Ciri-cici dan Cara Mencegah Kanker Payudara

Gamatips.com – Kanker payudara adalah salah satu dari beberapa jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi wanita karena dapat mengancam nyawa. Dalam sebuah kasus, ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab seorang wanita itu mengalami penyakit kanker payudara. Selain karena pola makan, penyakit ini bisa dialami oleh wanita karena faktor keturunan.
Ciri-cici dan Cara Mencegah Kanker Payudara
Cara Mencegah Kanker Payudara
Kanker payudara dapat tumbuh dan menyerang jaringan yang ada di dalam payudara wanita seperti saluran air susu, jaringan lobulus, jaringan lemak dan juga jaringan lain yang ada pada payudara wanita. Biasanya untuk kanker payudara stadium 1 itu belum bisa dilihat terlalu jelas, karena pada masa ini benjolan yang muncul pada payudara masih berukuran kecil.

Ciri-ciri Kanker Payudara Pada Wanita

Pada dasarnya, kanker payudara stadium 1 itu memang belum bisa dilihat secara jelas namun dapat dirasakan dengan tangan. Jika ini dibiarkan, maka kanker payudara akan berkembang dan bertambah semakin buruk serta dapat mengancam nyawa orang yang mengalaminya. Oleh sebab itulah meski kita tidak mengalami masalah tersebut, namun kita juga wajib tahu apa saja ciri-ciri penyakit kanker payudara yang umum terjadi pada wanita seperti:

1. Adanya benjolan didalam payudara

Dalam sebuah penelitian, benjolan pada payudara ini juga bisa menandakan kalau seorang itu sedang mengalami kanker payudara. Tapi tidak semua benjolan yang muncul pada payudara juga merupakan tanda-tanda kanker. Namun ada baiknya kamu mewaspadai hal ini dan segara memeriksakannya ke dokter sebelum terlambat.

2. Perubahan warna pada kulit payudara

Biasanya terjadinya perubahan kulit pada payudara ini sering terjadi karena adanya sebuah infeksi. Kondisi ini juga bisa menjadi pertanda kalau kamu sedang mengalami masalah yang cukup serius. Beberapa kasus, seorang wanita yang menderita kanker payudara biasanya kulit pada bagian payudaranya akan berubah menjadi kemerahan seperti iritasi.

3. Ujung puting terasa sakit

Selain ciri-ciri di atas, terjadinya perubahan pada bagian putih dengan di ikuti rasa nyeri pada bagian putih juga bisa menandakan kalau kamu sedang mengalami kanker payudara stadium 1. Jika dibiarkan, kondisi akan semakin bertambah parah seperti puting mengeluarkan cairan yang tidak normal.

4. Benjolan yang muncul pada ketiak

Walaupun kanker payudara ini berhubungan dengan buah dada pada wanita, tapi munculnya benjolan di bawah ketiak juga bisa menjadi isyarat kalau kamu sedang menderita penyakit kanker payudara ringan. Hal ini karena jaringan payudara wanita itu bisa meluas sampai dengan bawa ketiak dan ini yang juga membuat sel kanker bisa menyebar melalui kelenjar getah bening yang ada di bawah ketiak.

Oleh sebab itulah jika kamu mengalami ciri-ciri di atas, segera memeriksakannya ke dokter. Karena jika tidak segera di tangani, maka sel kanker dapat menyebar keseluruhan tubuh dan bisa membahayakan nyawa.

Baca Juga : 5 Bahaya Makan Jeroan Sapi Bagi Ibu Hamil

Cara Mencegah Kanker Payudara

Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengobati kanker payudara pada wanita, alangkah bagusnya kita cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara untuk mencegah agar tidak terkena kanker payudara. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah seperti:

1. Jagalah pola makan

Selalu menjaga pola makan itu tidak hanya bagus dalam menjaga kesehatan tubuh, tapi ternyata juga bagus untuk mencegah kanker payudara pada wanita. Beberapa jenis makanan yang baik untuk kamu konsumsi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Selain bisa mencegah agar tidak terkena penyakit tersebut, pola makan sehat juga bisa meringankan orang yang sedang menderita penyakit kanker payudara. Selain itu, hindari juga jenis makanan yang mengandung lemak tinggi seperti sosis, mentega dan makanan lainnya.

2. Perbanyak waktu olahraga

Bagi seorang wanita yang mempunyai aktivitas fisik cukup banyak setiap hari ternyata bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker payudara di bandingkan orang yang tidak pernah melakukan olahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah ataupun di tempat olahraga dan lama waktu olahraga yang baik untuk kamu lakukan adalah 2 sampai 3 jam dalam satu minggu.

3. Hilangkan kebiasaan buruk dalam hidup

Jika kamu adalah seorang wanita perokok, maka sebaiknya hentikan mulai dari sekarang kebiasaan tersebut. Karena dalam sebuah penelitian, rokok dapat meningkatkan resiko seorang wanita mengalami kanker payudara sekitar 6 sampai 9 % dan kondisi ini akan semakin meningkat apabila kamu merupakan perokok aktif.

4. Hentikan mengkonsumsi minuman beralkohol

Tanpa kamu sadari kalau kebiasaan orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol satu gelas saja setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker sekitar 7 sampai 12 persen. Selain itu kondisi ini semakin buruk lagi apabila kalian mengkonsumsi minuman beralkohol setiap hari.

Oleh sebab itu bagi kamu yang tidak ingin mengalami penyakit kanker payudara, segeralah hentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena selain bisa membahayakan nyawa, kondisi tersebut juga bisa membahayakan keluarga dan anak yang kamu miliki.

5. Susui bayi lebih teratur

Masih sedikit orang yang tahu kalau ternyata menyusui bayi dapat menurunkan resiko untuk terkena penyakit kanker sampai dengan 22 %. Namun untuk cara ini masih memerlukan penelitian yang lebih jauh agar bisa memperoleh fakta yang lebih akurat.

6. Selalu jaga berat badan tetap ideal

Dalam sebuah studi, berat badan yang berlebih dapat memicu seorang wanita mengalami penyakit kanker payudara. Di mana, seorang wanita yang memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko mengalami masalah tersebut sekitar 30 % dibandingkan seorang wanita yang mempunyai berat badan ideal.
Cara Mencegah dan Mengobati Kanker Payudara
Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mengobati Kanker Payudara

Dalam ilmu kedokteran, untuk mengobati penyakit kanker payudara pada wanita itu bisa dilakukan berdasarkan kondisi dan stadium kanker yang diderita. Namun untuk saat ini, ada 5 jenis pengobatan yang umum dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Pembedahan

Dalam prosedur pembedahan, biasanya dokter akan melakukannya dengan tiga jenis pembedahan dan tergantung dari tingkat kanker yang diderita oleh pasien itu sendiri. Tiga jenis pembedahan tersebut meliputi:

- Bedah konservatif

Dalam proses pembedahan yang pertama ini biasanya akan di lakukan apabila kanker sudah menyebar kedalam kelenjar getah bening.

- Bedah mastektomi total

Proses pembedahan yang kedua ini biasanya sering di lakukan apabila sel-sel kanker sudah menyebar keseluruh bagian payudara wanita dan harus diangkat sepenuhnya.

- Bedah modified radical masterctomy

Pada prosedur yang terakhir ini biasanya akan di lakukan apabila sel-sel kanker sudah menyebar keseluruh bagian tubuh meliputi kelenjar getah bening. Proses ini akan di lakukan dengan mengangkat seluruh bagian payudara yang terkena kanker termasuk juga dengan kelenjar getah bening yang ada di bawah ketiak.

Baca Juga : 5 Bahaya Minum Soda Saat Hamil yang Wajib Kamu Ketahui

2. Terapi radiasi

Jenis terapi radiasi ini mampu untuk mengobati seorang wanita yang menderita penyakit kanker dengan menggunakan sinar X bertenaga tinggi untuk membunuh seluruh sel-sel kanker. Biasanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pasien harus rutin melakukan terapi ini sampai sel-sel kanker benar-benar hilang.

3. Terapi hormon

Pada dasarnya terapi hormon ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan mencegah sel kanker menyebar keseluruh tubuh. Namun sebelum melakukan terapi ini, pasien wajib untuk melakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui seberapa parah kanker payudara yang diderita.

4. Kemoterapi

Kemoterapi adalah terapi kanker yang memakai obat-obatan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Umumnya jenis terapi ini lebih sering di gunakan sebelum pasien melakukan pembedahan atau pengangkatan sel kanker dalam tubuh. Begitu juga sebaliknya, terapi ini baik dilakukan setelah selesai proses pembedahan.

Jangan pernah menganggap remeh semua jenis penyakit yang mungkin tidak terlihat berbahaya, karena bisa saja itu merupakan tanda awal dari penyakit yang lebih serius lagi. Ada baiknya untuk selalu memeriksakan kesehatan kamu ke dokter agar bisa mencegah masalah kesehatan yang lebih serius sejak dini. Itu saja beberapa ulasan mengenai ciri-ciri dan cara mencegah kanker payudara pada wanita, semoga dengan adanya informasi di atas bisa memberikan manfaat bagi kalian semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel