7 Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Anak-anak

Gamatips.com – Perut kembung adalah sebuah kondisi di mana lambung dan usus mengalami penumpukan gas berlebih dan membuat perut terasa penuh. Perut kembung pada bayi memang bisa dikatakan kondisi yang normal dan masih aman bagi bayi. Tapi sebagian kasus yang pernah terjadi, kondisi tersebut bisa menjadi pertanda kalau di dalam perut bayi sedang ada masalah yang harus di waspadai.
7 Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Anak-anak
Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Cara mengenali gejala perut kembung pada bayi tergolong mudah, yakni dengan menekan sedikit bagian perut bayi dengan tangan, jika terasa keras maka itu bisa bisa dikatakan bayi sedang mengalami kembung. Selain bisa dikenali dengan cara tersebut, bayi yang suka sendawa, kentut serta sulit buang air besar juga bisa menjadi pertanda kalau bayi sedang mengalami masalah pada perutnya.

Dalam mengatasi perut kembung pada bayi memang tergolong mudah, namun sebelum itu kita haru mengetahui apa yang menjadi penyebab bayi mengalami kondisi tersebut. Karena dengan cara mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya, maka kita akan menjadi lebih mudah untuk mengatasinya.

Baca Juga : 12 Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Malam Hari

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi Dan Anak-anak

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan menyimpulkan kalau bayi dengan rentang usia 0 sampai 3 bulan dan 6 sampai 12 bulan lebih rentan untuk mengalami masalah perut kembung. Hal ini bisa terjadi karena pada usia tersebut saluran pencernaan dalam perut bayi belum bisa bekerja dengan sempurna seperti layaknya orang dewasa.

Selain karena faktor umur, penyebab perut kembung pada bayi juga bisa terjadi karena hal-hal yang berikut ini:

1. Terlalu lama menangis

Memang setiap bayi wajar untuk menangis, namun jika menangis terlalu lama maka akan berdampak buruk terhadap perutnya. Sebab ketika iya menangis terlalu lama, maka udara akan lebih banyak masuk ke dalam pencernaan melalui mulut dan pada akhirnya masalah perut kembung akan sulit untuk dihindari.

2. Mengkonsumsi makanan dan minuman sambil bermain

Udara yang masuk ketika bayi makan dan minum adalah sebuah kondisi yang wajar. Namun ketika memberikan iya makan dan minum sambil bermain, maka udara yang masuk melalui mulut akan cenderung lebih banyak. Jika terus terjadi, hal ini akan membuat udara menumpuk di dalam pencernaan yang akan memicu perut kembung pada bayi. Selain itu kondisi ini juga akan membuat bayi lebih rentan untuk tersedak.

3. Kekurangan cairan

Biasanya bagi bayi yang mengalami kekurangan cairan harian akan membuatnya rentan mengalami sembelit. Selain itu kondisi tersebut juga sering di tandai dengan masalah lainnya seperti perut kembung. Sebagai orang tua baru tentu kita harus bisa mencukupi kebutuhan cairan bagi tubuh si kecil agar bisa menghindarkan iya mengalami masalah kesehatan lainnya.

4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi

Pada umumnya bayi itu mempunyai pencernaan yang sangat sensitif terhadap beberapa jenis makanan yang masuk ke dalam pencernaan. Salah satunya itu adalah makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti gorengan dan sereal lainnya. Makanan tersebut juga bisa memicu bayi mengalami masalah dalam pencernaannya seperti perut kembung.

Baca Juga : Cara Benar Dalam Memilih Sabun dan Sampo yang Aman Untuk Bayi

5. Mengkonsumsi sayuran

Seperti yang sudah kita ketahui kalau sistem pencernaan di dalam tubuh bayi masih tergolong sensitif dan tidak bisa diberikan jenis makanan tertentu seperti sayuran. Jenis sayuran yang biasanya menjadi penyebab masalah perut kembung pada bayi adalah brokoli, kacang dan juga kol.

6. Posisi menyusui yang tidak bagus

Pada saat menyusui bayi, posisi yang tidak bagus bisa memicu udara lebih banyak masuk melalui mulut bayi. Inilah yang juga sering membuat bayi mengalami masalah perut kembung karena banyak udara yang masuk ke dalam pencernaannya.

7. Makanan yang di konsumsi ibu

Untuk bayi yang masih mengkonsumsi ASI langsung dari puting ibu, sebaiknya bunda jaga pola makan dan hindari jenis makanan yang bisa memicu terbentuknya gas di dalam perut seperti sayur kol, brokoli, kacang dan juga bawang bombai.
7 Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Anak-anak
Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Pada dasarnya bayi yang mengalami masalah perut kembung bisa di sembuhkan dengan mudah di rumah dan tidak perlu harus ke dokter. Tapi sebelum bisa menyembuhkan masalah tersebut, sebaiknya kenali dulu apa yang menjadi penyebab si kecil mengalami kondisi tersebut. Sebab dengan cara tersebut kita akan lebih mudah untuk mengatasi masalah yang sedang dialami oleh si kecil.
Berikut ini ada beberapa cara menangani bayi kembung yang benar dan tentunya aman untuk bunda lakukan di rumah:

1. Mengatasi perut kembung pada bayi dengan memijat perutnya secara perlahan.

Ketika si kecil mengalami masalah pada perutnya seperti menumpuknya gas dalam pencernaan, maka cara yang pertama yang bisa bunda lakukan adalah memijat bagian perut si kecil dengan lembut menggunakan tangan. Cara ini tergolong ampuh untuk membantu mengeluarkan gas berlebih dalam perut bayi.

2. Mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara memperhatikan posisi makan dan minum

Cara yang kedua ini juga bisa bunda lakukan, karena ketika si kecil sedang mengkonsumsi makanan atau minuman dengan posisi yang salah maka bisa membuat udara lebih banyak masuk melalui mulut menuju ke usus atau lambung.

Sebenarnya posisi yang baik ketika si kecil ingin makanan dan minum adalah duduk, namun jika harus sambil berbaring maka usahakan untuk memposisikan kepala si kecil lebih tinggi dari bagian perutnya.

3. Mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara menggendongnya

Pada saat si kecil telah selesai makan atau minum, sebaiknya gendong dia dengan posisi tegak serta tepuk bagian punggungnya secara lembut. Cara ini akan membatu mengeluarkan udara berlebih yang ada di dalam saluran pencernaannya.

Selain 3 cara di atas, dalam mengatasi masalah tersebut bunda juga masih bisa menggunakan cara-cara lainnya yang bisa bunda lihat pada ulasan sebelumnya mengenai cara mengatasi perut kembung pada bayi yang benar dan aman di rumah.

Mungkin itu saja sebuah ulasan yang dapat admin rangkumkan untuk kalian, semoga dengan penjelasan di atas mengenai penyebab perut kembung pada bayi bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Selain itu jangan pernah ragu untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan si kecil ke dokter anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel