Daftar 10 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi

Gamatips.com - Konsumsi makanan ibu hamil tentu sangat berbeda dengan makanan yang di konsumsi oleh wanita yang tidak hamil. Karena ibu hamil lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi agar tubuh dan janin yang sedang di kandungnya terus sehat. Oleh sebab itu, sebelum kalian hamil ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda.
Daftar 10 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi
Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi
Memang tidak semua jenis makanan baik untuk di konsumsi bagi ibu hamil, sebab beberapa jenis makanan tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin yang sedang di kandung. Maka dari itu, dalam pembahasan kali ini admin akan menguraikan secara lengkap mengenai beberapa jenis makanan yang baik bagi ibu hamil dan janin yang sedang di kandung.

Jenis Makanan yang Baik Untuk Wanita Hamil

Menjaga pola makan pada fase trimester pertama adalah sebuah fase yang sangat penting untuk di perhatikan oleh ibu hamil, ini karena dalam fase ini jenin dalam tubuh sedang melakukan pembentukan organ-organ yang penting. Terlebih lagi, dalam beberapa kasus ibu hamil sering mengalami morning sickness yang akan membuatnya sulit untuk mengkonsumsi makanan yang teratur dan benar. Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama dan seterusnya:

1. Gandum

Pada masa kehamilan para ibu memang sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang sehat. Untuk makanan yang sangat dianjurkan untuk di konsumsi  untuk wanita hamil yang pertama yaitu gandum. Hal ini dikarenakan gandum mempunyai banyak manfaat yang baik bagi ibu yang  sedang hamil muda. Gandum dapat membantu mengurangi resiko obesitas dan diabetes pada masa kehamilan. Dalam gandum terdapat kandungan serat yang dapat membantu proses pencernaan serta dapat mengurangi konstipasi maupun diare.

Jika bunda ingin mengkonsumsi gandum ini, bunda bisa mengolah gandum  menjadi berbagai menu masakan. Ataupun bunda bisa menemukan berbagai macam olahan gandum yang banyak dijual dipasaran. Seperti biskuit ataupun roti gandum. Jadikanlah gandum sebagai pilihan cemilan sehat bunda pada masa trimester pertama kehamilan ya.

2. Daging dan telur unggas

Selain gandum bunda juga disarankan untuk mengkonsumsi daging serta telur unggas. Sebab telur bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, kalori dan protein hewani pada tubuh pada masa kehamilan. Dan juga kandungan kolin pada telur  bisa membantu memberi nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin. Selain itu telur sangat mudah untuk ditemukan dan sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai macam menu.

Selain telur bunda juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi daging unggas pada masa kehamilan, baik itu daging ayam, bebek, dan lain-lain. Bunda bisa mengolah daging unggas ini menjadi berbagai macam menu yang bunda sukai.  Konsumsilah daging unggas ini agar asupan gizi yang butuhkan dapat tercukupi secara keseluruhan.

3. Ikan

Memang ada banyak sekali jenis ikan yang bisa kita konsumsi, namun tidak semua ikan bisa ibu hamil konsumsi karena dapat menggangu kesehatan janin. Jenis ikan yang aman di konsumsi ibu hamil adalah salmon, karena ikan salmon memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin.

Selain itu dari beberapa makanan, ikan adalah jenis makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama. Bukan hanya kandungan vitamin D, tapi kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon sangatlah baik untuk menopang tumbuh kembang janin yang sedang di kandung.

Baca Juga : 10 Jenis Olahraga Untuk Ibu Menyusui Dalam Menurunkan Berat Badan

4. Olahan dari susu

Meminum susu pada masa kehamilan memang sangat dianjurkan bahkan wajib untuk dilakukan. Hal ini agar nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi dan juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi janin . Selain itu bunda juga bisa menemukan berbagai macam olahan dari susu yang bisa di konsumsi pada masa kehamilan, seperti yogurt, keju dan bahkan juga eskrim.

Bunda dapat sesekali mengkonsumsi olahan dari susu ini. Baik itu mengkonsumsi yogurt  untuk mengurangi  munculnya resiko komplikasi pada masa kehamilan ataupun keju sebagai makanan ataupun cemilan tambahan selama kehamilan. Karena selain mengandung kalsium, vitamin D, lemak sehat, protein, dan asam folat yang memberi dampak baik bagi ibu dan tumbuh kembang janin.

5. Sayur-sayuran

Berbagai macam manfaat bisa ditemukan dari mengkonsumsi sayur-sayuran. Oleh karena hal itulah dokter sangat menganjurkan pada awal memasuki masa kehamilan agar rajin  serta rutin mengkonsumsi sayur. Misal sayur wortel, terong, jagung  serta tomat yang dapat membantu memenuhi nutrisi pada janin. Dan juga sayur yang berdaun hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, sayur hijau juga sangat  bermanfaat bagi pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Karena sayur-sayuran kaya vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium dan anti-oksidan. Jadi bunda jangan malas untuk mengkonsumsinya setiap hari ya, agar asupan gizi pada tubuh bunda dan sang buah hati bisa terpenuhi . Dan dengan mengkonsumsi sayur- sayuran niscaya kesehatan dan tumbuh kembang janin bunda bisa terjaga. Bunda bisa mengolah sayur  dengan berbagai cara, seperti di tumis, di kukus, direbus, digoreng atau langsung diolah menjadi salad. Namun jangan lupa untuk mencuci sayur dengan air bersih sebelum mengkonsumsinya. Agar bunda dapat terhindar dari pestisida ataupun zat berbahaya yang masih menempel pada sayuran.
Daftar 10 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi
Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Konsumsi

6. Ragam Buah

Mengkonsumsi buah-buahan adalah hal yang wajib untuk semua orang lakukan terutama juga bagi ibu hamil, namun seperti yang kita tahu kalau tidak semua jenis buah itu baik untuk ibu hamil. Ada beberapa jenis buah yang wajib ibu hamil hindari untuk mencegah hal-hal yang tidak bunda inginkan terjadi pada janin yang sedang di kandung, oleh sebab itu ibu hamil harus memperhatikan buah yang hendak di konsumsi.

Beberapa buah yang aman untuk ibu hamil konsumsi adalah buah alpukat, buah delima, stroberi, buah jambu, pisang dan juga buah apel. Jenis buah tersebut memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan janin.

7. Kacang-kacangan

Makanan yang baik untuk ibu hamil yang berikutnya yaitu kacang-kacangan. Sebab selain sayur serta buah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan juga membawa efek yang baik bagi ibu hamil. Karena jenis kacang seperti kacang polong, kedelai, kacang tanah, tersebut mengandung asam folat, kalsium serta protein yang bermanfaat membantu mengurangi resiko munculnya penyakit dan cacat pada bayi yang masih dalam rahim ataupun pada saat dilahirkan.

Selain itu  jenis kacang seperti kacang mede dan kacang almond juga bisa menjadi pilihan bunda sebagai cemilan pada masa awal kehamilan. Jadi agar asam folat, kalsium serta protein  bunda tercukupi, sangatlah disarankan agar bunda tetap rutin serta rajin mengkonsumsi kacang-kacangan pada masa kehamilan.

8. Umbi / Ubi

Dalam umbi/ubi juga dapat ditemukan berbagai macam manfaat bagi ibu hamil. Hal ini disebabkan karena di dalam ubi/umbi terkandung vitamin A dan serat yang sangat penting bagi pertumbuhan janin, terutama pada awal trimester pertama kehamilan.

Bunda bisa mengolah umbi/ubi ini dengan cara direbus ataupun di kukus, dan jangan lupa untuk mencuci umbi/ubi tersebut terlebih dahulu. Namun jangan lupa untuk menjaga asupan umbi/ubi ini. Terutama untuk bunda yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, karena dengan bunda mengkonsumsi secara berlebihan bisa mempengaruhi kesehatan bunda serta kesehatan janin.

Baca Juga : 11 Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

9. Daging

Resep makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama adalah daging. Kenapa demikian? Hal ini karena daging mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan sangat berguna bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin. Selain kaya akan kandungan zat besi, daging juga mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Maka dari itulah, ibu hamil wajib untuk mengkonsumsi daging secara rutin. Agar kesehatan tubuh dan janin dapat selalu terjaga dengan baik. Namun tetap juga imbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran.

10. Oatmeal

Makanan yang sehat dan baik untuk ibu hamil berikutnya yaitu Oatmeal.  Oatmeal biasanya dijadikan salah satu menu makanan yang menyehatkan.  Karena, dalam oatmeal terkandung serat, protein,dan vitamin B6 yang sangat baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi oatmeal secara rutin niscaya kandungan dari oatmeal  tersebut dapat  memenuhi kebutuhan tubuh.

Bunda bisa mengkonsumsi semangkuk oatmeal  pada saat sarapan di pagi hari.  Konsumsilah saesuai takaran yang dianjurkan- jangan kurang dan jangan terlalu berlebihan , agar efek yang diberikan dapat terasa oleh tubuh. Maka oatmeal ini akan memberikan energi  ekstra dan menutrisi perkembangan bayi.

Sebagian kasus yang pernah terjadi di mana wanita hamil mengalami rasa mual hampir setiap hari pada kehamilan trimester pertama. Namun walapun demikian bunda tidak boleh putus asa di dalam mengatur pola makan sehat setiap hari.

Karena menjaga pola makan yang baik untuk ibu hamil akan memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan janin yang sedang kamu kandung. Maka dari itu, mulailah untuk menjaga asupan makanan yang sehat setiap hari ya bun.

Jika penjelasan di atas mengenai beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil konsumsi belum bisa menjawab pertanyaan dari kalian, maka kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter kandungan untuk memperoleh informasi yang mungkin lebih jelas lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel