12 Khasiat Buah Plum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Gamatips.com – Buah plum adalah salah satu dari beberapa jenis buah-buahan yang mempunyai kandungan nutrisi sangat lengkap. Namun jenis buah yang satu masih tergolong ke dalam buah yang tidak terkenal, sebab buah plum juga masih jarang ada di Indonesia. Meski begitu, khasiat buah plum bagi kesehatan ternyata sangat beragam dan mampu mengatasi beberapa jenis penyakit yang umum terjadi pada manusia.
12 Khasiat Buah Plum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Khasiat Buah Plum Bagi Kesehatan

Di Indonesia harga buah plum segar masih tergolong mahal dan masih sulit untuk kita jumpai di setiap toko buah ataupun pasar. Hal ini juga yang membuat sebagian masyarakat Indonesia tidak terlalu mengenal buah yang satu ini.

Kandungan Buam Plum

Menurut sebuah penelitian menyebutkan kalau buah plum itu mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan di ketahui juga kalau beberapa kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Di mana dalam 100 gram buah plum segar di ketahui mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin K, vitamin B1, riboflavin, niasin, vitamin B6 dan juga vitamin E. Selain itu buah plum juga mempunyai kandungan mineral yang tergolong lengkap seperti kalium, flour, magnesium, besi, kalsium dan juga seng.

Di ketahui juga kalau kandungan serat serta rendah kalori yang dimiliki oleh buah plum sangat baik untuk program diet bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga : 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Manfaat yang bisa kita rasakan dari mengkonsumsi buah plum tentu tidak lepas dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini ada beberapa manfaat buah plum bagi kesehatan:

1. Manfaat buah plum untuk mencegah osteoporosis

Berbagai macam manfaat yang baik bisa kamu dapatkan dengan rutin dan rajin mengkonsumsi buah plum. Salah satunya yaitu dapat membantu anda mencegah terjadinya osteoporosis. Kesehatan tulang anda akan terjaga bila anda mengkonsumsi buah plum kering . Karena terdapatnya kandungan boron pada buah plum bisa membantu memperpanjang  daya tahan vitamin D dan estrogen  yang ada dalam tubuh anda.

Pada buah plum kering juga terdapat kandungan vitamin K, kalium, magnesium, serta antioksidan yang dapat membantu melindungi tulang dari ancaman radikal bebas yang membuat kerusakan pada tulang anda.

2. Manfaat buah plum untuk menjaga kadar gula darah

Walaupun buah plum memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, namun dengan mengkonsumsi buah plum tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berlebihan pada tubuh anda. Sebab buah plum mampu membantu meningkatkan kadar adinopektin, yang merupakan hormon yang sangat berperan dalam mengatur kadar gula darah. Dan perlu anda ketahui, serat alami yang ada pada buah plum juga berperan dalam menghambat penyerapan karbohidrat pada usus anda.

3. Manfaat buah plum untuk mencegah sembelit

Dengan mengkonsumsi buah plum secara teratur manfaat yang bisa anda dapatkan yaitu dapat mencegah terjadinya sembelit.  Hal ini dikarenakan terdapatnya kandungan serat alami  yang sangat tinggi pada buah plum. Adanya kandungan serat alami ini dapat membantu untuk memadatkan feses dan dapat membantu memperlancar proses pembuangannya. Jadi dengan anda mengkonsumsi buah plum niscaya dapat membantu menurunkan resiko anda mengalami sembelit yang lama.

4. Manfaat buah plum untuk mata

Seperti yang sudah kita ketahui kalau buah plum mempunyai kandungan vitamin A dan betakaroten yang sangat tinggi dan kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Bagi kamu yang mungkin tidak suka mengkonsumsi wortel bisa mengganti dengan buah plum, karena kandungan vitamin A yang ada dalam buah plum hampir sama dengan wortel.

5. Manfaat buah plum untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bila anda ingin menjaga sistem kekebalan pada tubuh anda tetap terjaga setiap harinya, cukup dengan mengkonsumsi buah plum secara teratur. Hal ini dikarenakan  pada buah plum terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Jadi dengan anda mengkonsumsi buah plum ini niscaya tubuh akan terasa bugar dan sistem kekebalan tubuh anda selalu terjaga.

6. Manfaat buah plum untuk program diet

Dalam melakukan program diet memang sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam bua-buahan.  Dan salah satu buah yang sangat cocok untuk program diet anda yaitu buah plum. Karena buah plum termasuk dalam buah yang rendah kalori  serta mengandung asam lemak tak jenuh. Buah plum juga kaya akan serat , vitamin A serta vitamin C. Dengan adanya berbagai kandungan ini menjadikan buah plum sangat baik di konsumsi oleh anda pada saat menjalankan program diet. Niscaya diimbangi dengan konsumsi makanan dengan takaran yang sudah ditentukan, olahraga yang rutin dan juga konsumsi buah plum ini secara teratur dapat membantu penurunan berat badan anda bisa berhasil.
12 Khasiat Buah Plum Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Khasiat Buah Plum Bagi Kesehatan

7. Manfaat buah plum untuk pencernaan

Selain dapat mencegah terjadinya sembelit dengan mengkonsumsi buah plum juga mampu membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. Karena kandungan serat pada buah plum dapat membantu memadatkan massa feses serta melancarkan proses pembuangannya. Dengan begitu buah plum dapat membantu anda terhindar dari resiko kanker usus besar, wasir, ataupun berbagai penyakit yang ingin menyerang sistem pencernaan pada tubuh anda.

8. Manfaat buah plum untuk jantung

Buah plum merupakan sumber kalium yang baik , Terdapatnya kandungan elektrolit yang dapat membantu dalam berbagai fungsi vital pada tubuh anda. Adanya kandungan mineral pada buah plum juga mampu membantu memelihara irama jantung, kontraksi otot jantung, impus saraf, serta tekanan darah yang dapat menekan resiko terjadinya stroke. Dengan mengkonsumsi buah plum secara langsung ataupun diolah menjadi jus juga dapat memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh setiap harinya.

Sebab tubuh tidak bisa menghasilkan kalium secara alami, Jadi dengan anda mengkonsumsi buah plum secara tidak langsung sudah mencukkupi kalium dalam tubuh. Serta kandungan zat pewarna alami dalam buah plum dan antosianin juga dapat melindungi anda dari serangan penyakit kanker dengan cara menetralkan radikal bebas.

Baca Juga : 8 Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

9. Manfaat buah plum untuk mencegah anemia

Anemia kerap kali muncul jika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Ciri –ciri munculnya anemia ringan pada tubuh anda misal seperti kulit pucat, sesak napas, kelelahan dan juga mudah tersinggung. Oleh karena itu untuk tetap menjaga agar sel darah merah tetap sehat dan normal, tubuh anda membutuhkan asupan zat besi yang cukup.

Nah, karena plum merupakan sumber zat besi yang baik, serta bisa membantu mencegah dan juga mengobati kekurangan zat besi pada tubuh. Adanya kandungan zat besi sebanyak 0,81 miligram dari dua ratus lima puluh gram buah plum. Dan kandungan zat besi itu sudah memenuhi kebutuhan harian pada tubuh anda.

10. Manfaat buah plum untuk mencegah kanker

Terdapatnya kandungan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin pada buah plum dapat membantu menetralkan ataupun menghadang  radikal bebas yang ada pada tubuh. Sebab adanya radikal bebas ini dapat menyebabkan  munculnya degenerasi sel atau yang biasa disebut sebagai kanker. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi buah plum  manfaat yang bisa anda dapatkan  yaitu anda bisa terhindar dari serangan kanker yang berbahaya.

11. Manfaat buah plum untuk ibu hamil dan janin

Beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah plum juga di percaya mampu untuk memberikan manfaat untuk ibu hamil dan janin. Hal ini karena di dalam buah plum terdapat beberapa kandungan zat aktif yang sangat di butuhkan oleh tubuh ibu hamil dalam memberikan perlindungan terhadap beberapa masalah kesehatan yang bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

12. Manfaat buah plum untuk kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit memang harus selalu diperhatikan terutama untuk kaum wanita. Nah, untuk tetap menjaga kesehatan kulit ini anda bisa juga dapatkan dari mengkonsumsi buah plum. Sebab buah plum mengandung kandungan vitamin yang tinggi, serta mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Apabila anda secara teratur dan rajin mengkonsumsi buah plum, maka kandungan baik yang terdapat pada buah ini akan membantu merangsang kulit agar tetap memproduksi kolagen. Kolagen ini dapat membuat kulit anda terlihat dan terasa lebih kenyal, elastis dan sehat. Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba buah plum ini ya, dan rasakan manfaat dari buah ini.

Pada umumnya untuk bisa memperoleh beragam manfaat dari buah plum, kamu mesti mengkonsumsinya secara teratur yakni 2 sampai 3 buah dalam satu hari. Meski buah yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi, kamu juga masih harus tetap mengkonsumsi buah-buahan lainnya.
Agar lebih maksimal, terapkan juga pola hidup yang sehat dan hindari semua kebiasaan buruk dalam hidup kalian seperti merokok dan minum-minuman beralkohol. Selain bisa berbahaya bagi kesehatan, kebiasaan buruk tersebut juga bisa membahayakan nyawa kalian sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel