Bolehkah Ibu Hamil Tua Makan Manggis?

Gamatips.com – Manggis adalah salah satu dari beberapa jenis buah yang di kenal akan kandungan nutrisinya sangat lengkap. Kandungan tersebut sangatlah bermanfaat untuk kesehatan dan mampu mengatasi beberapa jenis penyakit yang sering dialami oleh setiap orang. Namun apakah buah manggis aman untuk ibu hamil konsumsi?
Bolehkah Ibu Hamil Tua Makan Manggis?
Buah manggis untuk ibu hamil
Ketika seorang wanita itu hamil, tentu iya tidak akan bisa mengkonsumsi sembarang makanan seperti dulu ketika belum hamil. Hal ini karena ibu hamil harus memperhatikan makanan yang ingin di konsumsi agar tidak membahayakan kesehatan janin yang sedang iya kandung. Namun berbeda dengan buah manggis, karena manggis sangatlah aman untuk ibu hamil konsumsi.

Selain karena kandungan dari buah manggis yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, beberapa kandungan yang ada di dalam manggis juga memiliki manfaat untuk ibu hamil dan janin yang sedang iya kandung. Tidak hanya itu saja, manggis juga mampu untuk mencegah masalah yang sering dialami oleh ibu hamil.

Baca Juga : 13 Manfaat Apel Merah Untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi Buah Manggis

Buah manggis juga sering di katakan sebagai buah dewa, nama buah dewa ini di berikan karena manggis dikenal akan kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat lengkap. Berikut ada beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah manggis.
  • Zat Besi
  • Vitamin A
  • Protein
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Lemak
  • Fosfor
  • Energi
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Potasium
  • Tiamin
  • Niacin
  • Asam folat

Manfaat Manggis Untuk Ibu Hamil Tua

Meski manggis adalah buah yang aman untuk ibu hamil konsumsi, namun dalam mengkonsumsinya juga harus dalam batas normal. Sebab jika mengkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat manggis untuk ibu hamil muda dan tua:

1. Bermanfaat untuk tumbuh kembang janin

Selain kaya akan kandungan folat, manggis juga terkenal akan kandungan mineral lainnya. Beberapa kandungan mineral yang ada di dalam manggis mempunyai manfaat untuk membantu pembentukan tulang serta sistem kerangka lainnya di dalam janin.

2. Mencegah bayi cacat lahir

Di dalam satu buah manggis yang berukuran sedang memiliki kandungan asam folat yang tergolong tinggi. Di mana kandungan asam folat ini dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk mengurangi bayi cacat saat lahir. Jadi ibu hamil sangat di sarankan sekali untuk mengkonsumsi buah manggis secara teratur.

3. Mencegah terjadinya Pre-eklampsia

Pre-eklampsia sering dialami oleh setiap ibu hamil, kondisi tersebut sering terjadi karena pada saat hamil pembulu darah di dalam tubuh mendapatkan tekanan dan kondisi ini akan semakin buruk jika ibu hamil mempunyai riwayat tekanan darah tinggi.

Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil di wajibkan untuk mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang mempunyai kandungan yang mampu meredakan masalah preklamsia selama masa kehamilan dan salah satu dari buah tersebut adalah buah manggis.
Bolehkah Ibu Hamil Tua Makan Manggis?
Buah manggis untuk ibu hamil

4. Meringankan stretch mark pada perut

Pada saat hamil, kulit bagian perut ibu hamil mengalami perenggangan dan kondisi ini umum terjadi pada setiap ibu hamil karena faktor perkembangan janin yang semakin besar. Untuk menjaga agar elastisitas kulit tetap terjaga dan mampu kembali seperti semula setelah melahirkan maka sangat di sarankan untuk memenuhi asupan vitamin C.

Kandungan vitamin C tidak hanya ada di dalam buah jeruk tapi juga ada pada buah manggis. Manggis mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan tidak kalah dengan buah jeruk dan buah jeruk nipis.

5. Membantu mengatasi masalah sembelit

Pada umumnya ibu hamil muda sampai hamil tua akan lebih rentan untuk mengalami masalah sembelit. Tapi bunda tidak perlu khawatir, karena masalah tersebut bisa di cegah dengan mudah. Caranya dengan mengkonsumsi buah manggis, hal ini karena buah manggis mempunyai kandungan serat yang tergolong tinggi yakni 3.7 gram dalam 50 gram daging buah manggis.

6. Mengembalikan stamina

Buah manggis juga merupakan salah satu buah yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan senyawa tersebut juga sangat baik untuk ibu hamil. Sebab senyawa tersebut mampu untuk mengatasi kelelahan yang terjadi pada panggul dan juga kaki ketika kehamilan sudah memasuki 5 bulan ke atas.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika wanita memasuki masa kehamilan, biasanya akan terjadi perubahan hormon yang dapat memicu menurunkan sistem kekebalan tubuh dan kondisi ini sering membuat wanita hamil rentan mengalami masalah kesehatan. Maka dari itulah agar sistem kekebalan tubuh ibu hamil tetap terjaga dan terhindar dari masalah kesehatan, konsumsilah daging buah manggis secara teratur atau 2 sampai 3 buah manggis setiap hari.

Baca Juga : 5 Bahaya Minum Soda Saat Hamil yang Wajib Kamu Ketahui

Jadi mitos manggis untuk ibu hamil yang di kabarkan mempunyai dampak buruk bagi kesehatan janin sesungguhnya tidak benar sebab jika di konsumsi dengan benar, buah manggis akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan kesehatan janin yang sedang di kandung. Jadi bunda tidak perlu percaya dengan mitos tersebut dan jika merasa kurang yakin, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel