Apa Penyebab Cegukan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Gamatips.com – Cegukan adalah sebuah kondisi menyerupai seperti kejang yang terjadi pada diafragma atau otot yang menjadi pemisah rongga mulut dan juga rongga dada. Memang masalah cegukan ini bukan masalah yang cukup serius dan terkadang bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati. Meski demikian kondisi ini sering membuat orang terganggu ketika melakukan aktivitas setiap hari.
Apa Penyebab Cegukan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Penyebab Cegukan
Biasanya cegukan bisa terjadi hanya dalam beberapa detik atau beberapa menit saja dan jarang sekali terjadi dalam waktu yang lama. Semua orang pasti akan pernah mengalami kondisi ini, entah itu anak-anak atapun orang dewasa.

Lalu Apa Penyebab Cegukan?

Penyebab cegukan adalah ketika otot yang menjadi pemisah atara prut dan dada mengalami kontraksi tanpa di segaja dan akan menimbulkan tekanan pada bagian dada, perut serta kerongkongan. Kondisi ini sering membuat seseorang mengeluarkan suara “hik”.

Dalam medis, proses terjadinya cegukan dapat di jelaskan seperti adanya kontraksi yang terjadi secara mendadak pada otot diagfragma yang akan menyebabkan udara menjadi lebih cepat masuk ke dalam paru-paru, hal ini akan membuat katup saluran pernapasan menjadi tertutup secara mendadak dan menimbulkan suara ‘hik’.

Umumnya terjadinya cegukan sementara dapat di picu oleh beberapa kebiasaan seseorang seperti mengkonsumsi makanan yang pedas, minum minuman beralkohol, mengisap permen, merokok dan bisa juga karena terlalu cepat mengkonsumsi makanan. Lain lagi untuk cegukan yang terjadi dalam jangka panjang, karena cegukan yang satu ini bisa dialami selama 2 hari lebih. Penyebab cegukan berkepanjangan ini di picu oleh banyak faktor seperti:

Baca Juga : 10 Gejala Usus Buntu yang Wajib Kamu Ketahui

1. Adanya gangguan mental

Penyebab yang pertama orang mengalami cegukan berkepanjangan bisa di sebabkan oleh adanya gangguan mental seperti enoreksia dan juga skizofrenia.

2. Masalah pada jantung

Selain karena gangguan mental, terjadinya masalah pada jantung juga bisa memicu seseorang itu mengalami masalah cegukan seperti serangan jantung ataupun juga peradangan pada selaput jantung.

3. Adanya gangguan pada rongga dada

Tidak hanya faktor di atas, penyebab seseorang mengalami cegukan juga bisa disebabkan oleh rongga dada yang mengalami gangguan. Beberapa gangguan yang sering terjadi adalah pneumonia, tuberculosis, asma, bronchitis serta cedera pada dada.

4. Adanya gangguan pada otak

Tidak hanya faktor-faktor di atas tadi, adanya masalah pada otak juga dapat memicu seseorang itu mengalami masalah cegukan berkepanjangan. Masalah tersebut seperti stroke, radang, tumor otak serta hidrosefalus.

5. Masalah pada saraf

Terjadinya gangguan pada saraf juga bisa menjadi pemicu seseorang mengalami masalah cegukan, contohnya saja seperti peradangan pada saluran pernapasan dan adanya kista pada leher.

6. Gangguan pada pencernaan

Faktor yang terakhir ini juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami masalah tersebut, contohnya seperti tukak lambung, gastritis, pankreatitis, kanker pankreas dan juga radang usus.
Apa Penyebab Cegukan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Cara Mengatasi Cegukan

Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat

Seperti yang sudah di jelaskan di atas itu kalau cegukan sementara bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus mendapatkan penangan khusus dari dokter. Maski begitu cegukan semntara ini juga sering membuat orang yang mengalaminya merasa terganggu dan sulit untuk berkomunikasi. Oleh sebab itu untuk mengatasinya agar hilang lebih cepat, kamu bisa mengikuti cara berikut ini:

1. Konsumsi air hangat dan madu

Cara yang pertama biasanya cukup ampuh untuk menghilangkah cegukan semntara, kamu bisa minum air hangat yang sudah di campur dengan madu ketika kamu mengalami cegukan.

2. Berkumur

Selain bisa meminum air hangat secara langsung, kamu juga bisa berkumur dengan air hangat tersebut selama beberapa kali.

3. Menahan napas

Setelah melakukan kedua cara di atas dan cegukan yang kamu alami masih belum hilang, maka kamu bisa mencoba untuk menahan napas sebentar.

4. Mengambil napas yang panjang

Dalam mengatasi masalah cegukan sementara bisa kamu hilangkan dengan cara menarik napas yang lebih panjang dari biasanya. Kamu bisa melakukan cara ini sampai cegukan hilang.

5. Menghisap potongan lemon

Apabila 4 cara di atas belum bisa membuat cegukanmu hilang dengan cepat, maka cobalah untuk menghisap potongan buah lemon. Umumnya cara yang terakhir ini cukup ampuh dalam menghilangkan cegukan sementara.

Baca Juga : 15 Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah Dengan Bahan Alami

Biasanya dengan 5 cara di atas cegukan akan hilang lebih cepat, tapi untuk cegukan yang berkepanjangan harus di tangani dengan dokter. Sebab cegukan berkepanjangan bisa menjadi gejala awal dari adanya masalah kesehatan yang lebih serius, konsultasikan segera dengan dokter jika kondisi tersebut kamu alami dalam jangka waktu yang lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel