8 Daftar Menu Diet Untuk Ibu Menyusui yang Aman

Gamatips.com – Ketika hamil, tentu banyak wanita yang mengalami kenaikan berat badan secara berlebih dan ketika selesai persalinan, berat badan bisa saja akan meningkat kembali. Inilah yang juga membuat banyak dari wanita yang ingin segara menurunkan berat badanya dengan melakukan program diet bagi ibu menyusui. Tanpa kamu sendiri sadari, ketika selesai persalinan, tubuh kamu sebenarnya sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk bisa menghasilkan ASI yang berkualitas bagi si kecil.
8 Daftar Menu Diet Untuk Ibu Menyusui yang Aman
Menu Diet Untuk Ibu Menyusui

Ketika seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui, menjaga pola makan yang sehat serta seimbang itu merupakan hal yang wajib untuk di lakukan. Ibu menyusui juga wajib untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, protein dan juga mineral. Karena semua nutrisi itu diperlukan oleh tubuh untuk bisa menghasilkan ASI yang berkualitas untuk si kecil.

Jenis Makanan yang Baik Untuk Diet Ibu Menyusui

Jika ibu menyusui ingin melakukan program diet untuk menjaga berat badan agar tidak naik secara signifikan, maka mengatur pola makan dan jenis makanan adalah kunci utama yang tidak boleh kamu lewatkan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang wajib ibu menyusui konsumsi:

1. Ragam buah-buahan

Ragam buah –buahan yang baik untuk diet yang dilakukan oleh ibu menyusui sangatlah banyak jenisnya. Serta mudah untuk bunda temui. Dan usahakan minimal konsumsilah sebanyak dua kali sehari buah- buahan ataupun jus buah selama masa diet ibu menyusui ini. Serta jangan lupa untuk memilih buah yang merupakan sumber vitamin C serta mengandung banyak vitamin dan juga mineral, seperti buah jeruk, mangga, stroberi, pepaya, dll.

2.  Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu menu diet sehat untuk ibu menyusui yang tidak boleh di lupakan. Hal ini dikarenakan kacang mempunyai kandungan kalori yang di perlukan oleh tubuh di dalam memperoduksi Asi yang berkualitas dan cukup untuk si kecil.


3. Beras merah

Beras merah juga merupakan salah satu menu  yang bisa membantu diet sehat pada masa menyusui. Hal ini dikarenakan beras jenis ini bisa menyediakan kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dan juga bisa mendukung produksi ASI  yang baik dan berkualitas.

Baca Juga :  Manfaat Minum Air Es Untuk Menurunkan Berat Badan

4. Produk susu yang rendah lemak

Olahan produk susu yang rendah lemak juga dapat membantu diet saat menyusui . Bunda bisa menemukan olahan produk susu yang rendah lemak  seperti susu rendah lemak, yogurt dan keju. Hal ini dikarenakan susu memiliki kandungan protein, vitamin B, vitamin D, serta kalsium. Vitamin ini sangatlah penting bagi pertumbuhan tulang bayi. Jadi dengan anda mengkonsumsi  susu minimal 600 cc per hari, niscaya kebutuhan kalsium bunda  dan bayi akan tercukupi.

5. Daging yang tidak mengandung lemak

Memang dianjurkan saat menyusui  agar bunda mengkonsumsi daging, namun jika ingin melakukan diet saat menyusui sangatlah dianjurkan agar tidak mengkonsumsi daging yang terlalu banyak mengandung lemak. Karena daging yang tidak mengandung banyak lemak  memiliki kandungan zat besi, protein dan vitamin B12. Kandungan tersebut dapat membantu memenuhi energi yang sangat dibutuhkan pada masa diet menyusui.

6. Ikan salmon

Ikan salmon tidak hanya bagus untuk ibu hamil, tapi mengkonsumsi salmon juga bagus untuk program diet bagi ibu menyusui. Sebab dalam ikan salmon itu mengandung lemak omega 3 yang sangat bagus untuk pertumbuhan saraf pada bayi.

7. Telur ayam

Telur ayam merupakan salah satu bahan yang sangat dianjurkan untuk di konsumsi pada masa diet menyusui. Hal ini dikarenakan telur ayam merupakan sumber protein yang sangat mudah ditemukan. Bunda bisa mengolah telur dengan berbagai cara agar mudah di konsumdi, Baik itu dengan cara direbus ataupun digoreng. Bisa juga dengan cara  mencampurkannya dengan salad. Ataupun olah menjadi berbagai macam menu makanan yang bunda sukai.

8. Sayur-sayuran

Dengan mengkonsumsi sayur-sayuran  maka asupan vitamin A, zat besi, dan juga kalsium akan terpenuhi, baik itu bagi sang buah hati maupun ibu yang sedang menyusui. Dampak positif bagi tubuh akan terasa jika bunda secara rutin mengkonsumsi sayur-sayuran tersebut.  Dapat kita ketahui jika sayuran hijau sangat kaya akan antioksidan dan juga rendah kalori, sehingga itu sangat baik bagi kesehatan jantung  dan kesehatan tubuh bunda dan sang buah hati.
8 Daftar Menu Diet Untuk Ibu Menyusui yang Aman
Menu Diet Untuk Ibu Menyusui

Batas Aman Menurunkan Berat Badan Bagi Ibu Menyusui

Bagi ibu yang sedang menyusui memang masih boleh untuk menurunkan berat badan yang berlebih pada masa kehamilan sebelumnya. Tapi penurunan berat badan pada ibu menyusui tidaklah boleh sembarangan dan ada batasan normal yang perlu bunda ketahui. Di mana wanita menyusui hanya boleh menurunkan berat badan sekitar 1 kg dalam seminggu, ini juga untuk menjaga kualitas produksi ASI.

Dengan cara mengatur pola makan dan mengkombinasikannya dengan penerapan olah raga secara teratur maka menurunkan berat badan sekitar 1 kg dalam seminggu adalah hal yang mudah. Selain itu cara tersebut sangatlah efektif dan tergolong aman untuk dilakukan oleh wanita menyusui di bandingkan dengan program diet rendah kalori.

Baca Juga :  5 Manfaat Makan Buah Sebelum Makan

Tidak hanya itu, memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan program diet juga merupakan salah satu kunci agar diet yang kamu jalani menjadi sukses. Jadi lakukanlah secara konsisten dan jangan terlalu terburu-buru, karena semua itu memerlukan sebuah proses dan perjuangan yang tidak sebentar.

Kebutuhan Kalori Harian Ibu Menyusui

Pada umumnya, setiap orang pasti membutuhkan asupan kalori harian yang cukup dan begitu juga bagi wanita yang sedang menyusui. Namun untuk wanita yang sedang menyusui membutuhkan asupan kalori lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui. Di mana kalori yang di perlukan oleh ibu menyusui sekitar 500 kalori lebih banyak dari pada wanita tidak menyusui. Walaupun demikian, terkadang masing-masing wanita yang sedang menyusui membutuhkan asupan kalori yang berbeda-beda dan tergantung dari:

1. Seberapa sering menyusui
2. Berapa berat badan
3. Bagaimana metabolism tubuh
4. Intensitas olahraga yang dilakukan

Selain bisa menghitung jumlah kalori harian yang di butuhkan oleh tubuh, ibu menyusui juga bisa menjadikan rasa lapar sebagai pertanda seberapa banyak makanan yang diperlukan bagi tubuh dalam memenuhi kebutuhan kalori harian.

Cara Diet Untuk Ibu Menyusui yang Aman

Selain menjaga pola makan setiap hari agar program diet yang sedang di jalani menjadi sukses, kamu juga wajib untuk menerapkan beberapa pola hidup agar berat badan tubuh kamu bisa ideal kembali. Lalu apa saja cara diet untuk ibu menyusui tersebut? Berikut ini penjelasannya:

1. Konsumsi makanan secara teratur

Dengan bunda menjaga pola makan agar selalu tetap teratur setiap harinya, maka hal itu akan membuat pemberian ASI eksklusif akan menjadi sempurna.Dengan berpikir bahwa diet akan berhasil dengan mengurangi asupan makanan atau menunda-nunda makan. Itu adalah hal yang sangat salah, karena jika melakukan diet terlalu keras sembari menyusui bayi akan  mengurangi kualitas produksi ASI.

Jika bunda ingin melakukan diet, sebaiknya dengan cara memvariasikan makanan yang akan di konsumsi dengan isi yang seimbang, seperti menjaga asupan protein, lemak, vitamin, mineral, dan usahakanlah mengurangi asupan karbohidrat. Jauhi makanan cepat saji serta makanan yang banyak mengandung MSG. Jangan terlalu keras dalam menjalani diet dan jangan lupa konsumsilah makanan yang sehat.

2. Jaga porsi makan harianmu

Dalam menjalani diet pada masa menyusui terkadang bunda pasti merasa kebingungan mengenai porsi makanan yang tepat. Jika membahas masalah porsi makanan, yang terpenting itu dalam porsi makanan yang akan di konsumsi jangan terlalu banyak dan besar untuk sekali makan. Usahakanlah sedikit mengurangi asupan nasi dan perbanyak sayur ataupun dagingnya.

Bunda bisa menggunakan porsi makanan yang kecil namun dengan intensitas yang sering. Serta jangan pernah menurunkan asupan makanan secara tiba- tiba. Karena hal itu bisa mempengaruhi produksi ASI untuk sang buah hati tercinta.

3. Konsumsi jenis makanan yang sehat

Menjaga asupan gizi serta mengatur pola makan secara teratur dan yang terpenting menerapkan porsi makan kecil tapi sering  ini memang bisa membantu diet saat menyusui bagi ibu. Namun jangan lupa, bunda harus melengkapi diet ini dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Bagi ibu menyusui ada begitu banyak pilihan makanan yang sehat dalam menjalani proses diet ini.  Dengan adanya begitu banyak serta melimpahnya jenis makanan yang ada, ibu bisa memvariasikan ragam jenis menunya. Sehingga bunda tidak akan merasa bosan dalam proses diet ini.

Berikut ini jenis makanan sehat yang bisa bunda konsumsi antara lain, roti gandum, beras merah, ikan salmon, daging tanpa lemak, buah-buahan, kacang-kacangan, susu rendah lemak, telur , sereal,  serta sayuran.

Dalam penyajian makanannya bunda juga harus  memperhatikan secara seksama. Kurangi makanan yang digoreng serta memiliki banyak minyak. Perbanyak makanan yang direbus, dan dipanggang. Karena makanan yang direbus itu  bisa membantu mengurangi jumlah kalori yang ada dalam minyak.

4. Susui bayi lebih sering

Cara yang berikut ini merupakan salah satu program diet yang aman bagi ibu menyusi. Selain aman, cara ini juga sangat sehat bagi tubuh, karena tubuh akan membakar kalori untuk di jadikan sebagai energi dalam membatu proses pembuatan ASI. Oleh sebab itu susuilah si kecil lebih sering dari biasanya agar produksi ASI menjadi lebih lancar dan berat badan kamu tidak akan mengalami peningkatan.

Namun kamu juga harus tetap memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang di perlukan oleh tubuh kamu dan jangan sampai kurang, karena hal ini akan membuat kualitas ASI menurun.

5. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh

Pada masa menyusui, bunda membutuhkan kurang lebih  kira-kira 16 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan sang buah hati. Selain itu bunda juga bisa mendapatkan sumber air dari makanan, buah , sayuran dan juga air mineral.

Bunda juga harus memperhatikan jumlah asupan air  saat sedang menyusui, karena hal itu sangatlah penting bagi menjaga metabolism tubuh. Jadi, bila bunda kekurangan cairan, efek yang akan dirasakan biasanya akan merasa kelelahan berlebihan serta mengalami dehidrasi. Jadi konsumsilah air secara rutin, dan jangan pernah menunda minum ketika merasakan haus. Terutama saat bunda sedang menjalani diet pada masa menyusui, bunda harus lebih banyak meminum air.

6. Rutin melakukan olahraga

Selain , menjaga asupan makanan serta minuman, serta mengurangi porsi makan saat menjalani diet. Bunda juga sangat dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga, walaupun sedang ada dalam menyusui. Olahraga tidaklah dilarang untuk dilakukan. Berolahragalah baik dengan cara berolahraga ringan di rumah atau bisa pergi ke gym untuk membuat otot-otot yang mengendur pasca melahirkan kembali mengencang  dan massa tulang bisa lebih padat. Serta membuat badan fit dan bugar kembali.

7. Jauhi mengkonsumsi alcohol dan kefein

Bila bunda sedang pada masa menyusui sang buah hati, sebaiknya bunda berusaha menghindari mengkonsumsi minuman  yang mengandung alkohol serta kafein. Makanan serta minuman  yang banyak mengandung kafein  seperti teh, kopi, soda dan juga cokelat juga bunda harus berusaha hindari. Namun jika bunda sangat menyukai minuman teh serta kopi, usahakanlah untuk memperhatikan takarannya agar tidak terlalu banyak, cukup sekali atau 2 kali sehari.

Bukan hanya kafein, bunda juga harus menghindari minuman atau makanan yang mengandung alkohol. Karena alkohol sangat berbahaya bagi ibu yang sedang menyusui. Sebab, alkohol bisa membuat hormon oksitosi terhambat. Dan hal itu menyebabkan gangguan produksi  pada ASI. Alkohol juga membuat aroma ASI menjadi tajam dan sangat berbahaya bagi sikecil . Dan jika bunda mengkonsumsi alkohol biasanya diet akan gagal.

Bagaimana, cukup mudahkan program diet untuk ibu menyusui? Ingat, jangan menurunkan berat badan terlalu terburu-buru, karena cara tersebut akan memperburuk kualitas ASI yang di produksi oleh tubuh. Cukup bersabar dan nikmati semua proses dan selalu konsisten dalam menerapkannya, niscaya apa yang sudah kamu inginkan pasti akan terwujud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel