8 Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Gamatips.com - Andaliman adalah salah satu jenis dari berbagai macam rempah-rempah yang ada di Indonesia. Jenis rempah-rempah yang satu ini bisa kita jumpai di batak dan sangat sering di manfaatkan untuk bumbu dapur atau bahan penyedap masakan. Namun selain sebagai bumbu penyedap dalam masakan, ternyata andalima ini juga menyimpan manfaat untuk kesehatan lho!
8 Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan
Manfaat andaliman bagi tubuh ini tentu tidak akan lepas dari kandungan zat aktif yang ada di dalamnya. Beberapa zat tersebutlah yang sangat berguna bagi tubuh manusia dalam mengatasi berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh kita kapan saja.

Kandungan Gizi Andaliman

Dalam sebuah penelitian, dalam rempah andaliman ini terdapat berbagai macam kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Kandungan tersebutlah yang nantinya akan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Lebih lengkapnya, kalian dapat menyimak tabel berikut:

Tabel Kandungan Dalam 100 gram Andaliman

Jenis KandunganJumlah Kandungan
Energi99 kkal
Protein4,6 gr
Lemak1 gr
Karbohidrat18 gr
Kalsium383 mg
Fosfor107 mg
Zat Besi2,9 mg
Vitamin A0 IU
Vitamin B13 mg
Vitamin C14,7 mg

Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan

Dalam bahasa ilmiah Zanthoxylum acanthopodium ternyata sangatlah kaya akan kandungan vitamin serta juga mineral di dalamnya. Semua kandungan dalam rempah-rempah andaliman ini cukup bermanfaat dalam mencegah berbagai masalah kesehatan. Apa saja manfaat andaliman bagi kesehatan? Berikut penjelasannya:

1. Manfaat andaliman untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat  yang bisa kamu dapatkan dari buah andaliman yang merupakan merica khas batak ini bagi kesehatan yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena dalam buah andaliman terkandung zink yang merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan sel, membantu memulihkan luka serta mengaktifkan sel yang berperan penting dalam sistem imun. Maka dari itu dengan anda mengkonsumsi andaliman maka niscaya daya tahan tubuh anda dapat terjaga sepanjang hari.

2. Manfaat andaliman untuk kesehatan jantung

Manfaat yang kedua dari buah andaliman yaitu dapat membantu anda  menjaga kesehatan jantung dalam tubuh. Pada buah andaliman terkandung senyawa organik atau fitosterol  yang memiliki bentuk molekul mirip kolesterol. Namun fitosterol dan kolesterol mempunyai karakter yang jauh berbeda dalam tubuh.  Diketahui bahwa kadar kolesterol berlebih dapat membentuk plak pada dinding pembuluh darah yang membuat aliran darah anda terganggu  serta menyebabkan aliran darah terganggu.

Akibat hal tersebut bisa berdampak munculnya penyakit stroke dan juga jantung. Adanya kandungan fitosterol dalam tubuh dapat membuat penyerapan kolesterol dalam tubuh menjadi terhambat, sehingga itu membuat anda dapat terhindar dari kolesterol tinggi dan jantung anda kinerjanya menjadi lebih baik.

Baca Juga : 18 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

3. Manfaat andaliman untuk mengatasi anemia

Zat besi yang terkandung di dalam  andaliman  merupakan salah satu unsur pembentukan hemoglobin.Karena terkadang orang yang menderita anemia akan mengalami lemas dan juga nampak pucat. Hal ini disebabkan karena  hemoglobin dalam tubuh tidak normal atau rendah, dan itu menyebabkan  suplai oksigen dari sari makanan  dapat terganggu dan menyebabkan penderita anemia menjadi lemas.

Jadi, dengan anda mengkonsumsi andaliman dengan cara mencampurkannya dengan bumbu masakan yang anda buat bisa membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh menjadi normal dan penderita anemia bisa menjadi lebih aktif dan sehat kembali.

4. Manfaat andaliman untuk mencegah osteoporosis

Seringkali osteoporosis  terjadi pada masa tua. Dimulai dengan kepadatan tulang yang menurun dan mengakibatkan mineral-mineral penting dalam proses penyusunan tulang seperti fosfor dan kalium menghilang. Nah, dengan anda mengkonsumsi buah andaliman maka kandungan fosfor dan kalsium yang diperlukan dapat tercukupi, baik itu yang perlu oleh tulang pada tubuh juga pada gigi. Oleh karena itu campurkan andaliman dalam masakan dapat menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Maka dari itulah manfaat buah andaliman ini tidak perlu kamu ragukan lagi khasiatnya dalam mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.
8 Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan

5. Manfaat andaliman untuk menambah sel darah

Sudah tidak diragukan lagi buah andaliman mengandung zat besi yang tinggi. Sehingga manfaat buah andaliman yang akan anda dapatkan yaitu bisa membantu membentuk hemoglobin, serta protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke organ-organ dan jaringan. Yang akan memperlancar peredaran darah dalam tubuh.  Dengan mengkonsumsi andaliman ini juga dapat membantu anda terhindar dari terkenanya anemia.

6. Manfaat andaliman untuk mencegah peradangan

Buah andaliman juga bermanfaat untuk mencegah anda terserang peradangan. Peradangan merupakan hasil dari stres oksidatif, yang disebabkan oleh aktivitas radikal bebas dalam tubuh. Dalam buah andaliman terdapat kandungan antioksidan serta asam organik dan juga pitosterol dan terpena dalam buah andaliman ini (merica batak) memiliki efek antiradang bagi tubuh.

Serta  senyawa yang terdapat dalam merica batak ini juga dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Sehingga jika terjadi peradangan dalam tubuh dengan kandungan yang terdapat dalam buah andaliman ini bisa dihentikan. Sehingga tidak diragukan lagi andaliman ini seringkali digunakan sebagai obat herbal untuk radang sendi dan juga asam urat.

Baca Juga : 3 Manfaat Kapulaga Untuk Pria yang Jarang Diketahui

7. Manfaat andaliman untuk mencegah penyakit kronis

Radikal bebas yang berlebihan sering kali memicu  sel –sel negatif dalam tubuh bermutasi dan menyebabkan kanker serta penyakit kronis dapat muncul. Namun adanya kandungan antioksidan yang ditemukan dalam merica batak (andaliman)  ini bisa membantu menurunkan resiko masalah kesehatan yang diakibatkan paparan stress oksidatif yang terlalu tinggi di dalam tubuh.

Dapat diketahui bahwa stres oksidatif merupakan salah satu dalang dari berbagai penyakit kronis yang muncul dalam tubuh, seperti munculnya penyakit kanker,  jantung, radang sendi, stroke, aterosklerosis, tukak lambung, hipertensi, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer dan juga menyebabkan penuaan.

8. Manfaat andaliman sebagai sumber antioksidan

Adanya kandungan antioksidan pada buah andaliman sangat berperan dalam menangkal radikal bebas  yang menimbulkan berbagai dampak negatif pada tubuh mulai dari kulit kusam, penuaan dini menurunkan daya tahan tubuh, sampai menyebabkan munculnya penyakit  kanker. Kandungan antioksidan ini sangat berperan bagus bagi kesehatan tubuh anda. Sehingga dengan anda mengkonsumsi andaliman niscaya  dapat membantu menetralisir efek negatif dari radikal bebas di dalam tubuh dan sangat membantu mencegah berbagai penyakit yang ingin menyerang tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari andaliman ini, kamu wajib untuk mengkonsumsinya secara rutin. Entah itu kamu mecampurkannya ke dalam masakan, atau bisa juga kamu mengolahnya untuk di jadikan sebagai bahan minuman yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Namun manfaat di atas masih membutuhkan penelitian lebih jauh untuk memperoleh hasil yang lebih akurat lagi.

Nah, itulah 8 manfaat andaliman untuk kesehatan tubuh mansuia yang ternyata masih jarang di ketahui dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel