9 Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya Dengan Benar

Gamatips.com – Jerawat adalah salah satu dari beberapa jenis masalah kulit yang sering terjadi tanpa orang sadari. Pada umumnya timbulnya jerawat pada kulit dapat di sebabkan oleh tersumbatnya tempat pertumbuhan rambut halus oleh minyak, kotoran dan sel-sel kulit mati. Biasanya jerawat bisa timbul di mana saja, contohnya seperti jerawat pada wajah, pipi, dahi, hidung, punggung dan terkadang jerawat juga bisa muncul pada dada.
9 Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya Dengan Benar
Penyebab Jerawat
Pada dasarnya, jerawat bisa dialami oleh semua orang tanpa mengenal usia. Namun beberapa kasus, jerawat lebih sering muncul ketika seseorang itu sedang berada pada masa puber dengan rentang usia 10 tahun ke atas. Jerawat yang muncul juga dapat bertambah parah pada kulit yang berminyak.
Selain karena masa puber, penyebab jerawat pada pria atau wanita ini juga bisa terjadi karena kebersihan tubuh yang kurang di jaga. Meski jerawat akan hilang dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam mengatasi jerawat pada wajah.

Gejala Awal Munculnya Jerawat

Jerawat bisa muncul di mana saja, tanpa mengenal tempat. Tapi pada umumnya bagian tubuh yang lebih sering di tumbuhi oleh jerawat adalah wajah, leher, dahi dan juga punggung. Gejala awal munculnya jerawat dapat di tandai dengan timbulnya bintik yang berwarna hitam atau putih pada bagian kulit.

Untuk bintik yang berwarna hitam ini biasanya sering muncul pada permukaan kulit dan perlu kalian ketahui kalau bintik hitam yang muncul pada kulit ini bukanlah penumpukan dari kotoran tapi karena jerawat terpapar oleh oksigen di udara. Untuk bintik yang berwarna putih biasanya akan terletak di bagian bawah permukaan kulit dengan tekstur yang lebih keras dari bintik hitam.

Gejala awal munculnya jerawat tersebut juga akan bertambah parah lagi oleh bakteri penyebab peradangan. Dari peradangan tersebut dapat memicu masalah jerawat yang lebih parah lagi, seperti:

1. Jerawat pustula

Jenis jerawat ini biasanya akan ditandai dengan timbulnya sebuah benjolan yang dibarengi dengan ujung berisi nanah.

2. Jerawat popular

Memang ukuran jerawat yang satu ini lebih kecil dari jerawat pustula, namun jerawat ini adalah jerawat yang sangat sakit ketika awal kemunculannya.

3. Jerawat nodul

Jerawat yang satu ini mempunyai bentuk tonjolan yang menyerupai jerawat pustula namun cenderung lebih keras dan terkadang di ikuti juga dengan rasa sakit.

4. Jerawat kista

Jerawat yang terakhir ini adalah jenis jerawat yang paling menyakitkan dari jenis-jenis jerawat tadi. Jerawat ini juga sering muncul pada bagian bawah permukaan kulit.

Apa Penyebab Munculnya Jerawat Pada Kulit?

Penyebab timbulnya jerawat pada kulit dapat terjadi karena faktor lingkungan dan pola hidup masing-masing orang. Tapi dalam beberapa jenis kasus, ada empat jenis penyebab utama orang mengalami jerawat pada kulit, diantaranya sebagai berikut:

1. Produksi sabun berlebih pada kulit

Penyebab yang pertama adalah kelenjar minyak pada kulit memperoduksi minyak secara berlebihan untuk mencegah kulit kering.

2. Terjadinya sumbatan pada folikel rambut

Timbulnya jerawat juga bisa disebabkan oleh tersumbatnya folikel tempat rambut tumbuh oleh kotoran minyak dan sel-sel kulit mati.

3. Bakteri penyebab jerawat

Bakteri juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat pada kulit dan jenis bakteri tersebut adalah Propionibacterium acnes. Jenis bakteri ini bisa berkembang biak dengan mudah dan membuat folikel rambut menjadi tersumbat serta menjadi pemicu timbulnya peradangan.

4. Hormon dalam tubuh

Penyebab munculnya jerawat yang terakhir adalah hormon. Di mana aktivitas hormon androgen yang berlebih di dalam tubuh dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat pada wajah dan anggota tubuh lainnya.

Baca Juga : 9 Manfaat Minyak Argan Untuk Kecantikan Kulit Yang Perlu Kamu Ketahui

Kebiasaan Penyebab Munculnya Jerawat

Selain empat penyebab utama yang memicu timbulnya jerawat pada kulit, kebiasaan sehari-hari setiap orang juga dapat memicu munculnya masalah jerawat. Berikut ada beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari:

1. Mencuci wajah terlalu sering

Bagi sebagian orang beranggapan kalau kulit wajah yang kotor adalah penyebab utama timbulnya jerawat. Tapi, terlalu sering membersihkan wajah juga dapat memicu munculnya jerawat pada kulit. Hal ini akan membuat kulit wajah kehilangan minyak dan menjadi kering serta akan membuat kelenjar minyak pada kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi untuk mencegah kulit mengalami kekeringan.

Proses tersebutlah yang juga akan membuat kulit wajah di tumbuhi oleh jerawat. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi kita harus menghindari untuk mencuci muka terlalu sering dan maksimalnya dua kali dalam sehari. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya mencuci muka dengan air hangat ketika pagi dan sore hari setelah selesai beraktivitas.

2. Sering memencet jerawat

Memencet jerawat bukanlah cara untuk menghilangkan jerawat secara permanen, namun memencet jerawat dapat menjadi pemicu munculnya masalah yang lebih serius. Hal ini karena ketika kita memencet jerawat, penyumbatan pada kulit akan merambah kedalam kulit dan hal ini akan memicu proses penyembuhan jerawat menjadi lebih sangat lama serta akan menimbulkan bekas jerawat yang sulit untuk di hilangkan.

3. Memakai Hp yang kotor

Menggunakan ponsel setiap hari akan membuatnya menjadi lebih kotor dan ketika digunakan untuk menelpon, kotoran serta bakteri yang terdapat dalam ponsel akan menempel pada wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat.  Oleh sebab itulah, kamu wajib untuk selalu menjaga kebersihan ponsel yang kamu gunakan.

4. Produk rambut yang mengenai wajah

Jika kamu menggunakan produk rambut seperti gel rambut, maka usahakan untuk tidak mengenai bagian wajah seperti dahi, pipi atau bagian wajah lainnya. Sebab produk rambut ini dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat pada kulit wajah, karena tetesan gel rambut akan membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat.

5. Memakai make-up yang berlebihan

Untuk kamu kaum wanita, sebaiknya hindari menggunakan make-up secara berlebihan, karena make-up yang berlebihan dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit. Maka dari itu, sebelum kamu menggunakan make-up, ada baiknya untuk memakai obat jerawat terlebih dahulu dan ketika ingin tidur sebaiknya hapus terlebih dahulu make-up yang kamu gunakan.

6. Mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak

Memang sampai saat ini belum ada penelitian yang jelas mengenai jenis makanan penyebab jerawat. Namun menurut dokter, untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit sebaiknya batasi mengkonsumsi jenis makanan yang manis dan juga olahannya. Selain itu, makanan yang terbuat dari produk susu juga sebaiknya di batasi.
9 Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya Dengan Benar
Penyebab Jerawat

Cara Mengobati Jerawat Dengan Produk Jerawat

Mengobati jerawat tentu tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar serta tergantung seberapa parah kondisi dari jerawat yang dialami. Untuk mengobati masalah jerawat yang ringan, kamu bisa mengobatinya dengan produk perawatan jerawat seperti gel atau krim jerawat yang memiliki kandungan benzoyl peroxide.

Ada banyak sekali jenis produk perawatan jerawat yang sudah di jual bebas di apotik dan bisa kamu beli tanpa resep dokter. Beberapa produk perawatan tersebut seperti:

1. Produk penzoyl peroxide

Benzoyl peroxide berfungsi sebagai antiseptik, yang berfungsi membunuh bakteri di permukaan kulit. Zat ini juga membantu mengurangi komedo dan mengatasi radang. Benzoil peroksida tersedia dalam bentuk gel atau krim, dan digunakan pada wajah yang berjerawat, 20 menit sesudah cuci muka.

2. Produk retinoid topikal

Jenis produk yang satu ini sangat bagus dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit yang akan membuat pori-pori kulit tidak tersumbat. Cara pemakaian, kamu bisa menggunakan obat ini satu kali dalam sehari di pagi atau malam hari sebelum tidur. Namun obat ini tidak baik untuk wanita hamil, karena dapat beresiko buruk pada janin.

3. Produk antibiotik topical

Untuk produk berikut ini mempunyai manfaat dalam membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk cairan dan juga gel yang dapat kamu oleskan secara langsung pada bagian kulit. Jenis obat ini juga tidak cocok untuk digunakan dengan jangka waktu yang panjang, sebaiknya gunakan hanya selama 6 sampai 8 minggu saja.

4. Produk asam azelaic

Kamu bisa memperoleh obat yang satu ini dalam bentuk krim saja. Cara kerja obat ini adalah mengangkat seluruh sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit dan obat ini juga ampuh dalam membunuh semua bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Kamu bisa menggunakan obat ini 2 kali dalam satu hari, tapi jika kamu memiliki kulit yang sensitif maka gunakanlah hanya 1 kali dalam sehari saja.

5. Produk antiandrogen

Obat berikut ini biasanya akan di gunakan oleh dokter jika jerawat yang diderita oleh pasien tidak hilang dengan antibiotik saja. Cara kerja dari obat ini adalah menghalangi efek hormon androgen yang ada pada kelenjar minyak dalam kulit. Namun obat ini biasanya harus melalui resep dokter.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami

Mengatasi Jerawat Dengan Bahan Alami

Dalam mengatasi jerawat yang membandel, kamu memang bisa menggunakan produk-produk pembasmi jerawat yang sudah di jual bebas di apotik. Tapi bagi kalian yang mungkin khawatir dengan efek samping yang di timbulkan dari penggunaan produk tersebut maka bisa beralih dengan melakukan perawatan memakai bahan alami. Berikut beberapa bahan alami untuk mengatasi jerawat membandel pada kulit:

1. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya juga cukup ampuh dalam mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah. Hal ini karena lidah buaya mempunyai kandungan polifenol yang berkhasiat untuk membasmi jerawat membandel pada kulit. Tapi untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu harus rutin menggunakan lidah buaya tersebut.

2. Menggunakan putih telur

Didalam putih telur terdapat sebuah kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat, yaitu enzim lysonzim. Kamu dapat menggunakan putih telur yang di tambahkan sedikit air perasan lemon, kemudian oleskan keseluruhan bagian kulit sampai merata. Diamkan beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat. Gunakan masker putih telur secara rutin agar hasil yang di dapatkan bisa lebih maksimal.

3. Menggunakan bawang putih

Bawang putih mempunyai sebuah kandungan yang bernama sulfur. Dimana zat sulfur ini mampu untuk mengatasi masalah jerawat membandel pada kulit secara menyeluruh. Selain itu, masker dari bawang putih juga cukup aman untuk di gunakan bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif.

Dalam menggunakan bahan-bahan alami dalam menghilangkan jerawat pada kulit wajah, tentu kamu tidak boleh terburu-buru untuk mendapatkan hasilnya. Karena penggunaan bahan alami itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun hasilnya akan lebih bertahan lama dari pada menggunakan obat-obatan.

Selain dapat bertahan lama, pemakaian bahan alami juga tidak mempunyai efek samping yang berbahaya pada kondisi kulit yang normal dan aman untuk digunakan secara rutin setiap hari. Itu saja ulasan yang dapat admin rangkumkan mengenai penyebab jerawat dan cara mengatasinya dengan benar. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semuanya, jika masih ragu, kalian dapat mengkonsultasikannya dengan dokter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel