Apa Penyebab Anyang-anyangan Pada Wanita?

Gamatips.com - Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu gangguan kesehatan berupa anyang-anyangan. Apa itu anyang-anyangan? Anyang-anyangan adalah sebuah gejala infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Infeksi tersebut dapat terjadi lantaran adanya invasi mikroorganisme di saluran kemih. Penyebab utamanya sendiri adalah bakteri bernama Eschericia coli, Staphylococcus saphtopyticus, juga Klebsiella ataupun Pseudomonas. Bagi mereka yang mengalami anyang-anyangan, tentu sangat tidak nyaman, terlebih ketika buang air kecil yang secara terus-menerus. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Namun, seringnya kondisi ini terjadi pada wanita ketimbang pria. Ada beberapa penyebab anyang-anyangan pada wanita lebih banyak terjadi daripada pria.
Penyebab Anyang-anyangan Pada Wanita
Penyebab Anyang-anyangan Pada Wanita
Menurut penjelasan pada Emedicine Healt, wanita lebih sering mengalami anyang-anyangan dibandingkan pria lantaran wanita punya uretra alias tempat keluarnya urine yang lebih pendek dibandingkan pria. Hal ini yang kemudian menyebabkan wanita lebih mudah mengalami infeksi pada bagian tersebut. Sementara anyang-anyangan pada pria, kebanyakan terjadi pada pria berusia lanjut.

Faktor Penyebab Anyang-anyangan Pada Wanita

Nah, bagi Anda para wanita, kenali penyebab anyang-anyangan pada wanita agar sebisa mungkin Anda untuk bisa menghindarinya.  Mengingat resiko anyang-anyangan yang lebih besar terjadi pada wanita dibandingkan pria. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Infeksi Saluran Kemih

Inilah penyebab anyang-anyangan pada wanita yang paling umum dan paling sering terjadi. Buang air kecil yang terasa sakit bida disebabkan lantaran terjadinya infeksi saluran kemih dan infeksi tersebut bisa terjadi karena bakteri ataupun karena terjadinya peradangan. Saluran kemih terdiri atas beberapa bagian, yaitu uretra, kandung kemih, ginjal serta ureter. Uretra adalah tempat keluarnya urine, sedangkan ureter sendiri adalah tabung yang membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih.

Pada wanita yang mengalami kondisi ini, perjalanan bakteri ke arah kandung kemih lebih pendek, itulah yang menyebabkan wanita mengalami anyang-anyangan dengan rasa sakit dan tidak nyaman ketika buang air kecil.

2. Terjadinya Iritasi pada Organ Intim

Resiko wanita mengalami anyang-anyangan semakin besar ketika melakukan douching pada organ intim. Douching adalah mencuci miss v dengan cara menyemprotkan sebuah saluran khusus menuju saluran vagina dengan memakai alat khusus yang sudah dilengkapi dengan kantong dan selang.

Pernah melakukan pemasangan kateter urin pun dapat menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan pada wanita. Pemasangan kateter biasanya perlu dilakukan untuk wanita pasca melahirkan beresiko yang membuatnya tidak boleh untuk banyak bergerak, termasuk pergi ke kamar mandi. Ataupun karena beberapa kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan untuk pemasangan kateter urine. Setelah itu, kondisi tersebut bisa memicu terjadinya anyang-anyangan pada wanita.

Baca Juga :
Cara Mendapatkan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan yang Benar
7 Cara Aman Mengatasi Ejakulasi Dini Dirumah
Apa Penyebab Cegukan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

3. Kandung Kemih Terlalu Aktif

Kandung kemih yang terlalu aktif juga dapat menyebabkan wanita mengalami anyang-anyangan. Hal tersebut dikarenakan wanita yang kemudian tiba-tiba ingin buah air kecil. Dorongan tersebut asalnya adalah dari kontraksi kandung kemih. Keadaan tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya kebocoran urine atau inkontinesia.

4. Adanya Batu pada Kandung Kemih

Adanya gumpalan mineral keras pada kandung kemih juga bisa menyebabkan wanita mengalami anyang-anyangan. Umumnya munculnya batu pada kandung kemih ini dapat terjadi dikarenakan saat buang air kecil dilakukan tidak sampai tuntas. Jadi masih terdapat urine yang perlahan akan menggumpal dan membentul Kristal mineral. Jadi, jangan biasakan untuk menahan buang air kecil ataupun buang air kecil secara tergesa-gesa. Pastikan semua urine keluar ketika buang air kecil.

5. Hormonal

Faktor hormonal pun dapat jadi penyebab anyang-anyangan pada wanita. Faktor hornomnal dalam hal ini adalah efek dari pasca-menopouse serta menopause yang menjadikan vagina terasa kering. Oleh sebab itulah wanita menopouse beresiko lebih besera mengalami anyang-anyangan.

Memang masih banyak ada penyebab anyang-anyangan, tapi dalam sebuah penelitian 5 penyebab anyang-anyangan pada wanita diatas lah yang lebih sering dialami oleh kaum wanita. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel