Cara Benar Dalam Memilih Sabun dan Sampo yang Aman Untuk Bayi

Gamatips.com – Mungkin masih sedikit orang tua yang mengetahui kalau pada dasarnya kulit bayi itu sangatlah rentan untuk mengalami kulit kering, iritasi, ruam dan juga radang. Selain itu kulit bayi juga lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Oleh sebab itulah, kita sebagai orang tua wajib untuk tahu bagaimana cara memilih sabun dan sampo untuk bayi yang benar.
Cara Benar Dalam Memilih Sabun dan Sampo yang Aman Untuk Bayi
Cara Memilih Sabun dan Sampo yang Aman Untuk Bayi

Kulit bayi juga sangat rentan sekali untuk mengalami masalah seperti iritasi dan infeksi, hal ini karena kulit bayi masih belum bisa berkembang dengan baik terhadap sentuhan dari berbagai benda. Maka dari itulah, agar kulit si kecil tidak mengalami masalah tersebut, kita sebagai orang tua wajib untuk selalu menjaga kebersihannya dengan baik dan memilih jenis sabun bayi yang bagus untuk kulit sensitifnya.

Dalam memilih sabun bayi yang bagus dan pastinya aman untuk kulit si kecil itu tidaklah terlalu sulit untuk kita ketahui. Selain kita bisa membeli sabun dan sampo dengan merek yang sudah terkenal, kita juga wajib tahu apa saja kandungan yang ada dalam sabun dan sampo tersebut. Langkah sederhana ini untuk mencegah adanya kandungan bahan kimia didalamnya.

Tips Memilih Sabun dan Sampo yang Aman Untuk Kulit Bayi

Sebagai orang tua baru tentu belum tahu cara merawat bayi yang benar seperti orang tua yang dulunya merawat kita  hingga kita besar. Dalam merawat bayi kita harus lebih teliti lagi dalam menjaga kebersihannya dan memperhatikan produk sabun dan sampo yang digunakannya. Karena salah sedikit saja, kulit bayi bisa mengalami iritasi.

Berikut ini ada beberapa langkah-langkah dalam memilih sabun dan sampo untuk bayi yang aman bagi kulit sensitifnya:

1. Pilih bentuk sabun dan sampo bayi berdasarkan umur dan kondisi kulitnya

Dalam memilih sabun bayi, kita dapat melihat dari segi bentuknya. Saat ini bentuk sabun dapat di golongkan dalam tiga bagian seperti, sabun busa, sabun cair dan sabun padat. Dari 3 jenis sabun tersebut, terdapat kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasannya:

- Bentuk sabun busa

Pada dasarnya bentuk sabun busa ini adalah jenis sabun yang baik untuk di gunakan oleh bayi yang belum bisa duduk. Selain itu, jenis sabun yang satu ini sangatlah praktis bagi kamu yang mungkin sering memandikan si kecil tanpa bantuan orang lain. Kelebihan dari sabun ini adalah mampu membersihkan kotoran pada kulit bayi lebih baik.

- Bentuk sabun cair

Sabun yang berbentuk cair tentu akan lebih mudah untuk menghasilkan busa dari pada sabun dengan bentuk padat. Tapi kekurangan dari sabun ini adalah sulitnya untuk menggunakan satu tangan dalam mengusapkannya. Jenis sabun cair ini lebih aman untuk di gunakan oleh bayi yang sudah bisa duduk dengan benar.

- Bentuk sabun batangan

Memang sabun bayi batangan itu lebih sulit untuk menghasilkan busa di bandingkan dengan sabun cair. Namun jenis sabun ini mempunyai kelebihan, yakni mengandung sedikit zat aditif. Zat tersebut akan membuat kulit bayi menjadi lebih segar dan terasa lembut setelah selesai mandi.

Baca Juga : 7 Jenis Alergi Kulit Pada Bayi dan Anak-anak Serta Cara Mengatasinya

2. Perhatikan kandungan yang ada dalam kemasan

Ketika bunda ingin membeli sabun, sampo dan jenis produk perawatan bayi lainnya, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat dalam produk tersebut. Ada baiknya untuk membeli produk perawatan bayi yang mengandung pewarna, pewangi dan diterjen yang sangat sedikit, karena jika terlalu banyak, jenis bahan tersebut dapat memicu iritasi pada kulit bayi.

Menurut dokter, sebaiknya jangan membeli produk perawatan bayi yang mengandung antiseptik, deodorant, sodium laureth sulphate, sodium lauryl sulphate, phthalate dan paraben. Karena semua kandungan tersebut dapat memicu iritasi yang parah pada kulit bayi.

3. Carilah produk yang mengandung bahan alami

Pilihlah produk perawatan bayi yang mengandung bahan-bahan alami yang aman untuk kulit bayi. Tapi sebelum itu, jika bunda atau ayah mempunyai jenis alergi pada bahan alami tersebut, maka sebaiknya hindari produk yang mengandung bahan tersebut. Karena biasa saja kulit si kecil juga ikut alergi pada bahan alami tersebut.

4. Lihat bahan pengawet yang terkandung dalam produk

Seperti yang kita ketahui kalau bahan pengawet ini sering di gunakan dalam berbagai macam produk kecantikan. Dari banyaknya jenis bahan pengawet, ada sebagian yang sering di gunakan dalam produk perawatan bayi. Oleh sebab itu hindari membeli produk perawatan bayi yang mengandung bahan pengawet seperti methylparaben dan juga propylparaben.

5. Pilih produk yang aman dari alergi

Pada saat membeli produk perawatan bayi, ada baiknya cari produk yang memiliki label “hypoallergenic” di dalam kemasannya. Label tersebut menjelaskan kalau produk perawatan itu memiliki kandungan zat yang sangat aman bagi kulit bayi dan tidak akan memicu alergi pada bayi. Meski begitu, masing-masing bayi mempunyai kondisi kulit yang berbeda-beda dan hal inilah yang orang tuah harus ketahui dalam mencari produk perawatan yang aman untuk di kecil.
Cara Benar Dalam Memilih Sabun dan Sampo yang Aman Untuk Bayi
Cara Memilih Sabun dan Sampo yang Aman Untuk Bayi

Hal-hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memandikan Bayi

Memandikan bayi tidaklah sama dengan memandikan anak kecil yang sudah bisa jalan. Ada beberapa hal yang wajib untuk bunda ketahui sebelum bunda ingin memandikannya, berikut penjelasannya:

1. Hindari terlalu sering memandikan bayi

Mungkin tidak banyak orang tua yang tahu kalau bayi itu tidak boleh mandi terlalu sering karena dapat mengganggu kinerja tubuh pada bayi. Menurut dokter, memandikan bayi yang aman itu adalah 1 sampai 3 kali dalam seminggu dan juga tidak boleh terlalu lama, cukup 5-10 menit saja. Cara ini sangatlah bagus untuk mencegah kulit bayi kering.

2. Hindari untuk langsung merendamnya

Dalam memandikan bayi, sebaiknya bunda melakukannya secara bertahap. Tahap pertama bunda bisa mulai mengelap bagian kulitnya dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi, setelah itu baru di berikan sabun bayi yang aman untuk kulit sensitifnya. Merendam bayi dengan air tidak dianjurkan apabila tali pusar pada bayi belum copot.

3. Perhatikan suhu air yang akan di gunakan

Jika bunda ingin memandikan si kecil, ada baiknya bunda memperhatikan suhu air yang ingin bunda gunakan untuk memandikannya. Ada bagusnya bunda menggunakan air yang memiliki suhu suam-suam kuku untuk memandikannya dan usahakan juga ruangan untuknya mandi juga hangat. Jangan menggunakan air yang memiliki suhu panas karena dapat membuat kulitnya menjadi terbakar, suhu yang aman adalah 32°- 45°C.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengobati Flu Singapur Pada Anak

Tips Memandikan Bayi yang Benar dan Aman

Untuk bayi yang berusia 6 bulan kebawah, sebaiknya tidak memandikannya terlalu sering dan gunakan tangan untuk memangkunya ketika mandi. Hindari untuk langsung merendamnya kedalam air, karena kondisi tubuh si kecil belum bisa bekerja dengan baik dalam mengatasi perubahan suhu dengan cepat.

Sedangkan untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan keatas, bunda dapat menggunakan bak mandi untuk memandikannya. Namun tetap hindari untuk terlalu lama memandikannya, karena dapat menyebabkan beberapa masalah pada tubuhnya. Untuk bayi 6 bulan keatas, bunda bisa memandikannya 2 sampai 3 kali dalam seminggu dengan lama mandi sekitar 5 menit saja.

Oleh sebab itulah kita sebagai orang tua wajib untuk mengetahui bagaimana cara memandikan bayi yang benar. Lebih jelasnya, bunda dapat menyimaknya di bawah ini:

  1. Langkah pertama bunda harus menyiapkan terlebih dahulu semua peralatan mandi si kecil seperti sabun, sampo, bak mandi, gayung dan waslap serta jangan lupa juga handuk.
  2. Isi bak mandi dengan air suam-suam kuku seperlunya saja dan usahakan suhu air tidak melebihi 38 derajat yang bun.
  3. Ketika ingin memandikan bayi, usahakan untuk tidak langsung memasukkannya kedalam bak mandi. Usap terlebih dahulu tubuh bayi dengan air hangat. Langkah ini untuk menjaga kestabilan suhu di dalam tubuh bayi.
  4. Selanjutnya masukan bayi kedalam bak mandi dan mulai memandikan bayi dari wajahnya terlebih dahulu. Usap bagian wajahnya dengan handuk yang sudah di basahai secara perlahan-lahan.
  5. Berikutnya tuang sabun kedalam waslap dan usap-usap secara perlahan-lahan keseluruh bagian tubuh bayi. Namun untuk bagian tubuh yang sering ditutupi oleh popok, sebaiknya lakukan terakhir saja. Jika sudah, bersihkan lagi dengan air hangat sampai benar-benar bersih.
  6. Setelah bagian tubuh bayi sudah bersih, maka untuk selanjutnya bunda bisa membersihkan bagian rambutnya. Tuangkan sedikit sampo kebagian rambut bayi, usap secara perlahan dan usahakan busa dari sampo tidak mengenai matanya. Kemudian bilas kembali dengan air hangat tadi.
  7. Jika langkah-langkah diatas sudah selesai, maka selanjutnya bunda bisa langsung mengelapnya dengan handuk yang lembut.
  8. Langkah memandikan bayi sudah selesai dan bunda bisa langsung memakaikannya popok, celana dan juga baju.
Itulah cara memandikan bayi yang benar dan baik. Namun untuk bayi yang masih berusia di bawah 1 bulan dan tali pusarnya belum lepas serta untuk bayi laki-laki yang baru di sunat sebaiknya jangan di mandikan terlebih dahulu yang bun.

Apabila bunda merasa ragu atau bagaimana, sebaiknya bunda mengkonsultasikannya ke dokter terlebih dahulu agar bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas dan jangan pernah malu untuk menanyakan semua hal tentang bayi kepada dokter. Mungkin itu saja informasi yang dapat admin rangkumkan untuk kalian mengenai cara dalam memilih sabun dan sampo yang aman untuk bayi dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kamu semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel