11 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Benar dan Terbukti Ampuh

Gamatips.com – Pada dasarnya sakit gigi adalah salah satu kondisi ketika munculnya rasa sakit pada bagian gigi atau sekitar gigi dan rahang. Selain itu, setiap orang beresiko untuk mengalami yang namanya sakit gigi. Namun jenis dan tingkat dari nyeri sakit gigi ini tentunya berbeda-beda pada masing-masing orang.
11 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Benar dan Terbukti Ampuh
Cara Mengobati Sakit Gigi
Ada banyak sekali faktor utama yang dapat memicu orang mengalami sakit gigi, mulai dari pola makan sampai dengan gaya hidup yang tidak bersih. Kondisi dari sakit gigi yang dialami masing-masing orang juga berbeda-beda, mulai dari sakit gigi tidak berlubang sampai dengan sakit gigi karena berlubang. Selain karena pola hidup yang kurang bersih, nyeri pada sakit gigi juga dapat menandakan adanya sebuah masalah kesehatan lain seperti sakit jantung atau gangguan saraf lainnya.

Menurut dokter, sakit gigi yang umum terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan pola makan tidak sehat memang tidak membahayakan nyawa orang yang mengalaminya. Tapi jika kondisi ini hanya di biarkan saja, tidak menutup kemungkinan kalau sakit gigi berkepanjangan akan bertambah parah dan mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius lagi.

Gejala Awal Sakit Gigi

Masing-masing dari orang tentu akan mengalami tingkat keparahan dari sakit gigi yang berbeda-beda, mulai dari munculnya rasa nyeri yang ringan sampai dengan rasa nyeri yang tidak bisa tertahankan. Selain timbulnya rasa nyeri, masalah sakit gigi juga bisa dibarengi dengan terjadinya pembengkakan pada gusi dan juga demam.

Pada umumnya, kondisi sakit gigi yang ringan itu dapat diatasi dengan rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Namun berbeda untuk masalah sakit gigi yang serius, karena perlu untuk mendapatkan pengobatan dari dokter. Berikut adalah beberapa gejala sakit gigi yang perlu kamu waspadai:

- Rasa nyeri pada bagian telinga
- Terasa sangat sakit ketika ingin membuka mulut
- Sesak napas
- Mengalami kesulitan ketika ingin menelan makanan
- Gusi mengalami pembengkakan yang parah
- Terasa sakit ketika ingin mengunyah makanan
- Mulut mengelurkan bau busuk

Jika beberapa gejala di atas sedang kamu alami atau pernah kamu alami dalam beberapa hari sebelumnya, maka ada baiknya segera untuk memeriksakannya ke dokter. Sebab kondisi ini dapat menjadi pertanda kalau kamu sedang mengalami penyakit yang lebih serius.

Baca Juga : 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Penyebab Sakit Gigi

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab utama seseorang itu mengalami masalah sakit gigi, mulai dari pola makan yang tidak sehat sampai dengan pola hidup yang kurang bersih. Selain itu ada juga faktor lain yang bisa memicu seseorang itu mengalami masalah sakit gigi seperti:

1. Masalah pada rongga mulut

Untuk masalah yang pertama, biasanya orang dapat terkena sakit gigi karena adanya sebuah masalah yang terjadi pada rongga mulut. Kondisi ini cenderung ringan dan dapat diatasi di rumah atau bisa juga ke dokter. Masalah yang terjadi pada rongga mulut ini meliputi:

- Gigi berlubang
- Tambalan pada gigi yang rusak
- Gigi patah
- Adanya infeksi pada gigi dan juga gusi
- Adanya nanah pada lapisan kulit pada gigi
- Gusi bengkak
- Tumbuhnya gigi bungsu yang tidak bagus
- Adanya masalah pada kawat gigi
- Adanya pembusukan pada gigi

2. Adanya penyakit lain

Selain karena adanya masalah di dalam rongga mulut, kondisi penyakit lain juga dapat memicu seseorang itu mengalami masalah sakit gigi. Dalam dunia medis, ada beberapa jenis penyakit yang bisa memicu timbulnya rasa nyeri pada gigi seperti:

- Penyakit jantung
- Kanker paru-paru
- Adanya gangguan saraf pada wajah
- Penyakit sinusitis

Dua faktor tadi itu memang dapat menjadi penyebab seseorang itu mengalami masalah sakit gigi, namun menurut dokter, ada beberapa kondisi yang juga dapat menjadi penyebab utama seseorang itu mengalami masalah pada gigi seperti, merokok, menderita penyakit diabetes, penyakit AIDS dan juga karena mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu.

Cara Mencegah Sakit Gigi

Seperti kata pepatah, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Sama seperti kita mencegah agar tidak mengalami sakit gigi sejak dini. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mencegah agar tidak mengalami sakit gigi:

1. Jaga kebersihan gigi

Cara yang pertama adalah cara yang wajib untuk kamu lakukan agar terhindar dari masalah kesehatan gigi. Jagalah selalu kebersihan gigi dengan cara menyikat gigi secara rutin setiap hari yakni 2 kali dalam sehari.

2. Selalu jaga pola makan

Untuk kamu yang ingin menjaga agar gigi yang sehat tidak menjadi rusak adalah dengan menjaga pola makan setiap hari. Alangkah bagusnya kamu menghindari untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi seperti cokelat, permen dan kue.

3. Bersihkan gigi setelah makan

Selain menjaga kebersihan gigi dengan cara menyikat gigi 2 kali dalam sehari, kamu juga wajib untuk membersihkan sela-sela gigi setelah selesai makan. Kamu bisa menggunakan benang gigi dalam membersihkan sela-sela gigi sehabis mengkonsumsi makanan.

4. Rajin memeriksakan gigi ke dokter

Merawat gigi dengan cara menjaga kebersihan dan pola makan setiap hari itu sebenarnya belum cukup, karena kamu juga masih harus rutin untuk memeriksakan kondisi gigi kamu ke dokter gigi. Waktu yang baik untuk memeriksakan kondisi gigi kamu ke dokter adalah setiap 6 bulan sekali.

5. Hilangkan kebiasaan buruk dalam hidup

Untuk terhindar dari masalah kesehatan gigi, kebiasaan buruk dalam kehidupanmu juga wajib untuk dihilangkan. Karena kebiasaan buruk ini dapat membuat gigi kamu tidak sehat dan rentan untuk mengalami sakit gigi. Beberapa kebiasaan yang wajib kamu hilangkan adalah merokok dan minum-minuman beralkohol.
11 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Benar dan Terbukti Ampuh
Cara Mengobati Sakit Gigi

Obat Sakit Gigi Alami

Memang sakit gigi dapat dialami olah siapa saja dan tidak mengenal usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai ibu hamil juga bisa mengalami sakit gigi. Selain menemui dokter gigi langsung, mengobati sakit gigi ringan juga bisa kamu lakukan di rumah. Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk meringankan rasa nyeri pada gigi seperti:

1. Air Garam

Berkumur dengan air garam ternyata adalah cara yang terkenal sangat ampuh untuk meredakan masalah sakit gigi. Kamu bisa mengambil beberapa sendok teh garam yang di campur dengan satu gelas air hangat dan aduk sampai garam larut dengan air. Setelah itu kamu bisa menggunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur secara rutin selama sakit gigi.

2. Kompres dengan es

Selain cara yang pertama tadi, untuk meredakan rasa nyeri pada gigi bisa juga memakai es batu. Caranya juga cukup sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa potong es batu yang di masukkan kedalam sebuah kantong dan tempelkan pada bagian pipi yang dekat dengan rasa nyeri yang kamu rasakan.

3. Bawang putih

Memang masih sedikit orang yang sadar kalau ternyata bawang putih juga mempunyai manfaat dalam meredakan rasa nyeri pada gigi dan gusi. Kamu bisa mengambil beberapa biji bawang putih yang sudah di bersihkan, kemudian kunyah bawang putih tersebut dengan gigi yang sakit selama beberapa menit saja.

4. Cuka apel

Tidak hanya dengan air garam, meredakan nyeri karena sakit gigi juga bisa dengan memakai cuka apel. Hal ini karena cuka apel mempunyai sifat anti bakteri dan antimikroba yang terkenal ampuh untuk membunuh kuman penyebab masalah sakit gigi. Kamu bisa mencampurkan satu sendok cuka apel dengan segelas air hangat dan aduk sampai rata. Gunakan campuran tadi sebagai obat kumur-kumur secara rutin selama sakit gigi.

5. Cengkeh

Cengkeh tidak hanya di kenal dengan manfaatnya untuk kesehatan, namun ternyata minyak cengkeh murni juga terkenal ampuh dalam mengobati masalah sakit gigi. Hal ini karena dalam minyak cengkeh itu mempunyai kandungan senyawa eugenol yang mampu meredakan rasa nyeri pada saraf gigi. Kamu bisa menuangkan minyak cengkeh kedalam bola kapas dan tempelkan pada gigi yang sedang sakit.

6. Jahe

Sama seperti cengkeh, di mana jahe tidak hanya terkenal akan manfaatnya dalam kesehatan tapi juga dalam mengatasi masalah sakit gigi. Sebab jahe itu mempunyai kandungan antibiotik yang cukup tinggi dan kandungan tersebut dikenal mampu untuk meredakan masalah sakit gigi. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menempelkan satu atau dua iris jahe kebagian gigi yang sedang sakit.

Baca Juga : 10 Gejala Usus Buntu yang Wajib Kamu Ketahui

Obat Sakit Gigi Apotik

Dalam mengatasi masalah sakit gigi yang ringan memang kamu bisa meredakannya dengan bahan-bahan alami di atas, tapi jika kondisi sakit gigi yang kamu alami itu sudah parah maka obat alami tidak akan mempan untuk menyembuhkannya. Berikut ini ada beberapa jenis obat-obatan yang bagus dalam meredakan masalah sakit gigi:

1. Ibuprofen

Jenis obat yang pertama ini adalah jenis obat yang bagus dalam meredakan masalah sakit gigi karena berlubang. Obat yang satu ini bisa kamu dapatkan di apotik terdekat di kota kamu dengan bentuk tablet atau sirup.

2. Paracetamol

Untuk obat yang satu ini tidak hanya dikenal ampuh untuk meredakan demam, namun paracetamol juga ternyata bagus dalam meredakan rasa nyeri pada gigi berlubang. Hal ini juga karena paracetamol itu merupakan salah satu jenis obat NSAID yang sangat berguna dalam meredakan rasa nyeri yang terjadi akibat peradangan pada gusi.

3. Hindrogen peroksida 3%

Obat yang selanjutnya ini juga merupakan salah satu obat kumur yang sangat bagus dalam membunuh semua jenis bakteri penyebab rada gusi. Kamu bisa mendapatkan obat ini di apotik dengan harga yang cukup murah. Namun jangan menggunakan obat kumur yang satu ini lebih dari satu kali dalam sehari.

4. Naproxen

Naproxen juga adalah salah satu jenis obat yang sangat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada gigi berlubang. Obat jenis ini juga sudah tersedia di apotik dan dapat dijumpai dalam bentuk kaplet serta dengan harga yang terjangkau. Namun obat ini mempunyai efek samping yang perlu kamu waspadai sebelum menggunakannya, seperti mual, diare, perut kembung dan penglihatan sedikit kabur.

5. Dentasol

Jenis obat yang terakhir ini di kenal ampuh dan aman untuk mengatasi sakit gigi pada anak-anak. Kamu bisa membeli obat ini dengan harga yang cukup terjangkau dan dalam bentuk salep yang bisa dioleskan langsung pada bagian gigi berlubang.

Apabila setelah kamu memakai obat alami atau obat yang kamu beli di apotik dan rasa nyeri pada gigi belum sembuh, maka ada baiknya kamu segera untuk memeriksakannya ke dokter gigi. Karena biasa saja kondisi ini menandakan masalah kesehatan yang lebih serius lagi. Mungkin itu saja informasi yang bisa admin rangkumkan mengenai cara mengobati sakit gigi dengan benar, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kalian semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel