7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Tak Kunjung Sembuh

Gamatips.com – Hidung tersumbat adalah sebuah kondisi di mana jaringan atau pembuluh darah yang ada di sekitar hidung mengalami pembengkakan akibat dari penumpukan cairan yang berlebih di dalamnya. Biasanya kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya, tapi sebagian kasus orang yang mengalami hidung tersumbat bisa terjangkit dalam jangka waktu yang cukup lama.
7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Tak Kunjung Sembuh
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Masalah hidung yang tersumbat memang bukan sebuah masalah yang besar dan membutuhkan penanganan yang serius, tapi jika di biarkan kondisi ini malah akan mengganggu semua aktivitas kita sehari-hari seperti saat bernapas, makan, berpergian dan juga ketika tidur. Maka dari itulah, masalah ini harus segera di atasi dengan baik.

Penyebab Hidung Tersumbat

Dalam dunia medis, ada beberapa faktor utama yang bisa membuat seseorang itu mengalami kondisi tersebut. Mulai dari adanya masalah alergi, sinusitis sampai dengan adanya infeksi yang di sebabkan oleh bakteri maupun virus. Selain itu, faktor lain juga bisa mempengaruhi orang menderita hidung tersumbat seperti:

1. Mengalami batuk dan juga pilek

Ketika seorang mengalami masalah seperti batuk dan juga pilek, tidak menutup kemungkinan kalau orang tersebut juga akan mengalami hidung tersumbat. Kondisi yang satu ini bisa terjadi pada siapa saja, entah itu bayi, anak-anak sampai dengan orang tua.

Umumnya masalah hidung tersumbat yang terjadi ketika seseorang itu mengalami masalah batuk dan juga pilek akan hilang dengan sendirinya. Di mana kondisi ini akan sembuh dalam rentang waktu 10 hari atau lebih, tergantung kondisi tubuh orang yang mengalaminya.

Baca Juga : 7 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Adanya alergi

Biasanya ketika orang yang mempunyai riwayat alergi dan terpapar oleh zat-zat penyebab alergi tersebut, maka secara spontan tubuh akan segera beraksi terhadap zat tersebut. Reaksi tubuh setiap orang yang menderita alergi bisa berbeda-beda, namun yang paling sering terjadi adalah produksi lendir di dalam rongga hidung yang semakin meningkat.

Dari kondisi tersebutlah yang akan membuat seseorang itu mengalami masalah hidung tersumbat, bersin-bersin dan juga pilek. Jika segera diatasi, kondisi ini akan segera hilang dengan cepat.

3. Penyakit sinusitis akut

Selain penyebab di atas, seseorang dapat terkena masalah hidung tersumbat jika mengalami sinusitis akut. Sinusitis adalah sebuah kondisi, di mana bagian dalam hidung mengalami pembengkakan dan juga meradang yang membuat rongga hidung mengalami penyempitan. Selain itu masalah ini juga sering membuat produksi lendir dalam hidung mengalami peningkatan secara signifikan.

4. Flu

Flu atau sering di kenal dengan istilah influenza ini dapat terjadi pada semua orang, penyebab utama kondisi ini adalah virus. Virus akan menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan dan juga paru-paru. Kondisi ini juga merupakan penyebab seseorang itu mengalami masalah hidung tersumbat.
7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Tak Kunjung Sembuh
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Dengan Mudah

Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi kalau masalah hidung tersumbat itu bisa hilang dengan sendirinya tanpa menggunakan obat dari dokter. Namun tidak sedikit juga dari orang yang kesulitan untuk mengatasi masalah tersebut dan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa benar-benar sembuh. Nah, untuk mencegah hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah hidung tersumbat di rumah:

1. Bersihkan hidung dengan air garam

Membersihkan hidung dengan air garam tidak hanya mampu untuk melegakan masalah hidung tersumbat, tapi ternyata juga mampu untuk membunuh bakteri serta virus yang bersarang di dalam hidung.

Cara untuk membuatnya juga tergolong mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa sendok garam yang di campur dengan satu sendok teh baking soda dan larutkan dengan air hangat sampai merata. Untuk pemakaiannya kamu bisa melakukannya dengan cara menuang larutan tersebut kesalah satu lubang hidung yang mampet dan biarkan larutan tersebut mengalir keluar dari lubang hidung lainnya.

2. Mengkonsumsi minuman panas

Tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata mengkonsumsi minuman yang masih panas itu mampu untuk melegakan hidung tersumbat. Ada beberapa minuman panas yang bagus untuk kamu coba dalam mengatasi masalah tersebut seperti teh herbal.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Batuk dan Pilek Pada Ibu Hamil

3. Gunakan bantal ekstra ketika ingin tidur

Cara yang berikut ini biasanya akan berguna bagi kamu yang mengalami masalah tidur karena hidung tersumbat. Karena cara ini akan membuat tidur kamu menjadi lebih nyaman dan membuat pernapasan melalui hidung menjadi lebih lega.

4. Cukupi cairan dalam tubuh

Pada dasarnya, memenuhi cairan dalam tubuh bisa memberikan manfaat dalam mengencerkan lendir yang ada di dalam hidung. Selain itu mengkonsumsi banyak Ciaran setiap hari juga bisa membantu untuk menjaga agar tenggorokan tetap lega atau lembab.

5. Buang ingus lebih sering

Ketika mengalami masalah hidung yang tersumbat, buanglah ingus yang ada di dalam hidung dengan langkah-langkah yang benar. Karena jika mengeluarkan ingus dengan tekanan yang keras dapat memicu kembalinya kuman ke dalam hidung. Jadi cara yang tepat dalam membuang ingus adalah menutup salah satu lubang hidung dan mengeluarkan ingus pada lubang hidung yang satunya.

6. Menggunakan uap hangat

Dalam meredakan masalah hidung yang tersumbat, kamu bisa menghirup uang yang muncul dari air hangat. Tapi ketika ingin menghirup uap yang muncul dari air mendidih, usahakan untuk berhati-hati dan jangan terlalu dekat. Sebab jika salah, uap tersebut malah akan membuat hidung kamu melepuh.

7. Memakai minyak kayu putih

Ketika hidung sedang mampet, kamu bisa mengoleskan minyak kayu putih ke bagian luar hidung. Cara ini akan membantu mempercepat proses pengenceran pada ingus yang ada di dalam hidung. Dalam beberapa kasus cara yang satu ini dikenal sangat ampuh  untuk mempercepat proses penyembuhan hidung tersumbat.

Pada dasarnya, beberapa cara di atas dapat membantu kamu dalam meredakan masalah hidung tersumbat. Tapi cara di atas tidaklah instan dan cenderung memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk sembuh sepenuhnya. Walaupun demikian cara mengatasi hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh di atas adalah cara yang lebih aman dan tanpa efek samping bagi kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel