Cara Melancarkan Susah Buang Air Besar yang Tepat

Gamatips.com – Susah buang air besar atau sering di sebut dengan sembelit merupakan salah satu jenis masalah yang umum terjadi pada setiap orang, entah itu orang dewasa, anak-anak dan bayi sekalipun. Menurut beberapa penelitian, kondisi ini dapat di picu oleh beberapa faktor seperti pola makan yang tidak benar sampai konsumsi obat-oabatan.
Cara Melancarkan Susah Buang Air Besar yang Tepat
Cara Melancarkan Susah Buang Air Besar
Untuk mengatasi masalah buang air besar sebenarnya tidak perlu menggunakan obat-oabatan atau penanganan khusus dari dokter. Karena untuk masalah sembelit yang umum itu bisa di sembuhkan dengan cara yang mudah dan terkadang masalah ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun sebelum kita lanjut kedalam pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi susah buang air besar, ada baiknya kita ketahui beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang itu mengalami masalah tersebut.

Penyebab Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar memang bukan masalah yang serius, namun kondisi ini bisa membuat kita merasa tidak nyaman dan perut menjadi terasa penuh. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu hindari agar tidak mengalami masalah sembelit:

1. Hindari untuk menunda-nunda buang air besar

Kebiasaan buruk yang satu ini sering dianggap remeh oleh beberapa orang, padahal tanpa kamu sadari kebiasaan yang satu ini akan membuat kamu mengalami masalah sembelit. Karena kotoran yang semestinya keluar dari dalam perut malah tertahan dan jika berlangsung dengan lama, kotoran tersebut akan mengeras. Jika sudah begini, tubuh akan mengalami kesulitan dalam membuang kotoran atau sisa-sisa makanan yang ada dalam tubuh.

2. Konsumsi obat-obatan

Selain kebiasaan buruk di atas, mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan ternyata juga bisa memicu masalah buang air besar. Ada beberapa jenis obat yang mungkin tidak baik untuk kamu gunakan dalam jangka panjang dan berlebihan seperti suplemen kalsium, obat antiepilepsi, antidepresan serta obat-obatan diuretik lainnya.

Selain itu, beberapa jenis obat yang digunakan untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan seperti antasida dan antidiare juga sering menyebabkan masalah sembelit ( kesulitan buang air besar ).

Baca Juga : 10 Gejala Usus Buntu yang Wajib Kamu Ketahui

3. Faktor gaya hidup

Faktor pola hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak terjaga setiap hari juga bisa memicu munculnya masalah susah buang air besar. Selain itu kurangnya asupan serat dan cairan kedalam tubuh juga bisa menambah parah kondisi tersebut.

Oleh sebab itu, menjaga pola makan tidak hanya bagus bagi kesehatan namun juga baik dalam mencegah masalah sembelit.

4. Faktor kehamilan

Pada masa awal kehamilan, 40% wanita hamil akan mengalami masalah sembelit. Hal ini terjadi karena ketika awal masa kehamilan itu terjadi, tubuh wanita akan memproduksi hormon progesterone lebih banyak dan akan berdampak pada kinerja otot usus dalam berkontraksi. Nah, hal inilah yang akan memicu ibu hamil susah buang air besar.

5. Masalah kesehatan tertentu

Dalam sebuah penelitian, masalah susah buang air besar ternyata dapat menjadi sebuah pertanda kalau adanya sebuah masalah kesehatan yang lebih serius di dalam tubuh seperti diabetes, iritasi pada usus besar, hiperkalsemia, fisura ani, radang usus, kanker usus sampai dengan kinerja kelenjar teroid yang kurang baik.
Cara Melancarkan Susah Buang Air Besar yang Tepat
Cara Melancarkan Susah Buang Air Besar

Cara Mengobati Susah Buang Air Besar

Seperti yang sudah kita ketahui di atas, kalau ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kita mengalami sembelit. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah dalam melancarkan susah buang air besar seperti:

1. Cukupi kebutuhan serat dalam tubuh

Memenuhi kebutuhan serat setiap hari dapat membuat kotoran dalam usus menjadi lebih lunak serta membuat kotoran bergerak lebih cepat di dalam usus. Namun tidak semua makanan yang mengandung serat harus kamu konsumsi, karena hanya serat yang berasal dari buah dan sayurlah yang lebih baik untuk mencegah masalah tersebut.

2. Olahraga secara teratur

Untuk melancarkan kinerja semua otot yang ada di dalam usus, kamu bisa melakukan beberapa jenis olahraga fisik setiap hari. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan seperti jalan kaki selama 30 menit setiap hari. Cara ini tidak hanya bagus bagi kesehatan tubuh, tapi juga bagus dalam mengatasi masalah sembelit.

3. Perbanyak konsumsi air putih

Salah satu penyebab yang membuat susah buang air besar adalah kotoran di dalam usus yang mengeras. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kotoran dalam usus menjadi keras, salah satunya adalah kekurangan cairan. Maka dari itu, agar kamu tidak mengalami kondisi tersebut, perbanyaklah untuk mengkonsumsi air putih setiap hari.

Baca Juga : 12 Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasi Keputihan Dengan Benar

4. Cukupi waktu untuk buang air besar

Ada baiknya ketika ingin buang air besar, usahakan untuk tidak terburu-buru agar tidak ada kotoran yang tersisa di dalam usus. Selain itu berikan waktu yang cukup untuk tubuh dalam membuang seluruh kotoran yang ada di dalam usus dan jangan pernah menunda-nunda untuk buang air besar.

5. Batasi konsumsi obat-obatan

Jika tidak di haruskan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu maka sebaiknya hindari, karena ada beberapa jenis obat yang dapat memicu masalah sembelit. Selain itu, ada baiknya mengkonsumsi obat yang langsung di resepkan oleh dokter. Karena dokter lebih tau bagaimana kondisi tubuh kamu dan obat apa yang aman untuk tubuh kamu konsumsi.

Jika ibu hamil mengalami sembelit atau susah buang air besar, maka sebaiknya segera untuk memeriksakannya ke dokter. Hal ini karena ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi sembarangan jenis obat, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin. Mungkin itu saja ulasan yang bisa admin hadirkan mengenai cara melancarkan susah buang air besar dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel