Inilah 7 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Gamatips.com – Kemiri adalah salah satu dari beberapa jenis rempah-rempah yang ada di Indonesia dan sering di gunakan dalam sebuah masakan. Hal ini karena kemiri mempunyai kandungan minyak yang mampu membuat rasa dari masakan kita buat menjadi lebih enak. Namun percayakah kamu, kalau kemiri mempunyai manfaat untuk kesehatan?
Inilah 7 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan

Dalam sebuah penelitian menyimpulkan kalau kemiri itu tidak hanya bisa diolah sebagai bumbu penyedap masakan, namun kemiri juga baik dalam menyembuhkan penyakit yang sering dialami oleh manusia. Hal ini karena kemiri mempunyai sebuah kandungan yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia.

Kandungan Nutrisi Kemiri

Dalam Bahasa inggris kemiri di sebut candlenut yang tumbuh dengan subur pada daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Kemiri juga mempunyai kandungan yang sangat lengkap dari pada jenis rempah-rempah lainnya seperti jahe dan kunyit.

Kandungan dalam 100 gram kemiri

  • Energi = 473.0 cal
  • Kandungan air = 24.4 ml
  • Lemak = 49.9 g
  • Protein = 7.8 g
  • Total karbohidrat = 0.0 g
  • Potasium = 876.0 mg
  • Sodium = 14.0 mg
  • Fosfor = 1,060.0 mg
  • Kalsium = 140.0 mg
  • Magnesium = 410.0 mg
  • Zink = 2.7 mg
  • Zat Besi = 2.7 mg
  • Tembaga = 6.9 mg
  • Kadmium = 0.1 ug
  • Vitamin B1 = 4.2 mg
  • Vitamin B2 = 0.0 mg
  • Vitamin B3 = 1.3 mg

Apa Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan?

Kandungan yang lengkap dalam kemiri inilah yang membuatnya memiliki manfaat bagi kesehatan dan kesuburan rambut. Namun untuk memperoleh manfaat kemiri bagi kesehatan, kamu harus tahu bagaimana cara yang benar dalam mengolah kemiri. Karena sedikit saja kamu salah dalam mengolahnya, maka kemiri akan berubah menjadi racun yang berbahaya bagi kesehatan.

Ada beberapa tahap yang wajib untuk kamu lalui ketika ingin mengolah kemiri sebagai obat. Selain itu, biji kemiri juga tidak boleh di konsumsi secara langsung dalam keadaan mentah, ini karena kandungan getah dalam biji kemiri dapat menjadi racun yang bisa menyebabkan masalah pada tubuh seperti gangguan pada lambung dan jantung.

Kamu bisa mengolah kemiri dengan cara disangrai, diambil minyaknya atau diolah sebagai bumbu dapur. Lalu, apa manfaat kemiri untuk kesehatan? Berikut penjelasannya:

Baca Juga : Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan Yang Sudah Teruji

1. Manfaat kemiri untuk kesehatan jantung

Manfaat kemiri yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Ini karena beberapa kandungan yang ada di dalam kemiri mampu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Selain itu kemiri juga baik dalam membantu proses dalam menurunkan kada kolesterol jahat dalam darah.

Kandungan yang ada dalam kemiri ini adalah potasium, yang sudah sejak lama kandungan ini di kenal mempunyai khasiat yang bagus dalam menurunkan resiko darah tinggi. Hal ini juga berdampak pada kesehatan jantung, karena dapat meminimalisr kerja berlebih pada jantung.

2. Manfaat kemiri untuk mencegah infeksi jamur

Pada umumnya, masalah kulit sering di sebabkan oleh infeksi jamur seperti panu dan kurap. Biasanya infeksi jamur yang terjadi pada kulit tidak terlalu mambahayakan kesehatan, namun jika kondisi ini hanya di biarkan saja dan terjadi dalam jangka yang lama, maka tidak menutup kemungkinan kalau masalah yang lebih besar bisa terjadi.

Saat ini memang sudah ada banyak jenis obat untuk mengatasi masalah infeksi jamur pada kulit, namun tidak semua jenis obat tersebut aman bagi kulit setiap orang. Maka untuk menghindari hal yang buruk terjadi, kamu bisa mencoba untuk memakai bahan alami yakni minyak kemiri. Gunakan secara teratur agar hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

3. Manfaat kemiri untuk kesehatan pencernaan

Biji kemiri juga merupakan salah satu rempah-rempah yang mempunyai kandungan serat tinggi. Dimana kandungan serat dalam kemiri ini mampu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat ini juga akan mencegah tubuh mengalami masalah kesehatan seperti diare dan masalah lainnya yang berhubungan dengan pencernaan.

Oleh sebab itu, untuk kamu yang mungkin sedang mengalami atau ingin mencegah agar tidak mengalami masalah tersebut, maka kamu bisa menggunakan ekstrak biji kemiri secara rutin.

4. Manfaat kemiri untuk diet

Kandungan protein yang ada dalam kemiri itu sangat bermanfaat dalam membantu membangun masa otot dalam tubuh manusia. Selain itu, kemiri juga sangat cocok bagi mereka yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena protein dalam kemiri itu sangat bagus untuk membantu membakar kalori berlebih yang ada dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, selain bisa diolah sebagai bumbu masakan, ternyata manfaat kemiri bakar lebih baik dalam program diet sehat yang sedang kamu lakukan.
Inilah 7 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan

5. Manfaat kemiri untuk kesehatan tulang dan persendian

Selain manfaat di atas, kandungan dalam biji kemiri juga ternyata mampu untuk memberikan manfaat untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada persendian dan tulang. Jadi kamu bisa mengkonsumsi ekstrak biji kemiri secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Manfaat kemiri untuk mengatasi masalah insomnia

Seperti yang sudah kita ketahui kalau insomnia adalah sebuah kondisi di mana orang yang mengalaminya akan kesulitan untuk tidur pada malam hari. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab insomnia seperti depresi, terlalu banyak pikiran, rasa takut yang berlebihan dan juga cemas.

Dalam minyak kemiri terdapat kandungan melatonin yang mampu untuk membuat tubuh kamu merasa lebih rileks dan hal ini juga akan membuat kamu menjadi lebih cepat tidur pada malam hari.

Baca Juga : 11 Manfaat Serei Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

7. Manfaat kemiri untuk mengobati gigi yang sakit

Manfaat kemiri untuk kesehatan selanjutnya adalah mengobati sakit gigi. Kamu bisa memanfaatkan minyak kemiri asli sebagai obat alami untuk mengatasi gigi yang terasa sakit. Caranya ambil sebuah kapas dan teteskan minyak kemiri asli secukupnya, lalu usapkan pada gigi yang merasa sakit dan hindari untuk menelan minyak kemiri tersebut.

Manfaat kemiri untuk kesehatan ini bisa kamu dapatkan jika kamu benar dalam mengolahnya. Sebab dalam buah, biji dan pohon kemiri ini mempunyai kandungan racun yang mungkin dapat membahayakan kesehatan tubuh. Maka dari itu, bijaklah dalam memanfaatkan bahan alami sebagai obat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel