Cara Mengatasi Bayi Kurang Tidur di Siang Hari

Gamatips.com – Tidur adalah sebuah waktu yang di butuhkan oleh tubuh bayi untuk beristirahat dan berkembang. Tapi sebagai orang tua, mengajarkan anak untuk tidur siang adalah tindakan yang bagus bagi kesehatan tubuhnya. Namun dalam mengajarkannya untuk tidur siang, usahakan untuk tidak memaksa agar iya tidur siang, karena cara tersebut tidaklah efektif. Ada beberapa cara yang mudah untuk bunda lakukan agar dapat membuat si kecil menjadi terbiasa untuk tidur siang setiap hari.
Cara Mengatasi Bayi Kurang Tidur di Siang Hari
Cara Mengatasi Bayi Kurang Tidur Siang

Dalam sebuah studi, jika seorang anak yang mengalami kekurangan tidur siang maka hal ini akan membuat tubuhnya cepat merasa lelah dan akan sangat sulit untuk tidur di malam hari. Oleh sebab itu, tidur siang adalah jadwal yang wajib untuk membuat energi tubuh si kecil kembali pulih. Maka dari itu, tidak hanya orang dewasa saja yang perlu tidur siang tapi bayi juga perlu tidur siang yang cukup setiap hari.

Apa Sebab Bayi Susah Tidur Siang?

Pada dasarnya, penyebab utama bayi susah tidur siang adalah kita sebagai orang tua tidak pernah membuatkan mereka jadwal untuk seluruh kegiatannya setiap hari mulai dari makan, mandi, bermain dan juga tidur. Dengan jadwal inilah yang nantinya akan membuat si kecil menjadi terbiasa dengan rutinitas setiap hari seperti tidur siang.

Pada awal bunda membuatkannya sebuah jadwal, kemungkinan besar bayi tidak akan mau mengikuti jadwal tersebut. Tapi jika bunda menerapkannya secara terus dan konsisten maka lama-kelamaan bayi akan mau mengikuti jadwal yang sudah bunda buat. Selain itu, ada baiknya untuk membuat bayi tidur siang sebelum tubuhnya merasa lelah agar ketika malam hari bayi tidak begadang atau tidur terlalu malam.

Baca Juga : 19 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi yang Benar

Pola Tidur Siang Pada Bayi Berdasarkan Umur

Masing-masing bayi memiliki pola tidur yang berbeda-beda dan tergantung dari usianya sendiri. Untuk pola tidur bayi 0-3 bulan, biasanya iya akan menghabiskan seluruh waktunya hanya untuk tidur. Dimana bayi 0-3 bulan akan tidur selama 11 sampai 18 jam setiap hari dan 7  jam diantaranya adalah tidur siang.

Untuk usia bayi 0-3 bulan ini bunda tidak akan bisa menebak kapan dia akan tidur siang dan kapan dia lapar. Oleh sebab itu, bunda sebaiknya membiarkannya untuk mencukupi kebutuhan tidurnya sendiri saja.

Sedangkan untuk bayi yang sudah berusia 3 bulan ke atas, pola dan jam tidurnya akan mulai berubah. Untuk usia bayi di atas 3 bulan biasanya iya akan tidur dengan rentang waktu 6-7 jam setiap harinya. Tapi terkadang ada juga yang tidur sampai 10 jam setiap hari.

Semakin bertambahnya usia bayi, jam tidur siangnya akan terus berkurang. Untuk bayi 4-6 bulan, iya akan tidur selama 4 sampai 5 jam sehari saja dan inilah saat yang tepat jika bunda ingin merubah pola tidur si kecil. Karena pada umur ini, pola tidur dan makanya sudah mulai dapat kita ketahui dan lebih gampang untuk mengajarkannya untuk tidur siang.
Cara Mengatasi Bayi Kurang Tidur di Siang Hari
Cara Agar Bayi Mau Tidur Siang

Cara Mengajarkan Bayi Tidur Siang Dengan Benar

Ada banyak faktor yang mungkin menyebabkan bayi untuk sulit tidur siang, namun faktor utama bayi susah tidur siang adalah orang tua yang tidak bisa mengenali tanda-tanda kalau si kecil sudah mengantuk. Berikut ini ada beberapa cara yang mudah untuk bisa mengajarkan bayi tidur siang setiap hari:

1. Pelajari tanda-tanda bayi mengantuk

Tanda - tanda bayi mengantuk yang bisa bunda perhatikan dan pelajari biasanya dimulai dengan gerak gerik sang buah hati yang cukup jelas terlihat, misal seperti mulai sering menguap, mengerutkan kening, mulai rewel, mengosok-gosok matanya dan lebih mudah menangis. Serta janganlah lupa untuk memperhatikan jam berapa sang buah hati memperlihatkan tanda-tanda tersebut. Perhatikan tanda-tanda yang muncul tersebut selama kurang lebih seminggu.

Lalu jika anda sudah mulai bisa mengenali tanda-tanda bayi mulai mengantuk itu akan membantu dan akan memudahkan Anda untuk membiasakannya tidur siang. Apabila sang buah hati menunjukkan tanda-tanda mulai mengantuk sekitar jam 11, lalu usahakanlah sekitar lima belas menit sebelum itu untuk mengganti popok dan memberikannya susu. Hal ini dilakukan agar sang buah hati  merasa lebih nyaman dan dengan mudah terlelap.

Bunda juga harus mengurangi mengajaknya bermain dan membiarkannya terjaga saat seharusnya jadwal  jam tidur siangnya. Sebab itu akan membuat sang buah hati lelah, dan rasa lelah yang muncul itu akan membuatnya lebih sulit tertidur.

2. Ajarkan bayi untuk tidur siang

Ketika bunda sudah memahami tanda-tanda si kecil mengantuk dan iya sudah menunjukkan tanda tersebut maka usahakan untuk cepat membawanya ke tempat tidur. Usahakan dalam kamar tempatnya tidur tidak berisik, karena jika berisik akan membuatnya tidak mau tidur dan malah akan mengajak bunda bermain. Pada saat iya sudah tertidur, segeralah tinggalkan dan biarkan iya tidur sendiri. Karena cara ini akan membuatnya belajar untuk bisa tidur sendiri.

Baca Juga : 12 Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Malam Hari

3. Tidurkan bayi pada jam yang sama setiap hari

Mengajarkan sang buah hati agar tidur pada jam yang sama setiap harinya juga harus bunda perhatikan. Menetapkan konsistensi saat mengajak sang buah hati tidur siang juga harus bunda lakukan. Aturlah waktu siang sang buah hati di sekitar jam sama setiap harinya dan pastikan durasi tidurnya jangan terlalu sering berubah-ubah.

Perhatikan juga kegiatan yang akan dilakukan dengan sang buah hati, jangan sampai bentrok dengan jam tidur siangnya. Karena mengubah jam tidur siang serta durasi siang sang buah hati bisa menyebabkan bayi akan sulit untuk terbiasa tidur siang. Oleh karena itu bunda pastikan waktu serta durasi sang buah  hati ya. Walaupun saat itu bunda sedang dalam keadaan berpergian.

Jika bunda menginginkan tidur siang sang buah hati  berkualitas, usahakanlah untuk memastikan perutnya terisi sebelum tidur. Serta bunda juga perlu membuat ruang tidurnya terasa nyaman, bersih, dan tenang. Lalu tidurkanlah sang buah hati tercinta anda. Karena dengan bunda menjaga kebiasaan yang sederhana ini niscaya sang buah hati akan merasa lebih nyaman saat tidur siangnya tiba.

Sebaiknya bunda menghindari untuk menidurkan si kecil ketika sore hari atau lewat dari jam 3 sore atau mendekati waktu tidur malam. Karena jika bayi tidur pada waktu yang mendekati jam tidur malam, maka akan membuatnya kesulitan untuk bisa tidur dengan lelap pada malam hari.

Membuat bayi terbiasa tidur siang memang bukan perkara mudah dan membutuhkan usaha dan kesabaran yang luar biasa. Memang tidak semua anak mudah untuk diajarkan tidur siang, karena ada saja anak yang rewel dan  sulit untuk bisa menerapkan jam tidur siang setiap hari. Nah, apabila bunda mengalami kesulitan untuk membuatnya tidur siang untuk jangka waktu yang panjang maka sebaiknya bunda mengkonsultasikannya ke dokter anak.

Tapi pada umumnya, jika kita konsisten dan sabar dalam menerapkan pola tidur siang pada bayi, lambat laun iya pasti akan mau mengikuti pola yang bunda buat dan terkadang iya juga akan tidur siang dengan sendirinya. Mungkin cukup sekian informasi yang bisa admin rangkumkan mengenai cara mengatasi bayi kurang tidur siang, semoga cara di atas bisa bermanfaat bagi kamu semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel