Tips Diet 2 Bulan Agar Berat Badan Turun 10 Kg

Gamatips.com - Memang hingga saat ini ada banyak sekali program diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat yang sering di lakukan oleh kebanyakan wanita. Namun dalam sebuah penelitian, tidak semua program diet tersebut memiliki manfaat yang permanen atau jangka panjang bagi tubuh. Meski berat badan cepat turun, namun langkah tersebut sering membuat kondisi tubuh menjadi terasa lemas serta cepat lelah.
Tips Diet 2 Bulan Agar Berat Badan Turun 10 Kg
Program Diet 2 Bulan Agar Turun 10 Kg
Tapi itu jika kalian menggunakan program diet instan untuk menurunkan berat badan, namun berbeda dengan program diet alami untuk membuat berat badan turun 10 kg dalam 2 bulan. Program yang berikut ini tentu sangat aman dan tidak akan membuat tubuh kamu merasa lemas dan cepat lelah.

Namun sebelum kamu melakukan program diet 2 bulan ini, sebaiknya mantapkan dan bulatkan tekan kamu mulai dari sekarang. Sebab kamu tidak boleh mengeluh serta ada beberapa pantangan yang wajib untuk kamu jalani agar berat badan bisa turun 10 kg dalam 2 bulan. Jika sudah, berikut beberapa cara yang wajib untuk kamu lakukan.

Program Diet 2 Bulan Agar Berat Badan Turun 10 Kg

Kunci utama agar program diet sehat sukses untuk kamu laksanakan adalah sabar, tekun dan terus memotivasi diri untuk mencapai target yang sudah kamu sendiri tentukan. Di bawah ini adalah 4 langkah awal dalam menyukseskan program diet yang akan kamu lakukan.

1. Buatlah jadwal program diet dan aktifitas fisik

Langkah awal dalam menyukseskan program diet 2 bulan ini adalah membuat sebuah jadwal diet dan jadwal aktifitas fisik yang akan di lakukan. Buatlah sebuah rencana terlebih dahulu jenis olahraga apa yang akan kamu lakukan dan makanan apa yang akan kamu konsumsi.

Selain itu, catatlah kebutuhan kalori harian untuk tubuh kamu. Hal ini untuk mencegah kekurangan kalori dalam tubuh dan untuk mencegah tubuh merasa cepat lelah. Untuk mencari tahu berapa jumlah kalori yang di butuhkan oleh tubuh, kamu bisa menghitungnya dengan cara BMR wanita = 447.5 + ( 13.3 x berat badan (kg) ) + ( 30.9 x tinggi badan (cm) ) -  ( 56.7 x umur ) = Hasil. Sedangkan untuk pria juga masih sama namun BMR pri berbeda dengan wanita yakni 88.3.

Setalah kamu mengetahui berapa kebutuhan kalori harian untuk tubuh, maka langkah selanjutnya kamu juga wajib mencatat berapa jam latihan dan dan latihan apa yang bagus untuk diet 2 bulam agar berat badan turun 10 kg.

2. Buatlah jurnal

Selain kamu wajib untuk membuat catatan, kamu juga harus membuat sebuah jurnal untuk membantu dalam menjalankan sebuah program diet selama 2 bulan. Kamu dapat memakai buku catatan atau sebuah aplikasi didalam HP mu.

Catat semua makanan atau minuman yang kamu konsumsi setiap hari dalam jurnal tersebut. Jurnal ini tidak hanya bagus untuk menjaga komitmen yang sudah kamu buat namun juga bagus untuk di jadikan sebagai pembelajaran jika langkah-langkah yang kamu lakukan itu tidak memenuhi target.

Berikutnya ingat juga untuk memantau semua aktifitas latihan fisik yang telah kamu lakukan. Serta tidak lupa juga untuk mencatat berapa berat badan kamu yang sudah turun. Langkah ini bertujuan untuk melakukan evaluasi lebih jauh dalam program diet sehat 2 bulan.

Baca Juga : 12 Tips Diet Untuk Ibu Menyusui Yang Aman

3. Carilah teman yang mau mendukung kamu

Untuk menurunkan 10 kg berat badan dalam 2 bulan bukanlah perkara yang sangat mudah untuk di lakukan. Selain mengubah pola makan yang cukup ekstrim, gaya hidup kamu juga harus di rubah. Tapi dengan adanya sebuah dukungan dari teman, kerabat dan saudara, tentu ini akan mempermudah kamu dalam menerapkan pola makan selama 2 bulan.

Oleh sebab itu, untuk menyukseskan program diet 2 bulan ini, sangat di sarankan sekali untuk mencari teman, keluarga, saudara atau rekan kerja yang mau memberikan dukungan agar kamu bisa tetap fokus dan semangat dalam mencapai target yang sudah di tentukan. Serta hindari juga untuk mencari dukungan pada orang-orang yang memang tidak mau peduli dengan kehidupan yang kamu miliki.

4. Konsultasikan dengan dokter

Selain langkah-langkah diatas, dalam melakukan diet 2 bulan demi menurunkan berat badan 10 kg, kamu juga wajib untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Cara ini juga akan membuat kamu lebih mudah lagi dalam mencapai target yang sudah kamu tentukan untuk 2 bulan kedepan.

Walapun memadukan program diet rendah kalori dengan aktifitas olahraga dengan intensitas tinggi masih tergolong aman bagi semua orang. Namun kamu juga masih tetap perlu untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang memang sudah ahli dalam bidang tersebut. Langkah ini juga untuk mencegah hal-hal buruk terjadi pada saat kamu melakukan program diet dalam menurunkan berat badan.

Diskusikanlah dengan dokter berapa target yang ingin kamu capai dalam 2 bulan kedepan dan apa saja kendala yang mungkin ada dalam kehidupan kamu saat ini. Dengan cara ini tentu dokter akan memeriksa dan mencarikan sebuah solusi yang aman agar kamu dapat mencapai keinginan yang sudah kamu tentukan.
Tips Diet 2 Bulan Agar Berat Badan Turun 10 Kg
Cara Diet 2 Bulan Agar Turun 10 Kg

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Untuk Menurunkan Berat Badan 10 kg Dalam 2 Bulan

Setalah kita mengetahui langkah awal dalam melakukan program diet yang benar demi mencapai sebuah target yang sudah kita tentukan. Maka agar program tersebut semakin bagus, kamu juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang tidak cocok untuk ada dalam menu diet 2 bulan. Beikut ulasan lengkapnya:

1. Hindari jenis makanan yang tinggi kandungan kalorinya

Tentu berat badan tubuh kamu akan turun jika kamu mengurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kalori di dalamnya. Langkah ini tentu untuk menyukseskan program diet 2 bulan dalam menurunkan berat badan 10 kg dengan cara mengurangi asupan kalori kedalam tubuh secara signifikan.

Ada banyak sekali jenis-jenis makanan mengandung kalori tinggi, seperti kacang-kacangan, mentega yang terbuat dari kacang, coklat hitam, buah alpukat, kurma, produk susu dan telur, popcorn, mayones dan juga kari. Jenis makanan tersebut tentu akan membuat program diet kamu tidak mencapai target.

Langkah baiknya kamu harus mengurangi jumlah kebutuhan kalori harian dalam tubuh sekitar 750 kalori dalam satu hari. Cara menghitung kalori harian juga sudah kamu ketahui, caranya seperti yang sudah di jelaskan diatas tadi.

2. Kurangi makanan yang mangandung karbohidrat tinggi

Dalam sebuah studi, program diet rendah karbohidrat merupakan sebuah cara yang sangat cepat untuk menurukan berat badan berlebih. Selain bermanfaat untuk mengurangi cairan yang ada didalam tubuh, langkah ini juga mampu untuk menekan penumpukan lemak dalam tubuh kita.

Maka dari itu, kamu wajib untuk mengurangi asupan karbohidrat harian ke dalam tubuh untuk mencegah meningkatnya jumlah lemak yang menumpuk. Kamu bisa menghindari jeni makanan seperti umbi-umbian, kacang-kacangan, produk susu serta biji-bijian tertentu.

Meski jenis makanan tersebut mengandung karbohidrat, namun tidak semerta-merta kamu harus menghindari jenis makanan tersebut. Sebab tubuh kamu juga masih memerlukan asupan karbohidrat, namun tetap kamu batasi. Konsumsi beberapa jenis makanan tersebut dengan tepat dan tidak berlebihan.

Baca Juga : 6 Cara Diet Rendah Garam Bagi Penderita Hipertensi Untuk Menurunkan Berat Badan

3. Jauhi makanan yang mengandung banyak gula

Untuk membuat diet sehat yang kamu jalani bisa semakin sukses, maka kamu juga wajib untuk menghindari jenis-jenis makanan yang mengandung banyak gula. Sebab gula yang di konsumsi secara berlebihan dapat kedalam tubuh dapat menjadi timbunan lemak yang menyebabkan berat badan menjadi bertambah.

Ada banyak sekali jenis-jenis makanan yang mengandung gula tinggi yang wajib untuk kamu hindari agar diet 2 bulan agar berat badan turun 10 kg bisa tercapai. Salah satunya itu seperti yougurt rasa buah, salad dressing, soft drink, selai, pudding, permen dan aneka kue yang memiliki rasa manis.

Meski jenis makanan yang mempunyai kandungan kadar gula tinggi itu wajib untuk kamu hindari, namun gula juga masih di perlukan oleh tubuh kita agar dapat menghasilkan energi tambahan dalam menjalankan aktivitas. Maka dari itu cukupi 50% kebutuhan gula tubuh kamu setiap hari, agar tubuh kamu tidak cepat merasa lemas saat beraktifitas.
Tips Diet 2 Bulan Agar Berat Badan Turun 10 Kg
Inilah Cara Diet 2 Bulan Untuk Turun 10 Kg

Jenis Aktivitas yang Wajib Untuk Dilakukan Pada Saat Program Diet 2 Bulan Berhasil

Walaupun aktifitas olahraga itu tidak merupakan kewajiban dalam program diet untuk menurunkan berat badan, namun tidak ada salahnya kamu memperbanyak latihan kardiovaskular secara rutin jika ingin berat badan turun 10 kg dalam 2 bulan.

Jenis olahraga yang berikut ini tidak hanya bagus dalam menguatkan otot tubuh, tapi olahraga kardiovaskular ini juga bagus untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh kita. Selain itu banyak para pakar kesehatan yang sangat menyarankan orang yang sedang menerapkan program diet ekstrim untuk meningkatkan aktifitas olahraga kardiovaskular. Untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya kamu melakukan olahraga tersebut selama 3,5 jam dalam 1 minggu atau bisa juga lebih dari itu.

Ada banyak sekali jenis olahraga kardiovaskular yang dapat kamu lakukan setiap hari seperti jogging, berjalan kaki di luar rumah atau dengan mesin elliptical, berenang, melakukan latihan aerobik di pusat kebugaran, bersepeda dan masih banyak lagi.

Namun perlu kamu ingat juga kalau dalam program diet instan yang kamu lakukan tidak akan menjamin berat badan yang turun akan bertahan untuk jangka waktu yang panjang. Dalam sebuah studi, jenis program diet instan ini tidaklah bagus untuk di lakukan bagi orang yang ingin mempunyai berat badan ideal dalam jangka panjang. Hal ini karena hasil dari diet tersebut sangat sulit untuk kalian pertahankan dalam jangka waktu yang lama.

Sekian informasi yang bisa admin rangkumkan untuk kalian semuanya tentang tips diet 2 bulan agar berat badan turun 10 kg, semoga dengan adanya informasi diatas bisa memberikan kalian sebuah wawasan mengenai program diet instan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel