Fakta 9 Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan - Apa itu kayu secang? Kayu secang adalah salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi sebagian masyarakat jawa, kayu secang ini sering di gunakan sebagai bahan untuk membuat wedang atau minuman secang untuk menghangatkan tubuh.
Fakta 9 Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan
Secang sendiri juga merupakan jenis tanaman berduri yang mempunyai daun berukuran kecil seperti daun petai cina. Dalam Bahasa ilmiahnya, tanaman secang di sebut dengan Caesalpinia sappan dan sangat tumbuh subur di Kawasan asia termasuk juga di negara Indonesia.

Namun tidak semua bagian dari tanaman secang ini dapat kita manfaatkan sebagai obat, karena hanya bagian batangnya saja yang mempunyai khasiat sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti tumor dan menjaga kesehatan hati.

Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan

Tentu sama halnya dengan rempah-rempah lainnya seperti halnya dengan kayu manis, di mana manfaat kayu secang bagi kesehatan ini tidak lepas dari kandungan senyawa aktif yang ada di dalamnya. Kandungan senyawa aktif tersebutlah yang dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi pada tubuh manusia. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kayu secang bagi kesehatan yang pertama adalah mencegah penyakit jantung koroner. Ini dikarenakan di dalam kayu secang itu terdapat beberapa kandungan zat aktif yang memiliki sifat sebagai antioksidan yang mampu untuk mencegah terjadinya penyakit berbahaya di dalam tubuh seperti jantung koroner.

Beberapa zat aktif tersebut akan membantu tubuh untuk melawan serangan dari radikal bebas seperti hidroksil, eroksil, alkoksil, singlet oksigen, hidrogen peroksida dan juga anion superoksida dan juga sangat ampuh untuk menghambat terbentuknya penyebab jantung koroner.

2. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Selain mampu untuk mencegah penyakit jantung koroner, kayu secang juga sangat ampuh untuk melancarkan sistem peredaran darah di dalam tubuh kita. Hal ini juga dikarenakan oleh kandungan senyawa aktif yang ada di dalam kayu secang.

Senyawa aktif tersebut dapat membuat pembuluh di dalam tubuh kita menjadi lebih rileks dan mencegah untuk terjadinya penebalan arteri. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu bisa menggunakan kayu secang ini sebagai bahan pembuatan wedang atau teh secang.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Kayu secang juga mempunyai kandungan zat aktif seperti kloroform, n-butanol, dan juga methanol yang mempunyai sifat sebagai antioksidan dan antikanker. Di mana kandungan senyawa tersebut sangat ampuh untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh kita.

Selan dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh, mengkonsumsi wedang secang secara rutin juga tergolong aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

4. Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mengkonsumsi wedang secang secara rutin ternyata tidak hanya ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan seperti jantung dan kanker tapi juga bagus untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Hal ini dikarenakan kayu secang tersebut memiliki kandungan senyawa fenolik dan juga flavonoid yang mempunyai sifat sebagai antioksidan.

5. Mencegah Penyakit Asam Urat

Manfaat kayu secang bagi kesehatan yang berikutnya adalah mencegah penyakit asam urat atau gout. Sebab di dalam kayu secang tersebut terdapat sebuah kandungan zat aktif yang bernama sappanchalcone dan juga caesalpin P yang cukup tinggi.

Kedua kandungan zat aktif tersebut mempunyai sifat sebagai anti-inflamasi yang mampu untuk mencegah dan juga mengobati penyakit asam urat. Jadi bagi kamu yang ingin terhindar dari masalah asam urat bisa mencoba untuk mengkonsumsi wedang secang secara rutin.
Fakta 9 Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan

6. Mencegah Penyakit Diabetes

Selain jahe, kayu secang juga mempunyai manfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Sebab di dalam kayu secang juga terkandung sebuah senyawa yang bernama brazilin. Kandungan senyawa tersebut mampu untuk menurunkan kadar gula berlebih di dalam darah.

Selain senyawa tersebut, kayu secang juga mempunyai kandungan senyawa lainnya seperti brazilin, keasalpin P, sappankalkon dan juga protosappanin. Senyawa-senyawa tersebut juga memiliki peranan penting di dalam mencegah atau menghambat enzim aldose reductase yang bisa menyebabkan terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.

7. Mengatasi Diare

Wedang secang tidak hanya bagus untuk menghangatkan tubuh ketika memasuki musim hujan tapi ternyata juga sangat baik untuk mengatasi masalah diare. Hal ini dikarenakan kayu secang memiliki kandungan berupa galat, brazilin, oscimene, resin, resorsin dan juga tanin. Beberapa kandungan tersebut memiliki sifat sebagai antidiare yang aman untuk tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Hati

Dalam sebuah studi yang di lakukan baru-baru ini menunjukkan kalau ternyata kayu secang itu mempunyai beberapa kandungan senyawa aktif yang sangat ampuh untuk mencegah kerusakan pada hati. Selain itu kandungan tersebut juga sangat baik untuk menjaga kinerja hati menjadi lebih maksimal.

9. Sebagai Antibakteri Alami

Manfaat kayu secang untuk kesehatan yang terakhir adalan sebagai obat antibakteri alami untuk tubuh. Kandungan senyawa aktif yang ada di dalam kayu secang ini sangatlah ampuh untuk mengatasi beberapa jenis bakteri seperti Basil subtilis, Staphylococcus aureus, Salmonello typhi dan juga bakteri jenis E.coli.

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat kayu secang untuk kesehatan? Namun perlu kalian ingat kalau mendapatkan manfaat dari kayu secang itu tidaklah secepat kalian mengunyah cabai, sebab obat alami membutuhkan lebih banyak waktu untuk bisa memberikan manfaatnya bagi kesehatan. Jadi jangan menggunakannya hanya 1 atau 2 kali saja tapi gunakanlah secara rutin dan imbangi mengkonsumsi bahan herbal lainnya agar hasilnya bisa lebih maksimal lagi.

Baca Juga :
7 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
8 Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
10 Manfaat Masker Kunyit Untuk Kulit Wajah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel