Cara Mendapatkan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan yang Benar

Gamatips.com – Daun pepaya di kenal memiliki rasa yang pahit dan lebih sering digunakan sebagai pakan ternak. Namun jika kita teliti lebih jauh, di balik rasa pahitnya itu ternyata daun pepaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan adalah mengatasi masalah sembelit dan demam berdarah ( DBD )
Cara Mendapatkan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan yang Benar
Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Dalam sebuah penelitian yang pernah di lakukan menyimpulkan kalau minum jus daun pepaya itu mempunyai khasiat yang lebih baik dari pada mengolahnya sebagai bahan masakan. Tidak hanya itu, daun pepaya muda dan segar mempunyai kandungan yang lebih lengkap dari pada yang sudah tua atau yang sudah di masak.

Baca Juga : 7 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Lalu apa yang ada dalam kandungan daun pepaya?

Seorang peneliti Nam Dang, MD., Ph.d yang berasal dari University of Florida ini mengatakan kalau daun pepaya itu mempunyai kandungan senyawa aktif yang tergolong banyak. Senyawa aktif ini diketahui sangat efektif dalam mengatasi masalah kesehatan seperti kanker dan tumor.

Berdasarkan penelitian tersebut, di sebutkan juga kalau dalam daun pepaya muda itu mempunyai kandungan Tocophenol, vitamin B1, kalsium, protein, vitamin A, kalsium dan karbohidrat. Selain itu daun pepaya yang masih muda juga memiliki sebuah enzim papain yang memiliki khasiat untuk memecah protein.

Sedangkan untuk kandungan daun pepaya tua juga memiliki kandungan yang hampir sama dengan daun pepaya muda tadi, tapi untuk daun pepaya yang satu ini lebih identik dengan kandungan senyawa fenolik, khimoprotein, dan juga lisozim. Untuk enzim lisozim ini mempunyai khasiat sebagai anti bakteri yang mampu untuk membunuh bakteri jahat yang ada dalam tubuh.

Apa Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan?

Tentu manfaat jus daun pepaya ini bisa kita rasakan karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya itu tergolong lengkap. Berikut ini ada beberapa khasiat daun pepaya bagi kesehatan:

1. Manfaat daun pepaya untuk ibu menyusui

Kandungan yang ada di dalam daun pepaya tidak hanya di kenal akan manfaatnya bagi kesehatan tapi juga bermanfaat bagi ibu menyusui. Beberapa kandungan tersebut mampu untuk melancarkan produksi ASI. Caranya bunda bisa mengolahnya sebagai jamu atau bisa juga sebagai bahan masakan sehari-hari di rumah.

2. Manfaat daun pepaya untuk DBD

Tidak hanya bagus bagi ibu menyusui tapi kandungan daun pepaya juga baik dalam mengatasi DBD ( deman berdarah ). Hal ini karena daun pepaya di kenal mempunyai kandungan zat aktif yang mampu menstabilkan kembali kondisi tubuh seseorang yang mengalami DBD. Caranya kamu bisa meminum air rebusan daun pepaya segar secara rutin.

3. Manfaat daun pepaya untuk pencernaan

Khasiat daun pepaya muda untuk kesehatan selanjutnya adalah menjaga dan memperbaiki sistem pencernaan di dalam tubuh kita. Mengkonsumsi jus daun pepaya secara teratur dapat memberikan dampak yang baik dalam melancarkan pencernaan. Manfaat ini juga bisa kamu rasakan dari adanya kandungan zat karpin di dalamnya.

4. Manfaat daun pepaya dalam mencegah kanker

Mungkin manfaat yang berikut ini tidak terlalu di ketahui oleh banyak orang, yaitu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Manfaat ini bisa kamu rasakan karena di dalam daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan antiosidan inilah yang sangat berguna dalam menangkal serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

5. Manfaat daun pepaya untuk mengatasi jerawat

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah jerawat dan pada dasarnya jerawat ini akan muncul akibat dari perubahan hormon di dalam tubuh. Kamu bisa memakai masker wajah dari daun pepaya muda sebagai obat untuk mengatasi masalah jerawat membandel pada kulit wajah. Gunakan secara rutin agar hasil yang di dapat lebih maksimal.

6. Manfaat daun pepaya untuk menambah nafsu makan

Manfaat jus daun pepaya mentah yang selanjutnya adalah mengatasi masalah anak yang susah makan. Jika kamu sebagai orang tua dan memiliki anak yang susah untuk makan, maka bunda bisa mencoba memberikannya air perasan daun pepaya. Untuk mengatasi rasa pahit tersebut, bunda bisa menambahkan madu kedalamnya.

7. Manfaat daun pepaya untuk tulang

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Ini juga di karenakan daun pepaya memiliki beberapa kandungan yang di butuhkan oleh tubuh seperti kalsium. Untuk memperoleh manfaatnya kamu bisa mengolahnya sebagai sayur ataupun jus.

8. Manfaat daun pepaya untuk meredakan nyeri haid

Sebagian perempuan yang sedang mengalami haid akan lebih sering merasakan rasa nyeri pada bagian perut. Normalnya rasa nyeri tersebut dapat hilang dengan sendirinya, tapi sebagian kasus rasa nyeri menjelang haid bisa berlangsung lama. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi jus daun pepaya muda atau teh daun pepaya.

9. Manfaat daun pepaya untuk hipertensi

Bagi kamu yang mempunyai masalah dengan darah tinggi ( hipertensi ) tidak usah khawatir lagi, karena ada cara yang cukup mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun pepaya yang masih segar. Usahakan untuk tidak menambahkan gula ke dalam air rebusan tersebut.

10. Manfaat daun pepaya untuk diabetes

Tentu setiap orang rentan untuk mengalami masalah gula darah tinggi atau diabetes. Ada banyak faktor yang bisa memicu seseorang mengalami masalah tersebut dan salah satunya itu dalam pola makan yang tidak sehat. Namun kamu tidak usah khawatir, karena ada cara yang mudah dalam mengatasi masalah tersebut.

Caranya adalah memanfaatkan air rebusan daun pepaya. Untuk membuatnya, siapkan terlebih dahulu beberapa helai daun pepaya kering dan rebus dengan air secukupya. Rebus sampai air tinggal setegah dan saring. Minum air rebusan tadi secara rutin agar kadar gula dalam darah bisa normal kembali.

11. Manfaat daun pepaya untuk rambut

Selain untuk kesehatan, manfaat daun pepaya untuk kecantikan juga tidak perlu kamu ragukan lagi. Sebab daun pepaya memiliki kandungan phytochemical yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan rambut dan membuat rambut menjadi lebih lebat. Untuk memanfaatkannya kamu bisa memakai daun pepaya sebagai masker untuk rambut secara rutin.
Cara Mendapatkan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan yang Benar
Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Cara Mengolah Daun Pepaya Sebagai Obat

Untuk mengolah daun pepaya sebagai obat, bisa di lakukan dalam beberapa cara dan tergantung dari keperluan masing-masing. Berikut ini ada 3 cara dalam mengolah daun pepaya yang benar:

1. Sebagai jus

Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya, kamu bisa mengolahnya untuk di jadikan sebagai jus. Dalam pembuatannya, siapkan terlebih dahulu beberapa helai daun pepaya segar. Lalu haluskan dengan blender sampai menjadi bubur lalu minum secara rutin. Jika kamu tidak suka dengan rasanya yang pahit, maka kamu juga bisa menambahkan madu atau gula kedalamnya.

2. Sebagai teh

Selain bisa kamu olah untuk di jadikan jus, daun pepaya juga bisa kamu olah untuk di jadikan teh. Caranya keringkan beberapa helai daun pepaya terlebih dahulu, setelah itu rebus dengan air secukupnya. Rebus sampai airnya tinggal setengah dan saring. Tambahkan sedikit gula, lalu minum selagi hangat.

3. Sebagai masker

Cara yang terakhir adalah mengolah daun pepaya sebagai masker kulit. Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan di rumah dengan buget yang terjangkau bisa mencoba membuat masker dari daun pepaya. Cara sama seperti yang pertama tadi, haluskan terlebih dahulu daun pepaya segar dan tambahkan beberapa sendok madu. Setelah jadi, gunakan masker ini secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Baca Juga : 10 Manfaat Minyak Argan Untuk Kesehatan Yang Sudah Teruji

Efek Samping Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Khasiat daun pepaya bagi kesehatan memang tidak perlu kita ragukan lagi, tapi di balik itu ada sebuah masalah yang bisa terjadi pada beberapa orang yang mengkonsumsi daun pepaya. Di bawah ini ada beberapa efek samping daun pepaya:

1. Berbahaya untuk ibu hamil

Manfaat daun pepaya bagi ibu menyusui memang tidak perlu kalian ragukan, namun manfaat ini justru sebaliknya bagi ibu hamil. Di mana ibu hamil sangat tidak di sarankan untuk mengkonsumsi daun pepaya muda, karena memiliki kandungan enzim papain. Enzim tersebut dapat membahayakan janin yang ada di dalam perut.

2. Memicu reaksi alergi

Bagi mereka yang mengkonsumsi daun pepaya dengan benar tidak akan mengalami masalah, tapi jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak maka dapat memicu timbulnya masalah pada tubuh. Dalam beberapa kasus, seseorang yang mengkonsumsi ekstrak daun pepaya muda secara berlebihan dan terlalu sering dapat memicu timbulnya masalah alergi.

Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu batas aman dalam mengkonsumsi jus daun pepaya muda agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius pada tubuh kalian. Mungkin itu saja informasi yang bisa admin rangkumkan mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan, semoga informasi di atas bisa  bermanfaat untuk kalian semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel