Cara Efektif dan Aman Untuk Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

Gamatips.com - Bagi ibu yang baru saja melahirkan, kebahagiaan yang ibu rasakan bisa sedikit kurang lengkap ketika menyadari bahwa perut ibu masih belum kembali seperti saat sebelum hamil. Tidak dapat dipungkiri kalau memang perut ibu masih cukup besar pasca melahirkan. Hampir setiap wanita mungkin menginginkan hal yang sama, yakni melihat bentuk perutnya pasca melahirkan dapat kembali mengecil layaknya sebelum hamil. Sehingga mencari tahu cara mengecilkan perut pasca melahirkan yang paling cepat.
Cara Efektif dan Aman Untuk Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan
Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan
Moms, perlu Anda ketahui bahwa semua itu butuh proses dan kesebaran. Sejatinya ibu yang baru saja melahirkan, berat badannya telah mengalami penurunan kurang lebih 3 sampai dengan 6 kilogram. Jumlah itu tidaklah lain adalah akumulasi dari berat badan bayi yang sudah keluar, kemudian plasenta dan juga banyaknya darah maupun air ketuban yang ikut dikeluarkan. Belum lagi juga ketika melahirkan, ibu pun mengeluarkan cairan tubuh berupa urine, keringat maupun darah. Hal itu juga yang mempengaruhi turunnya berat badan ibu pasca melahirkan.

Beberapa hal tersebut hanya bisa menurunkan berat badan ibu sebagian kecil saja. Lantas, untuk dapat mengembalikan bentuk perut tubuh menjadi ideal seperti saat sebelum hamil perlu waktu yang lumayan lama. Ada beberapa cara mengecilkan perut pasca melahirkan dengan efektif agar proses untuk kembali pada bentuk perut semula lebih cepat. Beberapa cara yang dapat ibu lakukan adalah sebagai berikut:

Cara Aman Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

1. Menyusui

Ini adalah cara paling mudah untuk ibu mengecilkan perut pasca melahirkan. Ibu yang menyusui akan membakar kalori sampai dengan 500 kalori dalam sehari. Ibu yang menyusui secara rutin akan mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat ketimbang ibu tidak menyusui. Proses menyusui pun dapat memicu terjadinya kontraksi yang dapat membantu untuk mengembalikan ukuran rahim, sama halnya ketika tubuh sedang berolahraga. Untuk mengoptimalkan proses mengecilkan perut pasca melahirkan dengan aman dan efektif, penting untuk diimbangi dengan langkah-langkah yang lainnya.

Baca Juga :
3 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami
12 Cara Mengecilkan Lengan Atas Wanita Tanpa Olahraga
8 Daftar Menu Diet Untuk Ibu Menyusui yang Aman

2. Mengontrol Konsumsi Makanan

Pasca melahirkan, ibu dapat memperoleh berat badan yang ideal dan sehat dengan mengontrol konsumsi makanan sehari-hari. Cukupi kebutuhan protein, karbohidrat kompleks, sumber mineral dari sayuran dan buah-buahan, kemudian biji-bijian, sumber lemak tak jenuh sampai dengan makanan maupun minuman yang kaya serat. Makanan yang kaya akan zat gizi terbaik akan membuat ibu kenyang lebih. Selain itu, perhatikan porsi makan ibu. Disarankan cukup dengan porsi yang kecil-kecil namun mengkonsumsinya lebih sering.

Ibu juga penting untuk menjauhi makanan-makanan cepat saji atau junk food. Ibu juga sangat tidak disarankan untuk melakukan diet ekstrim pasca melahirkan. Karena itu bukanlah cara mengecilkan perut pasca melahirkan dengan efektif dan aman. Diet ekstrim hanya akan membuat tubuh ibu merasa kelaparan, stress, cepat lelah dan bisa berpengaruh terhadap produksi ASI.

3. Olahraga

Olahraga pun menjadi salah satu cara mengecilkan perut pasca melahirkan dengan efektif dan juga aman. Olahraga dapat membantu ibu untuk membakar kalori dan juga mengencangkan dinding perut kembali. Perlu diperhatikan, pilihlah jenis olahraga-olahraga yang ringan karena pasca melahirkan, ibu belum diperbolehkan untuk melakukan aktivitas berat. Ibu bisa melakukan olahraga-olahraga ringan seperti jalan-jalan, yoga, ataupun berenang. Lebih disarankan ibu mulai melakukan olahraga pasca 6 minggu melahirkan untuk memastikan kondisi ibu lebih kuat.

4. Minum Air Putih

Minumlah air putih lebih banyak pasca melahirkan. Ini juga dapat menjadi cara mengecilkan perut pasca melahirkan. Paling tidak minum 8 gelar air sehari. Ini bukan hanya dapat membantu membuang racun dalam tubuh saja, namun juga memberikan efek kenyang dan juga pastinya untuk mencukupi kebutuhan air demi menghindari dehidrasi.

Mungkin itu saja 4 cara mengecilkan perut pasca melahirkan yang bisa bunda coba dirumah. Namun perlu bunda ingat juga kalau memiliki badan yang ideal setelah selesai melahirkan itu tidak mudah dan perlu usaha yang lebih keras. Jadi jangan pernah menyerah yang bunda, tetap semangat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel