Apa Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus?

Gamatips.com – Rambut rontok adalah sebuah kondisi di mana rambut lepas secara berlebihan dari kepala. Jika terus terjadi, kondisi ini dapat membuat rambut mengalami penipisan dan semakin lama kepala bisa menjadi botak permanen. Pada dasarnya penyebab rambut rontok bisa di picu kurangnya nutrisi pada akar rambut yang membuatnya menjadi kering dan rontok.
Apa Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus?
Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus

Dalam sebuah studi di ketahui kalau seseorang akan mengalami kerontokan rambut sebanyak 50 sampai dengan 100 helai dalam seharinya dan dalam tersebut masih bisa di katakan normal. Sebab dari jumlah rambut yang rontok tersebut masih terbilang aman serta sebanding dengan jumlah rambut yang tumbuh setiap harinya.

Untuk kondisi yang normal, rambut yang tumbuh akan bertahan dalam jangka waktu yang terbilang lama yaitu 3 sampai 6 tahun. Selanjutnya rambut yang tumbuh tersebut akan rontok dan akan di gantikan lagi dengan rambut yang baru setelah 3 bulan setelahnya.

Penyebab Rambut Rontok

Seperti yang sudah di jelaskan di atas kalau dalam batas normal setiap orang akan mengalami rambut rontok setiap harinya sekitar 50 helai perhari. Namun jika pertumbuhan rambut terganggu, maka kerontokan rambut bisa terjadi lebih parah dan dapat berujung pada kebotakan. Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok parah:

Baca Juga : 22 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

1. Faktor keturunan

Faktor keturunan bisa meningkatkan seseorang untuk mengalami masalah rambut rontok. Jadi jika salah satu dari orang tua kalian mempunyai riwayat rambut rontok, maka tidak akan menutup kemungkinan kalau kalian juga akan mengalami kondisi yang sama dengan orang tua kalian.

2. Kelebihan vitamin A

Tidak hanya baik bagi kesehatan mata, tapi mengkonsumsi makanan ataupun suplemen yang mempunyai kandungan vitamin A tinggi dapat memicu seseorang mengalami kerontokan pada rambut. Maka dari itu, perhatikan jumlah aman dalam mengkonsumsi vitamin A bagi tubuh kalian.

3. Kekurangan vitamin B

Kelebihan vitamin A memang bisa memicu kalian mengalami masalah kerontokan, tapi jika kekurangan vitamin B juga bisa memicu kalian mengalami kondisi tersebut. Karena berdasarkan American Academy of Dermatology kerontokan pada rambut dapat di picu kurangnya asupan vitamin B ke dalam tubuh.

4. Kurangnya asupan protein harian

Selain faktor di atas, kurangnya asupan protein ke dalam tubuh bisa memicu seseorang itu mengalami masalah pada rambut. Hal ini karena protein merupakan zat yang sangat penting bagi setiap tubuh manusia dan juga sel rambut. Jadi kekurangan protein pada tubuh bisa membuat struktur rambut menjadi tidak kuat dan membuatnya lebih rentan untuk patah ataupun rontok.

5. Faktor stres

Stres yang terjadi secara berlebihan juga bisa menjadi pemicu seseorang mengalami kerontokan pada rambut. Jadi bagi kamu yang tidak ingin mengalami kebotakan, maka cobalah untuk tidak terlalu stres meski masalah berat sedang kamu alami.

6. Terlalu sering menggunakan pemanas rambut

Bagi kamu yang sering menggunakan pemanas rambut seperti hairdryer dan juga catokan dapat memicu rusaknya sifat alami yang dimiliki oleh rambut. Selain itu juga suhu yang kamu gunakan dalam mengeringkan rambut terlalu panas maka akan membuat rambut menjadi kering dan rentan untuk rontok serta patah.

7. Kulit kepala yang tidak sehat

Jika kulit kepala kamu tidak sehat dapat memicu terjadinya masalah peradangan yang akan berdampak sulitnya rambut untuk tumbuh dengan baik pada kulit kepala. Selain itu kondisi ini juga akan memicu terjadinya masalah rambut rontok secara permanen.
Apa Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus?
Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus

Cara Mencegah Kerontokan Rambut

Seperti yang sudah kita ketahui di atas kalau ada banyak faktor yang menjadi penyebab rambut rontok pada wanita dan pria. Selain karena stres, faktor keturunan juga bisa membuat seseorang lebih beresiko tinggi mengalami masalah tersebut.

Dalam mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada kalian adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan mencegah agar tidak terlalu sering stres. Selain itu mencegah terjadinya rambut rontok juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan produk perawatan rambut yang aman bagi kulit rambut.

Baca Juga : 19 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Efek Samping

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Pada dasarnya penanganan rambut rontok hanya bisa di lakukan berdasarkan penyebabnya. Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab masalah tersebut maka kita akan lebih mudah untuk mencari tahu cara  untuk mengatasinya.

Selain bisa menggunakan bahan-bahan alami dalam mengatasi masalah rambut rontok, kamu juga bisa menggunakan obat-obatan. Tapi dalam penggunaan obat-obatan dalam mengatasi masalah tersebut, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar bisa mendapatkan obat yang aman tanpa efek samping bagi kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel