5 Bahaya Minum Soda Saat Hamil yang Wajib Kamu Ketahui

Gamatips.com – Sampai saat ini, masih banyak orang yang mempertanyakan tentang bahaya minum soda saat hamil. Ada yang beranggapan soda itu aman dan sebagian orang lagi beranggapan kalau soda itu tidak aman untuk wanita hamil. Nah, oleh sebab itu dalam pembahasan kali ini admin akan memberikan sebuah fakta tentang masalah tersebut berdasarkan beberapa sumber terpercaya.
5 Bahaya Minum Soda Saat Hamil yang Wajib Kamu Ketahui
Bahaya Minum Soda Saat Hamil
Dalam sebuah studi menyebutkan kalau tidak selamanya soda itu berbahaya bagi wanita hamil, namun meski begitu, ibu hamil wajib tetap bijak dalam mengkonsumsi semua jenis minuman yang bersoda. Pada dasarnya, bahaya soda untuk ibu hamil ini akan muncul jika soda yang di konsumsinya itu melebihi batas aman yang di konsumsi oleh ibu hamil.

Jika sudah begini, dampak buruk dari minuman bersoda akan terlihat. Maka dari inilah ibu hamil harus bijak dalam mengkonsumsi segala jenis minuman yang mengandung soda ataupun alkohol. Nah, berikut ini ada beberapa dampak buruk ketika wanita hamil mengkonsumsi soda secara berlebihan.

Bahaya Minum Soda Saat Hamil

Ada beberapa masalah yang dapat bumil alami jika mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan atau terlalu sering. Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat rendah

Pada masa kehamilan memang banyak sekali muncul pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan karena terkadang menimbulkan dampak buruk bagi ibu serta janin yang dikandung. Salah satu pantangan yang harus dijauhi ibu hamil yaitu meminum  minuman yang mengandung soda. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein  yang terdapat pada soda yang tinggi. Jadi membatasi  mengkonsumsi minuman bersoda sangatlah penting.

Sebab kandungan kafein yang ada pada minuman bersoda jika di konsumsi secara berlebihan dapat menembus plasenta dan mempengaruhi perkembangan janin.Serta asupan kafein yang berlebih pada masa kehamilan sering kali dikaitkan dengan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah ataupun adanya resiko bayi lahir dalam keadaan cacat. Dengan kata lain minuman bersoda membawa dampak buruk bagi kehamilan jadi bijaklah dalam mengkonsumsi minuman bersoda ya bunda.

Baca Juga : 7 Penyebab Sesak Nafas pada Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

2. Kekurangan asupan kalsium

Bahaya berikutnya yang dapat mengkonsumsi minuman bersoda pada masa kehamilan yaitu bisa menyebabkan kekurangan asupan kalsium. Hal ini terjadi akibat kandungan kafein yang tinggi pada minuman soda. Kandungan kafein ini dapat menghambat penyerapan kalsium pada tubuh. Dan apabila bunda mengalami hal ini, bunda akan menderita osteoporosis di kemudian hari.

Serta bila bunda kekurangan asupan kalsium dalam tubuh selama masa kehamilan, juga dapat meningkatkan kadar timbal dalam darah. Jika kadar timbal dalam darah tinggi hal ini bisa menyebabkan terganggunya perkembangan otak pada janin.

Oleh karena itu bunda lebih baik jika saat dalam masa kehamilan agar sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, agar kedepannya tidak ada masalah pada kehamilan bunda.

3. Memengaruhi perkembangan motorik anak

Kesegaran yang terdapat dalam minuman soda memang sering kali membuat kita sangat suka mengkonsumsinya. Namun dibalik kesegaran dan kenikmatan yang diberikan ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika terlalu sering di konsumsi. Salah satu bahaya dari minum minuman bersoda yang berlebihan  selama pada masa kehamilan yaitu  bisa mempengaruhi perkembangan motorik halus anak nantinya.

 Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli mengatakan bahwa jika ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi gula, terutama yang terdapat dalam minuman soda, maka cenderung akan menimbulkan dampak buruk pada anak yang sudah lahir. Efek yang timbul akan menyebabkan anak memiliki kemampuan pemecahan masalah yang buruk serta ingatan yang lemah.

Agar dampak buruk mengkonsumsi minuman bersoda yang dapat mengganggu saraf motorik anak ini tidak terjadi, alangkah baiknya agar menghindari minuman yang satu ini.
5 Bahaya Minum Soda Saat Hamil yang Wajib Kamu Ketahui
Bahaya Minum Soda Saat Hamil

4. Meningkatkan risiko kenaikan berat badan berlebih

Meningkatnya berat badan pada masa kehamilan memanglah wajar terjadi pada ibu dan janin.  Namun jika berat badan terlalu berlebihan biasanya akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Bukan hanya melalui makanan, minuman bersoda juga terkadang mempengaruhi pertambahan berat badan ini. Salah satunya yaitu minuman soda. Kandungan gula serta kalori yang tinggi pada soda dapat mempengaruhi berat badan naik apalagi jika minuman soda ini bunda konsumsi secara berlebihan setiap harinya.

Namun janganlah bunda menyepelekan jika berat badan mulai terasa naik secara berlebihan pada masa kehamilan , karena hal ini dapat meningkatkan resiko munculnya diabetes gestasional pada ibu hamil. Kelebihan berat badan saat hamil akibat mengkonsumsi minuman bersoda atau memiliki kadar gula yang banyak selain dapat menimbulkan penyakit diabetes gestasional juga dapat meningkatkan resiko keguguran, persalinan yang premature, hipertensi dan juga menyebabkan kelebihan berat badan pada bayi.

Baca Juga : 8 Manfaat Rambutan Untuk Ibu Hamil yang Wajib Untuk Diketahui

5. Meningkatkan risiko bayi lahir cacat

Bahaya berikutnya dari minuman bersoda yang dapat membahayakan kesehatan bunda pada masa kehamilan yaitu meningkatkan resiko bayi terlahir cacat. Hal ini disebabkan,  karena sering kali ditemukan bahwa di dalam minuman bersoda terkandung pemanis buatan . Kandungan pemanis buatan ini sering disebut aspartame.

Kandungan pemanis buatan aspartame ini pada umumnya sangat sering ditemukan dan terkandung dalam minuman bersoda bahkan terkadang dengan jumlah yang banyak. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa jika mengkonsumsi kandungan aspartame yang berlebihan pada ibu hamil dapat meningkatkan  resiko bayi terlahir cacat, namun hal ini masih perlu ditelaah lebih lanjut. Namun tidak salahnya jika bunda tetap memperhatikan kesehatan bunda dengan menghindari konsumsi minuman bersoda ya!.

Mungkin saja efek samping yang terjadi pada ibu hamil akan berbeda-beda ketika mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan, karena ini tergantung dari kondisi tubuh seseorang itu sendiri. Oleh sebab itulah, bumil wajib untuk bijak dalam mengkonsumsi makanan dan minuman jenis apapun itu termasuk minuman bersoda. Hal ini untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan dan janin yang sedang ada dalam kandungan.

Untuk mengganti minuman tersebut, bumil juga bisa menggantinya dengan minuman yang lebih sehat lainnya seperti jus buah, air kelapa dan juga susu. Tapi sangat di sarankan juga bagi setiap wanita hamil untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Mungkin itu saja informasi yang dapat admin rangkumkan untuk kalian mengenai bahaya minum soda saat hamil, semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kalian semuanya. Salam sehat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel