Fakta Dibalik Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui – Daun kelor memang di kenal akan manfaatnya bagi kesehatan dan mengatasi berbagai macam penyakit yang sering terjadi pada tubuh manusia. Ini juga karena kandungan nutrisi yang terbilang lengkap dan sangat di butuhkan oleh tubuh kita, namun apakah daun kelor aman untuk ibu menyusui?
Fakta Dibalik Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui
Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui
Menjaga pola makan tidak hanya wajib untuk di lakukan oleh wanita hamil saja namun untuk ibu menyusui juga wajib untuk menjaga pola makan setiap hari. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh agar produksi ASI menjadi lebih berkualitas.

Daun kelor makan terkenal akan kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti vitamin, protein, zat besi, serat, kalsium, magnesium, karbohidrat dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut sebenarnya sangat di butuhkan oleh tubuh manusia tapi dalam jumlah yang cukup serta tidak berlebihan. Sebab semua yang berlebihan justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui

Seperti yang sudah di jelaskan di atas kalau daun kelor itu mempunyai kandungan nutrisi yang tergolong lengkap dan sangat di butuhkan oleh tubuh kita. Kebutuhan nutrisi harian masing-masing orang itu tidaklah sama dan kebutuhan nutrisi bagi ibu menyusui jelas lebih banyak dari pada wanita yang tidak menyusui.

Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian, bunda bisa memperolehnya dari makanan seperti sayur, buah, daging dan tidak ketinggalan juga dengan daun kelor. Dalam sebuah studi yang di lakukan oleh Dr. Michelle A. Taup. MD. menemukan kalau beberapa kandungan zat aktif dalam daun kelor itu mampu meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi daun kelor secara rutin yakni 1 sampai 2 kapsul dalam satu hari mampu memberikan dampak yang baik terhadap kualitas ASI yang di hasilkan oleh tubuh. Walaupun demikian, ibu menyusui juga wajib mengkonsumsi jenis makanan lainnya agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi sepenuhnya.

Jadi dapat kita ambil sebuah kesimpulan dari pembahasan di atas kalau daun kelor itu masih tergolong aman untuk ibu menyusui konsumsi jika dalam batas normal. Karena jika mengkonsumsi dalam jumlah tinggi dapat memicu terjadinya masalah pada kesehatan tubuh si kecil.

Baca Juga :
Fakta Manfaat daun Kelor Untuk Ibu Hamil
Keputihan Saat Hamil Muda Apakah Normal?
Bolehkah Ibu Hamil Tua Makan Manggis?

Cara Benar Mengolah Daun Kelor

Di jaman yang sudah moderen ini tentu sudah ada banyak jenis produk obat-obatan yang di buat dari ekstrak daun kelor dan sudah di jual bebas di setiap apotik. Tapi jika bunda tidak suka mengkonsumsi ekstrak daun kelor yang berbentuk kapsul maka bisa mencoba untuk membuat jamu dari daun kelor.

Dalam membuat jamu dari daun kelor sangatlah mudah untuk bunda lakukan di rumah. Caranya bunda siapkan terlebih dahulu beberapa daun kelor dan rebus dengan air sampai mendidih. Setelah mendidih, saring dan dinginkan terlebih dahulu air rebusan tersebut. Setelah dingin tambahkan sedikit madu alami lalu minum secara rutin setiap hari sekitar 1 gelas dalam sehari.

Bagaimana, apakah bunda masih ragu dengan manfaat daun kelor untuk ASI? Meski bermanfaat, mengkonsumsi daun kelor juga harus di imbangi dengan mengkonsumsi makanan lainnya agar kebutuhan nutrisi harian dapat terpenuhi dan ASI yang bunda hasilkan bisa lebih berkualitas untuk si kecil. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel