10 Makanan Penambah Darah Paling Ampuh Dalam Mencegah Anemia

Gamatips.com – Kekurangan darah atau dalam medisnya di sebut anemia adalah salah satu kondisi yang membuat seseorang terlihat pucat dan merasa lemas. Masalah ini sering terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali entah itu anak-anak, orang dewasa, sampai ibu hamil juga bisa mengalami anemia. Selain menggunakan obat penambah darah, kamu juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan penambah darah.
10 Makanan Penambah Darah Paling Ampuh Dalam Mencegah Anemia
Makanan Penambah Darah

Beberapa orang mungkin masih bisa mengkonsumsi obat penambah darah, tapi untuk ibu hamil tentu tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat penambah darah tersebut. Tapi jika dalam keadaan terpaksa, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar bisa di berikan obat penambah darah yang aman bagi ibu hamil.

Baca Juga : 10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Apa Penyebab Kurang Darah?

Ada banyak sekali faktor yang bisa memicu seseorang itu mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Kondisi ini sering di tandai dengan warna kulit wajah pucat, lemas dan merasa cepat letih walaupun tidak melakukan aktivitas berat.

Pada dasarnya setiap tubuh manusia itu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya seperti vitamin, mineral, zat besi, vitamin B12 dan juga asam folat dan nutrisi lainnya. Beberapa nutrisi tersebut sangatlah di butuhkan oleh tubuh kita dalam membantu proses pembentukan sel darah merah. Berikut ini ada beberapa penyebab kurang darah yang umum dialami olah orang:

1. Riwayat keturunan

Penyebab pertama yang sering membuat orang mengalami anemia adalah faktor keturunan. Karena jika salah satu orang tua kamu mempunyai riwayat penyakit anemia sel sabit maka tidak menutup kemungkinan kamu juga akan mengalami masalah tersebut.

2. Faktor usia

Selain keturunan, faktor usia juga bisa membuat seseorang kekurangan sel darah merah di dalam tubuhnya. Semakin bertambahnya usia seseorang maka akan semakin rentan untuk mengalami anemia.

3. Faktor menstruasi

Biasanya menstruasi juga bisa membuat seorang perempuan mengalami masalah anemia, tapi masalah ini akan lebih besar pada perempuan yang sudah memasuki masa menopause. Hal ini karena wanita yang sudah menginjak masa menopause akan lebih rentan kehilangan sel darah merah di bandingkan dengan laki-laki.

4. Adanya gangguan pada usus

Jika terjadi gangguan pada usus, tidak menutup kemungkinan seseorang itu akan mengalami masalah di dalam tubuhnya seperti anemia. Jenis gangguan pada usus yang bisa meningkakan resiko mengalami anemia adalah penyakit Celiac dan Crohn.

5. Faktor Kehamilan

Selain karena faktor di atas, kehamilan juga bisa membuat seorang wanita mengalami masalah anemia. Hal ini karena tubuh membutuhkan banyak sekali asupan zat besi yang digunakan untuk membantu memproduksi hemoglobin bagi janin yang sedang di kandung.

6. Faktor operasi

Bagi mereka yang pernah mengalami operasi pangankatan atau operasi lainnya pada bagian usus dan pencernaan di dalam tubuh, maka iya akan lebih beresiko mengalami masalah anemia. Ini karena sistem pencernaan di dalam tubuh belum mampu sepenuhnya untuk menyerap semua nutrisi yang di perlukan oleh tubuh.
10 Makanan Penambah Darah Paling Ampuh Dalam Mencegah Anemia
Makanan Penambah Darah

Cara Mengatasi Anemia

Memang anemia merupakan kondisi yang tidak terlalu serius, tapi dalam beberapa kasus orang yang mengalami anemia perlu mendapatkan perawatan khusus. Namun kondisi tersebut sering di barengi dengan masalah kesehatan lainnya yang terjadi di dalam pencernaan dan usus.

Selain bisa menggunakan vitamin penambah darah, kamu juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan penambah darah seperti sayur, buah dan juga daging. Selain karena aman, makanan seperti sayur, buah dan daging juga baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ulasannya.

1. Jenis sayur penambah darah

Ada banyak jenis sayur yang aman untuk kita konsumsi secara rutin, namun tidak semua jenis sayur-sayuran itu bisa membantu kita untuk mencegah anemia. Lalu sayur apa untuk penambah darah? Simak ulasanyanya di bawah ini:

Sayur bayam

Jenis sayur pertama yang bisa membantu menambah darah dalam tubuh anda yaitu sayur bayam. Karena dalam bayam terkandung sumber zat besi yang banyak, sehingga mampu membantu mencegah terjadinya anemia pada tubuh anda.

Anda bisa mengolah bayam menjadi berbagai menu masakan yang anda sukai. Dengan begitu  zat bezi pada bayam bisa lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan bayam yang belum diolah. Dan perlu diketahui juga, jika pada 1 cangkir bayam yang sudah dimasak anda bisa mendapatkan kurang lebih 6 mg zat besi.

Sayur brokoli

Sayur berikut yang bisa bermaanfaat sebagai penambah darah yang bagus untuk ibu hamil yaitu sayur brokoli. Sebab brokoli adalah jenis sayur hijau yang banyak mengandung asam folat dan zat bezi. Terdapatnya kandungan  asam folat  pada brokoli dapat membantu  ibu hamil  terhindar dari anemia, begitu pula dengan kandungan zat besi yang ada pada sayur brokoli.

Brokoli juga banyak mengandung vitamin C yang juga dapat membantu penyerapan zat besi yang baik pada tubuh anda. Jadi jika saat ini sedang mengalami anemia, bisa untuk mencoba sayur brokoli sebagai salah satu solusi yang bisa dicoba.

Baca Juga : 7 Penyebab Buang Air Besar Berdarah dan Solusinya

2. Jenis buah penambah darah

Buah memang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia, namun tidak semua buah mempunyai manfaat dalam mengatasi masalah anemia. Lalu buah apa yang bisa menaikkan HB?

Buah jeruk

Memang banyak kita bisa temui buah-buahan yang banyak mengandung asam folat yang tinggi. Dan memang sangat disarankan agar anda secara rutin dan teratur untuk mengkonsumsi buah –buahan ini. Salah satunya yaitu buah jeruk. Karena perlu anda ketahui  kandungan asam folat yang terdapat pada buah jeruk dapat membantu menambah darah, serta membantu tubuh anda dalam pembuatan sel darah merah yang baru.

Jadi resiko anda terkena anemia bisa berkurang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh USDA National Nutrition Database for Standard Reference dikatakan bahwa anda bisa menemukan kandungan asam folat sebanyak 31,5 mg dalam sebuah satu gelas jeruk. Oleh karena itu jangan ragu untuk mengkonsumsi buah jeruk ya.

Buah anggur

Buah berikut yang juga mengandung asam folat yang tinggi dan baik untuk mencegah anemia terjadi yaitu buah anggur. Buah yang kecil dan cenderung memiliki rasa asam ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh anda. Karena dalam satu gelas anggur terdapat kandungan asam folat sebanyak  21 mg.

Jadi dengan anda mengkonsumsi  buah anggur secara teratur niscaya anda tidak akan mengalami kekurangan darah dalam tubuh anda. Bukan hanya itu saja, buah anggur juga mengandung Vitamin A yang sangat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, yang juga membantu anda terhindar dari anemia.

Buah stroberi

Buah Stroberi yang berwarna merah dan memiliki rasa asam ini sering kali menjadi buah favorit  banyak orang terutama para wanita. Memiliki tekstur kulit yang ada berbintik tidak mengurangi minat orang untuk tetap mengkonsumsinya. Berbagai manfaat bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi buah stroberi ini.

Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan yaitu buah ini dapat membantu menambah darah dalam tubuh anda. Dan juga terdapatnya kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah stroberi ini juga dapat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh anda serta dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Jadi kami sarankan anda untuk mengkonsumsi buah stroberi ini agar terhindar dari kekurangan darah.

Buah semangka

Selain buah yang diatas, buah semangka juga ternyata mempunyai manfaat dalam mengatasi masalah anemia ( kekurangan sel darah merah ). Hal ini karena di dalam satu potong buah semangka mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi yakni 1.5 gram.

Tidak hanya itu, buah semangka tidak hanya mempunyai kandungan zat besi namun juga vitamin c dan mineral yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, semangka tidak hanya dikenal untuk mengatasi masalah anemia namun juga merupakan buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Buah kismis

Buah kering yang merupakan buah anggur yang dikeringkan dan dapat dikonsumsi langsung,  bahkan bisa digunakan dalam masakan, atau yang lebih sering kita sebut buah kismis ini. Ternyata memiliki manfaat yang dapat membantu menambah darah dalam tubuh anda. Karena dalam buah kismis ini terkandung zat besi yang tinggi dan dapat membuat anda terhindar dari anemia ( kekurangan darah merah ).

Anda bisa menemukan kurang lebih 2 gram zat besi dalam 2/3 gelas kismis. Untuk mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya, anda bisa menikmati buah kering ini dengan berbagai cara, baik itu ditambahkan langsung ke dalam sereal, oatmeal, kue, ataupun dimakan secara langsung.

3. Jenis daging penambah darah

Jika kamu adalah orang yang memang tidak suka mengkonsumsi sayuran-sayuran, maka sebagai penggantinya kamu bisa mengkonsumsi daging untuk mencegah masalah anemia. Tapi untuk hasil yang baik, ada bagusnya untuk mengkombinasikan sayur dan daging tersebut. Berikut ini beberapa daging yang bagus untuk mengatasi masalah anemia.

Daging sapi dan kambing

Terdapatnya kandungan sumber zat besi dalam daging sapi dan daging kambing ini juga sangat bermanfaat bagi anda agar terhindar dari anemia. Munculnya anemia memang terkadang menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Dan juga mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan.

Oleh karena itu sangatlah dianjurkan bila anda saat ini sedang mengalami anemia untuk mengkonsumsi salah satu dari kedua daging ini. Sebab daging merah adalah makanan penambah darah yang sangat mudah ditemukan. Dengan anda mengkonsumsi kurang lebih 100 gr daging maka kandungan zat besi sebanyak  2,7 mg ini akan memenuhi 15 % asupan daging yang disarankan per harinya.

Daging unggas

Untuk mencegah masalah anemia, daging  yang bisa anda konsumsi berikutnya yaitu daging unggas. Karena dengan anda mengkonsumsi  100 gr daging unggas per harinya sudah memenuhi  13 % asupan zat besi yang sudah disarankan. Daging unggas yang sangat disarankan untuk di konsumsi agar terhindar ataupun untuk membantu mengurangi anemia yang sedang anda alami saat ini yaitu daging ayam, ataupun daging bebek. Untuk mendapatkan manfaat dari daging unggas ini, anda bisa mengolah daging ini menjadi berbagai macam menu yang anda sukai.

Jeroan hewan

Selain daging yang sudah diulas di atas tadi, ternyata jeroan hewan pun dapat membantu menambah darah dalam tubuh anda. Organ dalam hewan ini bisa berupa jantung, otak, hati maupun ginjal. Jenis jeroan ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Anda bisa mendapatkan kandungan zat besi kurang lebih sebanyak  6,5 mg dalam 100 gr dari jeroan hati sapi. Sehingga 36% anda sudah memenuhi asupan zat besi per hari. Anda bisa mengolah jeroan ini menjadi berbagai menu, namun jangan lupa untuk tidak mengkonsumsi jeroan hewan secara berlebihan. Karena bisa memacu timbulnya kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Jika dengan cara di atas tadi masalah anemia yang kamu alami tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, maka ada baiknya untuk segera pergi ke dokter. Sebab masalah tersebut mungkin adalah sebuah gejala awal dari masalah kesehatan yang lebih serius lagi. Selain itu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jenis makanan dan vitamin apa yang baik untuk kamu konsumsi dalam meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel