mengalaminya meninggal dunia.
Inilah 25 Penyebab Kanker Payudara Gejala Awal
Penyebab Kanker Payudara
Menurut sebuah studi, kanker payudara dapat terjadi di karenakan sel-sel yang terdapat di dalam payudara itu tumbuh tidak normal serta tidak dapat di kendalikan oleh tubuh. Sel-sel tersebut akan terus berkembang dengan sangat cepat dan berkumpul membentuk sebuah benjolan, lama-kelamaan akan mulai menyebar kebagian kelenjar getah bening.

Faktor Utama Penyebab Kanker Payudara

Hingga saat ini masih belum bisa di ketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab utama tumbuhnya sel-sel kanker tersebut. Tapi menurut beberapa penelitian menduga kalau pertumbuhan sel-sel kanker di dalam organ payudara wanita itu karena adanya sebuah infeksi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola hidup, riwayat, hormon dan masih banyak lagi.

Beberapa faktor tersebut dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker payudara dengan lebih cepat dan oleh sebab itu agar kamu wajib untuk menghindarinya. Berikut ini ada beberapa faktor utama penyebab kanker payudara pada kaum wanita yang wajib di waspadai:

1. Pola Hidup

Mungkin masih sedikit orang yang sadar kalau ternyata pola hidup atau gaya hidup sehari-hari bisa memperngaruhi panyakit tersebut. Sebab bagi mereka yang mempunyai pola hidup yang kurang sehat seperti jarang berolahraga, mengkonsumsi makanan instan, suka begadang, makanan yang mengandung lemak tinggi dan masih banyak lagi.

Polah hidup yang seperti itulah akan meningkatkan resiko seseorang mengalami penyakit kanker payudara di bandingkan dengan orang yang menerapkan pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup dan lain-lain.

2. Riwayat Keluarga

Bagi kamu yang mungkin mempunyai ibu yang pernah menderita kanker payudara ataupun dari pihak keluarga lainnya. Maka kondisi ini akan membuat kamu beresiko cukup tinggi untuk menderita penyakit tersebut di bandingkan mereka yang tidak memiliki keluarga dengan riwayat penyakit tersebut.

3. Faktor Usia Pertama Melahirkan

Untuk mereka yang pernah melahirkan di usia yang terlalu muda juga akan mempunyai resiko lebih tinggi untuk mengalami kanker payudara di bandingkan mereka yang melahirkan di usia normal. Hal ini dikarenakan ketika masih muda hormon estrogen yang ada di dalam tubuh cukup banyak dan ketika hamil di usia yang masih muda, hormon tersebut akan terganti dan efek sampingnya dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

4. Melahirkan di Usia Terlalu Tua

Bagi mereka yang melahirkan di rentang usia 30 keatas akan memiliki resiko cukup tinggi untuk mengalami masalah kanker payudara daripada mereka yang melahirkan di rentang usia 30 kebawah. Namun kondisi ini masih jarang terjadi dan masih memerlukan penelitian lebih jauh lagi.

5.  Belum Pernah Hamil

Untuk kaum wanita yang sudah memasuki usia lanjut dan belum pernah hamil serta menyusui akan memiliki resiko terkena penyakit tersebut di bandingkan dengan mereka yang sudah penah hamil dan menyusi sebelumnya.

6. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Sebuah penelitian yang di lakukan baru-baru ini menunjukkan kalau ternyata mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker di dalam payudara meskipun kamu mengkonsumsinya dengan jumlah sedikit sekalipun.

7. Tidak Pernah Berolahraga

Tidak pernah ataupun jarang berolahraga ternyata bisa memicu tumbuhnya sel-sel kanker payudara di usia yang muda di bandingkan dengan mereka yang rutin berolahraga setiap hari.

8. Konsumsi Makanan

Pertumbuhan sel kanker juga akan semakin meningkat lagi jika kamu suka mengkonsumsi makanan siap saji, makanan kemasan dan makanan yang mengandung lemak tinggi serta juga kurangnya konsumsi buah dan sayur-sayuran.

9. Merokok

Merokok tidak hanya dapat merusak kesehatan organ yang ada di dalam tubuh tapi ternyata wanita yang suka merokok dapat terkena panykit kanker payudara lebih tinggi di bandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok.

Baca Juga:
17 Jenis Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh dan Aman Bagi Kesehatan
Penting! Ternyata Inilah Penyebab Anyang Anyangan yang Patut Diwaspadai
16 Obat Sakit Gigi Untuk Gigi Berlubang yang Paling Ampuh

10. Konsumsi Obat KB

Mengkonsumsi obat-obatan seperti pil KB juga ternyata bisa menjadi pemicu seorang wanita mengalami penyakit tersebut. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan yang ada di dalam obat-obatan seperti pil KB itu bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker menjadi lebih cepat.

11. Faktor Lingkungan Tempat Tinggal

Selain karena pola hidup yang kurang sehat, faktor lungkungan yang kurang bersih juga dapat memicu meningkatnya resiko terkena penyakit kanker payudara.

12. Asupan Phytoestrogen yang Kurang

Phytoestrogen adalah zat yang membbentuk hormon estrogen di dalam tubuh, zat ini dapat kamu jumpai di dalam makanan seperti kacang, gandum, tahu, sayur dan lain-lain. Kurangnya asupan Phytoestrogen ke dalam tubuh dapat memicu meningkatnya pertumbuhan sel-sel kanker di dalam payudara.

13. Payudara Terlalu Padat

Bagi mereka yang mempunyai payudara terlalu padat atau diatas normal akan mempunyai resiko terkena penyakit kanker di bandingkan mereka yang mempunyai payudara dengan kepadatan normal.
Inilah 25 Penyebab Kanker Payudara Gejala Awal
Penyebab Kanker Payudara

14. Kerja Pada Malam Hari

Pertumbuhan sel-sel kanker di dalam payudara juga akan semakin cepat untuk mereka yang suka kerja di malam hari sampai pagi hari. Hal ini dikarenakan hormon melatonin yang mempunyai peran untuk mengontrol sel kanker dalam tubuh menjadi terganggu karena adanya aktivitas saat malam hari.

15. Mengkonsumsi Makanan Terlalu Malam

Selain karena faktor kerja terlalu malam, kebiasaan buruk seperti makan terlalu malam juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Ini karena glukosa di dalam darah akan meningkat dan menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker.

16. Faktor Genetik

Faktor genetik juga dapat menjadi penyebab utama seseorang itu mengalami masalah panyakit tersebut. Di mana untuk mereka yang mempunyai riwayat keluarga mengidap penyakit kanker, entah itu dari ibu ataupun ayah akan mempunyai resiko sekitar 10% lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki riwayat kaluarga yang menderita panyakit tersebut.

17. Faktor Usia

Dalam sebuah studi menyebutkan kalau semakin bertambahnya usia seseorang maka akan semakin menignkatnya penyakit yang bisa dialami seperti halnya dengan kanker payudara. Di mana untuk kaum wanita yang memiliki usia diatas 50 tahun memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara daripada wanita yang berusia 40 tahun kebawah.

18. Jenis Kelamin

Jenis kelamin seseorang itu juga bisa menjadi penyebab meningkatnya resiko untuk terkena kanker. Di mana kaum wanitalah yang mempunyai resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker payudara daripada kaum pria hingga 100%.

19. Adanya Benjolan Pada Payudara

Apabila sebelumnya ada sebuah benjolan jinak didalam payudara, entah itu sudah pernah diangkat atau belum akan menjadi sebuah penyebab utama yang akan meningkatkan resiko kamu untuk mengalami kanker payudara.

20. Obesitas

Tentu tidak banyak orang yang sadar kalau ternyata memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas ternyata dapat memicu terjadinya kanker payudara. Oleh sebab itu mejaga agar berat badan tetap ideal dengan malakukan program diet sehat wajib untuk kamu lakukan agar bisa terhindar dari masalah tersebut.

21. Terapi Hormon

Ketika memasuki masa menopause, wanita yang melakukan terapi untuk mengganti hormon dengan estrogen serta progesterone mempunyai resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker payudara dari pada meraka yang tidak melakukan terapi hormon.

22. Menstruasi Terlalu Muda

Dalam sebuah penelitian yang di lakukan baru-baru ini menyimpulkan kalau untuk wanita yang mengalami menstruasi terlalu muda yakni di bawah 12 tahun dapat beresiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit kanker payudara.

23. Paparan Radiasi

Paparan sinar UV yang masuk kedalam tubuh dalam jumlah banyak dan juga terlalu sering dapat menjadi penyebab seseorang mengalami kanker payudara. Kondisi ini juga akan meningkat pada orang yang suka bekerja di dunia kesehatan seperti CT scan, peralatan rontgen dan lain-lain.

24. Faktor Hormon Estrogen

Pada dasarnya hormon estrogen itu mempunyai peranan yang sangat penting di dalam pembentukan sel kanker di dalam payudara. Jika jumlah hormon tersebut terlalu tinggi maka pertumbuhan sel kanker dalam payudara juga akan semakin cepat serta tidak akan mampu untuk di kendalikan oleh tubuh.

25. Telat Menopause

Selain beberapa faktor diatas, bagi wanita yang belum mengalami menopause hingga mencapai usia 55 tahun ke atas juga bisa beresiko untuk mengalami kanker payudara lebih tinggi.

Memang setiap orang mempunyai resiko untuk terkena kanker payudara, tapi resiko tersebut akan meningkat jika kita tidak menjaga pola hidup dengan baik. Maka dari itu, jauhi hal apa saja yang menjadi penyebab kanker payudara agar bisa terhindar dari masalah tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel