7 Penyebab Buang Air Besar Berdarah dan Solusinya

Gamatips.comBuang air besar adalah sebuah kewajiban untuk dilakukan oleh setiap mahluk hidup, ini juga bertujuan untuk membersihkan semua sisa-sisa makanan yang sudah tidak di perlukan oleh tubuh. Pada kondisi yang normal setiap akan BAB setiap satu kali dalam sehari dengan jumlah dan warna yang normal, namun berbeda jika ketika buang air besar dan ada darah pada tinja. Karena pada beberapa kasus, buang air besar berdarah sering menjadi sebuah pertanda kalau adanya sebuah masalah yang cukup serius.
7 Penyebab Buang Air Besar Berdarah dan Solusinya
Penyebab Buang Air Besar Berdarah
Tentu setiap orang pernah mengalami kondisi BAB berdarah, namun tingkat dari keparahan yang dialami oleh setiap orang itu pastinya berbeda-beda. Pada dasarnya kondisi ini sering di sebabkan oleh banyak faktor, mulai dari konsumsi makanan yang tidak sehat sampai adanya masalah yang cukup serius di dalam tubuh.

Meski tidak semua BAB keras dan berdarah itu merupakan sebuah pertanda tentang adanya masalah kesehatan yang lebih serius, tapi walaupun demikian kamu juga harus tetap waspada. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : 11 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Benar dan Terbukti Ampuh

Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Adanya darah dalam tinja bisa saja di sebabkan oleh banyak faktor, seperti konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat sampai dengan tanda kalau sedang ada masalah pada sistem pencernaan di dalam tubuh kamu. Berikut ini adalah beberapa penyebab BAB berdarah yang umum dialami oleh kebanyakan orang:

1. Kanker usus

Mengalami buang air besar yang berdarah juga bisa di sebabkan oleh kanker usus ringan sampai yang parah atau akut. Jika kamu merasakan sakit yang cukup berat di dalam perut dalam rentang waktu yang cukup lama dan sering terjadi serta di sertai dengan adanya darah di dalam tinja, maka segeralah temui dokter karena ini bisa saja merupakan gejala awal kanker usus.

2. Terjadi luka pada dinding anus

Luka pada dinding anus ( fisura ani ) bisa menjadi penyebab kamu mengalami BAB berdarah dan kondisi ini biasanya sering di sertai dengan rasa nyeri ketika buang air besar serta darah yang keluar adalah darah segar yang berwarna merah.

3. Wasir

Ketika seseorang mengalami wasir, biasanya kotoran yang di keluarkan sering bercampur dengan darah. Umumnya wasir ini dapat terjadi karena pembuluh darah yang ada di sekitar anus mengalami pembengkakan. Gejala awal ketika seseorang akan mengalami wasir adalah rasa tidak nyaman di sekitar anus dan semakin lama timbulah benjolan pada lubang anus.

4. Munculnya kantong pada dinding usus

Timbulnya kantong yang berukuran kecil pada dinding usus ( Divertikular ) biasanya juga menjadi penyebab seseorang mengalami BAB bercampur darah. Tapi terkadang kondisi ini tidak menimbulkan tanda-tanda apapun.

5. Radang Usus

Radang usus adalah sebuah masalah yang terjadi pada usus dan di sebabkan oleh banyak faktor seperti infeksi. Penyakit rada usus juga sering membuat orang yang mengalaminya merasa cepat lelah / lemas, berat badan yang turun secara drastis, nyeri pada perut, diare dan juga BAB berdarah.

6. Timbulnya saluran lain pada ujung usus besar

Dalam beberapa kasus, adanya saluran lain yang muncul pada ujung usus besar serta di sekitar kulit dalam anus ( Fistula ani ) sering menjadi penyebab seseorang mengalami buang air besar berdarah yang dibarengi dengan rasa sakit di bagian anus. Kondisi ini sebenarnya harus segera diobati, karena jika di biarkan dapat memicu masalah yang lebih serius lagi.

7. Kutil jinak

Kutil jinak atau sering di sebut polip usus ini sering dialami oleh kebanyakan orang dan kondisi ini dapat memicu terjadinya kanker. Timbulnya kutil di dalam usus juga sering memicu seseorang itu mengalami masalah buang air besar seperti buang air besar disertai darah. Masalah ini sebenarnya cukup serius dan perlu mendapatkan penanganan yang cepat oleh dokter.
7 Penyebab Buang Air Besar Berdarah dan Solusinya
Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Cara Mengobati Buang Air Besar Berdarah

Pada dasarnya untuk melakukan pengobatan bagi pasien yang mengalami masalah buang air besar berdarah itu harus di mulai dengan cara menentukan terlebih dahulu kondisi dari penyakit yang dialami oleh pasien itu sendiri. Karena pengobatan yang akan di lakukan oleh dokter itu tergantung dari tingkat keparahan dan penyebab orang mengalami BAB berdarah.

Baca Juga : 12 Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasi Keputihan Dengan Benar

Memang hingga saat ini masih belum di ketahui secara pasti obat alami yang bisa mengatasi masalah tersebut, namun untuk mencegah agar tidak mengalami BAB berdarah bisa dengan mengkonsumsi air yang cukup setiap hari. Tidak hanya itu, mengkonsumsi makanan tinggi kandungan serat dan menghindari duduk terlalu lama juga bisa membuat kamu terhindar dari masalah tersebut.

Sepertinya hanya itu saja informasi yang bisa admin rangkumkan untuk kalian, semoga informasi di atas tentang penyebab buang air besar berdarah dan solusinya bisa bermanfaat bagi kalian semuanya. Ingat, mencegah itu lebih baik daripada harus mengobati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel