Jarang Diketahui 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Gamatips.com - Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Yah, ini adalah buah naga. Buah naga adalah salah satu dari beberapa jenis buah yang mempunyai bentuk cukup unik dari jenis buah lainnya, di mana kulit dari buah yang satu ini menyerupai seperti sisik tapi tidak keras. Selain manis, ternyata buah naga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah naga ini justru tidak lepas dari beberapa kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan tersebutlah yang akan di butuhkan oleh tubuh kita di dalam menjaga agar semua sistem organ tubuh dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari masalah kesehatan.
Jarang Diketahui 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehata

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah yang dengan nama ilmiah disebut selenicereus ini adalah buah yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan tentunya tidak kalah dengan kandungan nutrisi yang ada pada buah jenis lainnya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak tabel di bawah ini.

Tabel kandungan dalam 100 gram buah naga.


KandunganJumlah
Air87 gram
Protein1.1 gram
Lemak0.4 gram
Karbohidrat11.0 gram
Serat3 gram
Thiamine0.04 mg
Besi1.9 mg
Riboflavin0.05 mg
Niacin0.16 mg
Ascorbic Acid20.5 mg
Kalsium8.5 mg

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Mungkin dari kalian masih ada yang mempertanyakan apa manfaat buah naga bagi kesehatan?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ada beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika mengkonsumsi buah naga secara rutin:

1. Manfaat buah naga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika anda saat ini daya tahan tubuhnya sedang menurun dan tidak enak badan, maka cobalah konsumsi buah naga. Karena di dalam buah naga terkandung vitamin C yang banyak. Vitamin C tersebut berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh  dan serta dapat merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Selain vitamin C juga ada beberapa kandungan dalam buah naga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti kandungan vitamin B1, B2,dan B3 serta zat besi, fosfor, niasin, dan serat.

Kandungan berbagai vitamin ini memiliki peranan yang penting bagi tubuh sebagai peningkat sistem kekebalan  tubuh anda. Selain meningkatkan daya tahan tubuh buah naga juga mampu mempercepat  proses penyembuhan luka luar maupun luka yang ada di dalam tubuh. Jadi dengan anda rajin serta rutin mengkonsumsi buah naga, kondisi badan dan kesehatan anda niscaya dapat terjaga.

2. Manfaat buah naga untuk mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker memang merupakan salah satu penyakit yang menakutkan karena munculnya berbagai efek dari penyakit ini, bahkan sampai menyebabkan kematian. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit ini, baik itu dengan rajin berolahraga, menjaga asupan makanan, dan salah satunya dengan cara mengkonsumsi buah naga. Sebab di dalam buah naga terkandung zat licopene yang telah terbukti bisa mengurangi munculnya resiko terkena kanker seperti kanker prostat.

Dalam buah naga juga terkandung banyak zat antioksidan Hytoalbumin yang juga bisa membantu mencegah terbentuknya karsinogenenik yang biasa menyebabkan kanker dalam tubuh. Selain itu juga serat  yang tinggi pada buah naga, kalsium, fosfor, vitamin B2 serta vitamin C, bisa membantu mengeluarkan racun logam dalam tubuh . Yang di mana racun logam ini merupakan salah satu racun dalam tubuh yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Jadi agar anda dapat mencegah munculnya kanker pada tubuh anda tidak ada salahnya untuk mencoba  mengkonsumsi buah naga  ya.

Baca Juga: 15 Manfaat Apel Merah Untuk Kesehatan yang Sudah Teruji

3. Manfaat buah naga untuk menurunkan kadar kolesterol

Meningginya kadar kolesterol dalam tubuh memang membawa efek negatif bagi kesehatan. Bagi anda yang memiliki riwayat kolesterol yang tinggi, sangatlah disarankan  untuk  mencoba dari sekarang mengkonsumsi buah naga. Karena manfaat dari memakan buah naga yang berikutnya kamu bisa dapatkan yaitu kolesterol dalam tubuh anda dapat menurun.

Hal ini disebabkan karena terdapatnya kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah. Vitamin B3 ini  memiliki fungsi yang sangat baik untuk membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.  Dengan buah naga kolesterol anda dapat terjaga dan anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit serius yang timbulkan bila kadar kolesterol terlalu tinggi antara lain penyakit jantung dan juga stroke.

4. Manfaat buah naga untuk menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang berikutnya  yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi buah naga bagi kesehatan anda  adalah  dapat membantu menjaga kesehatan jantung di dalam tubuh.  Buah naga ini mampu mengurangi kolesterol jahat sekaligus juga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh sehingga jantung anda bisa tetap terjaga kesehatannya.

Menurut jurnal Pharmacognosy Research di tahun 2010, dinyatakan bahwa dengan anda mengkonsumsi buah naga secara rutin dan teratur dapat  membantu  menurunkan resiko anda terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi muncul dalam tubuh anda. Oleh karena itu jika anda ingin kesehatan jantung anda terjaga, cobalah konsumsi buah naga, serta jangan lupa untuk  tetap menjaga asupan makanan serta minuman, dan olahraga yang rutin.

5. Manfaat buah naga untuk melancarkan program diet

Pada saat melakukan program diet, memang sangat dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi buah-buahan. Berbagai macam buah seringkali disarankan untuk dapat membantu proses penurunan berat badan ini dapat tercapai. Salah satunya yaitu buah naga, yang memiliki bentuk unik serta rasa yang menyegarkan satu ini. Mengapa buah naga bagus untuk diet ?Hal ini dikarenakan buah naga sangatlah banyak mengandung serat serta rendah kalori.

Dan juga jika anda mengkonsumsi buah naga ini pada program diet anda maka rasa lapar yang muncul akan lebih lama terasa, serta membuat anda bisa mengontrol nafsu makan anda. Serta, dengan tercukupinya kandungan serat dalam tubuh  dapat membantu  memperlancar metabolisme tubuh. Jadi masukanlah buah naga ini sebagai salah satu menu yang dapat membantu  melancarkan program diet anda ya.

6. Manfaat buah naga untuk menambah nafsu makan

Apabila saat ini nafsu makan anda sedang terganggu, baiknya cobalah untuk mencicipi buah naga.  Karena manfaat yang bisa kamu temukan dari buah naga yang berikutnya yaitu dapat membantu menambah nafsu makan anda. Kandungan vitamin B1 dan B2 yang ada pada buah naga ini dapat membantu nafsu makan bertambah. Terutama bagi  anak-anak yang biasanya susah makan cobalah memberikan buah naga ini, niscaya nafsu makan buah hati anda bisa kembali seperti semula.

Hal ini memang sangat bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, namun untuk anda yang sedang dalam masa program diet cukup gantilah makanan sehari-hari yang anda konsumsi terutama nasi dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa takut tubuh melar.

7. Manfaat buah naga untuk menjaga kesehatan pencernaan

Masalah pencernaan seringkali muncul jika kita salah mengkonsumsi makanan tertentu, timbulnya gangguan pencernaan ini juga memberikan efek buruk bagi tubuh , baik itu rasa nyeri ataupun rasa sakit di bagian perut. Masalah pencernaan yang seringkali muncul seperti sembelit juga sangatlah menggangu. Nah, untuk  anda yang ingin membersihkan pencernaan anda cukup dengan mengkonsumsi buah naga, maka kesehatan pencernaan dalam tubuh anda kembali sehat.

Seperti yang sudah kita ketahui kalau buah tersebut memiliki kandungan serat atau fiber yang tinggi serta mengandung protein baik, sehingga dengan mudah dapat membantu  pencernaan dan mengobati sembelit yang muncul. Jadi makanlah buah naga secara rutin dan dengan porsi secukupnya . Niscaya pencernaan anda dapat terjaga serta membuat anda kembali merasa sehat dan segar

8. Manfaat buah naga untuk mencegah anemia

Rendahnya jumlah sel darah merah dalam tubuh atau yang lebih sering disebut anemia ini sering menyebabkan penderitanya mengalami pusing, kelelahan, sesak napas dan sakit kepala. Dan jika anemia muncul kegiatan ataupun aktivitas yang sedang dilakukan menjadi terganggu. Karena efek anemia yang membuat tubuh menjadi lemas sehingga terkadang memicu sakit yang lainnya muncul. Nah, agar anda terhindar dari anemia cobalah untuk memakan buah naga.

Karena manfaat yang bisa kamu dapatkan dari memakan buah naga yaitu anda dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia yang muncul. Hal ini dikarenakan dalam buah naga terkandung zat  besi yang dapat membantu menyusun sel darah merah kembali normal dalam tubuh.
Jarang Diketahui 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Cara Memilih Buah Naga Yang Bagus

Memang semua orang bisa membeli buah naga dengan mudah, karena buah yang satu ini sudah di jual bebas di seluruh pasar yang ada di Indonesia. Selain itu tidak semua buah naga yang di jual di pasar merupakan jenis buah yang bagus dan berkualitas, karena sebagian dari pedagang buah melakukan hal yang tidak baik untuk mengakali buah yang mereka jual.

Maka dari itu, kita sebagai pembeli sepatutnya lebih pintar lagi dalam memilih buah mana yang bagus dan masih segar. Karena untuk memperoleh manfaat yang maksimal dalam buah-buahan jenis apapun itu termasuk buah naga, kita wajib untuk mengkonsumsi buah yang masih segar dan matang sempurna dari pohon.

Dalam memilih buah naga yang segar dan bagus juga tidak terlalu sulit jika kalian sudah mengetahui tips dalam memilih buah naga segar. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu coba:

  1. Dalam memilih buah naga segar, pilihlah buah naga yang mempunyai warna cukup terang dan hindari memilih warna yang cenderung pudar.
  2. Pilihlah buah naga yang masih dalam keadaan utuh tanpa ada lubang apapun.
  3. Hindari untuk membeli buah naga yang sudah dalam keadaan lembek. Caranya tekan sedikit pada bagian kulit buahnya.

Baca Juga: 8 Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi

Cara Mengkonsumsi Buah Naga yang Benar

Dalam mengkonsumsi buah naga, kamu bisa memilih untuk mengkonsumsinya dalam keadaan utuh atau bisa kamu olah terlebih dahulu. Untuk di konsumsi secara utuh, kita bisa membelah buah naga yang masih segar, kemudian kita ambil bagian daging buahnya menggunakan sendok.

Apabila kamu bosan mengkonsumsi buah naga dengan cara yang biasa saja, maka kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus, pudding, es dan lain sebagainya. Namun untuk cara yang satu ini sebaiknya kamu tidak perlu menambahkan gula atau susu lagi ke dalam olahan buah naga tersebut. Hal ini karena buah naga sudah mempunyai kandungan gula alami yang cukup tinggi dan apabila di tambahkan lagi maka dapat memicu masalah hipertensi.

Mungkin itu saja beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan yang bisa admin rangkumkan untuk kalian, semoga dengan informasi di atas bisa memberikan kalian pengetahuan tambahan mengenai ragam manfaat buah-buahan bagi kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel