Amankah Ibu Hamil Mengkonsumsi Pare? Ini faktanya Menurut Dokter

Manfaat Pare Untuk Ibu Hamil – Pare memang di kenal akan rasanya yang sangat pahit, tapi di balik rasanya yang pahit tersebut ternyata pare juga menyimpan beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun apakah ibu hamil boleh makan pare?
7 Manfaat Pare Untuk Ibu Hamil
Manfaat Pare Untuk Ibu Hamil
Memang hingga saat ini masih sedikit penelitian yang menjelaskan tentang manfaat pare untuk ibu hamil. Selain itu beberapa dari orang juga memiliki sebuah pendapat kalau mengkonsumsi pare saat hamil muda atau tua itu dapat memicu terjadinya pendarahan dan juga kelainan pada janin yang sedang di kandung.

Manfaat Buah Pare Untuk Ibu Hamil

Memang sudah sejak lama tanaman pare itu dikenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam bahasa Inggris buah pare dikenal dengan sebutan bitter melon yang memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap. Dimana pare mempunyai kandungan gizi berupa vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B komplek dan juga folat serta masih banyak lagi.

Menurut Dr. oz, pare itu mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan ibu hamil asalkan di konsumsi secara benar dan tidak berlebihan. Beberapa manfaat tersebut seperti:

1. Baik Untuk Pencernaan

Manfaat pare untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu menjaga dan melancarkan pencernaan. Memiliki bentuk yang unik dan rasa yang cenderung pahit, siapa yang menyangka bahwa buah ini juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh  terutama untuk ibu hamil. Buah pare dengan rasa yang pahit inilah yang sangat dipercaya mampu mengatasi konstipasi.

Jadi dengan anda mengkonsumsi buah pare,  niscaya akan terhindar dari masalah pencernaan. Akan tetapi jika terlalu berlebihan mengkonsumsi pare efek samping yang  bisa memicu muncul yaitu berupa  rasa mulas atau bisa juga memperparah gejala maag.

2. Mencegah Infeksi

Selain bisa dimasak dan dijadikan berbagai macam menu yang nikmat, pare juga mampu membantu anda terhindar dari berbagai infeksi yang ingin menyerang tubuh anda. Dan juga anda dapat menghindari terjadi infeksi akibat bakteri , baik itu bakteri  Ecoli, Staphylococcus aureus, Streptobaccilus, Pseudomonas, dan juga Salmonella. Hal ini dikarenakan  dalam buah pare terkandung zat-zat yang baik bagi kesehatan tubuh.

3. Menurunkan LDL dan Meningkatkan HDL

Penyakit kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sangat ingin untuk dihindari. Dan jika anda ingin terhindar dari penyakit ini bisa langsung mencoba mengkonsumsi pare secara rutin. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa ekstrak buah pare yang diuji coba pada hewan selama 30 hari, dapat membuat penurunan kolesterol buruk (LDL) dan dapat membuat peningkatan pada kolesterol baik (HDL).

4. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan memang sangat diinginkan oleh beberapa orang, baik itu bertujuan untuk menjaga kesehatan juga untuk membuat tubuh terlihat lebih langsing dan ideal. Berbagai macam buah serta sayur bisa dimasukkan dalam daftar menu untuk diet anda menurunkan berat badan, salah satunya yaitu buah pare. Jadi agar anda merasakan manfaat dari buah pare ini, maka konsumsilah secara rutin.

5. Mencegah Peradangan dan Liver

Terjadinya peradangan dan liver pada tubuh biasanya dipicu oleh gaya hidup yang kurang baik, baik itu dari segi kurang menjaga asupan gizi dan juga kurang menjaga kesehatan tubuh.  Maka dari itu agar anda terhindar dari peradangan dan liver sebaiknya mencoba untuk mengkonsumsi buah pare. Pada sebuah penelitian, ditemukan bahwa antioksidan yang terkandung dalam buah pare mampu mengikat radikal bebas dan mampu mengurangi peradangan pada hati dan liver. Walaupun hal ini masih dalam penelitian lebih lanjut, namun takan ada salahnya untuk menambahkan pare, sebagai salah satu menu sehat yang wajib anda konsumsi.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Untuk menjaga serta meningkatkan imunitas pada tubuh ternyata buah pare bisa menjadi salah satu buah yang mampu membantu hal tersebut. Sebab pada sebuah studi, ditemukan bahwa pare dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus seperti HIV. Serta dikatakan juga bahwa buah pare memiliki sifat anti kanker. Ditemukan pada ekstrak pada buah pare juga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara. Akan tetapi hal ini masih diteliti lebih lanjut. Baik itu untuk memastikan dosis aman, efek samping, dan juga efektivitasnya dalam mengatasi kondisi tersebut.

7. Mencegah Hipertansi

Manfaat pare untuk ibu hamil yang terakhir adalah dapat membantu mencegah dan membantu mengontrol  terjadinya hipertensi terutama bagi ibu yang sedang hamil. Terjadinya perubahan tekanan darah pada trimester ketiga pada masa kehamilan yang biasanya memicu tekanan darah dalam tubuh meningkat tinggi ketika volume darah sedang tinggi juga.

Oleh karena itu dengan anda mengkonsumsi buah pare baik itu dari buahnya langsung ataupun berupa ekstrak pare yang dalam bentuk pil ataupun serbuk,  niscaya dapat merasakan manfaat baik yang terkandung didalamnya. Namun jika anda ingin mengkonsumsi ekstrak pare, alangkah lebih baiknya agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan anda.

Selain 7 manfaat pare untuk ibu hamil di atas, kandungan yang ada di dalam pare juga di percaya ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya seperti batu ginjal, psoriasis, abses kulit dan juga luka. Namun di balik manfaat pare yang sangat berlimpah, perlu juga untuk kamu perhatikan apabila ingin mengkonsumsi buah pare.

Sebab dalam beberapa studi menyebutkan kalau mengkonsumsi pare dalam jangka panjang itu sangatlah tidak baik karena dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius ketika hamil muda atau tua. Oleh karena itu konsumsi pare secukupnya saja dan jangan berlebihan.

Baca Juga :
Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui
Keputihan Saat Hamil Muda Apakah Normal?
Manfaat daun Kelor Untuk Ibu Hamil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel